Bergaya Ala Miranda Priestly Saat Work From Home, Mengapa Tidak?



Sukses bekerja sewaktu Work From Home? Yuk siapkan 16 barang pendukung  produktivitas

Kenalkan dengan Miranda Priestly?

Itu lho bossnya Anne Hathaway, eh Andrea Sachs  dalam film”The Devils Wear Prada”. Diperankan Meryl Streep dengan sempurna, mengisahkan boss yang cantik,  stylish,  ketika berbicara terdengar lambat, halus namun jleb isinya sarkas, menghujam ke dada seperti setan.

Miranda Priestly sebetulnya personifikasi dari Anna Wintour, Editor in Chief  US Vogue. Film”The Devils Wear Prada” dibuat berdasarkan buku dengan judul yang sama.

Penulisnya Lauren Weisberger, memang mantan sekretaris Anna Wintour. Dia merasakan langsung kharisma Anna Wintour. Penasaran ingin lihat? Ada tayangan di YouTube yang mengisahkan pertemuan Merlyn Streep dengan “The Devils Wear Prada” yang asli, Anna Wintour. Omaygat jomplang banget!

Pastinya nggak mudah buat Anna Wintour mencapai kedudukan seperti sekarang. Kini, pendapat dan komentarnya selalu didengar dan menjadi rujukan. Usianya menginjak kepala 7 namun tetap berkibar. Tak heran dia dijuluki Nuclear Wintour.

Nah bagaimana jika ingin mengikuti jejak sukses Anna Wintour, eh malah terkendala work from home akibat pandemi Covid-19? Tetap bisa kok, yuk simak:

source: youtube.com/@vogue

Sukses dengan Work From Home

Tentukan waktu produktifmu.

Menjadi sukses berarti tidak membuang-buang waktu secara sia-sia. Penting untuk mengatur serta menentukan waktu-waktu produktif. Karena tidak selama 24 jam sehari bisa beraktivitas secara fokus. Buatlah jadwal yang berisi pengaturan waktu bekerja, disesuaikan saat paling berkonsentrasi ketika mengerjakan sesuatu.

Masukkan juga waktu untuk me time, agar bisa mengembalikan fokus yang hilang serta untuk menjaga kesehatan mental. Pastinya harus menepati jadwal yang dibuat sendiri ya?

Rutinitas Pagi yang Berkualitas

Pagi hari penuh amarah? Mungkin kamu harus bangun lebih pagi agar bisa menyelesaikan banyak hal. Setiap orang memiliki rutinitas pagi yang berbeda. Buatlah urutannya sesuai skala prioritas dan kerjakan dengan disiplin agar tidak muncul bad mood yang merusak hari.

Keuangan cerdas

Agar sukses harus cerdas mengatur keuangan. Ini teori yang tidak bisa diganggu gugat. Seorang yang sukses umumnya fokus menghasilkan uang bukan menghabiskannya. Pada saat dia tak yakin akan kemampuannya mengelola keuangan, dia bisa menggunakan jasa penasihat yang terpercaya. Karena lebih murah dibanding dia melakukan transaksi keuangan yang tak dia pahami.

Baca juga: Vampire Money Game, Menghisap Darah Korban Dengan Rayuan Maut

Buatlah Jurnal

Jurnal merupakan alat untuk membuat evaluasi, agar mudah menyusun rencana selanjutnya. Rencana jangka pendek dan jangka panjang.

 Tulis jurnal sepanjang hari atau sepanjang minggu. Bagi dalam 3 bahasan yaitu: “Hal-hal yang perlu diperhatikan”, kemudian “Hal yang harus diingat”, serta”Hal-hal yang membuat khawatir”. Jangan lupa cantumkan solusi untuk setiap masalah.

Belajar

Tidak hanya belajar dari kegagalan, juga mempelajari ilmu baru. Anna Wintour belajar menjadi jurnalis seperti ayahnya, dipadukan dengan passionnya di bidang mode. Disinipun dia belajar hingga menjadi sosok sukses.

Jadilah Orang yang Kreatif

Kreatif selalu menjadi kunci sukses. Karena orang kreatif mau berpikir out of the box yang sangat dibutuhkan menghadapi persaingan yang keras. Bekerja dari rumah bukan berarti tidak bisa kreatif.

Baca juga: 5 Aplikasi/Web Ini Bikin yang Jauh Jadi Dekat

Barang Pendukung Produktivitas Work From Home

Ruangan kerja yang nyaman sangat mendukung produktivitas. Sulit sekali membayangkan orang sesukses Anna Wintour bekerja dalam ruangan yang acak-acakan.

Jadi mengapa tidak mendisain ulang ruangan kerja di rumah dengan barang pendukung produktivitas? Kemudian yakinkan diri bahwa kamu bisa sesukses Anna Wintour.

Dikutip dari cosmopolitan.com, ini dia yang harus disiapkan:


1. Scroll and Pencil Holder

Tempat yang fancy untuk menulis catatan.

Pernahkah menemukan suatu ide, suatu solusi atau suatu janji, namun lupa mencatatnya? Jengkel banget ya?

Biasakan menulis catatan barang serta bahan masakan yang perlu dibeli.  Juga quote menarik, cuplikan paragraph yang menarik, atau apapun.


2. Lap Gear Home Office

Munkin ruangan untuk bekerja di rumah sangatlah kecil, sehingga kesulitan meletakkan peralatan bekerja yang teramat penting. Jangan khawatir, gunakan saja lap gear home office. Tugas bisa lancar dikerjakan walau harus duduk di atas sofa, di meja pangkuan kecil, atau terpaksa di atas tempat tidur.

 

3. Terrarium Candle

Pernah memasuki suatu ruangan dan tercium aroma harum? Bukan dari pengharum ruangan melainkan dari lilin aromaterapi. Lilin beraroma citrus dipercaya ampuh meningkatkan konsentrasi. Demikian juga aroma basil, thyme, dan cypress dapat mendiring refleksi dan pemikiran mendalam.

Pilih aroma lavender saat merasa stres dan tertekan. Selain lavender, aroma cendana, mawar dan kenanga juga dipercaya bisa meredakan stres. Aroma lain bisa membantu imsonia, flu/pilek hingga meredakan nyeri akibat peradangan dalam tubuh.


4. Tanaman Hias dalam Celeste Stand

Penghijauan tidak saja membuat ruangan nampak nyaman, juga segar dan menyenangkan. Tempatkan tanaman segar yang mudah perawatannya dalam di salah satu sudut ruangan.

Saat stres dan  ide terasa buntu, siramlah tanaman dengan hand spray/penyiram khusus.


5. Posture Corrector

Pegal dan linu kerap menjadi keluhan mereka yang bekerja di rumah. Umumnya terjadi karena salah posisi, atau justru terlalu lama terpaku dalam satu posisi.

Gunakan posture corrector agar pundak dan leher terasa lebih nyaman.



6. Bantal Bantal Cantik

Bantal-bantal yang cantik kerap menjadi solusi mudah ketika mengatur ulang kamar, sekaligus membuatnya nyaman. Bantal juga kerap menjadi solusi mudah untuk meletakkan punggung dan kaki yang pegal.


7. Klip-klip yang Cantik

Sering bekerja sambil mengemil? Apa yang terjadi dengan sebungkus kripik kentang yang lupa ditutup kemudian tidak sengaja ditendang? Siapkan klip cantik untuk berbagai keperluan, termasuk  menutup bungkusan snack kesayangan.


8. Botol Air yang Fancy

Termasuk workaholic yang kerap melupakan minum air putih? Siapkan 2-3 botol berisi air minum agar tidak lupa minum dan tetap terhidrasi.


9. Click and Grow Gardening Kit

Ingin berkebun tapi kesulitan membagi waktu? Mengapa nggak mencari cara mudah dengan meletakkan beberapa pot kecil? Tanam potongan seledri/bawang daun atau biji cabai.

Berkebun juga menjadi cara mudah dan praktis selama work from home, bisa menjadi booster meningkatkan mood, produktivitas dan menghilangkan ketegangan.


10. Printer

Perusahaan penghasil printer kini berinovasi menyediakan printer berukuran kecil namun komplit.  Siapkan sebuah printer yang dapat menunjang produktivitas. Pilih yang nirkabel agar nampak rapi.


11. Weekly Desktop Planner

Seperti di kantor, bekerja di rumah mutlak memerlukan perencanaan. Siapkan Weekly Desktop Planner dan tulis apa yang harus dikerjakan, kemudian check list yang telah selesai.


12. Charging Station

Apa artinya gadget tanpa charger?  Siapkan dan selalu pastikan charger berfungsi baik untuk pengisian daya ponsel, headphone, dan arloji.


14. Ninja Hot dan Cold Brewed System

Ingin membuat kopi atau teh tanpa ribet? Terlebih saat dikejar deadline. Bisa banget. Dengan Ninja Hot dan Cold Brewed System kamu juga bisa bereksperimen membuat berbagai macam jenis minuman kopi.


15. Mono Wireless Headset

Alunan musik mampu meningkatkan semangat saat bekerja, dan membantu menaikkan konsentrasi serta produktivitas. Musik juga membantu mengurangi stres dan memperbaiki mood.

Gunakan headset yang nyaman agar tidak berdampak buruk pada kesehatan.


16. Majesty Plant

Tumbuhan selalu menjadi cara mudah untuk meningkatkan mood dan produktivitas. Letakkan di sudut ruangan yang terkena paparan sinar matahari. Cek media dengan merabanya secara berkala, dan siram saat media tanah terasa kering.

(sumber gambar: cosmopolitan.com)

Baca juga: Perempuan Jangan Cengeng, Your Life is Your Choice

Kok banyak banget? Sebetulnya nggak juga. Rata – rata barang pasti telah dimiliki, hanya belum ditata dengan baik. Atau mungkin nggak dicek kondisinya. Hal tersebut akan sangat berdampak pada kinerja.

Yuk cek barang-barang penunjang produktivitas work from home. Jangan sampai macet saat dikejar deadline.


21 comments

  1. Saya juga sedang menata ulang semuanya di kamar nih, Ambu. Berhubung nggak punya ruangan khusus, jadi kerja di kamar saja. Memang bukan hanya butuh laptop dan ponsel. Buku agenda, board, spidol warna-warni, perlu banget untuk menandai to do list.

    Apalagi ada tugas jadi gurunya anak-anak juga. Jadi saya butuh banget catatan agar nggak ada yang terlewat.

    ReplyDelete
  2. Tipsnya ciamik banget. Note. Bisa jadi acuan utk ditiru.

    Cuma kalo di saya masih ada hal yang belum bisa saya atasi. Yaitu anak yang maunya nempel2 terus. Begitu kita pegang laptop, dia juga kepengen pegang ��

    ReplyDelete
  3. posture corrector aku baru tau ada alatnya, selama ini klo mulai pegal2 ak senam aja pake guru senam dari youtube, cuma klo pake posture corrector ini bgs jg pengingat spy ga bungkuk apalagi klo ngetik kelamaan. Tanaman iya banget bisa bantu mood jadi bikin betah di rumah, selain itu juga coba2 resep baru lumayan nambah cemilan di rmh hahaha...

    ReplyDelete
  4. Hummm.. alhasil betah banget work from home jika support systemnya SE ciamik itu...

    Kayaknya bisa juga di terapkan di rumah meski tidak beraktivitas WFH ya teh.. ruangann cantik, bikin mood juga baik.. happy inside, pastinya!

    ReplyDelete
  5. Pilihan barang-barangnya cakep2, Ambu. Aku gagal fokus hahaha.
    Tapo bener memang, semua barang itu ada di rumah. Cuma mau bongkar lagi atau tata lagi atau ngga

    ReplyDelete
  6. Sukaa banget dengan barang2 pendukung produktivitas WFH nya.. terutama yang wangi2an, dan tanaman.. beneran bikin WFH jadi nyaman dan relax..

    ReplyDelete
  7. Devil's Wear Prada ini, kubaca buku dan nonton filmnya sampai dua kali. Senang jalan cerita dan akting pemerannya yang apik. Aku juga lagi nata ulang tempat kerja dan peralatannya, biar fresh.

    ReplyDelete
  8. Memilah dan menata barang juga memanfaatkan yang ada. Aihh apik banget nih tipsnya, jika di susun secara rapi jadi bikin nyaman suasana work from home

    ReplyDelete
  9. Aduh Ambu, maafkan mungkin saya kurang gaul, enggak kenal Miranda itu? Hehe ... Btw penampilannya Keren, ya. Simpel dan elegant. Work from home bisa sukses kalau ditunjang dengan benda-benda Pendukung di atas. Pasti bikin nyaman ruangan, kalau ditata sedemikian rupa .Ditambah tanaman hijau atau bunga juga makin cantik dan bikin betah

    ReplyDelete
  10. Keren juga nih ide nya.
    Aku yang belum bisa aktif itu bikin jurnal, padahal buat ku itu penting banget karena bisa jadi tracking paling mudah.

    Semoga abis ini bisa semangat buat jurnal

    ReplyDelete
  11. Memang jadi nyaman sekali kalau bangun pagi dan membereskan pekerjaan rumah segera. Apalagi di rumah ada anak yang harus sekolah di rumah. Ngerjain tugas hingga menjelang Dhuhur. Kalau kerjaan rumah belum kelar, suka stres sendiri antara ngerjain tugas atau nemenin si sulung belajar...hihi.

    BTW, lilin aromaterapinya lucuu banget, Ambu. Belum punya nih di rumah. Adanya lilin biasa buat mati lampu..hihi

    ReplyDelete
  12. Biasanya kalau bosen kerja di rumah, aku ngungsi ke coffee shop. Bisa seharian di sana. Tapi karena sekarang nggak bisa ya mau nggak mau mesti bikin spot-spot nyaman di rumah buat kerja. Yang kepegang baru ruang kerja sih, berhasilan dirapikan :D Selebihnya masih dalam keinginan :D

    ReplyDelete
  13. Setuju banget, sebenarnya pengen punya meja kerja sendiri dan rumah bisa tertata rapi biar WFH jadi semangat. Tapi apa daya karena anak-anak dirumah mainannya berhamburan dimana-mana. Meja? Dipake ma pemilik aslinya (paksu). xixixix...

    ReplyDelete
  14. Waah kece semua nih tips dan barang rekomendasi pendukung wfh nya alhamdulillah selama wfh waktu yang belum maksimal dimanfaatkan untuk mendampingi anak-anak bermain

    ReplyDelete
  15. Waah kece semua nih tips dan barang rekomendasi pendukung wfh nya alhamdulillah selama wfh waktu yang belum maksimal dimanfaatkan untuk mendampingi anak-anak bermain

    ReplyDelete
  16. Pernak perniknya banyak ya, kalau punya ruangan kerja di rumah dengan pernak-pernik lengkap dan bagus kayak gini, pasti betah dan semangat kerja juga tinggi

    ReplyDelete
  17. Keep being positive and stay creative yaa mbak biar WFH lebih semangaat dan gak berasa membosankan hehehe apalgi ditemani lilin aromatherapy jd makin relax ajaa ☺️☺️☺️

    ReplyDelete
  18. Berasa keren banget kalau kerja ada semua perlengkapan ini, Ambu.
    Terbayang...anti mager-mager club deeh..
    Asa canggih-canggih pisaaan...

    ReplyDelete
  19. Pilihannya banyak mba,,, tapi paling suka biar Rilex pakai lilin therapy y mba walau agak stress Karena pandemi ini

    ReplyDelete
  20. wah saya baru tahu nih sosok asli Miranda Priestly dan dia masih aktif bekerja di usia 60? keren banget, mbak. Kalau bicara soal meja kerja, kayaknya saya termasuk yang berantakan banget meja kerjanya dan kurang suka sama yang fancy-fancy begitu. heu

    ReplyDelete
  21. Memang ya kalau suasana dan ruangan nyaman mood akan terkaga apalagi kalau dilengkapi peralatan yang memadahi...

    ReplyDelete