Good Bye Mr Black, Derita Anak Korban Tsunami



Masih ingat tragedi tsunami yang menerjang Aceh dan Thailand pada 26 Desember 2004? Banyak korban berjatuhan, meninggal dan luka-luka, serta terpisah dari keluarga hingga harus hidup sebatang kara.

Tidak hanya luka fisik, mereka juga mengalami luka batin atau trauma yang harus disembuhkan. Terlebih jika anak-anak yang mengalami. Kehidupan nyaman mereka tiba-tiba terenggut. Orang tua tewas, rumah dan sekolah musnah.

 Sayang, pemerintah tidak memiliki unit khusus untuk menangani trauma yang umumnya berkepanjangan ini. Karena itu banyak LSM terjun, membantu mencari keluarga terdekat atau keluarga angkat. Agar anak-anak bisa memiliki masa depannya kembali.

Bencana Tsunami rupanya memberi ide penulis skenario drama Korea “Good Bye Mr Black” untuk menjadi latar belakang Khaya, seorang anak perempuan korban tsunami yang kehilangan orang tuanya. Dia juga hilang ingatan. Tak tahu siapa orang tua dan namanya sendiri. Karena ditemukan diantara tumpukan sampah,  pengurus LSM memberinya nama “Khaya” yang berarti  “sampah” dalam bahasa Muangthai.

Ide kisah yang ciamik tak lepas dari based on comic "Goodbye Mr. Black" oleh Hwang Mi-Na yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1983 oleh Songchun Cultural Publishers. Pembuatan komik itu sendiri terinspirasi dari novel  "The Count of Monte Cristo” oleh Alexandre Dumas.

Walau mungkin akan gemes ngelihat banyaknya perkelahian Cha Ji Won yang seorang diri melawan para gangster. Juga emosi yang naik turun. Namun penonton bakal puas melihat kepiawaian pemain watak Kim Kang Woo sebagai Min Sun Jae. Serta Lee Jin Wook yang gantengnya nggak ketulungan, sebagai Cha Jin Won. Aktingnya yang bikin penonton kembang kempis bisa dinikmati di drama Korea “The Time We Were Not in Love” bareng Han Ji Won. Serta Voice 2 dan Voice 3. Voice 2, Mereka Pengidap Gangguan Jiwa

Baca juga:


 Secara keseluruhan, “Good Bye Mr Black” layak dinikmati sebagai hiburan akhir pekan. Perpaduan yang pas antara adegan romantis dengan komedi dan pergulatan memperebutkan harta, nampaknya bakal membuat betah menonton setiap episodenya. Tak heran raihan ratingnyapun lumayan.


Moon Chae-Won sebagai Khaya, anak perempuan korban tsunami yang diselamatkan NGO pimpinan Kim Ji Ryoon. Menggelandang dan tidak bisa baca tulis, Khaya bertemu dengan Cha Ji Won yang memberinya nama Swan.
Ketika kembali ke Korea, Swan menjadi reporter bernama Kin Seu Wan karena diakui sebagai adik Kim Ji Ryoon. Suatu kecelakaan membuat ingatannya pulih, bahwa dia sebenarnya bernama Baek Eun Young. Kejadian tragis lah yang membuat Swan shock dan lupa masa lalu.


Lee Jin Wook sebagai Cha Ji Won, anak sulung seorang konglomerat yang memilih berkarier di Angkatan Laut sebagai perwira Operasi Khusus. Nasib membuatnya harus bersembunyi dari pihak berwajib, dan mengubah namanya menjadi Black, suami dari Khaya/Swan.


Kim Kang Woo sebagai Min Sun Jae, anak angkat keluarga Cha yang tumbuh bareng Ji Won dan adiknya Ji Soo. Sebagai anak mantan narapidana, Sun Jae malu mengakui ayahnya. Beruntung, keluarga Cha sangat menyayangi Sun Jae, sayang dia mengambil jalan yang melanggar hukum, demi harta dan perempuan yang dicintainya, Yoon Ma Ri.


Yu In Yoong, sebagai Yoon Ma Ri, khas perempuan yang mencari aman. Bukan penunggu cinta sejati. Ketika mengira kekasihnya, Cha Ji Won tewas di Muangthai, Ma Ri menikah dengan Min Sun Jae.
Juga sewaktu ditipu mentah-mentah oleh Sun Jae, Ma Ri mengambil langkah yang menguntungkan dirinya. Tidak mau berkorban demi sesuatu yang mengganggu kenyamanan hidupnya. Khas banget. Bukankah mayoritas perilaku manusia mirip Yoon Ma Ri?


Song Jae Rim sebagai Seo Woo Jin, anak Seo Jin Tak, wakil presdir Sun Woo Grup. Woo Jin mendirikan Panda News untuk memenuhi ambisinya yang mengutamakan aktualitas berita. Dia pula yang membimbing Swan menjadi reporter handal.

Sinopsis Plot oleh Staf AsianWiki ©
Berkisah tentang Cha Ji-Won (Lee Jin-Wook), seorang perwira UDT dari Angkatan Operasi Khusus Angkatan Laut. Memiliki pesona penuh karisma dan karir cemerlang, Ji Won harus bersembunyi dari kejaran pihak berwajib.
Selama bersembunyi, Ji Won menggunakan nama palsu, Black dan berpura-pura menikah dengan Swan  (Moon Chae-Won). Tertarik pada pesona Swan yang ceria dan positif, Ji Won akhirnya jatuh cinta pada Swan.


Review
 “Good Bye Mr Black” berkisah Cha Ji Won, anak sulung konglomerat Cha yang hanya hidup dengan ayah dan adiknya Cha Ji Soo. Sewaktu berusia 10 tahun, keluarga Cha menerima Min Sun Jae sebagai keluarga baru karena yang bersangkutan enggan dibully sebagai anak mantan narapidana.

Ketika dewasa, Ji Won dan Sun Jae bergabung dengan Angkatan Laut, meniru jejak ayah mereka, Cha Jae Wan yang pensiun akibat cedera kaki. Namun hanya Ji Won yang meneruskan karir, Sun Jae memutuskan bekerja di Sun Woo Construction, milik Cha Jae Wan yang sedang mengikuti tender di Muangthai.

Disinilah kisah berawal, Ji Won yang sedang mendapat tugas di Muangthai, terjebak dalam peristiwa yang membuatnya dikejar-kejar pihak berwajib.  Berkat Khaya, seorang gadis korban tsunami,  Ji Won lolos dari kejaran polisi dan jeratan maut.

Intrik, penggelapan dana, perebutan kekuasaan yang berkelindan dalam kasus tender gas di Muangthai, yang menyebabkan Cha Ji Won tidak bisa menampakkan diri.
Kelindan ambisi pula yang menyebabkan kematian Cha Jae Wan sebagai pemilik perusahaan, juga mengakibatkan raibnya Ji Soo yang tanpa sengaja mengetahui kejahatan Sun Jae.

Ji Won menghilang dalam tragedi Muangthai dan dinyatakan tewas, sehingga Sun Jae leluasa mengawini kekasih Ji Won, Yoon Ma Ri dan menjadi presdir Sun Woo Construction.

Lima tahun kemudian Ji Won kembali ke Korea untuk membalas dendam. Dia bertemu lagi dengan Khaya yang telah menjadi reporter Panda News dan mendapat panggilan Kim Seu Wan, karena diakui anak keluarga Kim.
Ji Won banyak mendapat bantuan Panda News, milik Seo Woo Jin, anak wakil presdir  Sun Woo Construction, Seo Jin Tak. 

Sejak semula Seo Jin Tak  mencurigai kematian Cha Jae Wan sebagai pembunuhan,  bukan kematian akibat sakit jantung, terlebih karena obat-obatan. Sayang kecurigaan Seo Jin Tak malah membuat dirinya diseret masuk penjara.

Apakah tujuan Ji Won menguak kebenaran kematian ayah kandungnya serta usaha mencari adiknya, akan berhasil? Terlebih usai mengalami kecelakaan maut, Ji Won mengalami masalah pada kepalanya. Jawabannya bisa ditebak, karena umumnya penulis skenario Kdrama enggan berkonfrontasi dengan penggemarnya. :D

Usaha penulis skenario patut diacungi jempol, walau terasa kedodoran di beberapa adegan. Mungkin dibutuhkan untuk mengurai ketegangan. Atau justru mengada-ada? Salah satunya ketika ART Hong In Ja mencari pulpen berisi rekaman suara Baek Eun Do.

 Namun selebihnya sungguh menarik dan membawa banyak pesan.  Bagaimana cinta dan harta bisa membutakan seseorang.  Akibat iming-iming akan dijadikan presdir Sunwoo Grup, Min Sun Jae tega membiarkan ayah angkat yang mencintainya,  mati dibunuh, bahkan bekerja sama dengan pembunuhnya.

Sun Jae juga tega membunuh Cha Ji Won serta adiknya Cha Ji Soo, dua sosok yang mencintainya tanpa pamrih, bahkan sering membantu ayah kandung Sun Jae yang terlibat masalah dengan rentenir.

Kepiawaian Kim Kang Woo memerankan Sun Jae membuat penonton angkat jempol. Sosok yang dingin dalam memenuhi ambisi sekaligus sosok yang cinta mati pada Yoon Ma Ri. Peran second lead sangat hidup dalam “Good Bye Mr Black”, bahkan nyaris mendominasi.

Sarat pesan, “Good Bye Mr Black” sangat layak dinikmati. Asalkan jangan banyak tanya dan protes dengan kurang mendalamnya beberapa tokoh, adegan dan plot yang terasa kurang pas.  Karena penonton akan terbuai dengan kisah kasih Mr Black – Swan yang mengharu biru.

Profile
Drama: Goodbye Mr. Black
Revised romanization: Goodbye Mr. Black
Hangul: 굿바이 미스터 블랙
Director: Han Hee
Writer: Hwang Mi-Na (comic), Moon Hee-Jung
Network: MBC
Episodes: 20
Release Date: March 16 - May 19, 2016
Runtime: Wednesday & Thursdays 21:55
Language: Korean
Country: South Korea




Comments

Ya ampuuuun tega banget, cantik-cantik dikasih nama 'sampah' 🤭
Tapi jadi bikin kepo deh sama film ini.
hihihi asyik lho

maaf baru jawab, sedang ngutak ngutik blog ini supaya bisa langsung reply, eh ngga bisa

#nangisdeh