Marriage Not Dating; Ribetnya Pernikahan

source : asianwiki


Rating Arthdal Chronicles jeblok!

Perceraian Song Joong Ki , pemeran utama Arthdal Chronicles, dengan Song Hye Kyo dituduh menjadi penyebabnya.  Penggemar pasangan ini merasa tersakiti karena Song Hye Kyo baru mengetahui dirinya digugat cerai sang suami dari media.  Dengan kata lain, Song Joong Ki menutup pintu komunikasi pada istrinya.

Kondisi ini menempatkan Hye Kyo sebagai korban. Terlepas apa masalahnya, tak elok mendiamkan pasangan hidup, membuatnya terpojok, merasa tidak dihargai dan disepelekan.

Beruntung umat muslim memiliki hadis berikut:
Tidak halal bagi seorang muslim untuk tidak menyapa saudaranya lebih dari 3 hari (HR Bukhari dan Muslim)
Ditambahkan bahwa pintu surga dibuka setiap Senin dan Kamis, kecuali bagi 2 orang yang sedang tidak bertegur sapa tersebut.

Indah banget bukan jika setiap manusia mengimani bukan? Pastinya ngga ada istilah musuh bubuyutan. Komunikasi terbuka, silaturahmi terjalin, bukankah setiap individu membutuhkan individu lainnya?

Demikian pula dengan pasangan suami istri yang harus  bersama menempuh bahtera rumah tangga,  pastinya nggak mudah. Baik istri maupun suami punya keinginannya sendiri, prinsip yang kerap berbeda. Yang dalam Islam harus segera diselesaikan. Pasutri jangan kelamaan berantem. Harus segera baikan dan berkomunikasi, karena anak-anaklah yang jadi korbannya.

Drama Korea “Marriage Not Dating” sebetulnya tidak menitik beratkan pada problem pasutri, melainkan 2 orang perempuan dan laki-laki yang justru belum menikah. Mereka dihadapkan pada maju mundur pernikahan. Kisah yang klise.

Namun menjadi bergizi karena kedua tokoh utama berlatar belakang keluarga yang tidak harmonis. Ibarat sayur, kisah orang tua Gong Ki Tae, sang pria dan orang tua Joong Jang Mi kekasihnya, menjadi bumbu penyedap drama ini.

source : asianwiki
Han Groo sebagai Joong Jang Mi, karyawan sebuah toserba yang polos, naif dan ekspresif. Gara-gara batal menikah dengan Lee Hoon Dong,  Ja Mi malah terperangkap dalam skenario Gong Ki Tae yang enggan menikah.
source: asianwiki

Yeon Woo Jin sebagai Gong Ki Tae, seorang dokter bedah plastik bermasa depan cemerlang. Sebagai keturunan tunggal dari keluarga terpandang, Ki Tae dipaksa untuk menikah. Ki Tae mengajak Jang Mi yang berasal dari keluarga miskin dan penjual miras, berstrategi dan membuat keluarganya harus memilih, menikahi Jang Mi yang tidak sederajat, atau membiarkan Ki Tae hidup membujang.

source: asianwiki
Jin Woon sebagai Han Yeo Reum, pria idaman lain yang berada diantara kisah cinta Ki Tae dan Jang Mi. Posisinya sebagai PIL membantu Ki Tae menyadari cintanya pada Jang Mi.

source : asian wiki

Han Sun Hwa sebagai Kang Se Ah, mantan pacar Ki Tae tiga tahun yang lalu. Muncul sebagai Wanita Idaman Lain karena menginginkan anak dari Ki Tae, baik melalui hubungan sex atau inseminasi.


Pasutri  Joo Gyung Pyo dan Na So Nyeo, orang tua Joo Jang Mi. Selalu bertengkar sejak Ja Mi kecil. Membuat suasana rumah menjadi runyam, tidak menyenangkan.

Puncaknya terjadi ketika Na So Nyeo meminta cerai dari suaminya, padahal sebetulnya So Nyeo menutupi fakta dirinya mengidap kanker. Begitulah jika arus komunikasi macet.


Pasutri  Gong Soo-Hwan dan Shin Bong-Hyang, orang tua Gong Ki Tae. Kebiasaan Gong Soo Hwan selingkuh sudah dalam taraf parah, siang hari dan di tempat publik, Soo Hwan dengan santainya menggandeng selingkuhan, ngga takut ketahuan.

Bong Hyang, ibu Ki Tae menjadi sosok yang dingin sesudah berulang kali diselingkuhi.

Sinopsis Plot oleh Staf AsianWiki ©
Kong Ki-Tae (Yeon Woo-Jin), seorang pria sukses yang  dipaksa menikah oleh keluarganya. Sayangnya, Ki Yae enggan menikah, dia ingin hidup sendirian.
Untuk membuat keluarganya menyerah, Ki Tae memperkenalkan Joo Jang-Mi (Han Groo) sebagai kekasihnya, dengan harapan, keluarganya akan menolak Jang Mi dan membiarkannya hidup sendiri.

source : asian wiki

Review
Kisah berawal dengan kepedihan Jang Mi yang dicampakkan calon suaminya, Lee Hoon-Dong. Bahkan dituduh menjadi penguntit hingga diseret ke pengadilan dan membayar denda.

Gong Ki Tae, menyelamatkan Joo Jang Mi sebagai win-win solution. Jang Mi terlepas dari jerat hukum dan bisa membalas dendam pada mantannya. Sementara Ki Tae mendapat imbalan bisa mengajak Joo Jang Mi sebagai calon istri bohongan, agar keluarganya tak mendesak untuk menikah.

Malang, ibu kandung Gong Ki Tae amat cerdik. Dia menjadwalkan 2 bulan kemudian pasangan ini harus menikah. Membuat Ki Tae dan Jang Mi panik.
Kisahpun bergulir seru dengan munculnya WIL, Kang Se Ah, mantan pacar Ki Tae yang disetujui keluarga besar Ki Tae, namun ngga cocok karena Kang Se Ah suka “menjajah”.

Sedangkan Jang Mi malah jatuh hati pada Han Yeo Reum, asisten chef di cafe milik Lee Hoon Dong. Kehadiran Yeo Reum membuat Ki Tae menyadari perasaan cintanya pada Jang Mi.

Jalinan kisah semakin seru karena keluarga Jang Mi rupanya nggak harmonis. Ayah ibunya kerap bertengkar dan mengucapkan “ sana ikut ibumu/bapakmu”. Ucapan yang melukai hati anak –anak. Semakin pedih ketika Jang Mi kerap harus sendirian di rumah. Bahkan pernah nyaris kelaparan sewaktu ortunya bertengkar dan meninggalkan Jang Mi sendirian di rumah selama 3 hari. Parah banget ya?

Kehidupan pernikahan orang tua Gong Ki Tae juga ngga seromantis seperti yang dilihat publik. Ayah Ki Tae gemar selingkuh sejak Ki Tae masih balita. Membuat ibu Ki Tae sempat melarikan diri dari rumah, dan tinggal berdua saja di rumah yang kini ditempati Ki Tae.

Sesudah itu, ibu Ki Tae hidup dalam dunianya sendiri. hanya melayani keluarga suaminya. Nyaris tak pernah senyum. Hanya menjadi ibu yang baik, istri yang baik, ipar yang baik serta menantu yang baik.

Joo Jang Mi bak malaikat penyelamat ibu Ki Tae. Jang Mi membebaskannya dari atribut sok suci. Ibu Ki Tae bisa melawan ketika bertemu selingkuhan suaminya. Bahkan terlibat dalam perkelahian saling jambak, perilaku yang kerap dipandang sebagai rendahan.

Keberadaan Kim Hae Sook sebagai ibu Ki Tae, membuat drama korea “Marriage Not Dating” menjadi bernyawa. Akting mumpuni dari aktris gaek ini memang luar biasa. Tak heran, dia acap mendapat porsi pemeran utama.

Demikian juga dengan Lim Ye Jin sebagai ibu  Yoon Jang Mi. Pas banget sebagai tandem Kim Hae Sook.  Perannya dalam puluhan drama Korea populer seperti Boys Over Flowers, Full House, hingga yang terakhir My Only One, mengukuhkan kepiawaiannya dalam berakting.


Kelemahan drama dengan aktris dan aktor muda emang terletak pada cemplang, dan kurang gregetnya adegan per adegan. Mereka nampak sibuk nggak jelas, ditambah skenario yang sering klise, misalnya ngedate di taman hiburan, alamak ngebosenin banget!

Untung sutradara dan produsen meracik pemain dengan cerdas. Walau pastinya selera pemain nggak bisa disama rata. Terbukti drama Korea “ Marriage Not Dating” mendulang banyak komen positif.

Profile
Drama: Marriage Not Dating (literal title)
Revised romanization: Yeonae Malgo Gyeolhon
Hangul: 연애 말고 결혼
Director: Song Hyun-Wook
Writer: Joo Hwa-Mi
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: July 4 - August 23, 2014
Runtime: Fri & Sat 20:50
Language: Korean
Country: South Korea

Comments