9 Ide Angle Foto dari Sinematografi Drama Korea



Dari tahun ke tahun, sinematografi drama Korea semakin keren. Penonton sering terbius permainan gambarnya sehingga ngga terasa jika ada adegan yang bikin boring atau njengkelin. Wajah para aktris dan aktor nampak sepuluh kali lebih cantik dan tampan. Bedak- bedak tebal mereka, yang kerap bikin sebel,  menjadi halus keblur. Pemandangan kawasan kumuhpun nampak sedap dipandang mata.  
Sinematografi (dari bahasa Yunani: 'kinema - κίνημα' "gerakan" dan graphein - γράφειν "merekam") merupakan  ilmu terapan  tentang teknik menangkap gambar  sekaligus menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang memililki kemampuan menyampaikan ide dan cerita.
Nah dari sini jelas ya, sinematografi drama Korea bisa banget untuk menjadi ide selfie atau welfie. Sering kan tuh jalan-jalan dan pingin bikin foto selfie atau welfie. Supaya foto-foto yang diunggah ngga nampak monoton, beberapa angle drama Korea berikut bisa menjadi ide agar fotomu nampak excellent. Apa aja?


1.        Repetition


Atau pattern photography adalah bentuk pengulangan dengan komposisi  proporsional agar subjek terlihat lebih spektakuler.

2.       Architecture photography


Merupakan fotografi yang menonjolkan keindahan arsitektur bangunan. Agar  indah dipandang mata yang perlu diperhatikan adalah penempatan posisi dan pencahayaan.  Komposisi  elemen titik, garis, bentuk serta  wujud bangunan harus ditampilkan secara tepat supaya didapat hasil yang memukau.

3.       POI

atau Point Of Interest dalam fotografi adalah fokus/titik utama dalam sebuah foto di mana titik tersebut yang menjadi  inti cerita.

4.      Street photography,


kadang juga disebut  candid fotografi. Tidak harus menampilkan jalanan. Terjadi/merupakan insiden acak/kejadian yang terjadi begitu saja namun  merupakan bentuk temuan yang mengesankan bagi sang photographer.


5.       Framming


Framing adalah teknik menarik perhatian pada subjek gambarm dengan cara memblokir bagian lain dari gambar dengan sesuatu, apapun itu. Tujuannya untuk memberi konteks pada foto, misalnya dalam drakor " Greasy Melo" ini membingkai sebuah adegan dengan sebuah pintu.


Juga untuk memberi kedalaman rasa pada gambar. Atau bisa juga untuk mengarahkan mata ke titik fokus utama.  Pembingkaian secara cerdas mampu  membuat mata yang melihat gambar  bertanya-tanya/  membayangkan apa yang ada di belakang bingkai.


6.       Food photography

merupakan  jenis fotografi yang cukup populer karena kecenderungan generasi milenial yang mengutamakan jalan-jalan, kulineran dan mengabadikannya. Bisa dibaca disini:


petunjuk agar membuat makanan yang difoto nampak bikin ngeces yang lihat.



7.       Backlight Photography


Menggunakan   lampu latar yang mengacu pada sumber cahaya utama di belakang subjek foto. Dengan kata lain, lampu utama (atau salah satu lampu utama) diposisikan sedemikian rupa sehingga menghadap kamera. Subjek kemudian ditempatkan di tengah cahaya dan kamera. Sehingga tercipta  efek cahaya tertentu di tepi atau di belakang subjek. Lampu latar biasanya dibuat dengan bantuan lampu buatan, meskipun ada juga teknik untuk mencapai cahaya latar yang efektif dengan memanfaatkan cahaya alami yang tersedia.

8.       Portrait photography 

Disebut juga  portraiture,  adalah fotografi dari seorang tokoh atau sekelompok orang yang menyimpan ekspresi, kepribadian dan perasaan subyek tersebut.

9.       Night photography   atau  fotografi malam dibuat dengan alasan semuanya terlihat berbeda di malam hari,

Tidak perlu pergi ke suatu tempat yang eksotis untuk mendapatkan foto yang bagus. Cukup mendatangi  area yang ramai, jembatan atau bangunan yang biasanya terang benderang di malam hari. Dengan semakin majunya teknik fotografi, seperti film berkecepatan tinggi, sensor gambar digital sensitivitas tinggi, lensa bukaan lebar, dan daya lampu perkotaan, night photography semakin mudah dibuat.

Jadi sudah siap bereksperimen selfie or welfie? 

Ada baiknya nonton drama Korea dulu  ^_^

Comments

Beneeeeerrr banget. Sinematografi itu keren keren ya. Sata juga mengagumi dramanya. Totalitas mereka mengambil gambarnya ya.sukaaa
Daruma said…
Lebih tertarik sama food fotography sama night photography yang efek cahaya lampu malam yg indah.
bikin betah nonton ya mbak Yeni?

mereka bener2 mempraktekan kemajuan teknik fotografi
bener banget mbak Daruma,

hasil foto yang indah berasal dari permainan cahaya, baik alami maupun buatan
Arha said…
Itu foto udang nya mantap banget deh mbak,, pengen kugigit rasanya..
Btw ini gambar2nya diambil dari drama korea apa aja? heheheh sy belum update drakor terbaru soalnya..