You are My Destiny, Ketika Cinderella Terjebak One Night Stand

  
japanese drama


You are My Destiny (Japanese Drama) Ketika Cinderella Terjebak One Night Stand


Pernah menonton film/drama hasil remake? 

Industri hiburan  Korea banyak menyajikan drama remake seperti “Designated Survivor: 60 Days” yang merupakan remake dari U.S. TV series "Designated Survivor", kemudian “Suits” remake dari U.S. television series berjudul sama. Drama “Mistress” remake dari the UK television series berjudul  "Mistresses". 

Serta pastinya drama seri yang pernah menghebohkan netizen Indonesia yaitu “The World of the Married” hasil remake dari the UK television series "Doctor Foster". 

Sebaliknya hasil karya sineas Korea juga diremake industri hiburan negara lain. Yang paling terkenal adalah “Good Doctor” (2013), drama tentang dokter pengidap autis yang memiliki keahlian sebagai dokter bedah. 

Drama Korea “Good Doctor” selain diremake pelaku industri hiburan Jepang yaitu Fuji TV (2018), juga Amerika yang membeli hak cipta dan memproduksi drama berjudul sama. Gak tanggung-tanggung mereka telah merampungkan serial “Good Doctor” untuk 4 musim. Mereka menjanjikan akan merilis musim ke 5 pada  27 September 2021. 

Wow banget! 

Bagaimana Indonesia? Dunia sinetron Indonesia pernah latah membuat drama bertema sama. “Meteor Garden” misalnya, pernah dibuat sinetron berjudul “Siapa Takut Jatuh Cinta” dengan pemeran  Leony, Indra Brugman, Roger Danuarta, Steve Emanuel dan Jonathan Frizzy. 

Juga ada “Buku Harian Nayla” plagiat dari “1 Litre of Tears”, sinetron “Benci Bilang Cinta” yang memplagiasi  “Princess Hours” dan seterusnya. Mengapa disebut plagiat? Karena tim produksi bilang hanya terinspirasi, jadi gak perlu beli hak cipta. Duh maygat! 😢😢

Tulisan kali ini membahas Japanese drama “You Are My Destiny”(2020) hasil remake dari drama Taiwan berjudul  “Fated To Love You" (2008).  

Industri hiburan Korea pernah meremakenya pada tahun 2014 dengan judul sama. Disusul Thailand yang meremake dan mengganti judulnya menjadi “You are My Destiny” (2017). 

Sineas Tiongkok  dan Jepang rupanya gak mau kalah. Pada tahun 2020 mereka sama-sama meluncurkan You are My Destiny” Siapa yang unggul? 

Yuk kita bahas. 

Baca juga:
Fated To Love You, Akibat One Night Stand 

Designated Survivor : 60 Days , (Bukan) Presiden Boneka

  
Takimoto Miori


Takimoto Miori sebagai Sato Aya

Sato Aya, gadis berusia 27 tahun yang berwajah biasa dan hanya berkarir sebagai pegawai rendahan di firma hukum Kitamizawa. 

Sebagai anak bungsu, Sato Aya diperlakukan protektif. Bersama ibu dan kedua kakaknya, Sato Aya hidup turun temurun di pulau Sumisaki, tempat berdiri cabang perusahaan Banrei-do dan mayoritas penduduk mencari nafkah. 

Dengan ferry, setiap hari Aya berangkat kee kantor, tempat dia diperlakukan sebagai gadis post it note. Diperlakukan sewenang-wenang oleh rekannya karena tak pernah menolak permintaan tolong. 

Akibatnya  Sato Aya kerap pulang larut. Saat itulah pengacara ganteng, yang bernama Yamaguchi muncul dan mengajaknya kencan. Bahkan mengajaknya datang ke reuni Universitas Seio selama 2 hari 1 malam.

 

Kizu Takumi


Kizu Takumi sebagai Ichijo Kei

Ichijo Kei, keturunan ke-9  pemilik perusahaan multinasional Banrei-do, penghasil sabun yang telah dipercaya selama ratusan tahun.  

Setiap generasi, keluarga Ichijo hanya mempunyai satu anak laki-laki. Mayoritas meninggal dalam usia muda, sehingga pucuk pimpinan masih dipegang nenek Ichijo Kei. 

Kei mempunyai kekasih yang diharapkan bisa menjadi istri dan melahirkan keturunan bagi keluarga Ichijo. Sayang Anna, nama sang kekasih, lebih mengutamakan karir sebagai balerina.

  

Ishikawa Ren


Ishikawa Ren sebagai Shiraishi Anna

Shiraishi Anna, anak yatim piatu yang terpisah kakak kandungnya di panti asuhan.Ibu angkat Anna menuntutnya agar menjadi balerina kelas dunia. 

Akibatnya, beberapa kali Anna harus mengecewakan kekasihnya, Ichijo Kei. Janjinya untuk datang tak pernah ditepati, apalagi janji pertunangan/pernikahan. Sementara Ichijo Kei mendapat tekanan untuk segera menikah supaya silsilah keluarga tak terputus.

    

Tokito Yuki


Tokito Yuki sebagai Okamoto Hayato

Okamoto Hayato, seniman keramik sahabat nenek dari Ichijo Kei. 

Beberapa pertemuan dengan Sato Aya, membuat Hayato jatuh cinta pada gadis sederhana tersebut. Aya mengingatkannya pada adiknya yang terpisah saat masih di panti asuhan.
  

Japanese drama


Sinopsis You are My Destiny Japanese Drama (2020)

Sato Aya punya kenangan manis bersama ayahnya.  

Semasa Aya masih kecil, sang ayah kerap membacakan dongeng Cinderella. Kemudian mereka berdua akan berdansa, bak Cinderella dengan sang pangeran. 

Impian Sato Aya seolah terwujud ketika ditengah lembur,  tiba-tiba seorang pengacara berwajah tampan mendatanginya. Namanya Yamaguchi, sosok yang sebelumnya tak pernah menegur Sato Aya. 

Sebagai karyawan firma hukum Kitamizawa. Sato Aya memang seolah ada dan tiada. Dia tak pernah diperhitungkan. Namun dibutuhkan sebab tak pernah menolak suruhan teman-temanya, walau kerjaannya sendiri sudah menumpuk. Akibatnya Aya kerap harus lembur. 

Di luar dugaan, Yamaguchi mengajaknya berlibur di hotel selama 2 hari 1 malam sambil mengikuti reuni Universitas Seio. Ajakan yang segera disanggupi Aya. 

Sato Aya tidak menyadari Yamaguchi tengah memperdayanya. Kepolosan Aya digunakan Yamaguchi untuk mengundang kecemburuan mantan pacarnya. Serta supaya Yamaguchi bisa dapat fasilitas gratis karena semua biaya dibayar Aya. 

Di tempat reuni terjadi hal tak terduga. Sato Aya yang tengah mabuk salah kamar. Harusnya dia masuk kamar 1006, bukan kamar 1009 milik Ichijo Kei. Angka 9 pada 1009 rupanya goyang dan jatuh hingga membentuk angka 6. 

Di lain pihak Ichijo Kei datang ke tempat tersebut untuk bertemu kekasihnya, Anna dan meminangnya. Malang, Anna menyalahi janji, dia mendapat tawaran sebagai bintang utama suatu pagelaran. 

Ichijo Kei yang tak tahu Anna tak datang, mendapat suguhan minuman dan menghabiskannya.  

Pemberi minuman ternyata adalah kakak ipar Sato Aya dan ayahnya, pekerja pabrik Banrei-do di pulau Sumisaki. Pabrik terancam dijual dan para karyawan dibebas tugaskan. Agar penjualan dihentikan, mereka berdua berencana memeras Ichijo Kei. 

Caranya dengan merekam adegan mesum Ichijo Kei dan seorang PSK. Untuk memperlancar, mereka memasukkan cairan perangsang pada minuman. Mereka juga mengganjel pintu agar PSK mudah masuk. Diluar rencana, PSK urung datang tanpa memberitahu. Yang masuk kamar 1009 malah Sato Aya. 

One night stand pun terjadi. Aya mengira sedang berhubungan intim dengan Yamaguchi. Sedangkan Kei menyangka sedang berasyik masyuk dengan Anna. 

Paska kasus memalukan ini, keduanya ingin melupakan, seolah tak terjadi. Namun takdir berkata lain. Aya hamil. Kehamilannya terendus nenek Kei yang tentunya tak mau Aya melakukan aborsi.
  

drama jepang review


Review You are My Destiny Japanese Drama (2020)

Salah satu tantangan tim produksi karya remake adalah menyajikan drama/film yang lebih bagus dibanding karya asli. Atau inti cerita sama dengan hasil yang berbeda. 

Seperti yang dilakukan sineas Korea. Plot drama besutannya enggak keluar jalur dari aslinya, “Fated To Love You” versi Taiwan.Namun lebih nyaman ditonton karena screen writer mematangkan karakter Kim Mi-Young, si gadis post it note. 

Pemeran utamanya pun tak tanggung-tanggung: Jang Hyuk dan Jang Na Ra, ratu romcom yang telah meraih segambreng penghargaan. Demikian pula si ganteng tengil (tapi bikin gemes 😀😀), Jang Hyuk. 

Sineas Korea juga memasukkan banyak pesan dan aroma kehangatan keluarga. Seperti hubungan mesra Lee Gun (Jang Hyuk) dengan ibu mertuanya, walau Kim Mi-Young (Jang Na Ra) telah pergi jauh. Sangat khas drama Korea. 

Sayang sineas Cina gagal mengikuti jejak sineas Korea. Drama “Fated To Love You” yang telah diubah judul menjadi “You are My Destiny” bikin boring. Karena tayang di WeTV, saya berusaha menonton tapi terhenti di episode10. 

Rasanya CAPE! Maaf huruf kapital untuk menunjukkan betapa tidak menariknya besutan sineas Cina. Penyebabnya mungkin kisah dipanjang-panjangin menjadi 36 episode (versi Korea cuma 20 episode, sudah termasuk penambahan/pengembangan kisah asli).   

Serta pemilihan aktris yang terlalu cantik. Yep aktris cantik sering kelihatan konyol saat berperan sebagai “perempuan jelek”. Terjadi pada Dilraba Dilmurat saat berperan sebagai itik buruk rupa di drama Cina Pretty Li Huizhen. Juga Liang Jie, pemeran gadis post it note di drama Cina “You are My Destiny”. 

Bagaimana  dengan “You are My Destiny” versi Japanese Drama? 

Keren! Casting dan aktingnya bagus. Takimoto Miori sukses berperan sebagai Sato Aya, gadis post it note yang biasa-biasa saja, namun justru bikin gemas.
Chemistrynya dengan Kizu Takumi, pemeran Ichijo Kei yang kaya raya juga patut diacungi jempol. 

Yang patut disayangkan adalah waktunya yang terlalu pendek. Hanya 10 episode dengan durasi 30 menit/episode. Sehingga terasa buru-buru.  

Penonton yang tidak tahu kisah utuh pasti akan merasa plot yang lompat-lompat. Contohnya Okamoto Hayato yang hanya bertemu 3 kali tanpa sengaja dengan Sato Aya, dan jatuh cinta.
Juga kisah Okamoto Hayato yang sedang mencari adiknya. Terbuka tanpa penyelesaian. Karena itu sineas Jepang wajib bikin session kedua. 

Oh iya ost- "You are My Destiny" Japanese Drama juga bagus.Kerasa banget drama ini digarap serius. Aktor dan aktrisnya gak asal cantik/tampan. Dalam hal casting, sineas Jepang  emang mirip sineas Korea, aktor/aktris pendukung kerap lebih tampan/cantik dibanding aktor/aktris utama.

Baca juga:
Kono Otoko ha Jinseisaidai no Ayamachi Desu, Bukan Kisah Cinderella Complex 

Oh My Boss!Tentang Cita Cita Suzuki Nami yang Biasalah!

Profile You are My Destiny Japanese Drama (2020)
    Drama: You are My Destiny
Native Title: 運命から始まる恋)
Also Known As: Fated to Love You , You're My Destiny , Love Starting from Fate , Unmei Kara Hajimaru Koi , 運命から始まる恋 -You are my Destiny-
Director: Hirabayashi Katsutoshi, Ninomiya Takashi
Genres: Comedy, Romance, Drama, Family
Country: Japan
    Episodes: 10
    Aired: Feb 12, 2020 - Apr 8, 2020

23 comments

  1. Sepertinya saya tertarik dengan “You are My Destiny” versi Japanese. Agak buru buru dan episodenya gak banyak, tp kl pemeran dan actingnya bgs, boleh juga ya, toh dah tau ceritanya hehe

    ReplyDelete
  2. Drama tiongkok, korea, jepang memang punya keunikan masing-masing. Cuma memang drama korea yang sekarang sedang naik daun ya kak. Btw, Good Doctor drajep bagus tuh dan sudah pernah kutonton.

    ReplyDelete
  3. Wah, ini remake drama Jang Nara yang Fate to Love You. Seru banget Pas nonton ini. Di Jepang tapi jadi 10 Episode ya, berarti lebih cepet tamat. Btw, saya jauh sebelum drakor happening suka banget nonton dorama tahun 90an. Jadi penasaran pengen lihat drama Jepang You Are My Destiny

    ReplyDelete
  4. Drama Korea mempunyai keunikan cerita tersendiri dan lagi naik daun nih cerita drama Korea ini

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen nonton dorama lagi. Dulu sebelum K-drama meraja, dorama ini jadi hiburan di sore hari

    ReplyDelete
  6. Baru tau memang ada konsep remake film Mba, pantessan banyak sinetron2 yg pas nonton rasanya ada cerita yg mirip2.. Klo film2 fantasi bnyak yg remake kyknya ya

    ReplyDelete
  7. kadang pas nonton film remake gitu apa ada ekspektasi tertentu kalau buat Ambu?

    ReplyDelete
  8. Wah, ini drama Jepang yang diangkat dari Fate To Love You, Inget Sama Jang Nara. Suka banget drama ini. Kalau versi Jepang jadi 10 Episode lebih pendek jadinya, ya. Jadi penasaran pengen nonton drama Jepang You Are My Destiny ini

    ReplyDelete
  9. Seneng Jepang tapi gak kepincut nonton dramanya. Apa karena publikasinya gak semasif Korea, ya?

    ReplyDelete
  10. entah kenapa meski sudah tahu jalan ceritanya (karena sudah nonton versi asli), meski dimodifikasi beberapa drama remake itu juga menarik hari. Tapi lain cerita kalau versi remake dipanjang-panjangin, wajar kalau CAPE nontonnya. Apalagi kalau bilang cuma terinspirasi jadi ga perlu urus izin remake, ogah nonton bener ah !

    ReplyDelete
  11. Suka dengan judulnya "You are My Destiny" cuma masih mempertimbangkan untuk nonton karena saya jarang nonton drama selain drakor tapi sepertinya menarik juga nih drama dari Jepang

    ReplyDelete
  12. Ambu, ceritanya menarik namun saya belum melihat, seru reviewnya

    ReplyDelete
  13. Wah sudah ada di WeTV ya ini? Bisa jadi wishlist nih biar gak bosen di rumah

    ReplyDelete
  14. Wah baru tahu kak ada film ini, di We TV ada ya ternyata. Aku langganan We TV juga. Kapan2 ah diagendain nonton

    ReplyDelete
  15. Kalau ngomongin serial Jepang selalu inget Tokyo Love Story. Ada remake-nya ga ya ini Ambu?

    ReplyDelete
  16. Aku pernah nonton You Are my destiny yang versi drakor, yang mainnya Yoona. Jadi pengen nonton yang versi Jepang juga nih.

    ReplyDelete
  17. Menambah lagi referensi untuk saya tonton nih,selama ini nonton anime Jepang saja tapi drama hampir gak pernah. Boleh juga nih lihat karya sineas Jepang yang ceritanya seru. Btw,para sineas sudah banyak yang remake drama ini ya,hmmm sampai Tiongkok dan Jepang pun ambil bagian ternyata untuk drama ini.

    ReplyDelete
  18. Beberapa sinetron Indonesia memang banyak yang 'terinspirasi' dari drama Asia. Beberapa yang ibu contohkan di atas saya ngikutin. Tapi yang jadi persoalan utama menurut saya bukan lagi soal remake resmi atau bukan, sinetron kita jadi nggak punya identitas lokal yang kuat. Padahal tanpa harus meniru drama Asia, kita masih punya banyak cerita yang bisa dialihwahanakan.

    ReplyDelete
  19. Wah, aku nontonnya yang versi Korea, Fated to Love You. Ada Jang Hyuk sama Jang Nara soalnya. Seru banget. Tapi aku banyak nangis. Huhuhu bodor sekaligus sedih.

    ReplyDelete
  20. Wah aku bari tahu kalo benci bilang cinta terinspirasi dr princess hours hahha.. gak kerasa. Hehe

    Wah you are my destiny di awal review filmnya emang auto bikin aku inget sama jang nara gadis post it hehee

    Wah ada remake versi jepang ..ternyata dr taiwan ya awalnya

    ReplyDelete
  21. saya pikir ini drama you are my destiny-nya Yoona. Ternyata remake drakor fated to love you itu ya. saya nggak nonton sih dramanya dulu soalnya lihat jang hyuk yang lebay langsung ilfil. hehe

    ReplyDelete
  22. Kisah Cinderella ini sudah berulang-ulang kali dibuat ulang dengan banyak perubahan, ya. Ternyata di Jepang ada juga drama yang merupakan remake dari kisah lawas Cinderella

    ReplyDelete
  23. Aku penasaran gimana kelanjutannya setelah Aya hamil. Apakah dinikahi oleh kei?

    Btw, kalau film remake lebih bagus daripada film asli, imbasnya ke film asli apa ya kak?

    ReplyDelete