5 Bahan Alami Pembasmi Ketombe Untuk Rambut Berhijab

source: dreachong.com


5 Bahan Alami Pembasmi Ketombe Untuk Rambut Berhijab


Pernah berketombe?

Rasanya horor banget ya ketika kepala berketombe. Serpihan berwarna putih mengotori rambut dan serasa jadi orang paling kotor sedunia ðŸ˜­ðŸ˜­

Derita ketombe semakin menjadi untuk perempuan berjilbab. Karena ketombe mengotori kerudung. Semahal apapun kerudung yang kamu kenakan, jadi kebanting jika kamu berketombe.

Sebetulnya darimana sih datangnya tamu tak diundang ini.? Ternyata ada sejumlah penyebab, diantaranya:
  • Infeksi jamur,   eksim, psoriasis, kulit kering serta  dermatitis, kebersihan yang buruk.
  • Terlalu sering mencuci rambut.
  • Kulit rambut terlalu sensitif terhadap produk rambut (shampo, kondisioner)
Saya  pernah berketombe, untuk mengatasinya saya menggunakan hair tonic dari merk yang cukup terkenal.  Hasilnya? Ketombe hilang, rambut rontok datang.

Nampaknya penggunaan  produk pabrikan membuat rambut saya protes ya? Mirip tanaman yang sakit, trus saya semprot dengan insektisida buatan pabrik. Hasilnya? Penyakit pertama hilang,  datang penyakit tanaman lainnya, yang lebih merepotkan.

Semenjak itu, saya menggunakan cara alami. Khususnya karena teringat almarhum eyang putri yang selalu menggunakan minyak cem-ceman untuk rambutnya. Sehingga menjelang akhir hayatnya,  rambut beliau  tetap tebal, uban dini  enggan datang, dan pastinya rambut beliau tidak pernah didatangi ketombe.

Saya tidak menganjurkan penggunaan minyak cem-ceman karena bisa bikin hidung berjengit. Selain itu juga ribet. Gunakan saja beberapa produk yang dengan mudah ditemui di dapur dan halaman.

Namun jangan lupa,  cara alami ini  membutuhkan waktu untuk membuahkan hasil, nggak instan. Tetapi hasilnya lebih baik dan  tahan lama.

source: organicfacts.oil

Minyak Kelapa

Jernih seperti air mineral, minyak kelapa mudah ditemukan di supermarket terdekat. Minyak kelapa mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak yang membantu meningkatkan kualitas rambut sehingga mampu menahan gempuran ketombe.

Beberapa cara penggunaan minyak kelapa sebagai berikut:
  • Campur 2 sendok makan minyak kelapa dengan air hangat. Oleskan pada rambut usai dicuci dan sudah dalam keadaan kering. Pijat dengan jari selama kurang lebih 3-5 menit.  Pastikan semua area kulit kepala mendapat olesan dan pijatan minyak kelapa. Setelah 5-10 menit, bilas campuran dengan air hangat dan keringkan dengan lembut. Ulangi proses ini seminggu sekali hingga ketombe hilang.  
  • Cara kedua,  biarkan minyak meresap ke kulit kepala  semalaman. Jangan lupa gunakan shower cap agar minyak kepala tidak mengotori bantal dan seprai.  Bilas minyak di pagi hari dengan air hangat.
  • Cara ketiga, gunakan minyak kelapa sebagai campuran beberapa bahan alami lainnya.,

source: beautifulhameshablog.com

Lidah buaya (Aloe Vera)

Mengingat begitu banyak khasiatnya, lidah buaya nampaknya diciptakan Tuhan untuk merawat kecantikan perempuan. Pektin dan polisakarida yang dikandungnya berfungsi  merangsang sel untuk tumbuh.  Sehingga mampu melembutkan kulit kepala dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Lidah buaya juga mengandung glikoprotein yang berfungsi  membantu mengurangi peradangan dan menenangkan kulit kepala. Dengan cara ini kulit kepala akan terlindungi dari ragi dan jamur yang penyebab  ketombe.

Manfaat lainnya, lidah buaya mampu mengurangi kerontokan rambut dengan cara melancarkan kerja nutrisi kapiler  serta membantu regenerasi untuk membantu memulihkan rambut.
Cara penggunaan:

Hanya Aloe Vera

Ambil daun lidah buaya, iris dan ambil gelnya. taruh dalam mangkuk. Olesi kulit kepala dengan gel lidah buaya, pijat dengan lembut dan merata hingga seluruh kulit kepala. Biarkan gel selama sekitar 20 menit, lalu cuci kulit kepala dengan air dingin. Pastikan tidak menggunakan sampo apa pun ketika membersihkan rambut dari lidah buaya. Gunakan gel lidah buaya minimal 3 kali dalam seminggu, hingga ketombe minggat.

Aloe Vera dan Lemon

Campur 2 sendok makan gel lidah buaya dan air lemon yang berasal dari setengah buah lemon. Jika terasa pedih, bisa ditambah satu sendok makan yoghurt. Yoghurt juga dapat membasmi ketombe dengan menyembuhkan infeksi yang disebabkan jamur. Biarkan ramuan lidah buaya, air lemon dan yoghurt kurang lebih sejam lamanya. Setelah itu cuci rambut dengan shampo.

Aloe Vera dan Baking Soda

Baking soda efektif digunakan untuk menghilangkan ketombe dari rambut berkat kemampuannya mengangkat sel-sel mati serta infeksi.
Cara penggunaannya sangat mudah.  Campur gel lidah buaya dengan baking soda bubuk hingga membentuk pasta kental. Dengan bantuan kuas, oleskan pasta pada kulit kepala. Pijat kulit kepala secara menyeluruh selama 30 menit. Sekarang pijat kulit kepala Anda dengan jari-jari untuk mencampur bungkus rambut secara merata di kulit kepala Anda dan cuci rambut dengan air. Baking soda menggosok kulit kepala dengan lembut dan mengangkat sel-sel mati serta infeksi.

 Aloe Vera dan Minyak Kelapa

Bagaimana jika 2 bahan pembasmi ketombe bertemu? Kedua bahan mengandung enzim anti-bakteri alami yang efektif membasmi ketombe sekaligus  menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan.  
Caranya campur gel lidah buaya dengan minyak kelapa dalam sebuah mangkuk, aduk rata. Masukkan ke dalam microwave selama 2 detik. Kemudian olesi kulit kepala dengan campuran suam-suam kuku ini, secara rata. Diamkan selama 30 menit. Keramas seperti biasa.  
source: girlcosmo.com

Kembang Sepatu (Hibiscus)

Hibiscus atau Kembang Sepatu dikenal sebagai salah satu tanaman yang dapat diramu untuk menyembuhkan banyak masalah rambut.  Mulai dari mengendalikan rambut rontok, rambut berketombe  hingga datangnya uban secara dini.

Caranya mudah, ambil  bunga dan daun kembang sepatu. Tumbuk atau giling dalam food processor hingga berbentuk pasta. Campur satu cangkir minyak kelapa dengan dengan pasta kembang sepatu. Rebus hingga mendidih. Dinginkan. Gunakan campuran hibiscus dan  minyak kelapa  untuk memijat kulit kepala. Biarkan semalaman. Minyak rambut kembang sepatu meningkatkan sirkulasi darah, meremajakan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Bunga kembang sepatu juga dapat digunakan sebagai  kondisioner yang mampu mengatasi masalah rambut dalam waktu singkat.  Ambil 7 sampai 8 bunga kembang sepatu dan hancurkan hingga berbentuk pasta yang halus. Oleskan pasta pada rambut. Biarkan selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Gunakan seminggu sekali untuk rambut sehat, berkilau dan menakjubkan.
source: Reader's Digest

Lemon

Penelitian menunjukkan bahwa ketombe sebenarnya disebabkan oleh sel-sel di bawah kulit yang memiliki umur sangat pendek. Jamur Malassezia yang memakan sebum (sekresi berminyak dari kulit kepala) dan sel-sel kulit mati, sebetulnya berkerja secara alami karena pembentukan kulit baru.  Masalah timbul ketika kerja jamur berubah abnormal.

Untuk mengendalikannya, asam sitrat yang dikandung lemon mampu membasmi ketombe hingga akarnya.Sifat antimikroba yang dimiliki lemon juga ampuh membatasi aktivitas jamur.
Beberapa alternatif pemakaiannya sebagai berikut:

Lemon dan Yoghurt

Lemon dan yoghurt merupakan kombinasi ideal menghilangkan ketombe sekaligus menguatkan rambut. Campur 2 sendok makan yogurt  dengan satu sendok makan jus lemon. Oleskan campuran ke kulit kepala dengan lembut. Biarkan selama 30 menit. Bilas dengan shampo ringan.

Lemon dan Madu

Duo  jeruk nipis dan madu bisa menjadi solusi beberapa masalah rambut. Senyawa anti-inflamasi dan antimikroba madu membantu menjaga aktivitas jamur di bawah kulit. Humektan menjaga kulit kepala terhidrasi, sehingga mengakhiri masalah seperti kekeringan dan gatal yang disebabkan oleh ketombe.
Campur 1 sendok makan air perasan  lemon (1 sdm) dengan  3 sendok makan madu. Oleskan ke seluruh kulit kepala. Diamkan selama 20 menit. Bilas dengan shampo ringan. Untuk hasil terbaik, lakukan setiap 3-4 hari sekali.

Lemon dan Telur

Penggunaan telur sebagai masker telah dikenal sejak nenek buyut kita. Telur adalah kondisioner alami yang  membantu pengelupasan kulit dari dalam. Duo lemon dan telur mampu  membatasi produksi sel mati.
Caranya, campur telur kocok dengan perasan air lemon. Oleskan di kulit kepala dan biarkan mengering selama 30 menit. Cuci bersih dengan sampo ringan.

Lemon dan Teh

Duo lemon dan teh merupakan antimikroba yang kuat. Sifat antioksidannya mampu  menghilangkan ketombe dan menyembuhkan kulit yang meradang. Caranya buat air teh dari setengah cangkir air panas dengan daun teh kering. (Jangan teh celup ya). Saring air teh dan  tambahkan satu sendok teh jus lemon. Olesi  kulit kepala dengan ramuan ini.  Pastikan suhunya suam-suam kuku. Biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air.
source: tipandbeauty.com

Daun  Nimba

India mengenal minyak Neem atau minyak daun nimba, sebagai penyembuh segala penyakit. Untuk kesehatan rambut, daun Nimba mengobati iritasi kulit, jerawat, eksim, dan ketombe. Minyak Nimba efektif terhadap beberapa jamur yang bersemayam pada tubuh manusia seperti candida, salah satu penyebab utama ketombe. Minyak Nimba juga kaya akan asam lemak esensial yang berfungsi  melembutkan kulit.
Cara penggunaan daun Nimba:

Hanya Daun Nimba (Metode Sederhana)

Didihkan 1 liter air bersama 30-40 daun neem hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan biarkan dingin. Saring rebusan daun nimba dan gunakan untuk berkeramas. Lakukan dua tau tiga kali seminggu agar ketombe segera hilang dan nggak muncul lagi.

Daun Nimba dan Coconut Oil

Metode ini bukan hanya ampuh menghilangkan ketombe,  juga meningkatkan kesehatan dan tekstur rambut.
Rebus satu cangkir minyak kelapa dengan 15-20 daun nimba selama 15 menit. Saring setelah dingin. Tambahkan perasan air lemon ke dalamnya dan simpan dalam botol. Gunakan ramuan ini dua kali seminggu untuk memijat kulit kepala. Setelah dipijat, biarkan selama satu jam. Keramas rambut dengan shampo ringan.

 Daun Nimba dan Madu

Caranya mudah,  buat pasta dari rebusan daun nimba (metode sederhana di atas) dengan 1 sendok makan  madu. Oleskan secara menyeluruh di kepala Anda sebagai masker rambut. Kenakan topi mandi dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan shampo dan ulangi dua kali seminggu.
Hasilnya, rambut akan menjadi super lembut dan halus karena madu bekerja sebagai agen pelembab alami.
source: aboutfaces.com
Khusus pengguna jilbab, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan, yaitu:
  1. Jangan menggunakan kerudung ketika rambut masih basah. Keringkan rambut hingga benar-benar kering dengan bantuan kipas angin atau hairdryer jika harus berpergian usai keramas.
  2. Perhatikan kebersihan ciput/inner jilbab. Keringat yang menempel pada ciput bisa memicu ketombe.
  3. Ganti shampo. Umumnya sampo mengandung deterjen yang keras, pengawet serta  parfum buatan  yang dapat mengiritasi kulit kepala, dan menyebabkan kekeringan yang berlebihan. Perhatikan komposisi bahannya dan cobalah cari shampo dengan bahan yang lebih alami  atau lebih ringan. 
  4. Jangan mencuci rambut setiap hari, yang dapat mengganggu pH kulit kepala. Cobalah untuk mencuci rambut hanya 2- 3 hari sekali atau lebih.  


18 comments

  1. Iya gak suka ketombean selain menyebabkan gatal ngeri aja liat putih2 bergelantungan dirambut padahal udh keramas. Lidah buaya bisa dicoba nih

    ReplyDelete
  2. Lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk perawatan ternyata, bisa nih tanaman lidah buaya untuk perawatan rambut biar berkurang ketombe an

    ReplyDelete
  3. Lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk perawatan ternyata, bisa nih tanaman lidah buaya untuk perawatan rambut biar berkurang ketombe an

    ReplyDelete
  4. Tipsnya bermanfaat banget, Ambu. Lemon sepertinya bisa nih sya gunakan. Rambut saya makin bnyak rontoknya pdhl udah make tonic

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu nih, soal Kembang Sepatu dan daun nimba. Ketombean itu memang enggak enak banget. Gatel dan pastinya membuat tidak nyaman. Saya pernah mencoba lidah buaya dan minyak zaitun, mbak. Itu saja sudah enak banget.

    ReplyDelete
  6. Hallo Ambu,ini tips lagi aku cari banget.Aku tuh punya masalah dengan ketombe yang cukup mengganggu, gatal dan banyak.Kebetulan di rumah aku ada tanam lidah buaya.Semoga saja bisa menghilangkan si ketombe yang membandel ya

    ReplyDelete
  7. Saya pengen nyoba lemon sama madu, deh. Kebayang segernya kulit kepala kalau dikasih ini. Wah, saya baru tahu enggak boleh keramas setiap hari. Oke noted. Terima kasih mbak, tipsnya.

    ReplyDelete
  8. wah ambu makasih ya, jadi tau nih ternyata banyak tanaman herbal yang bisa digunakan untuk membasmi ketombe nih, jadi rambut kita bisa minim terpapar bahan kimia yang merusak kesehatan rambut yaa

    ReplyDelete
  9. Di rumah padahal ada beberapa pot lidah buaya, cuma akunya males. Trus ngeluh ketombean. Ampun dah! Bakal nyoba rutin pakai lidah buah plus minyak kelapa ah.

    ReplyDelete
  10. Untuk lidah buaya dan minyak kelapa udah membuktikan sendiri kak. Paling manteb itu pake lidah buaya

    ReplyDelete
  11. iya Ambu, aku terkadang bermasalah dengan ketombe
    bingung cari sampo yg cocok, eh ternyata banyak ya bahan alami yg membantu mengatasi ketombe

    ReplyDelete
  12. related banget ambu, dengan apa yang aku alami. ya allah, sampai segitunya ya pemicunya. auto evaluasi nih dengan shampo yang aku pake. terimakasih tipsnya ambu

    ReplyDelete
  13. Ternyata banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk membasmi ketombe membandel. Rata-rata mudah didapat, sayangnya sering dilanda rasa malas dan nggak tahan baunya yang ga enak, padahal khasiatnya ampuh, ya ambu. Nenek saya dulu rajin pakai minyak kelapa, makanya sampai tua rambutnya hitam, lembut, dan tidak berketombe. Saya pernah pas SMP coba pakai kembang sepatu, berlendir gitu ya, dulu kukira buat digunakan kayak conditioner gitu, soalnya abis pake rambut jadi lembut :D

    ReplyDelete
  14. Memang lebih baik jika pakai yang alami seperti ini. Karena lebih aman. Beberapa memang sedikit lebih lama tapi tetap ampuh. Yang jelas rambut tetap sehat bahkan sangat bagus jika telaten karena tak hanya membasmi ketombe tapi juga merawatnya

    ReplyDelete
  15. Yang paling sering, rambut belum kering dah pakai kerudung...akhirnya ketombe pun singgah hiks
    yang pernah kucoba hanya lidah buaya atau lemon saja untuk mengatasinya. Belum pernah pakai campuran apa-apa. Kembang sepatu juga bisa ya? Wah, bisa nih dicoba

    ReplyDelete
  16. Sering cuci rambut malah kena ketombean ya? Infomasinya baru tahu saya. Kebanyakan orang sudah ketergantungan dengan bahan pabrik untuk menjegal ketombe, padahal ada resikonya

    ReplyDelete
  17. Waktu kecil suka mainin bunga sepatu dijadiin sampo boongan karena jika disaring mengeluarkan lendir kental. Ternyata memang bermanfaat beneran ya buat rambut.

    ReplyDelete
  18. Pernah berketombe dan memang enggak nyaman banget sih tetapi syukurnya sekarang hampir tidak pernah lagi,Mba. Saat itu,coba tips dari teman yang gunakan jeruk nipis,ampun memang perih. Lebih baik memang sih menghindari ya,gak mau lagi deh pakai hijab saat rambut masih basah.

    ReplyDelete