Birth of Beauty, Metamorfosis Perempuan Korban Pelakor



“Apa kamu pernah berkaca?” tanya pelakor.

Duh, bagaimana jika kamu yang mendapat pertanyaan tersebut? Si pelakor (perebut laki orang) berbody langsing, cantik, dan selebriti beken. Sedangkan kamu “cuma” ibu rumah tangga/housewive/ahjumma  bertubuh gembrot, yang kegiatan sehari-harinya hanya seputar sumur dapur kasur.

Ngejawab dengan kata-kata kasar?

Ngga segampang itu.  Terlalu sering dibully, terbiasa memendam isi hati, akan membuat siapapun mengalami krisis kepercayaan diri. Nggak mudah melakukan “counter attack” menjawab perkataan lawan dengan pedas. Palingan cuma bisa menangis.

Nangis di kamar berjam-jam. Kemudian membayangkan punya wajah lebih cantik dibanding pelakor. Punya body langsing tanpa lemak. Selalu dikelilingi orang yang memandang takjub. Kemudian, eng ing eng ... serangkaian balas dendam dilancarkan pada si pelakor. Pelakorpun KO ... :D  :D

Drama Korea  “Birth of Beauty” menampilkan Sa Geum Ran yang disakiti pelakor dan suaminya. Setelah menjalani operasi plastik,  liposuction dan implan, Sa Geum Ran bermetamorfosis  menjadi perempuan dengan kecantikan tiada tara. Serta tubuh semlohei yang bikin seluruh perempuan di muka bumi,  jadi iri bukan kepalang.

Tidak cukup, Sa Geum Ran juga menjalani serangkaian gemblengan agar wawasannya bertambah. Agar mampu hidup mandiri. Ditinggal suami, yo wis ben. Ngancem cerai, ya cerai aja.

Karena kasus dalam rumah tangga, nggak pernah berdiri tunggal. Melibatkan suami dan istri. Gimana komitmen di awal pernikahan? Bukankah sumpah perkawinan begitu jelasnya? Akan selalu berdampingan dalam suka dan duka.  Seiring waktu pasti terjadi perubahan pada suami dan istri.  Kalo cuma tubuh jadi gembrot, wajah berubah keriput, kecil itu sih.

Wah jadi ingat kasus segitiga Maia – Ahmad Dani dan Mulan Jamilah. Jika mau dibedah lagi kasusnya, bukankah Maia juga punya andil kesalahan? Membiarkan Mulan tinggal bareng mereka dengan alasan agar duo Maia-Mulan bisa kompak.

Tapi lihatlah apa yang terjadi? Ahmad Dani bak musang yang kesenengan lihat ayam, langsung deh Mulan diterkam. Bahkan pernikahan siri mereka diresmikan ayah Ahmad Dani.

Dalam “Birth of Beauty” , pernikahan Sa Geum Ran – Lee Gang Joon sudah error sejak awal. Sa Geum Ran melihat pernikahan sebagai kesempatan memiliki suami. Sedangkan Gang Joon menikah demi dukungan finansial yang diberikan istrinya. Ngaco kan?

Situasi bertambah parah jika perempuan sebagai istri, membiarkan dirinya dicela. Memberikan celah pada orang lain untuk berkelakuan tidak wajar. Umumnya disebabkan kultur yang menganggap bahwa sudah seharusnya istri berkorban.

Jika tekananan berlangsung terus menerus, tubuh akan mencari keseimbangan.  Pada titik kulminasi tertentu, bisa terjadi ledakan. Bentuknya bisa kemarahan pada yang lebih lemah, misalnya anak, pembantu rumah tangga. Atau gangguan kejiwaan, hingga bunuh diri.

Di negaranya “Birth of Beauty” mendapat rating lumayan tinggi. Penyebabnya aktris dan aktor papan atas yang berperan, ide kisah yang menyentuh kehidupan sehari-hari, walau pastinya ada aja bolong disana-sini. Namun drama ini tepat banget dipilih sebagai hiburan akhir pekan.


Ha Jae Suk sebagai Sa Geum Ran before operasi plastik. Steorotype bahwa istri/ibu rumah tangga yang diselingkuhi berbadan gemuk, membuat Ha Jae Suk mendapat peran tersebut di “Birth of Beauty” dan “Perfume”.

Selalu merasa bersalah, tidak percaya diri akibat kerap dibully, membuat Sa Geum Ran (juga Kim Jae Hee di “Perfume”) selalu berkata “maaf” dan “tidak apa-apa” ketika dirinya menjadi korban, bahkan mengalami kecelakaan.

Setelah 7 tahun pernikahan dan melihat suaminya selingkuh dari balik lemari, bukannya marah, Geum Ran hanya meminta selingkuhannya agar melepas suaminya. Yang pastinya dijawab dengan ejekan.


Han Ye Seul sebagai Sa Geum Ran paska operasi plastik. Mendapat nama Sara, hasil metamorfosis yang sangat sempurna ini dipuja banyak orang. Impian Geum Ran yang berubah nyata.

Namun berkat kepiawaian masak sebagai Geum Ran lah yang membuat Sara berhasil mandiri. Dia memenangi kompetisi memasak dan menemukan bumbu rahasia untuk beragam masakan.


Joo Sang Wook sebagai Han Tae Hee, cowok ganteng yang mendesain wajah,  tubuh serta masa depan Sara. Bersama Tae Hee, Sara melancarkan balas dendam pada mantan suami dan keluarganya.

Han Tae Hee sebetulnya cucu seorang konglomerat, pemilik Winner Group. Sewaktu masih berumur 10 tahun, suatu konspirasi jahat merenggut nyawa bapak ibunya. Memaksa Tae Hee melarikan diri, ditemukan ayah Gyo Chae Yeon yang kemudian membesarkan dirinya.

Cinta terpendam pada Gyo Chae Yeon, selingkuhan Lee Gang Joon suami Sara, membuat Tae Hee sepakat bersekutu dengan Sara agar Chae Yeon batal menikah dengan Gang Joon.


Jung Gyu Woon sebagai Lee Gang Joon, Bang Toyip yang nggak pulang-pulang untuk bertemu istrinya, Sa Geum Ran. Selama 7 tahun Gang Joon menyelesaikan study di Amerika Serikat, begitu pulang menjadi CEO HBS, perusahaan penyiaran, bagian dari Winner Group.

Selain berselingkuh dengan Gyo Chae Yeon, pembawa berita di HBS, Gang Joon juga menjadi tangan kanan Han Min Hyeok, calon presdir Winner Group.


Wang Ji Hye sebagai Gyo Chae Yeon, pelakor yang nggak tahu malu. Udah mah ngerebut Gang Joon dari Sa Geum Ran, dia juga menguasai harta Sa Geum Ran.

Aktingnya berhasil membuat penonton membencinya. Chae Yeon tidak hanya bertingkah ketika Gang Joon diskor, juga bersiasat  merebut Tae Hee, yang baru diketahuinya kemudian adalah cucu konglomerat. Cewek matre banget ya?



Han Sang Jin sebagai Han Min Hyeok, kakak tiri Han Tae Hee. Ambisinya menguasai Winner Group membuatnya tega memenjarakan neneknya, pemilik Winner Group. Dia juga jatuh cinta pada Sara, sehingga kisah cinta dalam “Birth of Beauty semakin jelimet.

Sinopsis Plot oleh Staf AsianWiki ©
Han Tae-Hee (Joo Sang-Wook) adalah pewaris perusahaan besar, yang menderita sindrom patah hati karena syok psikologis. Untuk mendapatkan kembali perempuan yang dicintainya, Han Tae Hee mengubah  Sa Geum-Ran yang tidak menarik dan kelebihan berat badan menjadi Sara yang cantik (Han Ye-Seul). Dalam prosesnya, Han Tae-Hee jatuh cinta pada Sara.


Review
Nasib Sa Geum Ran sungguh malang. Ketika hendak melaporkan kelakuan suaminya yang berselingkuh, mobil yang dikendarainya dipepet hingga masuk laut.

Dinyatakan bunuh diri walau jasadnya tidak diketemukan, Sa Geum Ran sebetulnya selamat. Dia melarikan diri ke rumah Gyo Ji Hoon, dokter bedah plastik dari “Change”, acara televisi yang menampilkan sosok yang diubah dari buruk menjadi cantik jelita.

Sayang, atau malah kebetulan? Yang ditemui Geum Ran adalah Han Tae Hee, kakak angkat Ji Hoon. Han Tae Hee memendam cinta pada Gyo Chae Yeon, selingkuhan suami Geum Ran, sehingga keduanya memiliki tujuan yang sama, membatalkan pernikahan Gang Joon dan Chae Yeon.

Setelah bermetamorfosis menjadi Sara, Geum Ran bersekutu dengan Han Tae Hee, tidak saja untuk balas dendam pada suaminya dan Chae Yeon, juga untuk membangun kehidupan baru sebagai sosok mandiri.

Di pihak Tae Hee, Geum Ran membantu Tae Hee untuk merebut kembali Winner Group, melalui Winner Food, yang memproduksi makanan hasil kreasi Geum Ran.


Intrik dalam drama bergenre romance kerap kedodoran. Demikian pula dengan “Birth of Beauty”, banyak yang nggak masuk akal.

Kan nggak mungkin banget mengubah wajah serta fisik seseorang dalam waktu kurang 49 hari? Dari beberapa artikel dan video yang saya lihat, perlu beberapa bulan pemulihan paska seseorang menjalani oplas, liposuction dan implant. Implant dibutuhkan untuk mengubah suara Geum Ran dan rambutnya yang menjadi panjang bak mayang terurai.

Dramatisasi yang membuat penonton menangis, juga ditampilkan dengan intens dalam “Birth of Beauty”. Namun pesan moralnya jelas, jadi perempuan harus smart, harus cerdas, bagaimanapun bentuk tubuhnya.

Sosok dan kasus Geum Ran banyak kita temui di masyarakat. Ketika suaminya selingkuh, beramai-ramai orang mengutuk selingkuhan/si pelakor. Emang sih si pelakor juga salah,  kok mau pacaran dengan pria beristri. Si suami juga, udah punya istri kok selingkuh. Karena itu di agama Islam ada ungkapan:
“suami adalah surga”
Maksudnya tentu agar suami bisa menjadi nakhoda bagi rumah tangganya. Membimbing istrinya jika wawasannya tidak cukup. 

Berdampingan membentuk keluarga yang sakinah mawadah wa rohmah.
Hal tersebut sulit terwujud jika pernikahan long distance dan komunikasi searah, hanya Geum Ran yang aktif mengirim video pada suaminya.

Profile
Drama: Birth of a Beauty (literal title)
Revised romanization: Minyeoui Tansaeng
Hangul: 미녀의
Director: Lee Chang-Min
Writer: Yoon Young-Mi
Network: SBS
Episodes: 21
Release Date: November 1, 2014 - January 11, 2015
Runtime: Saturday & Sunday 22:00
Language: Korean
Country: South Korea

20 comments

  1. iNI nih salah satu drakor favorit saya. Meskipun sudah lama, tapi saya tetep sukaa. Pemainnya pas banget memerankan kisahnya masing masing. sampai ikut gemess sama itu si pelakor. daan suaminya yang mata keranjang itu. lha kok saya malah jadi emosian yaa hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti Wang Ji Hye, sukses berakting sebagai pemain antagonis. Hihihi karena itu banyak yang ngga mau jadi pemain antagonis, takut dibenci :D

      Delete
  2. Baca reviewnya aja seru, apalagi nontonyaaa
    Tar coba cari2 waktu unt nontonnya hehe

    ReplyDelete
  3. hihihi penonton di larang protes ya, Mbak. Mau dibuat 49 hari aja atau sebulan udah beres oplasnya, terserah yang bikin cerita.

    ReplyDelete
  4. Temanya berat. Tapi satu yang jelas sih, perselingkuhan terjadi karena melibatkan DUA orang.

    ReplyDelete
  5. Ini sukaaa banget ama dramanya. Dulu pas ngerasa insecure ama diri sendiri jadi ngayal pengen ketemu dokter buat dioperasi plastik gara gara abis nonton drakor ini xixixiix

    ReplyDelete
  6. Ini drama favorit aku banget mbak, menonton ini rasanya hati campur aduk membayangkan sakitnya berada di posisi dua, huhuhu aku sampai beberapa kali nonton drama Korea Birth Of a Beauty ini saking sukanya 🤗

    ReplyDelete
  7. Daya tarik drakor tuh begini ya, cerita yang tersaji memang rata-rata ada di masyarakat awam, jalan ceritanya menarik, naskahnya apik, pemainnya pun bermain natural, gak lebay, gak dibikin-bikin. Drakor yang ini jadi rekomendasi buat saya juga nih, buat dilahap akhir pekan ini, Makasih Ambu

    ReplyDelete
  8. Cerita yang seru, mengangkat kisah selingkuh dan hadirnya pelakor. Hmm, pelakor lagi hits dijaman now

    ReplyDelete
  9. Wah wah, seru-seru gemes ya kayaknya. Aku belom pernah nonton drama ini. Nyari ah, kebentulan lagi banyak nonton drama mysteri. Kepengen juga refreshing dengan drama kayak gini. Asal akhirnya kudu hepi ending :D

    ReplyDelete
  10. Jijur aku belum pernah nonton drakor ini. Kisah pelakor juga jadi tema drakor VIP yg baru bungkus. Aku penasaran sih apa endingnya sama sad ending juga

    ReplyDelete
  11. Mbaaak.... daku suka nih nonton yang kayak gini berdua suami bahahahahhahaha
    biar dia tahu, istri kalo diselingkuhin bisa lebih kejaaaam!

    Nonton juga Widow - The other Woman (yang ini juga oke karena ada Cameron Diaz)

    Jadi si suami (Mark) ga hanya selingkuh dengan 1 orang tapi 2 sekaligus!|

    Akhirnya, si tiga cewek ini malah jadi bersahabat, dan berencana balas dendam.

    Geram merasa ditipu habis-habisan, ketiganya bersatu apalagi seiring berjalannya waktu, mereka tidak hanya mengetahui fakta bila Mark seorang peselingkuh kelas berat - tapi jugaaaa... morotin habis harta istri dan pacar2nya!

    ReplyDelete
  12. Kenapa ya pelakor itu sikapnya kayak begitu hahaha. Bukannya malu malah bangga :D eh Chae Yeon matre sih ya, mau pria-pria kaya huehehe. Jadi pengen nonton ih, Walaupun kisah cinta mereka jadi belibet gitu Ambu. Dan ternyata niat awal pernikahan antara Geum Ran sama Gang Joon emang udah salah sih wkwkwk. Tapi aku pengen lihat perubahannya Geum Ran deh , secara keren sih gak cuma fisik aja yang diubah tapi juga wawasannya. Noted, mau aku simpen dulu judulnya :)

    ReplyDelete
  13. Birth of Beauty ya, noted deh masukin watch-list, hihi... ini saya sedang nonton Love Alarm. Suka yg rom-com2 gitu. tp bener kok Birth of Beauty dari review nya Mbak Maria jd sangat banyak pesan moralnya ya. kita kaum hawa ini mesti smart dan paham hak2 kita. TFS ya

    ReplyDelete
  14. Temanya tentang perselingkuhan. Hmmm... Kayaknya seru ya, tapi saya nggak boleh nonton yang temanya bikin jadi kepikiran sama suami heheheh....

    ReplyDelete
  15. Salut deh sama Ambu, yang begitu piawai mengulas drama2 Korea! Kok bisa hapal sih nama-namanya, Ambu?

    Di mata saya, namanya mirip2 semua, susah dihapal! Haha.

    Btw, keren banget ulasannya,. Ambu. Ini film saja atau serial, sih?

    ReplyDelete
  16. Hehe ini ceritanya banyak di kehidupan nyata ya

    Klo suami selingkuh pasti istri yg disalahkan...

    Katanya juga gara gara istri g bisa jaga penampilan...

    Gimana klo cerita di balik, suami gembrot dan jelek lalu istri selingkuh...

    Duh seantero dunia bakal hujat sang istri, suaminya malah dikasihani..

    Hehe
    Biasanya gitu

    ReplyDelete
  17. Suka banget film ini! Mengolah emosi dan menghibur...pinter banget akting mereka , alur cerita jelas, top banget lah malah kata saya lbh bagus dari drakor2 terkenal lainnya..kerenn

    ReplyDelete
  18. Tidak rekomended,, drama dengan pemeran lembek 😅😅 layaknya sinetron indo

    ReplyDelete
  19. dulu pernah nonton cmn udh lupa ak nonton lg di thn 2020 ini sedikit kecewa edingnya masa gitu dong , GK ada kejelasan si masa sa Ra dan Han Tae Hee nggk nikah si Lee Gang Joon dan Gyo Chae Yeon jga GK di penjara atu apa ke sumpah kzl bngt sma endingnya

    ReplyDelete