Skip to main content

Rokok Harus Mahal, Demi Masa Depan Anak Indonesia Yang Cemerlang


sumber: Maria G Soemitro

Apakah Anda tahu bahwa harga rokok  ternyata lebih murah daripada harga  telur ayam? Ya, harga sebatang rokok hanya Rp 1.000 sedangkan harga telur ayam Rp 2.000/butir. Sangat jomplang! Telur ayam yang mengandung protein dan bermanfaat bagi tubuh ternyata lebih mahal dibanding rokok, perusak  kesehatan badan.

Murahnya harga rokok menyebabkan  perokok berat enggan menghentikan kebiasaannya. Sementara anak-anak leluasa membeli. Mereka ingin meniru gaya  orang dewasa. Cukup dengan uang Rp 1.000, anak-anak bisa mencoba merokok seperti yang orang dewasa lakukan. Kelanjutannya bisa diprediksi, jumlah perokok semakin bertambah banyak. Masa depan negara dipertaruhkan.

Karena itu tak dapat ditawar lagi, harga rokok harus mahal. Dari hasil penelitian PKJS-UI terungkap bahwa  74% perokok siap berhenti , andai  harga rokok Rp 70 ribu per bungkus Dan hanya 66 % yang akan berhenti  jika harga rokok Rp 60 ribu per bungkus.

 “Kaget aja kemarin ketemu anak SD  yang dibekalin orangtuanya sehari 50 ribu, padahal bukan sekolah yang bonafid banget, walaupun memang sekolah swasta” kata Cumcum, seorang ibu yang sedang mengandung anak kedua.

Kegelisahan Cumcum berkaitan dengan membaiknya perekonomian keluarga yang sayangnya tidak dibarengi kehati-hatian.  Orang tua sering menambah uang bekal ketika penghasilan keluarga bertambah. Pada saat itu seharusnya orang tua juga membimbing pengelolaan uang secara bijak. Jika tidak, uang saku  tidak hanya  untuk transportasi dan jajan, tapi juga untuk membeli rokok.

Awalnya hanya mencoba, lama-lama kecanduan merokok. Sesudah kecanduan, sulit sekali berhenti. Karena rokok mengandung nikotin,  zat adiktif yang menimbulkan perasaan nyaman dan kesenangan saat merokok serta menyebabkan efek kecanduan.

sumber: multisocialbook.com


Sebatang rokok mengandung lebih dari  4000 bahan kimia. Ratusan diantaranya bersifat beracun dan sekitar 70 bahan di dalamnya bersifat karsinonegik atau penyebab kanker.
Apa saja bahan kimia yang dikandung rokok? Berikut beberapa diantaranya:

Tar

 Pada saat merokok, tar akan ikut terhisap dan mengendap di paru-paru.  Semakin lama semakin menggunung dan berdampak negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru-paru.
Rambut kecil ini memiliki peranan penting, yaitu membersihkan kuman dan racun agar keluar dari paru-paru. Adanya tar tidak hanya mengganggu kinerja rambut kecil, juga menyebabkan gangguan pada paru-paru, seperti kanker paru-paru, bronkitis kronis, dan emfisema.

Benzene

 Zat yang digunakan dalam pembuatan rokok. Jika terserap tubuh, zat ini bisa merusak sel pada tingkat genetik. Benzene merupakan karsinogen atau zat penyebab kanker paling mematikan yang seringkali dihubungkan dengan leukimia atau kanker darah.

Formaldehilda

 Jika ketika merokok, mata terasa perih dan batuk, penyebabnya adalah formaldehilda,  bahan yang biasa digunakan untuk membunuh mikroba dan mengawetkan mayat.
Perokok pasif juga bakal  terkena dampak negatif formaldehilda yang kita kenal dengan formalin. Efek buruk formalin lainnya adalah kulit rusak, kanker dan  penyakit yang berhubungan dengan pernapasan.

Arsenik

 Arsenik merupakan bahan utama pembuatan racun tikus. Sementara perokok menghirupnya setiap sedang  merokok. Sungguh mengerikan!
 Bahaya yang diakibatkan tumpukan arsenik dalam tubuh adalah kanker paru-paru, penyakit pada kandung kemih hingga kerusakan DNA.

Aseton

 Familier sebagai bahan  untuk membersihkan cat kuku, bukan? Aseton juga  digunakan sebagai bahan pembuatan rokok. Setiap menghisap rokok berarti perokok sedang m,enghirup zat berbahaya ini yang dapat menyebabkan penyakit kulit dan gangguan otak yang sangat berbahaya.

Karbon Monoksida

 Seperti kita ketahui, karbon monoksida  ditemukan pada asap knalpot sepeda  motor dan mobil. Karbon monoksida  mengikat diri pada hemoglobin dalam darah seorang perokok secara permanen.sehingga tentunya penyediaan oksigen ke tubuh menjadi terhalang. Tubuh menjadi mudah lemas dan lelah.

Gas Oksidan (O3)

Bereaksi dengan oksigen,  gas ini berperan  meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung akibat penggumpalan darah.

Amonia

 Dikenal sebagai  bahan pembersih toilet yang cukup efektif, amonia yang terkandung dalam rokok berfungsi  mengubah nikotin dalam bentuk gas. Sehingga memudahkan nikotin terserap oleh paru-paru dan darah. Seperti halnya karbon monoksida, amonia  juga menjadi penyebab rusaknya cilia.

 
sumber: sobrarosie.blogspot.com
Menyeramkan bukan? Bayangkan ketika berbagai bahan  beracun ini malah sengaja dihirup oleh tubuh-tubuh mungil,  generasi muda penerus bangsa . Secara perlahan asap akan merusak sehingga daya pikir berkurang. Perkembangan tubuh terganggu.

Ketika teman-teman seusianya sedang aktif belajar dan asyik meraih cita-cita,  para perokok pemula malah berkutat dengan asap beracun yang membahayakan dirinya serta orang sekelilingnya.  Hilang sudah kekayaan Indonesia berupa deviden demografi yang intelek,  aktif dan kreatif

 Data  Tobacco Control Atlas ASEAN mencatat lebih dari 30 persen dari sekitar 20 juta anak Indonesia mulai merokok sebelum usia 10 tahun. Karena itu diperlukan kepedulian berbagai pihak terkait agar anak-anak tidak  tergelincir menjadi perokok pemula. Semua pihak harus  bersatu dan bekerja sama.

Pemerintah
Pemerintah harus menegakkan hukum dan menetapkan cukai rokok setinggi mungkin. Pemerintah juga yang bisa membuat gerakan pengawasan melekat dimulai dari tingkat RT – RW- Kelurahan hingga Kecamatan. Karena percuma ada larangan bagi  anak-anak  untuk membeli rokok, jika tidak ada pengawasan dalam pelaksanaannya.

Masyarakat
Diperlukan kesadaran kolektif, baik orang tua, penjual rokok dan masyarakat sekeliling yang membantu menegur jika ada anak yang membeli rokok.

Pihak sekolah
Sudah waktunya pihak sekolah menjalankan sweeping rokok yang dulu acap dilakukan. Termasuk untuk anak usia SD. Pihak sekolah juga wajib membuat lingkungan bebas asap rokok,  sweeping rokok akan berakhir sia-sia jika guru-gurunya merokok.


sumber: kidzdash.com


















Sepeti yang dikatakan Khalil Gibran:


Anak-anakmu bukanlah anak-anakmuMereka adalah putra putri kerinduan Kehidupan akan dirinya sendiriMereka memang lahir melaluimu tetapi bukan dirimu
Engkau adalah busur darimana anak-anakmu ibarat anak panah yang hidup diluncurkan.Sang Pemanah melihat sasarannya di jalan yang tak terhingga, dan Ia membengkokkanmu dengan keperkasaanNya agar  anak-anak panahNya meluncur jauhBergembiralah atas kelenturanmu di tangan sang Pemanah;Sebab seperti Ia mengasihi anak-anak panah yang meluncur, Ia juga mengasihi busur yang stabil



Tugas kita sebagai orang tua agar anak panah meluncur jauh dengan stabil. Melindunginya dari panas, hujan dan menjaga  kecukupan gizi.  Agar mereka berhasil  menggapai cita-cita. Jangan sampai asap rokok merusak tubuh dan daya pikir mereka. Terlebih jika itu asap rokok orang lain.

sumber;
wikipedia.org

Comments

quote-nya kereeen! setujuu, rokok kudu mahal!
diane said…
Saya pun mendukung rokok harus mahal... 100.000 minimal... dan tidak dijual ketengan.
Nurul Rahmawati said…
nice article mbaaaa

ibu2 tentu sepakat bahwa #RokokHarusMahal
D. Indah Nurma said…
Mahalkan rokok sampai punya efek kaget. Sekali naik harus mahal sekali.
Sandra Hamidah said…
Setuju banget bu, lebih baik uangnya di tabung buat makan bergizi dan pendidikan anak🤗
Tian lustiana said…
Setuju banget harga rokok harus mahal, kalau bisamah 200rb aja
Armita said…
Mending beli telur daripada beli rokok ya Ambu
Armita said…
Mending beli telur daripada beli rokok ya, Ambu.
Setujuu banget! Seharusnya uang rokok itu dialihkan untuk biaya pendidikan atau jalan2. Sungguh lebih berfaedah :')
Nia K. Haryanto said…
Bener banget. Rokok harusssss mahal. Biar makin sedikit yang merokok. Apalagi anak-anak muda dan anak-anak. Semoga ya programnya berhasil mengurangi angka perokok. Miris bangeeet. :(
susie ncuss said…
aku pun setuju
selamatkan generasi penerus bangsa dengan menaikkan harga rokok!
Rani Yulianty said…
Bener banget, bu, masa anak-anak SMP bisa beli rokok dengan uang jajan mereka
Rani Yulianty said…
Bener ambu, masa anak-anak sekolah bisa beli rokok dari uang jajan mereka
Uwien Budi said…
Setuju banget kalo rokok mahal.
Nathalia DP said…
Iya, serem ih baca kandungan rokok :(
Sri Al Hidayati said…
Langsung mual mual baca komposisi dan bahan pembuatan rokok. Sedih karena anak bangsa melenadani teladan yang salah sehingga terjebak merokok sejak usia remaja. Selamatkan negeri #rokokharusmahal
Jeanette said…
Rokok harus mahal supaya bisa menyelamatkan generasi muda di Indonesia. Sedih lihatnya klo anak² harus jadi korban 😥
Suka banget sama puisinya kahlil Gibran, ambu...
Dan wacana #RokokHarusMahal ini semoga ditindak lanjuti yaa, Ambu...gak mandeg karena hal-hal di belakangnya.
Dian Yuan said…
Setuju Ambu, rokok harus Mahal demi anak Indonesia yg cemerlang👍👍
Larasati Neisia said…
Kapan tuh ya bu, pernah liat video anak SD ngerokok di post. Miris banget liatnya. Jadi aku dukung banget rokok jadi Mahal. Sebungkus 100rb kalo bisa 😏
Amy Z said…
Saya dukung jugaa klo rokok harus mahal, ato kalo perlu nggak usah ada lagi yg konsumsi rokok. Aamiinnn
Kontengaptek said…
Setuju, rokok harus mahal.
Biar para perokok berenti merokok..

Popular posts from this blog

The Third Charm, Akhir Yang Membuat Penonton Marah

Bagaimana jika tokoh utama yang ganteng bukan main menjalin kasih dengan second lead, gadis cantik, imut dan menggemaskan? Ternyata penonton memilih agar keduanya happy ending. Sementara tokoh perempuan di maki-maki karena dianggap meninggalkan kekasihnya.
Mungkin itu yang menjadi penyebab ending drama Korea “The Third Charm” dibiarkan cukup terbuka. Penonton boleh berkhayal semaunya. Apakah cukup sahabatan atau menikah?
Tokoh utama pria, Seo Kang-Joon dan tokohperempuan, Esom yang membuat saya kepincut untuk menonton drakor ini. Seo Kang-Joon, rupanya dianggap sukses dalam setiap perannya sehingga tahun 2018, saya menonton 2 dramanya. Marema ya?
Sedangkan Esom, saya jatuh cinta pada sosoknya di Because This Is My First Life. Berperan sebagai sahabat tokoh utama, Esom keren banget. Hihihi tentu saja yang dimaksud keren adalah postur tubuhnyayang tinggi dan penuh. Seksi, tanpa harus berbaju pendek. Bahkan balutan kostum hitam atau putih yang dikenakan, bikin Essom nampak berkelas. Sebetul…

Dewi Kentring Manik, Dewi Cantik Jelita Pelindung Kota Bandung

100 Days My Prince; Janji Setia Seorang Pangeran Cilik

“Aku menyukaimu” “Aku akan mengawinimu” Kata seorang anak laki-laki pada gebetannya, Yoon Yi-Seo,  perempuan cilik yang periang, cantik dan pemberani.
Sekian puluh tahun berlalu, Lee Yool, nama anak laki-laki tersebut, rupanya selalu  berpegang teguh pada janjinya dan Yi Seo pun selalu mengingatnya.
Mengambil  genre sageuk fusion alias kisah dengan setting masa lalu yang dimodifikasi (fiksi, bukan berdasarkan sejarah sebenarnya), drama Korea “100 Days My Prince”  sebetulnya ngga terlalu spesial. Khususnya jika dibandingkan dengan drakor bergenre serupa.
Pemeran utama mengalami lupa ingatan. Ide klise yang telah digunakan sejak “Meteor Garden”nya drama Taiwan. Kemudian diramu dengan kehidupan sang pangeran sebagai rakyat jelata selama 100 hari.
Yang menjadi pembeda adalah aktor dan aktrisnya yang sedang naik daun. Sang pangeran Lee Yool diperankan D.O. personil EXO, sedangkan Yoon Yi-Seo atau Hong Shim diperankan aktris cantik Nam Ji-Hyun.
Apabila Anda mencari tontonan yang menghibur, “100 Da…

Nostalgia 7 Majalah Favorit

Punya majalah favorit?
Maksudnya tentu majalah cetak. Skip majalah Bobo ya? Selain karena udah kelamaan eranya, juga ngga ada saingan. Sementara 7 majalah favorit yang terpilih karena target segmen serta  ragam topik  yang disajikan.
Tentu  beberapa majalah sudah almarhum alias rest in print. Huhuhu sedih, padahal walau udah ngga berlangganan, sesekali saya masih suka beli. Rasanya lebih nyaman membaca versi cetak dibanding online-nya. Mata ngga capek. Ketika  lelah, si majalah bisa menjadi penutup wajah, pengantar tidur. Coba deh membaca via   ponsel atau tab, kan ngga bisa untuk penutup wajah.  :D  :D
Oke langsung aja kita ngobrolin  majalah favorit yang dimaksud. Ini dia:
Majalah Horison
Awalnya saya membaca majalah Horison karena terpaksa. Sebagai anak ABG yang gemar melahap habis semua bacaan, saya kehabisan buku serta majalah, eh ada majalah isinya cerpen, baca ah ..... Ternyata, ... bahkan hingga kini, saya masih sering mengulang paragraf demi paragraf artikel/cerpen/puisi  yang dimu…

5 Situs Download Gratis Drama Korea yang Recommended Banget

Suatupagi perbincanganWA Grup Komunitas Memasak yang biasanya riuh dengan berbagi resep makanan, tiba-tiba berubah menjadi: “Download aja teh, ngirit kuota” “Wah saya belum nonton ... . Bikin penasaran!”
Ya, kami sedang bergunjing mengenai drama Korea. Drama Korea apa saja yang bagus, yang belum ditonton dan yang penting ini nih: situs yang direkomendasikan untuk men-download drama Korea bersubtitle Indonesia. Tujuannya tentu saja untuk ngirit kuota. Emak-emak dimana saja umumnya sama: pingin hemat!:D :D
Kala itu, semua cara menonton drama Korea sudah saya coba, hanya mengunduh yang belum.Tentunya jadi penasaran. Selalu ada sesi yang jengkelin ketika menonton drakor . Menonton via player DVD misalnya, banyak keping DVD yang tidak berjalan mulus. Katanya sih proses burningnya yang bermasalah.Tapi pan jadi riweuh,saya harus bolak balik. Menonton via DVDberarti juga nyampah. Usai menonton, kepingan DVD ngga tau harus diapain. Ada usul?
Cara berikutnya melaluisaluran berbayar. Apesnya harus sta…

Ngemil Syantikkk Ala Syahrini Bareng Nenasz Cookies

Syantik. Kata itu dipopulerkan Syahrini bersama sejumlah kata lain seperti cetar, sesuatu,  bulu mata badai,  jambul khatulistiwa dan kata-kata nyleneh lainnya.  Sosok lain yang gemar membuat kata-kata ajaib adalah Viki Prasetyo dan Cinta Laura. Kreator kata yang menjadi kesatuan dengan branding mereka.
Andai mereka berkampanye ... Maksudnya bukan kampanye pilpres atau  kampanye  pileg,  namun kampanye untuk kemaslahatan seperti diversifikasi pangan. Lahan yang belum banyak disentuh. Jangankan selebriti, nampaknya para pejabat juga “pelit” bicara tentang diversifikasi pangan.
Ketinggian miimpinya ya? Gubrak deh .... :D Gini  kisahnya. Berawal rencana membuat tulisan personal branding ala Syahrini part 2, ngga sengaja saya lihat iklan cookies yang dibintangi Syahrini. Langsung deh kepikiran: “Ah, andai Syahrini jadi model iklan cookies non tepung terigu. Bakal sukses deh program diversifikasi pangan kita”
Baca juga: Pingin Personal Branding ala Syahrini? Begini Caranya!Julia Perez; Don’t Judg…

3 Bekal ke Tanah Suci, Yuk Persiapkan Sejak Dini

Pingin ibadah ke tanah suci?

Mayoritas pasti menjawab “pingin”, Justru rada aneh jika ada yang  bilang: “ga mau!”
Tapi jujur deh, selain bilang pingin, udah punya persiapan belum?  Hehehe walau malu, saya akui belum.  Padahal mau berpergian jarak dekat seperti Bandung – Jakarta aja pastinya bikin persiapan seabrek. Mau naik apa, mau bawa baju berapa, jangan lupa bawa ini, itu ... isi listpun panjang berderet-deret.
Bagaimana isi list berhaji?  Jangan  cuma titip doa lewat  teman yang mau berangkat ke tanah suci, kemudian mengira bisa sim salabim  .... sampai!
Allah pasti akan bilang: “Ta’uuk ye, usaha dong, usaha”.
Hehehehe ..... iya Allah,  maapin saya atuh.   #tutupmuka
Jika ngga ada usaha, ya jelas bakal ditegur. Udah mah jauh, kuotanyapun terbatas,  harus menunggu  10 – 15 tahun sebelum saatnya berangkat.
Nah, waktu tunggu yang lama ini juga bikin saya ragu. Duh, nyampe ngga ya? Jangan-jangan udah tutup mata selamanya sebelum berangkat. Beruntung ada tausiah  ustaz Aam Amirudin yang men…