Skip to main content

5 Destinasi Bukber Favorit di Kota Bandung. Selain Masakan Sunda, Ya ...

source: harpersbazaararabian.com

Bukber yuk ....
Sering banget dengar ajakan bukber di bulan Ramadan bukan?
Dulu, saya nggak begitu paham, mengapa banyak yang  keranjingan bukber dibulan Ramadan. Sehingga sering nggak ikut. Paling banter jika ada bukber bareng anak yatim, saya turut bergabung.
Seiring waktu, saya mendapat penjelasan bahwa tujuan bukber untuk mempererat tali silaturahmi, salah satu cara mewujudkan hablumminanas.  
“Sembah lah Allah, jangan berbuat syirik pada-Nya, dirikan lah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari no. 5983)
Karena sebagai mahluk sosial,  tidak ada orang yang bisa hidup sendiri. Dia membutuhkan orang lain dan lingkungannya.Saling melengkapi. Saling berbagi. Saling mendukung.
Asyiknya, sekarang bukber nggak  lagi merepotkan. Cukup mencari rumah makan yang bisa menampung sekian orang, reservasi pada tanggal sekian. Beres deh.

 Di Kota Bandung umumnya bukber dilakukan di rumah makan Sunda seperti Ponyo, Sindang Reret atau Ciganea. Bagaimana jika peserta bukber bersepakat untuk menyicipi makanan yang lain, yang bukan masakan Sunda?

Kebetulan banget nih, saya mereview beberapa yang oke banget. Ketika saya men-cek review para Google Local Guides,  hasilnya kurang lebih sama.
Dimana saja? Ini dia:

The  Food Opera Bandung
source: tribunjabar.com

Memasuki area The Food Opera Bandung, kamu akan disambut  suasana khas Timur Tengah. Arsitekturnya mendukung banget. Ditambah desain interior, membuat serasa makan bersama dengan para putri dan para harem, hihihi .... ^_^
Keren deh. Instragramable banget!

Gimana sensasi  rasa Arab Cuisine? Nah, ini dia.
“Spesialis kambing bakar Arab”,  demikian slogan The Food Opera. Karena hampir semua menu disajikan dengan kambing muda yang dibakar arang kayu.  Pastinya daging lebih empuk dan lebih segar.
Selain olahan daging kambing muda, coba juga 3 pilihan menu nasi unggulan The Food Opera Bandung, yaitu nasi mandhi, nasi biryani dan nasi kebuli. Dibumbui  16 jenis rempah seperti cengkeh, kapulaga, dan bunga saffron, kamu akan merasakan sensasi kuliner Timur Tengah.

Berapa kisaran harganya?
·         Harga main course berkisar antara Rp31.000,- sampai Rp155.000,-
·         Harga light meals berkisar antara Rp12.500,- sampai Rp65.000,-
·         Harga dessert berkisar antara Rp19.500,- sampai Rp48.000,-
·         Harga paket main course berkisar antara Rp242.500,- sampai Rp797.500,-
·         Harga minuman berkisar antara Rp6.000,- sampai Rp49.500,-
The Food Opera
Jl. Gandapura No. 27, Bandung
Jam buka: 10.00 AM – 11.00 PM
Kontak: 081312223741
Instagram: @foodopera_bdg

Fat Oppa

Pingin buka dengan masakan Korea yang ramah di kantong? Fat Oppa jawabannya. Ada 2 lokasi Fat Oppa yang bisa kamu pilih, yaitu di jalan Kerapitan dan jalanTerusan Jakarta.
Kebetulan yang saya review Fat Oppa Jalan Terusan Jakarta, Antapani Bandung. Lebih luas dibanding Fat Oppa jalan Kerapitan. Jika Fat Oppa Kerapitan mampu menampung 15-20 peserta, pastinya di Fat Oppa Antapani kamu bisa lebih banyak lagi mengajak peserta bukber ya?

Asyiknya bukber masakan Korea adalah cara makannya yang  rame-rame. Seperti Budae Jigae, semacam soup dengan beragam sayuran dan noodle  yang dimasak dulu sebelum disantap bersama. Bahkan kalo kamu sering lihat Kdrama, mereka memasukkan sendoknya masing-masing ke  dalam mangkok/panci yang sama.

Kemudian BBQ-an dengan beberapa jenis daging (sapi maupun ayam) yang meleleh di lidah. Cara menikmatinya dengan membakar daging bareng dengan teman-teman, ngariung, rebutan dan tertawa. Pas banget untuk acara bukber yang punya tujuan silaturahmi bukan?

Fat Oppa
Jl. Karapitan No. 82A, Karapitan, Bandung
Kontak:   085862840760
Jalan Terusan Jakarta No. 43, Antapani, Bandung
Jam Buka: 11:00  AM- 10:00 PM
Kisaran harga: Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang
Instagram:  @fat_oppa

RM Mie Bakso Panghegar
Source: travelingyuk.com

Mie baksoooo .....
Semua orang suka mi bakso. Bahkan ketika Lebaran tiba, pedagang mi bakso diserbu pembeli. Hihihi .... aneh ya?  Di rumah mereka kan pastinya bejibun masakan dan ketupat. Kok malah jajan mi bakso sih?

Nah, RM Mie Bakso Panghegar  di jalan Holis Bandung ini saya rekomendasiin karena ambience nya yang kekeluargaan banget. Ngga hanya ada taman dan saung juga permainan anak. Sehingga mereka yang bawa anak bisa menunggu hidangan siap tanpa merasa bosan.
Termasuk mie bakso legenda, kamu akan kecewa jika berharap bakso berisi keju disini. Juga variasi bakso yang dibuat aneh-aneh seperti berisi sambal super pedas, bakso beranak dan lainnya. Karena sejak tahun 1980, bakso Panghegar setia dengan bakso urat spesialnya serta bakso daging asli yang kenyal namun lembut mengelus lidah.

Pingin membeli bakso mentahannya? Hanya berjarak beberapa rumah dari resto yang berhiaskan patung sapi yang khas, kamu bisa menemukan toko yang khusus menjual bakso Panghegar. Ada beberapa jenis bakso disini, ukuran kecil dan besar. Juga ada bakso yang banyak daging sapinya serta yang agak murahan karena campuran dagingnya secukupnya. Tapi semua enak lho. Bahkan tersedia kuah untuk membuat mie bakso, mie dan kwetiaw hingga siomay.
source: duniakulinerbandung

Selain mampu menampung tamu hingga 100 orang, RM Panghegar punya kelebihan lain. Yaitu menunya yang beragam.  Nggak  hanya punya menu mie bakso, juga masakan Indonesia dan sea food.  Di depan restoran berderet kuliner lain seperti lumpia goreng yang rasanya nendang.
RM Mie Bakso Panghegar
Jl. Holis No. 230, Holis, Bandung
Jam buka: 09:00 AM – 09.00 PM 
Kontak:  022 6016166
Di bawah Rp. 50.000 /orang

Paskal Food Market
source: @paskalfoodmartket

Butuh destinasi bukber yang cozy, instagramable , dan live music, maka Paskal Food Market jawabannya. Terletak di jantung kota Bandung, Paskal Food Market mampu menampung hingga 100 orang. Jadi pastinya pas banget untuk bukber reunian sekolah sekian angkatan. Asalkan reservasi dulu pastinya.

Selain luas, jumlah menu yang mencapai 1.100 pastinya bakal memenuhi kebutuhan peserta bukber yang beragam. Apa aja sih kok sampai 1.100 menu?
Ini dia:

Tenno Ramen
Bebek Garang
Senseition of Wagyu
Ayam serundeng Bang Jay
Mie Kocok Alkateri
Bakso Goreng Ecco
dan masih banyak lainnya

Jangan lupa berswa foto di banyak spot cantik nan instagramable yang rupanya sengaja ditata agar pengunjung betah.  Taman dengan aneka pohon yang didandani cantik  mengelilingi 50 stand. Selain gazebo,  terdapat kolam air mancur ala Fontana di Trevi Italia, tempat kamu bisa melempar koin sambil menyebutkan satu permintaan.
Paskal Food Market
Alamat: Jalan Pasir Kaliki No.25-27, Bandung
Jam buka:  11.00 AM- 12.00 PM
Kontak: (022) 86060788 / 08561530172
Instagram:  @paskalfoodmarket

RM Padang Sari Bundo
source: foursquare
Banyak RM Padang yang  masakannya laziz di kota Bandung, tapi destinasi yang nyaman hanya Sari Bundo. RM Padang Sari Bundo juga ada di beberapa tempat yaitu jalan Titiran, jalan Purwakarta dan jalan Taman Pramuka.


Nah RM Padang Sari Bundo yang dimaksud adalah yang di jalan Taman Pramuka. Menempati salah satu gedung tua di jalan Taman Pramuka, membuat tamu leluasa parkir kendaraan, termasuk bisa bukber dengan nyaman. 

Di bulan Ramadan, RM Sari Bundo punya serangkaian menu berbuka yang lengkap, termasuk bubur kampium yang pastinya bikin kamu ngga pingin bulan puasa usai. Karena hanya tersedia di bulan Ramadan.
Khusus di bulan Ramadan juga, RM Sari Bundo baru buka pukul 3.00 PM, itupun hanya meladeni yang belanja lauk pauk, karena nasi baru keluar saat bedug Magrib.

Dug... dug ... bedug Magrib di RM Sari Bundo akan disambut segelas teh manis yang disediakan gratis bagi semua pengunjung yang umumnya sedang ngantri. Ya, disini pengunjung ngantri memilih lauk pauk yang tersaji di meja panjang, kemudian bayar sebelum duduk manis dan mulai melahap nasi Padang Sari Bundo yang semua enak.

Apa saja?
Beragam olahan ayam dengan bumbu berlimpah, seperti ayam panggang, ayam rendang, ayam bumbu hijau, ayam balado, ayam goreng bumbu hingga ayam kecap yang rasanya pedas dan nendang.
RM Sari Bundo nggak hanya menyajikan lalapan singkong, sayur nangka dan sambal hijau. Juga berbagai  jenis olahan sayur lainnya yaitu tumis terong, terong balado, tumis kacang panjang, sayur daun pakis, sayur singkong, cap cay dan berbagai macam sayur lainnya yang mengundang selera.
Belum cukup olahan di atas, kamu juga bisa memilih aneka olahan telur, aneka olahan tahu, tempe dan duh, sambil menulis artikel ini, ngeces deh saya... :D  :D  :D

Banyak banget sih. Semua berlimpah bumbu. Bikin waktu buka terasa lama :D  :D  :D

RM Padang Sari Bundo
Alamat: Jalan Taman Pramuka nomor 175, Cihapit, Kota Bandung
Jam buka  di bulan Ramadan: Magrib hingga waktu Sahur
Kontak:  (022) 7234642



Comments

Popular posts from this blog

The Third Charm, Akhir Yang Membuat Penonton Marah

Bagaimana jika tokoh utama yang ganteng bukan main menjalin kasih dengan second lead, gadis cantik, imut dan menggemaskan? Ternyata penonton memilih agar keduanya happy ending. Sementara tokoh perempuan di maki-maki karena dianggap meninggalkan kekasihnya.
Mungkin itu yang menjadi penyebab ending drama Korea “The Third Charm” dibiarkan cukup terbuka. Penonton boleh berkhayal semaunya. Apakah cukup sahabatan atau menikah?
Tokoh utama pria, Seo Kang-Joon dan tokohperempuan, Esom yang membuat saya kepincut untuk menonton drakor ini. Seo Kang-Joon, rupanya dianggap sukses dalam setiap perannya sehingga tahun 2018, saya menonton 2 dramanya. Marema ya?
Sedangkan Esom, saya jatuh cinta pada sosoknya di Because This Is My First Life. Berperan sebagai sahabat tokoh utama, Esom keren banget. Hihihi tentu saja yang dimaksud keren adalah postur tubuhnyayang tinggi dan penuh. Seksi, tanpa harus berbaju pendek. Bahkan balutan kostum hitam atau putih yang dikenakan, bikin Essom nampak berkelas. Sebetul…

Dewi Kentring Manik, Dewi Cantik Jelita Pelindung Kota Bandung

Kios Agro Datang, Penjual Senang, Emak-emak Happy

Ibu rumah tangga menjerit ..!! Iburumah tangga yang acap disebutemak-emak ini menjadi kelompok masyarakat yang pertama kali tersakiti ketika harga-harga melonjak naik.
Menjelangbulan puasa tahun 2019, harga bawang putih tiba- tiba membumbung tinggi hingga mencapai Rp 100K per kilo gram, padahal biasanya hanya berkisar Rp 25K per kilogram.
Sebelumnya akibat kacang kedelai melonjak tinggi, harga tempepun meroket. Produsen tempe dan penjual tempe mogok hingga pemerintah turun tangan. namun emak-emaklah yang terkena imbasnya. Setiap hari mereka harus menyediakan lauk pauk. Dan tempe merupakan sumber protein termurah.
Tiga tahun sebelumnya, harga cabai rawit yang melonjak naik, hingga mencapai harga Rp 100K/kg. Padahal harga normal hanya belasan ribu rupiah per kilogram.
Penyedia jajanan khususnya UMKM lebih terpukul.

Saya sebagai salah satu dari kaum emak, yang juga pelaku UMKM, sempat menangis kesal. Tidak hanya disebabkan keuntungan yang tergerus habis, juga pernyataan menteri pertanian yan…

Lipstik Untuk Emak

Tini
Tini berjinjit.  
Dia sedang mengintai.

Disana, dibalik pintu kaca, seorang perempuan cantik sedang tersenyum pada cermin.   Sang perempuan cantik mengambil  spon bedak, ditepuk-tepuknya  pipi, hidung dan kening. Kemudian dia meringis.  Memperhatikan deretan gigi putihnya dengan seksama. 
Nampak cukup puas.  Tidak ada potongan cabai diantara geligi.  Dari tas mungilnya, dia mengeluarkan lipstik, menyapu bibir penuhnya dengan warna merah.  Tersenyum kembali pada cermin.  Wajahnya berubah.  Semakin cantik.
Di mata Tini, kecantikan sang perempuan bak bidadari.
“Sssttt Tin, Tiniii ...” Teriakan seorang teman menyadarkannya.
Dia harus bergegas.  Rinai hujan adalah rupiah.
Semakin lama hujan turun  semakin banyak rupiah terkumpul.
Tini berlari, menuruni undakan mall, menuju kerumunan orang yang sedang berteduh. 
Lobby mall selalu menjadi tempat favorit kala hujan turun. “Ojek payung, bu?” tanya Tini pada sesosok perempuan berkaca mata.  Blazer ungunya terkena tempias.  Basah.  Dia menerima payung y…

7 Amalan Bagi Bumi; Yuk Kita Mulai di Bulan Ramadan

“We don’t  Inherit The Earth from our Ancestor, We Borrow it from our Children”Akrab dengan adagium di atas? Iya banget ya? Bumi ini kan nggak hanya dihuni kita sekarang, anak cucu kita nanti juga akan menginjaknya. Jadi sudah seharusnya kita pelihara.
Dan hanya Islam lho yang punya ayat-ayat suci agar umatNya memelihara bumi. Salah satunya: ظَهَرَالْفَسَادُفِيالْبَرِّوَالْبَحْرِبِمَاكَسَبَتْأَيْدِيالنَّاسِلِيُذِيقَهُمْبَعْضَالَّذِيعَمِلُوالَعَلَّهُمْيَرْجِعُونَ Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allâh merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). [ar-Rûm/30:41]
Sebagai muslim, bangga banget  ya punya kitab suci yang lengkap dan  sempurna. Nggak hanya mengatur hubungan manusia dengan Allah dan manusia dengan manusia. Juga manusia dengan alam.  
Karena jika manusia memelihara  alam, maka alam akan membalas kebaikan manusia dengan berlipat ganda. Kebutuhan oksigen yang …

7 Bekal Wajib Agar Mudik Lancar dan Menyenangkan

Libur tlah tiba
Libur tlah tiba ... hore ... hore ...
Hihihilagu Tasya ini rasanya berkumandang di setiap liburan ya? Dan liburan berarti mudik. Lipat dua deh bahagianya.
Biasanya kami sekeluarga mudik ke Jawa Tengah. Naik kendaraan pribadi, mengular bersama kendaraan lain yang terjebak macet. Namun tetap happy. Macet adalah bunganya mudik. Bahkan kursi mobil sengaja dicopot, agar bisa tidur ketika macet.
Hingga .....
Berita itu tiba. Belasan orang meninggal gara-gara terjebak macet di Brebes Exit.Infrastruktur yang belum tuntas namun dipaksakan ,  dituduh sebagai penyebab. Namun, sejauh mana pemudik menyiapkan diri agar siap menghadapi situasi terburuk? 
Sudahkah pemudik menyiapkan bekal yang cukup dan sesuai?
Sebagai emak dengan 4 anak, menyiapkan bekal mudik menjadi story tersendiri. Nggak mudah. Jangan sampai  merasa bersalah jika ada yang tertinggal atau nggak dicatat untuk dibawa masuk koper/tas.
Selain baju, sepatu, pakaiandan pakaian dalam milik masing-masing anggota keluarga, paling…

3 Pilihan Investasi Sesuai Syariah Islam. Bisa Banget Dimulai Dari Uang THR

THR?
Yeay benar-benar kata yang menghinoptis. Kata yang mengumbar kebahagiaan. Baru denger kata THR udah bikin tersenyum. Apalagi jika sang THR sudah dalam genggaman. Karena itu berarti bisa beli baju, beli kue, beli hape baru, jalan-jalan, ngasih ke ortu, ngasih ke fakir miskin.
Sebentar, banyak banget yang mau dibeli? Mana buat investasi? Mumpung ada “uang kaget”, mengapa tidak berinvestasi?
Udah ada tabungan. Ngapain lagi harus berinvestasi?
Nah ini dia yang sering dilupakan masyarakat milenial. Terbuai rayuan angin surga,terlebih belanja online mempermudah segalanya, bisa –bisa dalam sekejap uang THR habis tak tersisa. Bahkan mungkin nombok.
Padahal hidup manusia di dunia rata-rata selama 60 tahun. Jika sejak dini nggak pernah berinvestasi, yakinkah bahwa kamu bisa mencari nafkah di usia tua? Jangan-jangan usia 50 tahun sakit-sakitan, bolak balik ke rumah sakit, tabungan habis, rumah terpaksa dijual. Ngenes banget.
Dan tabungan beda banget dengan investasi ya? Tabungan lebih mirip uang…