Kemewahan Rasa Dalam Satu Gigitan Bolu Susu Lembang



Pernah mencoba rasa A***** brownies kukus yang terkenal dari Bandung? Nampaknya siapapun yang pernah beranjangsana ke Kota Kembang, pasti pernah membeli, minimal mencicipi rasanya.

Brownies kukus seperti itulah yang saya bayangkan ketika mendapat undangan launching Bolu Susu Lembang. Brownies kukus yang selama ini kita kenal lebih tepat disebut bolu, bukan brownies. Brownies harusnya lebih padat, bantat, sehingga acap disebut cake yang gagal.

Namun yang lebih membuat penasaran adalah pemilihan merknya yang Indonesia banget! Sungguh berbeda dengan berbagai merk cake artis yang akhir-akhir ini membanjiri kota-kota besar di Indonesia. Pemakaian istilah asing dan akronimnya membuat dahi mengernyit, dan timbul tanya: “Apaan sih itu? Makanan? Enak ngga?”

Beda halnya dengan kata bolu. Siapapun sepakat, bahwa bolu adalah kudapan berbahan baku tepung terigu, gula, dan telur. Agar empuk dan gurih, biasanya ditambahkan mentega atau margarine atau minyak goreng atau susu. Tak heran banyak yang menambahkan kata jadul dibelakang kata bolu.

Nampaknya bukan hanya saya yang penasaran pada bolu yang memiliki nama ‘biasa-biasa saja’ ini. Sesampainya saya di Ciwalk, jalan Cihampelas Bandung, ternyata sudah ada 2 antrian panjang dan mengular. Wow sungguh di luar dugaan!

Dan yang lebih membuat amat terbeliak, banyak pembeli yang memborong hingga beberapa keresek lho. Apakah karena nama kudapan bolu begitu familier, sehingga mereka tidak ragu? Bahkan Bolu Susu Lembang dinyatakan Sold Out, habis tandas pada jam 15.00. Padahal rencananya acara berlangsung hingga pukul 17.00. Berarti banyak pembeli yang pulang gigit jari. Tidak berhasil membawa pulang Bolu Susu Lembang.

Penasaran akan rasa Bolu Susu Lembang? Saya juga.  Sebagai anggota Blogger Bandung saya mendapat 2 boks Bolu Susu Lembang untuk dicoba, hayuklah kita unboxing cemilan Bandung yang sebentar lagi nampaknya bakal jadi oleh-oleh iconic ini.

Kemasan
Begitu menerima box persegi panjang ini saya terkesan akan pemilihan glossy paper yang menimbulkan efek mewah. Mirip kemasan coklat premium. Membuat saya ingin segera membuka dan menikmati isinya. Terlebih isi produk digambarkan dengan cerdas: potongan coklat yang yummy dan cairan susu nan sedap.

Bagian isi
lembaran penutup Bolu Susu Lembang

Wow, ada selembar kertas dengan logo Bolu Susu Lembang. Rupanya  Bolu Susu Lembang ingin mengurangi kemasan plastik agar ngga nyampah plastik. Lapisan kertas  justru membuat bolu ini nampak berkelas dan mahal. Padahal harganya cuma Rp 29.000.


Rasa
Harga murah, kemasan keren, bagaimana dengan rasanya? Dalam penjualan perdana ini baru 3 varian yang dijual yaitu rasa vanilla, rasa original dan  susu coklat. Kebetulan saya hanya sempat mencicipi 2 rasa, yaitu rasa original dan susu coklat.
Seperti apa? Cekidot:


Rasa original


bolu susu lembang rasa original

Semula saya pikir ini perpaduan vanilla dan coklat karena ada 2 layer, putih dan hitam. Ternyata bukan. Ketika mencoba layer putih tercecap rasa susu yang kuat. Gurih dan moist. Penyuka susu murni pasti akan terpuaskan.
Sedangkan layer coklat merupakan perpaduan bolu susu dan coklat yang banyak. Rasa coklatnya nampol pisan. Deudeuieun lah atau mau lagi dan lagi deh jika sudah mencicip bolu susu nan menyehatkan ini.

Susu coklat


Bolu Susu Lembang rasa susu coklat

Nampaknya Bolu Susu Lembang varian  ini akan menjadi favorit saya.  Karena seluruh bolu berwarna dan berasa coklat yang memuaskan penggemarnya.
Perbedaan lainnya dengan rasa original adalah lapisan tipis coklat ditengah bolu. Rasa coklatnya napol, manis dan sedikit mengeras. Membuat saya melupakan semangat diet karena makan lagi dan lagi.

Daya tahan
Penting banget nih soal daya tahan. Umumnya bolu yang dikukus hanya akan bertahan 3-4 hari, lebih dari itu berarti mendapat tambahyan zat pengawet. Ternyata Bolu Susu Lembang juga hanya bertahan 3- 4 hari dalam suhu ruang. Satu minggu jika disimpan di chiller dan awet hingga sebulan jika di freezer. 

Mewah. Demikian penilaian saya untuk keseluruhan Bolu Susu Lembang. Tidak hanya kemasan namun rasa bolunya sungguh tidak mengecewakan. Ada lapisan tipis di setiap bolu yang menurut manager Bolu Susu Lembang,  Syafei, merupakan elemen bolu yang mahal dengan resep rahasia.

Saya harus setuju dengan klaimnya. Karena belum pernah menemukan lapisan serupa pada cake’/bolu/brownies lain. Sehingga tidak bisa menebak.
Selain lapisan laziz nan mewah tersebut, setiap Bolu Susu Lembang mendapat topping keju yang banyak. Puas deh penyuka keju. Karena parutan keju memanjang ini benar-benar yummy.

Apalagi? Oh iya, rasa manisnya pas banget, ngga kemanisan. Manager Bolu Susu Lembang lainnya, Faizal mengatakan bahwa rasa manisnya sudah dipikirkan matang-matang agar penggemar Bolu Susu Lembang tidak terkena diabetes.

“Saya kehabisan”,  kata seorang perempuan setengah baya yang duduk disamping saya dalam perjalanan pulang dengan angkutan umum (angkot). Rupanya dia memperhatikan kegiatan saya menata kotak-kotak Bolu Susu Lembang yang terdesak diantara belanjaan lainnya.
“Wah, kok bisa?”, tanya saya.

“Iya, nyesel ngga berangkat pagi. Sesampainya disana malah nonton lomba menghias bolu susu. Ngga nyangka bakal keabisan. Padahal saya sengaja datang dari Cicadas”.

Wow, dari rumahnya  menyengaja  datang ke jalan Cihampelas hanya untuk membeli Bolu Susu Lembang? Nampaknya magnet Bolu Susu Lembang sungguh luar biasa. Perempuan di kiri saya juga bertanya, kok ngga lihat di Riau Junction, dia pingin beli.

Selain mereka, ada 2 perempuan lainnya di depan saya, nampaknya pegawai kantoran yang sedang istirahat makan dan ingin membeli Bolu Susu Lembang. Bahkan hanya dengan melihat kemasan, mereka sudah ingin beli, apalagi jika mengetahui harganya yang murah.Kepada mereka semua saya bagikan flyer tentang Bolu Susu Lembang (BSL)  yang dijual di outlet Mitra BSL yaitu:

  • Jalan Raya Bojong Soang nomor 108 B, Buah Batu
  • Jalan Jendral Amir Machmud nomor 218, Cimahi Utara
  • Jalan AH Nasution nomor 105, Bandung
  • Jalan Raya Jatinangor nomor 172
  • Jalan Malabar, Kosambi, Bandung.

Informasi lebih lengkapnya :
WA 08111500146
Instagram ; Facebook : bolulembang

Nah silakan hubungi dan nikmati kemewahan rasa ketika mencecap Bolu Susu Lembang. Bolu yang menyehatkan yang selalu mengingatkan akan Kota Bandung



Temu blogger selalu rame

22 comments

  1. Haduuh eta poto paling depan euuy Ambuu..

    Btw emang ya, makan BSL ini bikin ketagihan, aku suka yang original Mbuu

    ReplyDelete
  2. Bolu susu lembang, memang moist banget ya bun...

    ReplyDelete
  3. Suka mereka pakai kata 'bolu' ketimbang brownies kukus, hihihi

    ReplyDelete
  4. si sulung ketagihan rasa coklat plus dikorek2 lapisan di dalamnya ternyata resep rahasia ya hihi...

    ReplyDelete
  5. kejunya terlalu bnyak, bikin senenggg

    ReplyDelete
  6. saya naksir rasa kejunya <3 kayaknya sedap sekali

    ReplyDelete
  7. Ah, sama. Aku juga suka banget yang coklat. Masih penasaran nih belum nyicipin yang vanila.

    ReplyDelete
  8. Kemarin dibawa ke kantor, kebetulan banyak yang mau mudik.Buat oleh-oleh

    ReplyDelete
  9. anu pang geulisna neng Nchie :)

    aku suka susu coklatnya, udah beberapa kali beli lagi lho

    ReplyDelete
  10. iya pisan neng @Utii, banyak yang suka ternyata

    waktu natal saya suguhin, eh ternyata vanyak yang pingtin beli juga

    ReplyDelete
  11. iya @Dew, jadi dedeuian

    apalagi ngga te3rlalu manis

    ReplyDelete
  12. #Toss Ibu Paus

    kita lebih suka yang nampak "nyata" dan enak :)

    ReplyDelete
  13. yups iya, rasa coklatnya nendang pisan ya?

    ReplyDelete
  14. hahaha @Rara, kirain protes kebanyakan keju

    ReplyDelete
  15. rasanya vanilla @Winda, tergantung selera sih ya

    ReplyDelete
  16. aku sih bolak balik beli yang susu coklat, varian kesukaan :D

    ReplyDelete
  17. Bolunya emang enak lembut banget

    ReplyDelete
  18. Jadi penasaran saya sama bolu susu ini. Kalo saya mudik dan main ke Ciwalk, saya mau mampir ah cari bolu susu.

    ReplyDelete
  19. Sering liat mobil bolu susu lembang mangkal di depan rmh sakit Rajawali, tapi belum pernah beli. Abis baca tulisan Bu Maria ini, saya meluncur ke TKP ah,beli.hehehe

    ReplyDelete
  20. If you are going for best contents like me, only visit this website all the time for the reason that it offers quality contents, thanks

    ReplyDelete
  21. Do you mind if I quote a couple of your articles as long as
    I provide credit and sources back to your blog? My blog is in the exact same niche as yours and my
    users would certainly benefit from a lot of the information you provide
    here. Please let me know if this okay with you. Many thanks!

    ReplyDelete
  22. Fantastic blog! Do you have any helpful hints for aspiring writers?
    I'm hoping to start my own blog soon but I'm a little lost on everything.
    Would you advise starting with a free platform like Wordpress or go for
    a paid option? There are so many options out there that I'm totally confused ..
    Any suggestions? Cheers!

    ReplyDelete