Hundred Million Stars From the Sky, Tragedi Sepasang Kekasih Korban Aliran Sesat



 

Hundred Million Stars From the Sky, Tragedi Sepasang Kekasih Korban Aliran Sesat

Ingat dokter Rica? Dokter cantik yang pernah menghilang seusai menjenguk suaminya yang sedang kuliah di Jogja? Hilangnya dokter Rica bersama anaknya, diduga disebabkan suatu kepercayaan/sekte/aliran sesat yang menyuci otak anggotanya hingga urusan duniawi ditinggalkan, hubungan kekeluargaan dinafikan.

Sejatinya, setiap manusia hidup membutuhkan pedoman tentang perbuatan yang buruk dan yang baik. Hingga muncul bermacam keyakinan/ agama yang memberi manusia way of life, bahwa mereka yang berdosa akan mendapat hukuman, yang berbuat baik mendapat pahala.

Beberapa orang tak bertanggung jawab menggunakan keyakinan tersebut untuk kepentingan diri dan kelompoknya. Keyakinan terhadap dosa dan perbuatan baik tidak lagi dilihat sebagai ekses, tapi berbalik menjadi kegiatan sehari-hari. Memiliki nafsu dianggap dosa. Padahal justru nafsulah yang membuat manusia berlomba-lomba berbuat baik.

Salah satu nafsu yang dimaksud adalah nafsu melindungi anak dan keluarga, menjadikan mereka bahagia, menjadikan mereka sebagai orangt-orang terbaik di masyarakat. Akibat pengaruh aliran sesat, seorang anggota sekte bisa dengan tega menelantarkan anaknya hingga kelaparan. Bahkan mereka merasa bahagia jika anak perempuannya menjadi “persembahan” bagi ketua sekte.

Para sineas Korea membuat beberapa K-drama berlatar gelapnya kehidupan sekte. Paling tidak ada 3 drama Korea yang telah saya tonton, yaitu “Save Me” ,   “Children of Lesser God” dan yang kini saya ulas adalah  ''Hundred Million Stars From the Sky''/“The Smile Has Left”.

Merupakan remake dari “Hundred Million Stars From the Sky” besutan Fuji TV tahun 2002, “The Smile Has Left” hanya mengungkap biang kerok masalah adalah kasus sekte, di episode akhir. Drama ini malah sibuk bertutur mengenai perilaku Kim Moo Young yang diperankan secara ciamik oleh Seo In Guk.

Juga tarik ulur kisah cintanya dengan Yoo Jin kang, yang diperankan Jung So Min pemeran Yoon Jin Hoo dalam “Because This is My First Life. Sementara biang kerok masalah,  kedua orangtua mereka yang terlibat sekte, hanya diperlihatkan sekilas. Padahal gara-gara sekte, timbul rentetan peristiwa tragis,  perselisihan, kesalah pahaman, perpisahan penuh tangis dan pembunuhan.


Seo In Guk sebagai Kim Moo Young, pemuda misterius, yang tidak hanya memiliki bekas luka bakar di punggung dan lengan. Juga luka masa lalu yang awalnya terpendam. Sejak menautkan cinta pada Yoo Jin Kang, pelan-pelan masa lalunya yang terpendam, muncul kembali.


Jung So Min sebagai Yoo Jin Kang. Pemilik luka bakar di lengan yang merupakan adik tersayang Yoo Jin Kook. Walau tau bahwa Jin Kook bukan kakak kandungnya, tak menyurutkan Jin Kang berperilaku sebagai adik yang sangat hangat.


Park Sung Woong berperan sebagai Yoo Jin Kook, detektif polisi cemerlang yang pindah ke Seoul demi melupakan peristiwa berdarah Haesan yang melibatkan dirinya, Jin Kang dan Moo Young. Sesudah 25 tahun berlalu, nasib mempertemukan mereka kembali.


Im Yoo Ri, gadis  bermasa belakang kelam hingga harus mendapat perawatan dokter Yang Kyung Moo. Nasib malang membuatnya diperas oleh teman perempuannya. Beruntung dia berkawan dengan Moo Young,


Yoo Jae Myung berperan sebagai psikiater Yang Kyung Mo, yang merawat Moo Young dan Yoo Ri. Dalam kasus kejiwaan, peran psikiater acap dimunculkan untuk menerangkan kasus secara lebih ilmiah dan masuk akal.

Mengingatkan pada penonton bahwa setiap peristiwa meninggalkan jejak. Dan bahwa peristiwa yang pernah hilang dalam ingatan akan membayangi pemiliknya berperilaku di kemudian hari.


Sinopsis Plot oleh Staf AsianWiki ©
 
Yoo Jin Kook, seorang detektif yang berencana berhenti dari pekerjaannya. namun terobsesi menyelesaikan kasus pembunuhan seorang mahasiswi yang tersamar sebagai bunuh diri.

Dia memiliki seorang adik perempuan dan ingin menjodohkannya dengan Eom Cho-Rong, detektif polisi rekan kerjanya. Sayang sang adik, Yoo Jin Kang malah menyintai Kim Moo Young, lelaki yang diketahui latar belakangnya oleh Yoo Jin Kook.

Yoo Jin Kook menduga ada keterlibatan Kim Moo Young dengan kasus  pembunuhan mahasisiwa, sehingga dia setengah mati menentang pilihan adiknya tersebut.


Review Hundred Milion Stars Fron The Sky

Seperti telah diulas di atas, benang merahnya ada pada kasus aliran sesat yang membuat si kecil Kim Moo Young dan Yoo Jin Kang ditelantarkan oleh orang tua mereka. Ketika para orang tua sibuk berdoa, mereka berdua kerap kelaparan dan saling mengisi.

Sebagai anak yang lebih tua, Moo Young selalu melindungi Jin Kang, demikian juga pada peristiwa tragis, Jin Kang menyenggol teko berisi air panas, Moo Young berusaha menutupinya dengan tubuh ciliknya.

Suatu penyelamatan berdarah membuat sepasang anak manusia ini berpisah. Jin Kang diadopsi Yoo Jin Kook yang mengaku sebagai kakaknya. Sedangkan Moo Young berpetualang, masuk ke panti asuhan, hingga suatu situasi mempertemukan mereka.

Pada saat itu, Jin Kang telah bekerja sebagai desainer produk sedangkan Moo Young bekerja di perusahaan bir sebagai peracik minuman. Di awal kisah, Moo Young justru bermain cinta dengan Baek Seung Ah, teman baik Jin Kang,  hanya untuk iseng, mempermainkan perempuan berharta, untuk kemudian ditinggalkan.

Tidak hanya Baek Seung Ah, seorang perempuan bernama Im Yoo Ri juga diam-diam jatuh cinta pada Moo Young. Bahkan Yoo Ri dibantu Moo Young dari jerat pemerasan temannya, seorang mahasiswi.

Walau hanya dugaan, Yoo Jin Kook sebagai detektif memetakan Moo Young sebagai otak pembunuhan mahasiswi yang semula dianggap bunuh diri. Kemudian tabrakan beruntun Baek Seung Ah dengan calon suaminya. Membuat Jin Kook mencap Moo Youn sebagai iblis dan melarang Moo Young mendekati adiknya, Jin Kang.

Bisa ditebak, bahwa larangan seperti itu tidak digubris oleh pasangan yang sedang mabuk kepayang. Baru berpisah setelah muncul pihak ketiga yang menghembuskan dugaan bahwa Jin  Kang adalah adik kandung Moo Young.

Penulis sekenario dan sutradara berduet ciamik dengan mengisahkan masa kini dan perlahan-lahan mundur ke belakang. Membuat adegan demi adegan berlangsung greget. Penonton dibuat panas dingin melihat Moo Young sebagai tokoh utama kok “jahat sih?”

Umumnya Kdrama, pemeran antagonis baik banget, anak konglomerat. Andaikan sedikit nakal, toh kelak insaf dan kemudian happily ever after dengan si gadis, yang umumnya dikisahkan bak Cinderella, pekerja keras, cantik, jujur dan baik hati.

Kisah menjemukan demikian tidak ditemukan di “ The Smile Has Left”, namun justru lebih mengasyikkan. Penonton akan larut pada permainan Jung So Min sebagai Jin Kang yang setengah mati menyayangi Moo Young.

Chemistry keduanya ngeblend banget. Si cantik dan si ganteng. Sebagai penonton rasanya pingin ikut meneteskan air mata. Terlebih Moo Yong juga serius menyayangi Jin kang. Ngga main-main seperti sewaktu bareng Baek Seung Ah. Penonton  bakal mengampuni Moo Young karena berpikir Seung Ah emang menyebalkan. 😀😀

Actually kan seperti itu, nggak semua kisah cinta adalah murni. Namun juga nggak semua kisah adalah fake. Kedua insan larut begitu saja, waktulah yang kelak membuktikan keputusan kedua insan tersebut.

Terlebih pasangan Moo Young dan Jin Kang yang sudah bersama sejak balita. Akhir kisahnya bisa ditebak. Mereka berdua bahkan muncul kembali di episode 01, Abyss sebagai Zombie nan keren.

Baca juga: 

Profile
Drama: Hundred Million Stars From the Sky (English & literal title) / The Smile Has Left Your Eyes (early English title)
Revised romanization: Haneuleseo Naerineun 1eok Gaeui Byeol
Hangul: 하늘에서 내리는 1 개의
Director: Yoo Je-Won

Writer: Song Hye-Jin
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: October 3 - November 22, 2018
Runtime: Wed. & Thu. 21:30
Language: Korean
Country: South Korea

11 comments

  1. Drakor dengan 16 episode membuat saya ingin menonton mbak. Karena 16 episode menurut saya ideal utk drama. Ah, kangen sama Jung So Min pemeran playfull kiss ini kalau main film atau drama natural aktingnya

    ReplyDelete
  2. Jung So Min ini miriiip ama Bae Suzy, ya.
    Tapii kualitas akting doi mantuulllll binti paripurna bangett!

    Ambu udah nonton "FIX YOU/ SOUL MECHANIC"? Jung So Min jadi pasien Orang dgn Gangguan Jiwa di situ. (aku lupa bipolar syndrome atau apa gitu deh)
    Baguuus, totalitas buangeett aktingnya!

    ReplyDelete
  3. Aku udah nonton versi Jepangnya pas masih kuliah ambuuu. Soalnya yg main Takimu alias Takuya Kimura. Semua drama dan film dia aku udah nonton, soalnya dulu ngefans banget sama dia. Secara cerita dan ending sama persis tidak?

    ReplyDelete
  4. Belum pernah nonton ini. Memang daya tarik drama Korea ini selain ceritanya unik, pemainnya juga cakep dan ganteng. Jumlah episodenya juga engga terlalu panjang kaya sinetron di Indonesia.

    ReplyDelete
  5. Masyarakat membutuhkan edukasi, salah satunya juga bisa melalui film k drama. Tulisan ini mencerahkan perlunya pemahaman yang pas dalam kehidupan.

    ReplyDelete
  6. Saya sudah nonton ini. Dan jadi drakor Seo In-guk pertama yang saya tonton. Bagus ceritanya meski harus ditutup dengan sad ending. Cinta Moo-yung dan Jin-kang pun berakhir tragis meskipun mereka sudah sampai pada titik kebersamaan yang seharusnya bisa menyatukan cinta mereka. Sedih banget.

    ReplyDelete
  7. Pertemuan cinta di masa kini menguak masa lalu terpendam, dan ga jarang ternyata bertemu dengan orang yang sama di masa lalu, seringkali jadi latar cerita drama Korea. Ada banyak judul drakor dengan latar seperti ini, entah sekilas saja, atau disajikan banyak, tampak seperti tren :D Ada Seo In-guk ya di sini, aku nonton dia pertama kali di Shopaholic Louis. Kekanakan dan gemesin, entah gimana aktingnya di drama eda genre yang tampaknya rada trailer gini :D

    ReplyDelete
  8. menarik ini ceritanya. Orang tua yang "sibuk berdoa" hingga menelantarkan anak-anaknya. Hingga sang anak dewasa, kenangan ini nggak hilang

    ReplyDelete
  9. Baca runutan ceritanya cukup menarik drama nya. Tapi jujur aku kurang suka dengan berlatar sekte gitu. Nuansanya terlalu dark.
    Pernah pingin coba nonton yg save me aja enggan utk melanjutkan

    ReplyDelete
  10. Kalo gak salah ini dari serial jepang, atau komik ya, cuma tragis dan dark, mau nonton siapin mental dulu huhu

    ReplyDelete
  11. Jadi penasaran pengen nonton sendiri, soalnya belum pernah nonton drama Korea yang temanya Sekte, salfok sama Jin Kang cakep banget hwaaa. 16 episode aja ya, baiklah noted, makasih Ambu, mau kutonton The Smile Has Left Your Eyes nya pas weekend

    ReplyDelete