Badan Pegal Bukan Pertanda Harus Dipijat, Melainkan ...

source: rcclawrence.com


Sering merasa pegal linu dan  tubuh terasa tidak nyaman?  Solusinya bukan mencari tukang pijat, melainkan harus olah raga. Tentunya oleh raga yang sesuai. Yoga dan senam, merupakan jenis olahraga yang akan membantu tubuh terasa bugar kembali.

Salah kaprah juga terjadi pada pemahaman kondisi “sehat”. Sehat diartikan sebagai tidak sakit batuk, pilek, dan penyakit  yang ditakuti seperti jantung,  kanker, dan stroke.

Padahal  yang namanya sehat ngga sekedar “ngga sakit fisik” tapi juga psikis dan kesejahteraan sosial. Maksudnya, mereka yang mengasingkan diri dari pergaulan sosial termasuk pasien yang harus diobati.

Karena itu  WHO  mendefinisikan sehat sebagai berikut :

 “Health is a state of complete physical, mental and social well-being and not merely the absence of diseases or infirmity”.

Dengan semakin majunya teknologi, wawasan mengenai kesehatan dan perubahan sosial rupanya juga perlu di-upgrade ya? Ngga sesederhana masa hidup ortu kita. Iyalah jaman beheula kan belum ada smartphone.

Karena itu untuk  hidup sehat di abad milenial ini , selain pola makan seimbang dan disiplin minum air putih. Juga diperlukan:

1.       Olah Raga
medicalxpress.com

Pernah lihat seseorang yang sedang diet namun tak olah raga? Contoh paling mudah bisa melihat sosok Dewi Hudges pada awal  menjalani “dier kenyang”. Puluhan kg lemak lenyap dari tubuhnya. Sayangnya tidak dibarengi olah raga, sehingga tubuhnya menggelambir.

Seseorang yang rajin berolah raga akan mendapat tubuh yang bugar, tidak mudah merasa nyeri di badan dan  kuman penyakit enggan  datang.

Berolah ragapun ngga perlu  yang ribet dan membutuhkan biaya besar. Cukup dengan senam ringan, berkebun dan yoga, hasilnya langsung terasa. Menurut hellosehat.com, setidaknya ada 9 manfaat yoga, yaitu:
·         Mengatur berat badan.
·         Membantu mencegah dan mengobati beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung, artritis, asma, dan tekanan darah tinggi.
·         Meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi stres, depresi, dan gangguan tidur.
·         Melancarkan pernapasan.
·         Menguatkan keseimbangan tubuh.
·         Menjaga kebugaran tubuh.
·         Relaksasi dan pemulihan otot setelah olahraga.
·         Meringankan nyeri dan cedera.
·         Membentuk otot.

Saya pingin banget  yoga, namun belum ada tempat terdekat untuk memulai. alasan deh  ^_^ Karena itu masih senam menggunakan aplikasi  dan  senam variasi sendiri dengan lagu dan stopwatch. Dinikmati  aja. Yang penting manfaatnya diperoleh. Iya kan?

2.      Konsumsi herbal
99eyao.com

Walau banyak  cara sehat warisan  nenek moyang yang ditinggalkan. Namun ada kearifan lokal yang sebaiknya malah digalakkan yaitu mengonsumsi herbal. Dengan mengonsumsi ramuan herbal, seseorang  mendapat manfaat preventif agar tidak mudah sakit.  

Dalam seduhan kopi, saya selalu menggunakan rebusan jahe dan kopi untuk menghalau penyakit.  Juga  secara temporer, membuat sendiri minuman kunyit asam yang kaya manfaat. Dikutip dari meramuda.com, manfaatnya adalah.
·         Sebagai detoks tubuh.
·         Mengontrol berat badan.
·         Menghilangkan aroma tubuh yang tak sedap.
·         Ramuan awet muda.
·         Mencegah keputihan.
·         Mengobati anemia.
·         Mengobati diare.
Juga minum sari temulawak. Pernah saya tulis di:

3.      Makanan Rohani

telegraph.co.uk

Setiap berangkat ke pengajian, saya selalu bilang: “pamit ya, mau kulineran rohani”. Karena saya yakin, agar hidup seimbang,  setiap orang wajib menyantap santapan rohani/spiritual.

Sama pentingnya dengan makan secara fisik. Makanan rohani bermanfaat bagi kesehatan spiritual.  WHO menjelaskan makanan rohani seperti:  pendidikan formal/ informal, kesempatan untuk berlibur, mendengar alunan lagu dan musik, siraman rohani seperti ceramah agama dan lainnya agar terjadi keseimbangan jiwa yang dinamis. Hasil akhirnya hidup  tidak monoton.

4.      Me time

source: avoskin.com

Agar memiliki pikiran positif, setiap orang harus meluangkan waktu untuk “me time”.  Seorang muslim beruntung  memiliki  kewajiban salat 5 waktu,  juga  tafakur dan tadabur.

Bahkan pepatah kuno berbunyi:  “Jiwa yang sehat terdapat di dalam tubuh yang sehat” (Men Sana In Corpore Sano). Jadi, untuk mereka yang bukan muslim, luangkan waktu untuk me time, agar kesehatan mental terjaga

5.      Gaul
source: welldoing.org

Kok gaul sih? Iya,gaul atau silaturahmi belum tercantum dalam 4 point di atas. Seseorang bisa saja sendirin  melakukan semua kegiatan. Makan, minum, olah raga, sekolah, ikut pengajian, terlebih  me time . Teknologi komunikasi berkembang dengan pesat, memungkinkan semua hal yang dulu harus dilakukan dengan bertatap muka.

Berkat aplikasi di smartphone, apapun yang diinginkan akan tersedia. Tanpa harus bertemu siapapun,.
Seseorang  juga bisa bekerja, memperoleh honor dan membelanjakannya   dari balik layar gadget.

Namun, mereka tidak bisa mengurus raganya ketika ajal menjelang. Karena itu setiap orang  butuh pergaulan. Minimal dengan tetangga sekitarnya karena merekalah yang akan membantu ketika terjadi hal yang tak menyenangkan. Kriminalitas, bencana dan  membantu penguburan tetangganya.

Nah, itu 5 tips sehat menurut saya.

Bagaimana menurutmu?






Comments

Sugi Siswiyanti said…
Saya sepakat dengan semua point-nya,Bu 😊
Ambu Langit said…
terlebih poin 5 ya mbak Sugi, kita harus gaul karena ngga bisa mengubur tubuh sendiri ya? :)

Popular Posts