5 Destinasi Bukber Favorit di Kota Bandung. Selain Masakan Sunda, Ya ...

source: harpersbazaararabian.com

Bukber yuk ....
 
Sering banget dengar ajakan bukber di bulan Ramadan bukan?
Dulu, saya nggak begitu paham, mengapa banyak yang  keranjingan bukber dibulan Ramadan. Sehingga sering nggak ikut. Paling banter jika ada bukber bareng anak yatim, saya turut bergabung.
 
Seiring waktu, saya mendapat penjelasan bahwa tujuan bukber untuk mempererat tali silaturahmi, salah satu cara mewujudkan hablumminanas.  
“Sembah lah Allah, jangan berbuat syirik pada-Nya, dirikan lah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari no. 5983)
Karena sebagai mahluk sosial,  tidak ada orang yang bisa hidup sendiri. Dia membutuhkan orang lain dan lingkungannya.Saling melengkapi. Saling berbagi. Saling mendukung.
 
Asyiknya, sekarang bukber nggak  lagi merepotkan. Cukup mencari rumah makan yang bisa menampung sekian orang, reservasi pada tanggal sekian. Beres deh.
Daftar Isi:
  • BukBer Sebagai  Sarana Silaturahmi
  • The Food Opera Bandung
  • Fat Oppa Bandung 
  • RM Mie Bakso Panghegar
  • Paskal Food Market
  • RM Sari Bundo
Di Kota Bandung umumnya bukber dilakukan di rumah makan Sunda seperti Ponyo, Sindang Reret atau Ciganea. Bagaimana jika peserta bukber bersepakat untuk menyicipi makanan yang lain, yang bukan masakan Sunda?

Dimana saja? Ini dia:

The  Food Opera Bandung

source: tribunjabar.com

Memasuki area The Food Opera Bandung, kamu akan disambut  suasana khas Timur Tengah. Arsitekturnya mendukung banget. Ditambah desain interior, membuat serasa makan bersama dengan para putri dan para harem, hihihi ....😀😀
 
Keren deh. Instragramable banget!

Gimana sensasi  rasa Arab Cuisine? Nah, ini dia.
“Spesialis kambing bakar Arab”,  demikian slogan The Food Opera. Karena hampir semua menu disajikan dengan kambing muda yang dibakar arang kayu.  Pastinya daging lebih empuk dan lebih segar.
 
Selain olahan daging kambing muda, coba juga 3 pilihan menu nasi unggulan The Food Opera Bandung, yaitu nasi mandhi, nasi biryani dan nasi kebuli. Dibumbui  16 jenis rempah seperti cengkeh, kapulaga, dan bunga saffron, kamu akan merasakan sensasi kuliner Timur Tengah.

Berapa kisaran harganya?
·         Harga main course berkisar antara Rp31.000,- sampai Rp155.000,-
·         Harga light meals berkisar antara Rp12.500,- sampai Rp65.000,-
·         Harga dessert berkisar antara Rp19.500,- sampai Rp48.000,-
·         Harga paket main course berkisar antara Rp242.500,- sampai Rp797.500,-
·         Harga minuman berkisar antara Rp6.000,- sampai Rp49.500,-
The Food Opera
Jl. Gandapura No. 27, Bandung
Jam buka: 10.00 AM – 11.00 PM
Kontak: 081312223741
Instagram: @foodopera_bdg

Fat Oppa Bandung


Pingin buka dengan masakan Korea yang ramah di kantong? Fat Oppa jawabannya. Ada 2 lokasi Fat Oppa yang bisa kamu pilih, yaitu di jalan Kerapitan dan jalanTerusan Jakarta.
 
Kebetulan yang saya review Fat Oppa Jalan Terusan Jakarta, Antapani Bandung. Lebih luas dibanding Fat Oppa jalan Kerapitan. Jika Fat Oppa Kerapitan mampu menampung 15-20 peserta, pastinya di Fat Oppa Antapani kamu bisa lebih banyak lagi mengajak peserta bukber ya?

Asyiknya bukber masakan Korea adalah cara makannya yang  rame-rame. Seperti Budae Jigae, semacam soup dengan beragam sayuran dan noodle  yang dimasak dulu sebelum disantap bersama. Bahkan kalo kamu sering lihat Kdrama, mereka memasukkan sendoknya masing-masing ke  dalam mangkok/panci yang sama.

Kemudian BBQ-an dengan beberapa jenis daging (sapi maupun ayam) yang meleleh di lidah. Cara menikmatinya dengan membakar daging bareng dengan teman-teman, ngariung, rebutan dan tertawa. Pas banget untuk acara bukber yang punya tujuan silaturahmi bukan?

Fat Oppa

Jl. Karapitan No. 82A, Karapitan, Bandung

Kontak:   085862840760

Jalan Terusan Jakarta No. 43, Antapani, Bandung

Jam Buka: 11:00  AM- 10:00 PM

Kisaran harga: Rp. 50.000 - Rp. 100.000 /orang

Instagram:  @fat_oppa

RM Mie Bakso Panghegar

Source: travelingyuk.com

Mie baksoooo .....
 
Semua orang suka mi bakso. Bahkan ketika Lebaran tiba, pedagang mi bakso diserbu pembeli. Hihihi .... aneh ya?  Di rumah mereka kan pastinya bejibun masakan dan ketupat. Kok malah jajan mi bakso sih?

Nah, RM Mie Bakso Panghegar  di jalan Holis Bandung ini saya rekomendasiin karena ambience nya yang kekeluargaan banget. Ngga hanya ada taman dan saung juga permainan anak. Sehingga mereka yang bawa anak bisa menunggu hidangan siap tanpa merasa bosan.
 
Termasuk mie bakso legenda, kamu akan kecewa jika berharap bakso berisi keju disini. Juga variasi bakso yang dibuat aneh-aneh seperti berisi sambal super pedas, bakso beranak dan lainnya. Karena sejak tahun 1980, bakso Panghegar setia dengan bakso urat spesialnya serta bakso daging asli yang kenyal namun lembut mengelus lidah.

Pingin membeli bakso mentahannya? Hanya berjarak beberapa rumah dari resto yang berhiaskan patung sapi yang khas, kamu bisa menemukan toko yang khusus menjual bakso Panghegar. Ada beberapa jenis bakso disini, ukuran kecil dan besar. Juga ada bakso yang banyak daging sapinya serta yang agak murahan karena campuran dagingnya secukupnya. 
 
Semua enak lho. Bahkan tersedia kuah untuk membuat mie bakso, mie dan kwetiaw hingga siomay.
source: duniakulinerbandung

Selain mampu menampung tamu hingga 100 orang, RM Panghegar punya kelebihan lain. Yaitu menunya yang beragam.  Nggak  hanya punya menu mie bakso, juga masakan Indonesia dan sea food.  Di depan restoran berderet kuliner lain seperti lumpia goreng yang rasanya nendang.
RM Mie Bakso Panghegar
Jl. Holis No. 230, Holis, Bandung
Jam buka: 09:00 AM – 09.00 PM 
Kontak:  022 6016166
Di bawah Rp. 50.000 /orang

Paskal Food Market

source: @paskalfoodmartket

Butuh destinasi bukber yang cozy, instagramable , dan live music, maka Paskal Food Market jawabannya. Terletak di jantung kota Bandung, Paskal Food Market mampu menampung hingga 100 orang. Jadi pastinya pas banget untuk bukber reunian sekolah sekian angkatan. Asalkan reservasi dulu pastinya.

Selain luas, jumlah menu yang mencapai 1.100 pastinya bakal memenuhi kebutuhan peserta bukber yang beragam. Apa aja sih kok sampai 1.100 menu?
Ini dia:
  • Tenno Ramen
  • Bebek Garang
  • Senseition of Wagyu
  • Ayam serundeng Bang Jay
  • Mie Kocok Alkateri
  • Bakso Goreng Ecco
  • dan masih banyak lainnya
Baca juga: 

Jangan lupa berswa foto di banyak spot cantik nan instagramable yang rupanya sengaja ditata agar pengunjung betah.  Taman dengan aneka pohon yang didandani cantik  mengelilingi 50 stand. Selain gazebo,  terdapat kolam air mancur ala Fontana di Trevi Italia, tempat kamu bisa melempar koin sambil menyebutkan satu permintaan.
Paskal Food Market
Alamat: Jalan Pasir Kaliki No.25-27, Bandung
Jam buka:  11.00 AM- 12.00 PM
Kontak: (022) 86060788 / 08561530172
Instagram:  @paskalfoodmarket

RM Padang Sari Bundo

source: foursquare
Banyak RM Padang yang  masakannya laziz di kota Bandung, tapi destinasi yang nyaman hanya Sari Bundo. RM Padang Sari Bundo juga ada di beberapa tempat yaitu jalan Titiran, jalan Purwakarta dan jalan Taman Pramuka.

Nah RM Padang Sari Bundo yang dimaksud adalah yang di jalan Taman Pramuka. Menempati salah satu gedung tua di jalan Taman Pramuka, membuat tamu leluasa parkir kendaraan, termasuk bisa bukber dengan nyaman. 

Di bulan Ramadan, RM Sari Bundo punya serangkaian menu berbuka yang lengkap, termasuk bubur kampium yang pastinya bikin kamu ngga pingin bulan puasa usai. Karena hanya tersedia di bulan Ramadan.
 
Khusus di bulan Ramadan juga, RM Sari Bundo baru buka pukul 3.00 PM, itupun hanya meladeni yang belanja lauk pauk, karena nasi baru keluar saat bedug Magrib.

Dug... dug ... bedug Magrib di RM Sari Bundo akan disambut segelas teh manis yang disediakan gratis bagi semua pengunjung yang umumnya sedang ngantri. Ya, disini pengunjung ngantri memilih lauk pauk yang tersaji di meja panjang, kemudian bayar sebelum duduk manis dan mulai melahap nasi Padang Sari Bundo yang semua enak.

Apa saja?
Beragam olahan ayam dengan bumbu berlimpah, seperti ayam panggang, ayam rendang, ayam bumbu hijau, ayam balado, ayam goreng bumbu hingga ayam kecap yang rasanya pedas dan nendang.
 
RM Sari Bundo nggak hanya menyajikan lalapan singkong, sayur nangka dan sambal hijau. Juga berbagai  jenis olahan sayur lainnya yaitu tumis terong, terong balado, tumis kacang panjang, sayur daun pakis, sayur singkong, cap cay dan berbagai macam sayur lainnya yang mengundang selera.
 
Belum cukup olahan di atas, kamu juga bisa memilih aneka olahan telur, aneka olahan tahu, tempe dan duh, sambil menulis artikel ini, ngeces deh saya..😋😋

Banyak banget sih. Semua berlimpah bumbu. Bikin waktu buka terasa lama 😀😀😀

RM Padang Sari Bundo
Alamat: Jalan Taman Pramuka nomor 175, Cihapit, Kota Bandung
Jam buka  di bulan Ramadan: Magrib hingga waktu Sahur
Kontak:  (022) 7234642



16 comments

  1. Bandung dan kulinernya? udah gak diragukan lagi!

    Aku sempat berkunjung ke salah satu resto, Restoran tertua di Bandung, Braga Permai yang konon berdiri tahun 1923. Tebak sama siapa?

    yes, sama Astri Damayanti, Jun Joe Winanto dan Sally Fauzi. Waktu itu kita yang membuat acara blogger gathering di Bandung, di kafenya pesulap terkenal itu.

    ReplyDelete
  2. Aduh itu makanan enak-enam banget Mbak... iya ya, sekarang banya tempat makan yang instagramable. Ide pemiliknya kreatif-kreatif banget untuk memanjakan pengunjung.

    ReplyDelete
  3. Di Palembang aja kalau makan aku suka cari restoran Sunda. Nyaman di ludah makanannya. Nah ini unik, di Bandung tapi makanannya bukan makanan Sunda. Dan, aku langsung ngeces liat foto-fotonya :)

    Dari semua restoran di atas, paling penasaran sama Food Opera. Mau bandingin rasanya dengan asli Arab sana haha.

    ReplyDelete
  4. AKu baru ngeh nih sama Paskal Food Market :D Sampai 100 orang kapasitasnya, banyak banget ya. Sepertinya hangout di sini betah tuh, ogah pulang hehehe. Fat Oppa aku belum nyobain juga sampai saat ini. Bakso Panghegarnya hhmm..bikin lidah bergoyang. Semua makanan termasuk terjangkau harganya ya. Kapan2 ah pas main ke Bandung aku mau mampir ke tempat2 makan yang mbak Maria sebutin. TFS yach.

    ReplyDelete
  5. Hehehe, iya Bu, kita mah kok gitu ya, di rumah masakan segala dibuat, lah pas lebaran, malah nyarinya jajanan bakso... Saya pisan eta teh. Hehehe...
    Btw di Holis saya teh ada bibi dan sepupu. Semoga nanti bisa silaturahmi ke sana ah. Biar sekalian bisa ngabaso. Keukeuh ...

    ReplyDelete
  6. Rekomendasinya Menarik, Ambu
    Tiap menu di resto/tempat makannya beda2 dan harganya pun relatif standar cukup terjangkau
    Jika tidak sedang Pandemi tempat itu pasti selalu ramai untuk acara buka puasa bersama ketika Ramadan ya

    ReplyDelete
  7. Aduh adduuhhhh. Ngeliat foto2nya aja saya langsung ngiler. Terutama THE FOOD OPERA. Suka banget dengan menu-menu yang menghadirkan daging kambing sebagai menu andalan.

    Habis lebaran nanti mau ke Bandung nih. Ngurusin pindahan barang-barang di kos-kosan anak saya. Semoga bisa mampir.

    ReplyDelete
  8. wuaaah bakalan puas nih kalau buber di 5 kuliner tersebut
    diabisin semuanya, apalagi yg RM Makan Padang
    ntar pas taraweh kekenyangan, hahaha

    ReplyDelete
  9. teteup weh aku tradisional ambu, kalo ke Bandung dan disuruh milih di antara lima ini, aku pilih ke RM Mie Bakso Panghegar Bandung. Hehehe. Kangen ke Paskal lagi juga.

    ReplyDelete
  10. Kalau Fat Oppa enak dessert2nya :))
    Malah jd penasaran sama masakan timur tengah ya the food opera bandung deh. Soalnya dr kmaren tuh lagi liat2 makanan timteng :)

    ReplyDelete
  11. Bandung memang terkenal dengan kulinernya yang variatif. Dulu inget banget pas ke Bandung tempat saudara nginep karena mau tes di ITB, pas bulan Ramadhan juga saya menikmati banyak menu kuliner berbuka puasa...

    Semakin hari semakin menjamur nih resto2 atau warung makan yang menyediakan banyak menu berbuka mau pun sahur selama ramadhan seperti yang diulas di atas.

    ReplyDelete
  12. Fat Oppa familiar daku dengar, mantaps Ambu rekomendasikan juga sehingga bikin daku tambah penasaran buat nyicip makanannya. Bandung mah lezat ya kulinernya

    ReplyDelete
  13. Menarik semua ini tempat rekomendasinya loh,Ambu. Duh,kayak begini makin rindu deh traveling ke Bandung. Bukber bersama teman maupun keluarga pastinya menjadi semakin seru ya.

    ReplyDelete
  14. bandung memang surganya kuliner ya ambu
    nggak hanya dgn kelezatan masakan sunda, tapi juga banyak ragam pilihan kuliner lainnya

    klo aku pengen bgt sama fat oppa, di surabaya blm ada nih

    ReplyDelete
  15. Bandung emang surga makanan banget sih ya, waktu aku kuliah uang pas2an pengen buka puasa enak, alhamdulillah bisa, jadi kangen hiksss...

    ReplyDelete
  16. Kepingin mie baksonya haha
    Saya dan istri penggemar bakso.
    Jd sering bikin bakso buay stok.
    Kl kami ke Bandung mau cobain mi bakso hehe

    ReplyDelete