Legal High; Kala Pelaku Hukum Berparodi



Drama keluarga bertema komedi sudah banyak dibuat. Demikian juga  genre romance –comedy. Bagaimana jika pelaku hukum berkomedi? Maksudnya tetap ada kasus hukum namun pemerannya bikin penonton ketawa ketiwi.

Ide ini yang nampaknya ditangkap penulis skenario Park Sung-Jin. Atau dia hanya mengembangkan ide orang lain? Karena “Legal High” versi Korea Selatan merupakan remake serial TV Jepang berjudul sama.

Kasus hukum itu nyata. Terjadi dalam keseharian. Namun haruskah penonton melihat gelapnya dunia hukum? Padahal  ketika mereka pulang ke rumah, dalam keadaan cape, yang mereka butuhkan adalah hiburan.   

Dan “Legal High” tepat banget ditonton sebagai hiburan. Walau seperti kebanyakan drama Korea, selalu ada selipan pesan moral.  Bahwa kebenaran selalu menang. Bahwa keputusan berdasarkan hati nurani memang berat, namun amat melegakan.

Nilai 8/10 untuk “Legal High” karena seperti yang saya tulis di atas, penonton mencari hiburan ketika menyetel drama Korea, bukan mencari kemarahan atau kasus yang bikin pusing kepala barbie. Setuju?


Jin Goo menunjukkan kelasnya sebagai aktor papan atas dengan berperan sebagai Ko Tae-Rim, seorang pengacara handal yang selalu memenangkan kasus.

Sebelum membangun kantor pengacaranya sendiri, Tae Rim bergabung dengan Firma Hukum B&G dan keluar karena kecewa. Firma Hukum B&G menjadi pembela Hankang New Materials yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan kematian penduduk di sekitarnya.


Seo Eun-Su, berperan sebagai Seo Jae-In. 

Casting yang sungguh jeli. Seo Eun Su mampu membawakan Seo Jae In yang naif, cerdas dan sering nekad.

Tidak dikisahkan perjalanan hidupnya,  penonton hanya tahu bahwa Jae In adalah anak yatim yang hidup dengan seorang profesor dari universitas  tempat dia menimba ilmu.

Ibunya sudah meninggal, sementara ayahnya meninggalkan Jae In selama 14 tahun untuk menutupi jejak hitam putra mahkota grup Hankang. 

Peran Seo Eun Su yang ciamik lainnya di: Hundred Million Stars From The Sky, Tragedi Sepasang Kekasih Korban Aliran Sesat


Yoon Park sebagai Kang Ki-Seok

Jaksa ganteng ini semula rekan kerja Ko Tae Rim. Dia keluar dari firma hukum Tae Rim untuk membuktikan bahwa dia mampu menyaingi keberhasilan Tae Rim.
Karena memiliki ilmu dan cara kerja Tae Rim, dalam beberapa kasus Kang Ki Seok hampir memenangkan kasus.  Yang menarik pastinya ketika Ki Seok head to head dengan Jae In di pengadilan. Si cantik dan si ganteng, hmm ...


Jang Yoo-Sang  sebagai Kim Yi-Soo,

Tangan kanan Tae Rim dalam memenangi kasus. Membuat  “Legal High” semakin semarak dengan aksi dan penampilannya. Walau ada pembantu Tae Rim yang juga sangat berperan dalam kemenangan Tae Rim, yaitu Koo Se Joong, sang kepala rumah tangga.

Sinopsis Drama Korea Legal High

Ko Tae-Rim ( Jin Goo ), seorang pengacara  sombong dan gemar  membuat komentar yang menggigit. Setiap kasus yang ditanganinya memiliki tingkat kemenangan 100%. Tak heran biaya pengacaranya sangat tinggi. Memenangkan kasus adalah hal yang paling penting baginya.

Seo Jae-In ( Seo Eun-Su ),  seorang pengacara pemula. Dia terjebak dalam situasi tidak adil yang menyebabkan kliennya kalah. Karena itu dia memutuskan bekerja pada kantor Ko Tae-Rim. (Asian Wiki)

Review Drama Korea Legal High

Cantik, muda, ulet dan punya hobby bertinju,  itulah Seo Jae In. Sebagai pengacara pemula, dia mengalami banyak sandungan. Di kantor pertamanya dia mendapat pelecehan seksual, kemudian keluar dan bergabung dengan kantor pengacara B&G.

Sayang,  Jae In harus menerima kekalahan pada  kasus pertamanya. Tak ingin kliennya dihukum, Jae In mendatangi kantor pengacara milik  Ko Tae-Rim yang terkenal tak pernah kalah. Dia sanggup kerja tak dibayar selama 15 tahun asalkan Tae Rim mau membela kasusnya.

Di lain pihak, Ko Tae Rim yang dijuluki Monster Mesum,  selalu memenangkan kasusn bukan tanpa alasan. Dia mengajukan bayaran tinggi,  untuk mendapat data yang  digunakan untuk menekan lawan, membalikkan keadaan dan memenangkan kasus dengan cara yang tak terbayangkan. Mungkin lebih tepatnya Monster Mesum bermain licik dan licin dalam arti positif.

Kepiawaian bersilat lidah Tae Rim  di pengadilan rupanya menjadi inspirasi Jae In. Dia berhasil memenangkan banyak kasus dan mendatangkan banyak klien untuk firma hukum Tae Rim. Namun berbeda dengan  Tae Rim yang  mau membela siapapun asalkan klien mampu membayar mahal.  Jae In hanya mau membela jika yakin kliennya benar. Kasusnya gratis alias pro bono pun tak apa-apa.
Ternyata  Monster Mesum yang mata duitan hanya nampak luar. Dia menyimpan luka. Sebelum mendirikan kantor pengacaranya sendiri, dia bekerja pada kantor pengacara B&G dan memberi bantuan hukum bagi Grup Hankang.

 Salah satu pabrik Hankang, Hankang New Materials sengaja membuang limbah beracun agar harga saham turun. Sehingga Sung Gi Jun, sang putra mahkota yang masih sering dipukul kakinya oleh sang ayah jika berbuat salah, bisa memborong saham dengan harga murah.

Sung Gi Jung ngga peduli kelakuannya bakal menewaskan banyak orang. Salah satunya adalah Yoo Ra, gadis cilik yang ceria yang meninggal akibat cemaran tersebut. Merasa bersalah,  Tae Rim mengundurkan diri dari kantor B&G dan mendirikan kantor pengacara sendiri. Dia menyatakan perang dengan Hankang Grup.

Jae In yang naif dan selalu berprinsip demi kebenaran, tentu saja sependapat dengan Tae Rim. Baginya keadilan harus ditegakkan. Korban pencemaran lingkungan, tak peduli usianya sudah tua, harus diselamatkan. Walau kenyataan membawanya pada situasi yang tragis, ayah kandungnya ternyata adalah tangan kanan owner Hankang Grup. Sang ayah bertugas menyelesaikan setiap masalah ilegal yang berkaitan dengan Hankang Grup. Salah satunya adalah menutupi jejak berdarah yang dilakukan Sung Gi Jung, putra mahkota Hankang Grup.

Putra mahkota konglomerat yang mempunyai kelainan jiwa akibat masa lalunya, ternyata banyak diangkat oleh penulis skenario. Sebutlah Mo Tae-Goo dalam Voice yang menjadi pembunuh berantai karena melihat perilaku ayahnya yang kerap membunuh.


Juga Kang In-Wook dalam “Love in Sadness” yang melihat kekejaman sang ayah dalam “menaklukan” ibunya yang sering lari karena tak kuat dihajar suaminya.

Nilai plus dari drama ini adalah banyaknya pesan moral yang diselipkan penulis skenario. Terkadang bikin jengkel, namun masuk akal. Sehingga secara keseluruhan, kasus hukum hanya menjadi latar belakang. Bahkan banyak kasus dibuat terbuka, penonton harap menebak kebenarannya.

Mungkin juga “Legal High” akan dibuat sekuelnya. Karena walau  raupan ratingnya ngga terlalu tinggi, bahkan score IMDb hanya 7.0. Namun “Legal High” mengingatkan saya pada “Queen of Mystery”, kasus-kasus kriminal yang juga dibuat cair oleh kehadiran Yoo Seol-Ok, seorang ibu rumah tangga. Drama korea “Queen of  Mystery” hanya memperoleh raihan IMDb sebesar 7.5
 
 Mungkin gara-gara mimik super lebay yang bikin score IMDb "Legal High" cuma 7.0
 
Profile
Drama: Legal High
Revised romanization: Ligalhai
Hangul: 리갈하이
Director: Kim Jung-Hyun
Writer: Park Sung-Jin
Network: JTBC
Episodes: 16
Release Date: February 8 - March 30, 2019
Runtime: Fridays & Saturdays 23:00
Language: Korean
Country: South Korea

14 comments

  1. Pengacara hebat euy selalu menang dalam pengadilan. Drama bikin deg dig dug memperhatikan aktor aktrisnya piawai melakono peran.

    ReplyDelete
  2. JTBC ini drakornya keren2 ya Ambu
    Mengusung tema, plot yg ngga kebayang sebelumnya.
    Good job, JTBC!Para pemainnya pun keren keren


    Aku mau maraton drakor ini ahhhh

    ReplyDelete
  3. Setuju, kalau nonton itu ya carinya hiburan, bukan jalinan kisah yang bikin kening berkerut karena terbawa emosi.

    Legal High, hebat yang yang nulis skenarionya, berlatarbelakang kasus hukum, tapi dikemas dalam komedi.

    ReplyDelete
  4. Unch pemainnya kok ganteng yaa ini ambu, untung kayanya gada second lead yang bisa memecah fokus kita nonton kegantengan pemeran utamanya, plus tema dan angle cerita yang diambil juga cukup menarik nih

    ReplyDelete
  5. Setuju banget kak, kalau nonton drama ya harus yang menghibur. Apalagi kalau udah penat gitu maunya merilekskan pikiran dengan komedi.

    Wah sepertinya Legal High jadi rekomendasi drama yang pas banget untuk dinikmati.

    Apalagi pemerannya juga yang udah aktor papan atas. Siap deh masukin list drakor hihi terima kasih kak

    ReplyDelete
  6. Jae in bagai yatim piatu, bertahan hidup. Pantesan terkesan agak keras dan jutek y?

    ReplyDelete
  7. Kenapa dia dijuluki Monster Mesum, ambu? Kan jadi penasaran kalau disebut begini hahaha
    Aku jadi teringat Lee Joon-ki jadi pengacara di Lawless Lawyer. Tapi ga mesum sih, dia terkenal hebat menyelesaikan kasus.
    Di Netflix serial ini diberi catatan: Aneh dan Menginspirasi. Nah, jadi makin kepo aku tuh kenapa disebut aneh :))

    ReplyDelete
  8. Drama atau film dengan latar belakang dunia hukum menurutku menarik banget. Kita banyak belajar tentang bagaimana orang berjuang untuk mendapatkan keadilan, meskipun terkadang (bahkan seringnya) tidak tercapaikan. Jadi kalau diperankan oleh aktor/aktris yang berkarakter dan tidak jual tampang doang, dijamin hasil karya sinemanya ciamik luar biasa.

    Mbak Maria sudah nonton SILENCED yang aktor utamanya Gong Yoo. Itu keren banget. Pernah juga saya bikin reviewnya di blog saya. Kelamnya dunia pengadilan, kekuatan dari kekuasaan dan kehidupan seksual menyimpang terpapar dengan baik.

    ReplyDelete
  9. Bener banget aku kalo nonton drakor yang utamanya emang cari hiburan. Jadi pilihan tontonan baru nih Legal High, suka aja liat kasus hukum yang terjadi di Korsel, apalagi ada unsur komedinya jadi ngga terlalu berat.

    ReplyDelete
  10. yah masa' mimik kayak di gambar terakhir itu dibilang lebay sih, harusnya kan dinilai atraktif. yaa meski agak kocak sih, haha

    btw makasih reviewnya, kan pengen nonton juga hahaha

    ReplyDelete
  11. Rekomendasi drakor lagi, asik kali ini tentang masalah hukum. Udah lama daku nggak nonton tema yang seperti ini, soalnya kebanyakan tema tentang percintaan jadi banyak skip nya hehe

    ReplyDelete
  12. Wah, kebetulan aku suka banget sama Jin Goo ini karena nonton yang Descendents of the Sun dulu itu. Suka sama karakter dan acting-nya. Hehe. Masukin watch list dulu deh.

    ReplyDelete
  13. Wah, menarik sekali nih, dramanya. Kayaknya saya tertarik, nih. Pengen sesekali cari yang out of the box begini.

    ReplyDelete
  14. waw menarik ini legal high
    kadang tontonan yang berbau hukum atau penyelidikan itu menarik banget buat aku
    jadi gak sekadar menikmati drama, melainkan ada kecerdikan yang bisa diambil

    ReplyDelete