Banana Bread ala 2 Pesohor, Meghan Markle dan Farah Quinn

source; instagram.com/meghanmarkle_official ; instagram.com/farahquinn_official


Siapa yang nggak suka banana bread?

Banana bread merupakan camilan favorit sejuta umat. Berbahan baku campuran telur, mentega, tepung dan beberapa buah pisang yang dilumat hingga menyerupai bubur kental. Kemudian dipanggang kurang lebih 45 – 60 menit, maka tersajilah kudapan pendamping minum kopi/teh yang sangat lezato.

Namun kisahnya menjadi berbeda ketika  yang meracik adalah 2 perempuan cantik, sexy, dan tersohor. Yang pertama adalah Meghan Markle, istri tercinta Pangeran Harry dari Kerajaan Inggris. Yang kedua adalah Farah Quinn, chef cantik, warganegara asli Indonesia.

Meghan Markle , fashionista dan feminist idola berdarah campuran, unjuk kebolehan pada lawatannya ke Australia. Banana bread hasil olahannya disajikan dalam jamuan makan bersama keluarga Woodley, pemilik pertanian yang berjarak 30 km di luar Dubbo. Membuat pembaca (termasuk saya 😄😄) penasaran resep cara pembuatannya.

Tak pelak pencarian resep banana bread meningkat. Dilansir dari Metro.co.uk,  pencarian resep banana bread di situs makanan Waitrose meningkat hingga 52%.

Dan ternyata, bukan kali ini saja  Meghan memiliki kesenangan memasak. Sebelum bertemu Pangeran Harry, Meghan memiliki situs resep yang bernama 'The Tig'. Bahkan Meghan sempat membuat buku resep masakan khusus untuk amal.

Sebelum lanjut, mungkin ada pertanyaan dari pembaca, kok banana bread sih? Bukannya banana cake? Ada perbedaan antara banana bread dan banana cake yang disebabkan proses pembuatannya.

Saya ingat mbak Dydi pernah menulis perbedaan tersebut di blognya, Dydie The Kitchen Hero. Tekstur banana bread lebih padat dibanding banana cake. Penyebabnya karena proses pembuatan banana bread yang lebih simpel. Hanya diaduk asal rata seperti membuat muffin.

Sedangkan proses pembuatan banana cake seperti cake umumnya, yaitu menggunakan mikser, agar gelembung-gelembung udara masuk  ke dalam adonan. Adonan akan naik (mengembang) dan memberikan tekstur yang ringan dan empuk.

Selebihnya sama, kedua macam camilan sama-sama menggunakan pisang matang agar mudah dilumat dan aromanya harum. Keduanya juga memakai loyang loaf. Kebetulan loyang loaf saya terselip entah di box mana, sehingga saya memakai loyang bundt.

Oiya ada yang khas dari resep Meghan yaitu pemakaian jahe bubuk, sehingga banana bread buatannya tercium aroma rempah yang kuat.

Untuk rasa, resep Meghan terlalu manis di lidah saya. Jadi saya mengurangi takaran gula dan madu,  pengganti sirup maple.


Banana Bread ala Meghan Markle

Bahan- bahan:
125 gram mentega, lelehkan.
220 gram gula palem (saya hanya 200 gram)
1 sendok teh vanila extract
2 butir telur (kocok lepas)
400 gram pisang tanpa kulit, lumatkan dengan garpu.
60 ml sirup maple  (saya mengganti dengan 30 ml madu)
250 gram tepung serbaguna
 1 sendok teh baking powder
1 sendok teh baking soda
1 sendok teh kayu manis bubuk
¼ sendok teh garam
2 sendok teh jahe bubuk
25 gram kenari panggang (saya menggunakan kacang mede panggang)
cup dark chocolate chips

Cara membuat:
  1. Panaskan oven dan alasi loyang loaf dengan kertas roti atau olesi dengan margarin dan selapis tipis tepung terigu.
  2. Campur adonan cair: pisang yang telah dilumatkan, sirup/madu, telur yang dikocok asal rata, mentega cair, gula palem, dan vanila. Aduk hingga rata.
  3. Pada wadah lain, campur adonan kering: tepung terigu, baking powder, baking soda, kayu manis bubuk, jahe bubuk dan garam. Aduk rata, kemudian saring.
  4. Campur adonan cair dan adonan kering hingga tercampur rata.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang. Taburi kenari panggang dan chocolate chips.
  6. Panggang selama kurang lebih 45 menit, tergantung oven masing-masing. Atau lebih pastinya lakukan test tusuk. 
  7. Dinginkan banana bread yang telah matang sebelum diiris. Pada percobaan pertama banana bread saya ambrol, maklum masih panas sudah diiris. Penasaran sih. 😆😆

Penampakan asli banana bread buatan Meghan Markle (source : Mirror.co.uk)

Sssttt... Meghan Markle dan Farah Quinn ternyata sebaya lho.
Hanya beda setahun. Meghan lahir pada 4 Agustus 1981, sedangkan Farah Quinn, 8 April 1980. Hampir 40 tahun, usia matang seorang perempuan.

Perbedaan lain, Meghan memasak hanya untuk sekedar bersenang-senang, sedangkan Farah memasak karena profesinya sebagai chef. Farah mengambil keahlian khusus dalam bidang pastry atau kue-kue di Pittsburgh Culinary Institute. Tak heran Farah piawai meracik camilan lezat seperti banana bread.

Berbeda dengan Meghan yang menyukai rasa rempah pada banana bread buatannya, rupanya Farah memilih rasa pisang yang segar. Perasan  air jeruk lemon/jeruk nipis dan susu ditambahkan ke dalam pisang ambon yang telah dilumatkan.

Oke, tidak berpanjang kata lagi, yuk kita bedah resep Farah Quinn.


Banana Bread  ala  Farah Quinn

Bahan-bahan:
250 gram tepung serba guna
100 gram gula pasir
100 gram gula palem
2 sendok teh baking powder
1 sendok teh soda kue
1/2 sendok teh garam
2 butir telur (kocok lepas)
115 ml minyak sayur atau mentega/margarine dilelehkan
250 gram pisang ambon/Cavendish lumatkan dengan garpu
1 sendok teh vanila extract
115 ml susu cair full cream
1 sendok teh kayu manis bubuk
1 sendok teh air jeruk lemon/jeruk nipis
50 gram chocolate chips untuk campuran jika suka (optional)

Cara membuat:          
  1. Panaskan oven 180 ° celcius. Olesi loyang dengan minyak goreng/mentega, taburi tepung tipis-tipis. Bisa juga mengalasinya dengan kertas baking
  2. Campur bahan kering: tepung terigu, soda kue, baking powder, garam,bubuk kayu manis. Ayak campuran bahan kering, sisihkan. 
  3. Campur bahan cair:  telur kocok,  gula, minyak goreng/mentega cair,  susu, air jeruk hingga rata.
  4. Campur bahan cair dengan bahan kering secara bertahap hingga rata. Gunakan teknik aduk balik. Saya menambahkan chocolate chips pada proses ini, optional ya.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Saya menggunakan 2 loyang brownies ukuran 22 x 10 x 4 cm.
  6. Panggang hingga kecoklatan. Lamanya tergantung oven masing-masing, Oven saya membutuhkan 45 menit untuk matang sempurna. 


source; instagram.com/meghanmarkle_official ; instagram.com/farahquinn_official

Sebelum menutup tulisan ini, saya sempat mengintip ((mengintip)) 😁😁beberapa postingan yang menulis olahan Farah Quinn sebagai banana cake. Saya juga membuat judul yang sama ketika memberi caption di Instagram.

Tapi ketika melihat tekstur dan proses pembuatan, saya memilih mengkategorikan olahan Farah Quinn sebagai banana bread. Telur dan gula tidak dikocok hingga mengembang seperti seharusnya pembuatan banana cake. Bahkan jika diperhatikan komposisi kedua resep hampir mirip.

Jadi gimana?
Ya ngga gimana-gimana lah. Nggak ada sanksi apapun jika salah menyebut jenis kudapan. Yang penting, keduanya sama-sama enak. Pemilihan resep sangat tergantung selera.

Mereka yang suka camilan beraroma rempah yang tajam, silakan pilih banana bread ala Meghan Markle. Sedangkan penyuka banana bread beraroma soft, silakan pilih resep Farah Quinn.

Gitu aja kok repot ya?

22 comments

  1. Rajin pusan bu. Bunda pingin nyoba duka iraha . . .

    ReplyDelete
  2. Bikin seret di tenggorokan gak sih, aku pernah coba, trus minum air biar gak seret :D

    ReplyDelete
  3. Wah mantap banget ni resepnya. Aku suka banget kue bolu pisangnya

    ReplyDelete
  4. hahaha bunda mah ntar saya bikinin deh

    Mau ala Meghan Markle atau Farah Quinn?

    ReplyDelete
  5. Ngga mbak Sari, biasanya yang bikin seret tu chiffon cake

    Sedangkan banana bread cenderung padat legit, mirip brownies

    ReplyDelete
  6. Waaah kue kesukaan aku nih, pengen coba deh sekali kali bikinnya, cobain tipsnya ahh hehe

    ReplyDelete
  7. Akutu suka bikin banana bread ini, tapi pen nuonan resep keduanyaa, soalnya penyuka olahan banana..
    Btw mereka 40than tetep keceeee maksimal yaaa, love it..

    ReplyDelete
  8. Ya ampun Ambu, aku baca ini banana bread jam segini jadi auto pengen ngemil huehehe. Aku sepertinya belum pernah nyoba banana bread deh, kalau banana cake mah udah sering dan suka. Enggak nyangka deh mba Meghan Markle ternyata suka masak juga :)). Tapi melihat dari penampakan luarnya dan rasa, aku lebih milih punya chef Farah Quinn yang lebih soft *nggak terlalu suka manis soalnya. Makasih resepnya Ambu, izin mencatat ya, suatu saat nanti mau coba bikin sendiri :)

    ReplyDelete
  9. Nah, iya, begitu baca judulnya penasaran juga tentang apa bedanya banana cake dengan banana bread. Ternyata jawabannya ada di racikan dua perempuan cantik. Megan Markle pakai bumbu rempahnya di dalam campurannya. Kalau Chef Farah Queen emang udah enggak usah diraguin lagi kemampuannya dalam dunia kuliner. Duh, saya kok jadi pengen, ya, setelah baca tulisan ibinini. Hehe

    ReplyDelete
  10. Rika Widiastuti AltairSeptember 18, 2019 at 3:47 PM

    Aku suka banget olahan pisang. Penasaran sama banana bread ala Meghan Markle. Soalnya belum pernah nyoba kalau pake jahe.

    ReplyDelete
  11. Princess pun bisa bikin kue..
    Apalah aq, yg sdh putus asa dlm dunia baking..
    Haha

    ReplyDelete
  12. Ambu, saya tuh salah satu penyuka makanan yang bahannya dari pisang, makanan apa pun, bahkan sampai sekarang pengin punya cafe yang menunya serba pisang. Termasuk bolu pisang hehe

    ReplyDelete
  13. Duhhh pas gak makan malam, malah baca banana bread. Lama gak bikin kue ini, aku menyebutnya banana cake karena aku bikinnya pakai mixer, hahahaa... enak emang ya mbak, dan aku nggak pernah pakai bubuk jahe karna anakku gak mau

    ReplyDelete
  14. Penasaran sama dua-duanya. Tapi pengin nyobain bikin yang lebih rempah :)

    ReplyDelete
  15. Siapapun yang masak, kalau enak dan gratis pasti laris manis. Jadi pengen buat sendiri nih dirumah

    ReplyDelete
  16. Sepertinya enak banget, apalagi kalo dibuat dengan suka cita. Kalo ada waktu senggang mau dah praktik banana bread ala Meghan M

    ReplyDelete
  17. Eulueh, ieu mah karesep abdi atuh, Ambu. Endeus pisaaaan. Tapinya aku mah belom pernah bikin. Takut gagal. :))))

    ReplyDelete
  18. Duhh... Ini kesukaan aku banget.. banana bread atau banana cake selalu enak pokoknyaa..

    ReplyDelete
  19. Wahh aku suka resep-resep yang simple dengan bahan minimalis..heheh Banana bread belum pernah bikin nih...Bolehlah dicoba yang ala Meghan atau Farah...

    ReplyDelete
  20. Wah asyik nih .. ada resepnya pula.. aku gak suka pisang Ambu to kalau udah diproses jd suka hehe

    ReplyDelete
  21. Saya kemarin dapat dari teman mba, rasanya emang mantap dan nagih, no wonder kalau Megan suka banget ya.

    ReplyDelete