Skip to main content

Males Ngantri? Qiwii Solusinya


sumber: periodvitamin.com

Duh, sakit mata sungguh menyiksa ya?

Entah apa yang terjadi, tiba-tiba mata kanan terasa nyut-nyutan, sakit. Terlebih ketika sujud yang berarti harus  menyejajarkan wajah dengan lantai, duh berat banget. Air mata terus-terusan keluar dari mata tersebut dan berakhir dengan bengkak.

Beragam cara saya tempuh agar  bengkak mengempis dan kondisi mata pulih. Seperti mengompresnya dengan kantong teh, daun jambu yang telah direbus hingga mengompres dengan air hangat. Eh, ngga ada perubahan jika tidak bisa dibilang tambah parah. Mata tampak sembap,  wajah sebelah kanan bengep mirip petinju abis kena hook lawannya. Serem pokoknya.

Ke dokter dong .......

Iya, .....iya tau......saya harus ke dokter agar mata kanan ini diobati dengan semestinya. Sudah hampir 2 minggu, mata dan wajah wajah tetap bengkak serta sering keluar cairan serupa nanah.

Rumah saya sebetulnya  dekat Puskesmas Garuda lho, namun ngantrinya itu lho. Malesin banget!
Penyebabnya puskesmas ini lengkap banget. Kecuali layanan dokter spesialis dan bedah, semua perawatan standar seperti perawatan gigi dan klinik bersalin ada disini.  Ngga heran pengunjungnya  berduyun-duyun, mencapai ratusan per hari nya. Karena itu ada 4 layanan rawat jalan yaitu untuk anak (termasuk layanan imunisasi bayi), umum (usia 5 tahun- 59 tahun), lansia dan gigi.

Sayangnya yaitu dia,  anak sehat yang mau imunisasi bisa bercampur dengan orang dewasa yang sehat. Karena pasiennya banyak sementara bangunan sebesar apapun tidak akan cukup menampung jumlah pasien rawat jalan yang kian bertambah. Lha wong saya aja rasanya keabisan oksigen selama mengantri.

Kebayang deh  bayi sehat umur beberapa bulan yang mau imunisasi, tapi harus ikut mengantri. Ufh serem!

Karena beberapa waktu lalu seorang teman bercerita, ada  bayi sehat yang tiba-tiba sakit usai upacara aqiqah. Di duga terkena asap rokok, bayi yang belum sempurna organnya tersebut meninggal tak lama kemudian.

Sementara di puskesmas, jelas  banget ribuan kuman berterbangan disini.

Andaikan ngga harus mengantri seperti ini.
sumber: qiwii

Melihat fenomena itu, sekelompok anak muda Bandung di bawah payung PT Nuesto Teknologi Indonesia membuat terobosan dengan membuat aplikasi bernama qiwii. Ide mereka berasal dari penelitian bahwa ternyata banyak sekali waktu produktif kita yang terbuang garta-gara ngantri.

Rata-rata orang mengantri selama 3 sampai 4 jam, terutama di layanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit yang sangat ramai. Jika diakumulasikan jumlah mengantri di Puskesmas di Bandung dengan total pengunjung sebanyak 100 sampai 200 orang per hari, maka total waktu mengantri di lebih dari 70 puskesmas di Bandung sama dengan dua tahun.

Ah itu di Indonesia, penduduknya kan buanyaaakkkkk banget.

Sama saja. Professor Richard Larson seorang Professor dari MIT, membuat penelitian dan merilis hasilnya. Ternyata  total waktu rata-rata lama mengantri seorang manusia selama hidupnya adalah 2 tahun, bahkan bisa mencapai 5 tahun!

Bayangin 5 tahun bisa dipake apa aja. Kuliah S1 udah kelar tuh. Bikin usaha ayam geprek bakal dapat untung berlipat-lipat. Mungkin udah kebeli deh Mitsubishi Pajero yang jadi idaman. Atau bahkan mungkin Toyota Alpard?

Karena tidak hanya untuk menndapat fasilitas kesehatan,  kita terpaksa harus mengantri dimana saja. Di tempat makan yang beken, perawatan kecantikan (salon), bengkel  dan lain lain.

 Terlebih sebentar lagi bulan Ramadhan.  Bakalan banyak bukber alias buka bersama. Pemilik rumah makan bakal kewalahan menerima pesanan. Saking penuhnya ngga heran human error sering terjadi. Dan  tak terelakkan kejadian pelanggan yang marah karena reservasinya salah tulis.

Qiwii menjadi solusi bersama. Merchant kuliner/salon dll dengan pembeli produk/jasa.  Penjual produk /jasa akan termudahkan dengan adanya dashboard yang disediakan qiwii. Tinggal buka, jrennngg.....jrennggg akan terekap daftar yang reservasi.

Ngga akan salah, karena merchant dan pelanggan sama-sama  punya bukti reservasi. Praktis pula, reservasi bisa dilakukan sambil meeting atau kegiatan produktif lain.
 Berikut manfaat yang  didapat pengguna aplikasi:
1.        Bisa mengantri jarak jauh. Cukup mengunduh aplikasinya, gunakan dan kitapun bisa mengerjakan kegiatan produktif lainnya seperti memasak, meeting dengan client, menjemput anak dari sekolah dan masih banyak lainnya.
2.       Menunggu dimana saja. Ngga harus berjejalan di dalam ruangan yang sama dengan pasien berbeda penyakit. Atau seperti contoh Puskesmas Garuda di atas, bayi sehat yang mau  imunisasi bisa terhindar dari penyakit menular.
3.       Mendapat pemberitahuan. Pemilik nomor antrian akan mendapat pemberitahuan jika giliran sudah dekat, yang berarti harus berangkat menuju lokasi.
4.      Dilayani tepat waktu. Dalam aplikasi qiwii akan nampak  nomor antrian sekarang dan estimasi waktu menunggu.

sumber;. qiwii

Asyik kan ya?
Saya udah nyobain lho. Pertama-tama buka Play Store, ketik qiwii di kolom pencarian, akan muncul:


Installnya ngga pake lama kok, dan bisa dipakai pada saat itu juga. Tampilannya seperti ini: (abaikan tulisan soft launching ya)


Pilih deh yang ingin dituju, ambil tiketnya kalo cocok dengan estimasi waktu, selesai.



Ingin berkenalan lebih jauh dengan qiwii? Silakan klik link berikut, isinya membuka wawasan kita mengenai mengantri.



Comments

Emak Petualang said…
Asyik ya ada aplikasi keren kayak gini, jadi membuat waktu kita lebih efektif ya Ambu :)

Popular posts from this blog

The Third Charm, Akhir Yang Membuat Penonton Marah

Bagaimana jika tokoh utama yang ganteng bukan main menjalin kasih dengan second lead, gadis cantik, imut dan menggemaskan? Ternyata penonton memilih agar keduanya happy ending. Sementara tokoh perempuan di maki-maki karena dianggap meninggalkan kekasihnya.
Mungkin itu yang menjadi penyebab ending drama Korea “The Third Charm” dibiarkan cukup terbuka. Penonton boleh berkhayal semaunya. Apakah cukup sahabatan atau menikah?
Tokoh utama pria, Seo Kang-Joon dan tokohperempuan, Esom yang membuat saya kepincut untuk menonton drakor ini. Seo Kang-Joon, rupanya dianggap sukses dalam setiap perannya sehingga tahun 2018, saya menonton 2 dramanya. Marema ya?
Sedangkan Esom, saya jatuh cinta pada sosoknya di Because This Is My First Life. Berperan sebagai sahabat tokoh utama, Esom keren banget. Hihihi tentu saja yang dimaksud keren adalah postur tubuhnyayang tinggi dan penuh. Seksi, tanpa harus berbaju pendek. Bahkan balutan kostum hitam atau putih yang dikenakan, bikin Essom nampak berkelas. Sebetul…

Andai Angelina Jolie Tau 6 Jurus Pengusir Bau Mulut Ini ...

Mariana (bukan nama sebenarnya),rekan kerja saya di perusahaan ekspor impor, memiliki tampilan nyaris sempurna. Bikin ngiri setiap perempuan. Tubuh tinggi langsingnya tak terganggu seberapa banyak dia makan. Cantik dengan riasan natural, sungguh flawless. Ditambah rambut ikal Farah Fawcetnya kerap ditarik ke atas, membentuk updo sekaligus menampilkan leher jenjangnya. Huuu ....para pria langsung deh menelan ludah. Pokoknya nampak tanpa cacat. Bikin bingung nyeritainnya, saking cantiknya nih orang.
Mariana juga cantik hatinya. Pengelola salah satu yayasan sosial. Dia juga pinter. Lulusan sebuah PTN yang ngambil diploma di luar negeri. Konon beasiswa. Keren ngga? Duh terlalu, kalo bilang nggak keren. ^_^
Tapiiiii ...., begitulah. Ngga ada yang sempurna di muka bumi. Mariana-pun punya kekurangan. Yaitu bau mulut. Aduh, baunya bener-bener bikin orang menjauh. Males ngobrol dengannya. Ternyata bau mulut ngga hanya milik mereka yang berwajah pas-pasan. Ups:D:D
Konon, Angelina Jolie yang  kecant…

Dewi Kentring Manik, Dewi Cantik Jelita Pelindung Kota Bandung

Wajah Bulukan? Putihkan Dengan Minyak Kelapa!

Hihihi, wajah kok bulukan? Iya, kulit wajah orang Indonesia kan umumnya sawo matang. Ngga mungkin deh diubah jadi putih.  Jadi yang tepat adalah membuat wajah yang buluk/kumal menjadi kinclong, putih, sedap dipandang dan membuat pemiliknya lebih percaya diri.
Faktor ingin lebih percaya dirilah yang membuat perempuan berlomba-lomba tampak putih. Nggak heran, untuk memenuhiharapan wajah menjadi  putih, klinik kecantikan tumbuh bak jamur di musim hujan.
Mereka yang enggan pergi ke klinik kecantikan, dengan beragam alasan, memilih menggunakan skin  care yang diberi embel-embel “whitening” atau memutihkan. Tak peduli harganya lebih mahal dibanding yang non whitening.
Padahallll..., seorang teman yang bekerja di laboratorium kecantikan  ternama memberitahu bahwa yang dimaksud  “whitening” adalah penambahan “vitamin E”.  Cara paling mudah dibanding penggunaan bahan  alami yang telah dikenal sejak jaman Cleopatra. Hehehe, bahkan Cleopatra ingin kulitnya putih bercahaya ya? Jadi, ngga salah dong …

Pilih Mana? Tunik Cleopatra atau Gamis Ashanty?

“Ibu mau tunik atau gamis?” Untuk sejenak saya bingung, nggak paham pertanyaan penjual pakaian. Hingga akhirnya dia menjelaskan bahwa yang dimaksud tunik adalah pakaian perempuan yang menutup pantat memanjang hingga seputar paha. Sedangkan gamis atau ada juga yang menyebutnya longdress, panjangnya menyapu lantai.
Aha, ternyata... Mungkin si penjual mengklasifikasikan tunik dan longdress menurut versinya saja. Atau untuk memudahkan penjualan. Karena tunic berasaldari masyarakat Romawi yang menyebut “tunica” pada pakaiannya. Pakaian tersebut berukuran lebih longgar dari model pakaian lain, mampu menutupi dada, bahu dan punggung. Dengan kata lain, tunik maupun gamis, barangnya sama. Tidak ada hukum yang mengharuskan ukuran tunik hanya sebatas paha.
Model pakaian dengan cutting sederhana ini disukai perempuan maupun pria dan mengalami transformasi di setiap era. Khusus untuk muslimah,tunik disukai karena longgar tidak memperlihatkan bentuk tubuh, hal yang dilarang agama.
Anehnya, keputusan m…

Kisah Panci Ajaib dan Resep Gudeg Favorit Keluarga

Apa sih yang bikin kamu males masak?
Nyuci bekas peralatan masak?
#tos Berarti samaan kita! Males banget mencuci piring, panci dan wajan bekas memasak. Ribeudnya itu lho yang malesin. Ngga sesimple nyuci gelas. 
Peralatan dapur bekas memasak umumnyaberlumur minyak, mentega, lemak dan bumbu, sehingga sulit dibersihkan. Apalagi sehabis masak rendang, gudeg, ketupat, pepes, dan menu ajaib lainnya.Pinginnya bisa abra kadabra langsung jadi, enak dan nggak usah nyuci peralatan dapur.
Padahal mommynya Ron , sahabat Harry Potter yang penyihir murni, juga harus mencuci peralatan dapur ya? Jiah, kenapa spoiler kepanjangan hingganyasar ke Harry Potter?
Karena sekarang ada panci presto yang secara ajaibmembantu menyelesaikan keribeudan. Ibu rumah tangga nggak harus mencuci banyak peralatan dapur. Cukupngurusin satu panci saja.
Hadir pertama kali di Indonesia sebagai panci yang hanya digunakan untuk membuat daging empuk dengan cepat. Ngga usah menunggu berjam-jam sehingga ngirit gas. Kini panci presto b…

Gangnam Scandal; Terjebak Sinetron Ala Drama Korea

Terbayangkan sinetron Indonesia? Kisah cerita yang dipanjang-panjangin. Muter-muter untuk menyelesaikan satu pesan. Peran antagonis nan jahat bukan main. Sementara protagonisnya bak dewi dari kayangan. Dan saya terjebak dalam tontonan demikian, yang dalam khasanah drama Korea masuk ke dalam long length drama.
Awalnya iseng nonton “Gangnam Scandal”, tertarik pemerannya yang bukan bintang papan atas tapi cantik dan ganteng, aktingnya bagus-bagus. Episode awalnya bikin penasaran.  Ketika 20 episode ngga menunjukkan titik terang, kisah ngga tau mau dibawa kemana, barulah saya melirik jumlah episode yang rencananya bakal ditayangkan. Ternyata 120 episode, alamak! Wuaduh, bikin galau! 
Diterusin atau jangan ya? Akhirnya hatur lumayan lah. Untuk tontonan multitasking, sambil bikin handicraft, sambil makan, de el el :D:D Walaupun 120 episode, setiap episodenya hanya 30 menit. Tapi keukeuh lama ya?
Sebetulnya ada drama Korea yang panjangnya juga menjebak saya, yaitu “My Only One”. Alasan menonton …