Rokok Harus Mahal, Demi Masa Depan Anak Indonesia Yang Cemerlang


sumber: Maria G Soemitro

Apakah Anda tahu bahwa harga rokok  ternyata lebih murah daripada harga  telur ayam? Ya, harga sebatang rokok hanya Rp 1.000 sedangkan harga telur ayam Rp 2.000/butir. Sangat jomplang! Telur ayam yang mengandung protein dan bermanfaat bagi tubuh ternyata lebih mahal dibanding rokok, perusak  kesehatan badan.

Murahnya harga rokok menyebabkan  perokok berat enggan menghentikan kebiasaannya. Sementara anak-anak leluasa membeli. Mereka ingin meniru gaya  orang dewasa. Cukup dengan uang Rp 1.000, anak-anak bisa mencoba merokok seperti yang orang dewasa lakukan. Kelanjutannya bisa diprediksi, jumlah perokok semakin bertambah banyak. Masa depan negara dipertaruhkan.

Karena itu tak dapat ditawar lagi, harga rokok harus mahal. Dari hasil penelitian PKJS-UI terungkap bahwa  74% perokok siap berhenti , andai  harga rokok Rp 70 ribu per bungkus Dan hanya 66 % yang akan berhenti  jika harga rokok Rp 60 ribu per bungkus.

 “Kaget aja kemarin ketemu anak SD  yang dibekalin orangtuanya sehari 50 ribu, padahal bukan sekolah yang bonafid banget, walaupun memang sekolah swasta” kata Cumcum, seorang ibu yang sedang mengandung anak kedua.

Kegelisahan Cumcum berkaitan dengan membaiknya perekonomian keluarga yang sayangnya tidak dibarengi kehati-hatian.  Orang tua sering menambah uang bekal ketika penghasilan keluarga bertambah. Pada saat itu seharusnya orang tua juga membimbing pengelolaan uang secara bijak. Jika tidak, uang saku  tidak hanya  untuk transportasi dan jajan, tapi juga untuk membeli rokok.

Awalnya hanya mencoba, lama-lama kecanduan merokok. Sesudah kecanduan, sulit sekali berhenti. Karena rokok mengandung nikotin,  zat adiktif yang menimbulkan perasaan nyaman dan kesenangan saat merokok serta menyebabkan efek kecanduan.

sumber: multisocialbook.com


Sebatang rokok mengandung lebih dari  4000 bahan kimia. Ratusan diantaranya bersifat beracun dan sekitar 70 bahan di dalamnya bersifat karsinonegik atau penyebab kanker.
Apa saja bahan kimia yang dikandung rokok? Berikut beberapa diantaranya:

Tar

 Pada saat merokok, tar akan ikut terhisap dan mengendap di paru-paru.  Semakin lama semakin menggunung dan berdampak negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru-paru.
Rambut kecil ini memiliki peranan penting, yaitu membersihkan kuman dan racun agar keluar dari paru-paru. Adanya tar tidak hanya mengganggu kinerja rambut kecil, juga menyebabkan gangguan pada paru-paru, seperti kanker paru-paru, bronkitis kronis, dan emfisema.

Benzene

 Zat yang digunakan dalam pembuatan rokok. Jika terserap tubuh, zat ini bisa merusak sel pada tingkat genetik. Benzene merupakan karsinogen atau zat penyebab kanker paling mematikan yang seringkali dihubungkan dengan leukimia atau kanker darah.

Formaldehilda

 Jika ketika merokok, mata terasa perih dan batuk, penyebabnya adalah formaldehilda,  bahan yang biasa digunakan untuk membunuh mikroba dan mengawetkan mayat.
Perokok pasif juga bakal  terkena dampak negatif formaldehilda yang kita kenal dengan formalin. Efek buruk formalin lainnya adalah kulit rusak, kanker dan  penyakit yang berhubungan dengan pernapasan.

Arsenik

 Arsenik merupakan bahan utama pembuatan racun tikus. Sementara perokok menghirupnya setiap sedang  merokok. Sungguh mengerikan!
 Bahaya yang diakibatkan tumpukan arsenik dalam tubuh adalah kanker paru-paru, penyakit pada kandung kemih hingga kerusakan DNA.

Aseton

 Familier sebagai bahan  untuk membersihkan cat kuku, bukan? Aseton juga  digunakan sebagai bahan pembuatan rokok. Setiap menghisap rokok berarti perokok sedang m,enghirup zat berbahaya ini yang dapat menyebabkan penyakit kulit dan gangguan otak yang sangat berbahaya.

Karbon Monoksida

 Seperti kita ketahui, karbon monoksida  ditemukan pada asap knalpot sepeda  motor dan mobil. Karbon monoksida  mengikat diri pada hemoglobin dalam darah seorang perokok secara permanen.sehingga tentunya penyediaan oksigen ke tubuh menjadi terhalang. Tubuh menjadi mudah lemas dan lelah.

Gas Oksidan (O3)

Bereaksi dengan oksigen,  gas ini berperan  meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung akibat penggumpalan darah.

Amonia

 Dikenal sebagai  bahan pembersih toilet yang cukup efektif, amonia yang terkandung dalam rokok berfungsi  mengubah nikotin dalam bentuk gas. Sehingga memudahkan nikotin terserap oleh paru-paru dan darah. Seperti halnya karbon monoksida, amonia  juga menjadi penyebab rusaknya cilia.

 
sumber: sobrarosie.blogspot.com
Menyeramkan bukan? Bayangkan ketika berbagai bahan  beracun ini malah sengaja dihirup oleh tubuh-tubuh mungil,  generasi muda penerus bangsa . Secara perlahan asap akan merusak sehingga daya pikir berkurang. Perkembangan tubuh terganggu.

Ketika teman-teman seusianya sedang aktif belajar dan asyik meraih cita-cita,  para perokok pemula malah berkutat dengan asap beracun yang membahayakan dirinya serta orang sekelilingnya.  Hilang sudah kekayaan Indonesia berupa deviden demografi yang intelek,  aktif dan kreatif

 Data  Tobacco Control Atlas ASEAN mencatat lebih dari 30 persen dari sekitar 20 juta anak Indonesia mulai merokok sebelum usia 10 tahun. Karena itu diperlukan kepedulian berbagai pihak terkait agar anak-anak tidak  tergelincir menjadi perokok pemula. Semua pihak harus  bersatu dan bekerja sama.

Pemerintah
Pemerintah harus menegakkan hukum dan menetapkan cukai rokok setinggi mungkin. Pemerintah juga yang bisa membuat gerakan pengawasan melekat dimulai dari tingkat RT – RW- Kelurahan hingga Kecamatan. Karena percuma ada larangan bagi  anak-anak  untuk membeli rokok, jika tidak ada pengawasan dalam pelaksanaannya.

Masyarakat
Diperlukan kesadaran kolektif, baik orang tua, penjual rokok dan masyarakat sekeliling yang membantu menegur jika ada anak yang membeli rokok.

Pihak sekolah
Sudah waktunya pihak sekolah menjalankan sweeping rokok yang dulu acap dilakukan. Termasuk untuk anak usia SD. Pihak sekolah juga wajib membuat lingkungan bebas asap rokok,  sweeping rokok akan berakhir sia-sia jika guru-gurunya merokok.


sumber: kidzdash.com


















Sepeti yang dikatakan Khalil Gibran:


Anak-anakmu bukanlah anak-anakmuMereka adalah putra putri kerinduan Kehidupan akan dirinya sendiriMereka memang lahir melaluimu tetapi bukan dirimu
Engkau adalah busur darimana anak-anakmu ibarat anak panah yang hidup diluncurkan.Sang Pemanah melihat sasarannya di jalan yang tak terhingga, dan Ia membengkokkanmu dengan keperkasaanNya agar  anak-anak panahNya meluncur jauhBergembiralah atas kelenturanmu di tangan sang Pemanah;Sebab seperti Ia mengasihi anak-anak panah yang meluncur, Ia juga mengasihi busur yang stabil



Tugas kita sebagai orang tua agar anak panah meluncur jauh dengan stabil. Melindunginya dari panas, hujan dan menjaga  kecukupan gizi.  Agar mereka berhasil  menggapai cita-cita. Jangan sampai asap rokok merusak tubuh dan daya pikir mereka. Terlebih jika itu asap rokok orang lain.

sumber;
wikipedia.org

22 comments

  1. quote-nya kereeen! setujuu, rokok kudu mahal!

    ReplyDelete
  2. Saya pun mendukung rokok harus mahal... 100.000 minimal... dan tidak dijual ketengan.

    ReplyDelete
  3. nice article mbaaaa

    ibu2 tentu sepakat bahwa #RokokHarusMahal

    ReplyDelete
  4. Mahalkan rokok sampai punya efek kaget. Sekali naik harus mahal sekali.

    ReplyDelete
  5. Setuju banget bu, lebih baik uangnya di tabung buat makan bergizi dan pendidikan anak🤗

    ReplyDelete
  6. Setuju banget harga rokok harus mahal, kalau bisamah 200rb aja

    ReplyDelete
  7. Mending beli telur daripada beli rokok ya Ambu

    ReplyDelete
  8. Mending beli telur daripada beli rokok ya, Ambu.

    ReplyDelete
  9. Setujuu banget! Seharusnya uang rokok itu dialihkan untuk biaya pendidikan atau jalan2. Sungguh lebih berfaedah :')

    ReplyDelete
  10. Bener banget. Rokok harusssss mahal. Biar makin sedikit yang merokok. Apalagi anak-anak muda dan anak-anak. Semoga ya programnya berhasil mengurangi angka perokok. Miris bangeeet. :(

    ReplyDelete
  11. aku pun setuju
    selamatkan generasi penerus bangsa dengan menaikkan harga rokok!

    ReplyDelete
  12. Bener banget, bu, masa anak-anak SMP bisa beli rokok dengan uang jajan mereka

    ReplyDelete
  13. Bener ambu, masa anak-anak sekolah bisa beli rokok dari uang jajan mereka

    ReplyDelete
  14. Iya, serem ih baca kandungan rokok :(

    ReplyDelete
  15. Langsung mual mual baca komposisi dan bahan pembuatan rokok. Sedih karena anak bangsa melenadani teladan yang salah sehingga terjebak merokok sejak usia remaja. Selamatkan negeri #rokokharusmahal

    ReplyDelete
  16. Rokok harus mahal supaya bisa menyelamatkan generasi muda di Indonesia. Sedih lihatnya klo anak² harus jadi korban 😥

    ReplyDelete
  17. Suka banget sama puisinya kahlil Gibran, ambu...
    Dan wacana #RokokHarusMahal ini semoga ditindak lanjuti yaa, Ambu...gak mandeg karena hal-hal di belakangnya.

    ReplyDelete
  18. Setuju Ambu, rokok harus Mahal demi anak Indonesia yg cemerlang👍👍

    ReplyDelete
  19. Kapan tuh ya bu, pernah liat video anak SD ngerokok di post. Miris banget liatnya. Jadi aku dukung banget rokok jadi Mahal. Sebungkus 100rb kalo bisa 😏

    ReplyDelete
  20. Saya dukung jugaa klo rokok harus mahal, ato kalo perlu nggak usah ada lagi yg konsumsi rokok. Aamiinnn

    ReplyDelete
  21. Setuju, rokok harus mahal.
    Biar para perokok berenti merokok..

    ReplyDelete