Pilih Steak atau Rendang? 5 Chef Unjuk Kemahiran di Ajang Indonesia Meat Cuisine

 
Pilih Steak Atau Rendang? 5 Chef Unjuk Kemahiran di Ajang Indonesia Meat Cuisine


Pilih steak wagyu atau rendang? 

Bagaimana jika bisa menyantap keduanya? Mau dong ya? Steak yang juicy berpadu dengan bumbu rendang, disajikan dengan mashed parsnip (lobak), saus santan serta kentang panggang. Kentang panggangnya mirip yang disajikan Ratu Cheorim dalam drama Korea ‘Mr Queen’.

Ow, bakalan nggak nolak ya?

Memang harus berinovasi untuk menyajikan daging kualitas premium. Nggak asal diceburin ke kuah opor atau bumbu rendang. Cara tersebut membuat sari daging yang berbentuk cairan merah bakal hilang. Sayang banget!

Selain itu, jika tak mau ketinggalan dengan negara lain yang aktif mempromosikan kulinernya, Indonesia harus berani melakukan serangkaian inovasi.

Merupakan angin segar ketika 5 chef internasional,  yaitu Chef Marco Braun, Chef Sean Macdougall, Chef Sezai Zorlu, Chef Gilles Marx dan Chef Hamish Lindsay menunjukkan keahlian mereka dalam event Indonesia Meat Cuisine (IMC) yg diselenggarakan Meat & Livestock Australia.

Isi:

  • Globalisasi Menuntut Inovasi Masakan Tradisional Indonesia
  • 5 Chef Internasional di ajang Indonesia Meat Cuisine (IMC)
  • Tiga Pilar Meat & Livestock Australia
  • Big Bang Indonesia Meat Cuisine (IMC)

Apa saja hasil iinovasi masakan tradisional Indonesia yang tersaji  dalam 5 kali gelaran Indonesia Meat Cuisine?

  1. Chef Marco Braun mengolah tenderloin menjadi rendang  (paragraf awal)
  2. Chef Sean Macdougall secara tak terduga menyajikan sei sapi, khas Nusa Tenggara Timur.
  3. Chef Sezai Zorlu yang tampan memasak tongseng dari tulang rusuk sapi
  4. Chef Gilles Marx mengolah tenderloin menjadi sate maranggi.
  5. Chef Hamish Lindsay menyajikan rawon, sup dengan kluwek

5 Chef Internasional di ajang Indonesia Meat Cuisine (IMC)

Diselenggarakan sejak Januari 2021,  Indonesia Meat Cuisine  telah 5 kali menghadirkan executive chef yang sukses menarik perhatian dunia kuliner berkat inovasi mereka. 

Adalah Meat & Livestock Australia yang mendukung penuh acara ini. Berikut sekilas review  tayangan mereka.


Chef Marco Braun (rendang)

Apa, daging wagyu kelas premium dimasak bersama bumbu rendang yang kental? Aduh sayang banget. 

Ternyata tidak, saudara-saudara.

Tenderloin yang maknyus,  dipan seared oleh Chef Marco. Tujuannya agar cita rasa daging terkunci, kemudian dioles bumbu rendang sebelum dpanggang dalam oven. 

Sehingga ketka telah matang dan diiris-iris, bagian tengah tetap merah, pertanda juice-nya nggak hilang.


Chef Sean Macdougall (sei sapi)

Umumnya pembuatan sei sapi yang kekinian hanya menggunakan liquid yang  mempunyai wangi asap, tidak demikian dengan Chef Sean Macdougall. Chef ramah ini membumbui tenderloin yang juicy, kemudian diasap dalam wok yang dilapisi alumunium foil dengan potongan kayu di atasnya. 

Lembaran alumunium foil juga dililitkan agar asap terkunci di dalam wok. Nggak lama, hanya 5-10 menit, daging yang telah diasapi kemudian dipan seared. 

Selama menunggu sei sapi matang, Chef Sean Macdougall memasak sayur daun pepaya serta menyiapkan sambal, nasi ketan dan kelapa untuk taburan. Wow jadi lapar parah.


Chef Sezai Zorlu  (tongseng)

Chef Sezai Zorlu mewanti-wanti agar menyiapkan bagian daging sesuai jenis masakannya, termasuk ribs untuk tongseng. Ribs dipan seared dengan herbs. 

Chef ganteng keturunan bangsawan Turki ini kemudian mengolah bumbu menjadi kuah tongseng. Berkisah panjang tentang kehebatan bumbu asli Indonesia, Chef Sezai Zorlu  hanya menambahkan olahan cabai khas Turki. 

Ribs hasil roasted dimasukkan dalam kuah tongseng, kemudian disajikan dengan butter rice. Yummy.


Chef Gilles Marx (sate maranggi)

Chef Gilles Marx membuat masakan tradisional Sunda dengan memotong tenderloin dalam ukuran besar-besar, wow ……pasti kenyang nih. 

Potongan daging dimarinasi kemudian disimpan dalam chiller selama beberapa jam, boleh semalaman. 

Sayuran dan sambal disiapkan sebelum daging ditusuk-tusuk dan dipanggang. Manggangnya hanya di pan teflon lho, praktis banget.


Chef Hamish Lindsay (rawon)

Dua macam daging disiapkan Chef Hamish Lindsay yaitu rusuk sapi dan tulang sumsum sapi. Rusuk sapi dimarinasi dengan pasta rawon sebelum disimpan selama kurang lebih 2 jam. 

Mirip rendang, rusuk sapi di pan seared kemudian dipanggang 2-4 jam dengan panas 140 derajat. Sambil menunggu matang, Chef Hamish Lindsay menyiapkan kondimen seperti tomat, tulang sumsum di pan seared, merebus toge pendek, telur asin serta bawang goreng. 

5 masakan tradisional Indonesia yang dimodifikasi agar bisa tampil di kancah internasional. 5 signature dish yang tidak hanya nampak lezat, juga mudah dipraktikan.



Tiga Pilar Meat & Livestock Australia

“Apakah daging yang kita beli harus dicuci?” 

Ternyata nggak usah. Konsumen daging sapi maupun daging domba dari Meat & Livestock Australia, bisa langsung memasukkan barang belanjaan ke freezer atau chiller, tergantung waktu/rencana memasak, 

Tips dan trik membeli daging sapi/daging domba mengemuka dalam gelaran Indonesia Meet Cuisine. Pastinya sangat bermanfaat karena banyak konsumen yang gak paham. 

Sebelum diolah, daging sapi/daging domba cukup dikeringkan dengan tisu dapur, sesudah itu barulah dibumbui. Selain itu pastikan 3 hal berikut sebelum membeli daging sapi/daging domba:

  • Ketika dicium masih wangi daging sapi/daging domba, bukan bau busuk.
  • Warnanya merah cerah
  • Ketika disentuh terasa daging segar. Tidak lengket.

Khusus untuk pembelian daging sapi/daging domba dari Meat & Livestock Australia sudah menjamin pengemasan, pengepakan dan pendistribusian. Daging dikemas dalam kemasan vakum untuk menjaga kualitas dan umur simpan lebih lama. 

Selama masa pengiriman, suhu dikontrol dan dijaga ketat, agar tidak terjadi pertumbuhan bakteri. Kondisi penyimpanan yang optimal memberikan umur simpan secara alami hingga 3 bulan. 

MLA juga menjamin produknya berkualitas dan halal. Ada 3 pilar yang diusung Meat & Livestock Australia, yaitu ideal home, peace of mind, dan pure enjoyment.

  1. Daging sapi/domba Australia dikembang biakkan di tempat ideal. Kawasan Australia yang menyediakan banyak pakan rumput, mempunyai iklim, cuaca dan kondisi yang alami. Sehingga daging sapi/daging domba menjadi lebih lembut, lebih tender dan terbebas dari zat adiktif dan hormon artifisial.
  2. Untuk memastikan kualitasnya, daging sapi/daging  MLA telah lolos Sistem Identifikasi Ternak Nasional (NLIS). NLIS merupakan sistem yang diberlakukan Australia untuk identifikasi dan pelacakan keamanan hayati, keamanan pangan, integritas produk, dan akses pasar.
  3. Pure enjoyment, atau pilar ketiga menunjukkan hasil kerja keras peternak Australia untuk menyajikan daging kualitas premium bagi seluruh penduduk dunia, termasuk penduduk Indonesia.

 Nggak heran para chef internasional merekomendasikan hasil ternak Meat & Livestock Australia ya?  Makanan ternak selalu terjamin, ternak dijaga agar tidak mengalami stres. Hasil akhirnya adalah  daging penuh nutrisi, lembut dan penuh cita rasa.


Big Bang Indonesia Meat Cuisine

Siap-siap mengikuti gelaran Big Bang Indonesia Meat Cuisine pada 18 Maret 2021 pukul  11.00-12.00 WIB Live di Instagram @Dreamcoid dan Instagram @KapanLagicom. 

Ke-5 executive chef yang sudah unjuk kemahiran di atas akan hadir bareng! Kebayang serunya kan? Mereka ngga hanya berkumpul, juga bakal menampilkan signature dish berbahan daging sapi dari Meat & Livestock Australia 

Duh, siap-siap ngeces juga ya? 

Serunya lagi, event Indonesian Meat Cuisine kali ini akan diikuti 300 orang melalui Zoom. Mereka bakal mendapat kesempatan masak bareng dengan para chef dan berpeluang mendapat hadiah menarik.  

Jadi, yuk ikuti kemeriahannya pukul  11.00-12.00 WIB Live di Instagram @Dreamcoid dan Instagram @KapanLagicom. 

Ingin tahu lebih lanjut tentang Meat & Livestock Australia?
Simak kisah perjalanan daging sapi/domba bernutrisi dan resep-resepnya di:

  • Webiste:    https://www.trueaussiebeefandlamb.id/
  • Instagram:    @trueaussieid

sumber gambar: instagram.com/@trueaussieid



32 comments

  1. Pas pantengin videonya, aku udah yang ngecessss paraaahhhh 😆😆😆 ini kuliner Indonesia bisa tampil dgn plating yg super WOw, aselikk bikin takjub.

    Ga sabar nunggu besok Kamiiisss

    ReplyDelete
  2. bikin rendang pakai tenderloin grade 8/9..patut dicoba nih dan kalau ada yg jual mungkin brp ya harganya heheee..

    Gk sabar pingin nonton acaranya besok!

    ReplyDelete
  3. Ga nolak aku mba, bener-bener bikin laper. Huhuu cinta bgt sama daging!

    ReplyDelete
  4. Cuman bisa bilang, "Etaaa teh makanan favorit abdi sadayana!"

    Nah, aku juga baru tahu alasan lain kenapa daging tak boleh dicuci, karena mencuci daging akan membuat teksturnya lembab dan menurunkan cita rasanya ketika dimasak. Untuk mengurangi kelembaban dari permukaan daging, yang mungkin muncul secara alami, alih-alih membilasnya lebih baik menepuk-nepuknya saja dengan tisu penyerap air atau minyak.

    ReplyDelete
  5. Ambuuuu, daku ngecess parah nih lihat foto2 dan videonyaaa
    kayaknya BESOK kudu standby depan gadget, demi pantengin gimana tips dan trik menghadirkan Indonesia cuisine yg lezaaattt, dg bahan baku daging sapi Ostrali yg berkualitas.
    MANTUL ABISS!

    ReplyDelete
  6. Wah enak-enak semua menunya. Rendang, Sate Maranggi, Tongseng, Sei Sapi, Rawon. Bakalan seru banget Indonesian Meat Cuisine ini plus kelima chef yang Keren juga. Nanti nonton ah acaranya. Save the date

    ReplyDelete
  7. Duh, saya bakal galau deh kalau disuruh memilih steak atau rendang. Saya suka semuanya. Menarik juga nih melihat jajaran chefnya. Makanannya kelihatan enak semua

    ReplyDelete
  8. Ga bisa akutuh diantara dua pilihan gini ambu... sekali ini aku pilih mendua wkwkwk...

    Rendang dan steak pilihan makan enak mana tahan ditinggalin.
    Mau bangetlah belajar bikin steak yang bener..

    Kalo rendang insya allah dah bisa
    Wuihhhiiii..... mantap..

    ReplyDelete
  9. Rendang itu enak, tapi karena bumbunya luar biasa banyak, saya jadi merasa kurang doyan.
    Saya lebih suka steak, soalnya rasa dagingnya mendominasi.

    Btw, asyik banget ya ikutan acara ini, jadi ngiler juga liat masakannya hihihi

    ReplyDelete
  10. Aku kan nggak suka makan daging sapi Mom, tapi kalau lihat resep-resep olahan daging gitu seeing mikir, kira-kira kalau dagingnya diganti ayam rasanya sama enaknya nggak ya? Hihihiii ... lihatnya kok jadi pengen nyoba.

    ReplyDelete
  11. Ada lima chef di ajang lomba internasional dan ada 5 masakan unggulan masing-masing chef. Rendang kesukaan dari dahulu.

    ReplyDelete
  12. 5 menu Kuliner Indonesia diracik hebat oleh chef profesional, langsung deh nih resepnya dicatat, dan memerhatikan teknik buatnya

    ReplyDelete
  13. Kalo red meat pastinya beef, sei sapi belum pernah nih kuicipin. Padahal sudah ada beberapa resto sei sapi di Banjarmasin. Kalo budgetnya sih ya lumayanlah 1 orang 35 ribuan, udah lengkap nasi, sayur + minum. Nggak tau nih, masih mikir aja mau jajan sei sapi hehe.

    ReplyDelete
  14. duh bangga banget deh yaaa sebagai orang Indonesia, resep-resep khas Indonesia di re-make lagi sama chef-chef bulelebo ya ambu, aku ngeces itu bayangin yang sei sapi duh enak deh

    ReplyDelete
  15. aduhh itu semua masakan berbahan daging yang g akan bisa ditolak ya mbak
    aku sih pilih steak biar lebih terasa rasa dagingnya, enak karena bisa dimakan tanpa nasi
    kebetulan lagi ngurangin nasi, hehe
    klo rendang ya tetep enak dan mau sih, tapi bisa gawat karena klo makan rendang banyak ngabisin nasi, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, daku bantuan dah kak Dee. Apalagi olahan daging sapi yang dibuat adalah kreasi andal para chef profesional. Maka jangan ditolak bila jadinya nambah nasi, hehe

      Delete
  16. Aku nggak suka daging, tapi kalo disuruh milih bakal mlih rendang atau dendeng balado kayaknya. Alasannya 2 jenis masakan iu yg nggak terlalu berasa dagingnya xixiixxi
    (namanya nggak suka daging)

    ReplyDelete
  17. Wah ketinggalan Big Bang Indonesia Meat Cuisine tadi jam 11 ya..baca ini aja sudah ngences saya.
    Kebayang aneka olahn daging premium diolah jadi sajian Nusantara yang memang warbiyasa, pasti makin juara tuh cita rasa pun tampilannya

    ReplyDelete
  18. Seneng banget liat chef internasional memasak aneka menu khas Indonesia. Bangga sekaligus penasaran gimana rasa akhirnya. Apalagi menu yang dipilih bukan jenis masakan yang mudah diolah.

    ReplyDelete
  19. nggak khawatir deh kalo beli daging Meat & Livestock Australia, pasti terjamin. Btw itu rawon iganya bikin nambah nasi deh. Apalagi dipanggang sampe 4 jam, huaa mupeng. Pokoknya kalo masakan serba daging mana sanggup berpaling. Mertua lewat pun nggak kelihatan :p

    ReplyDelete
  20. Ah aku telat tahunya, padahal informasinya sangat menarik sekali. Penasaran juga behind the scene pembuatan rendannya secara live.

    ReplyDelete
  21. wow hebat para chef international memasak dengan kekayaan kuliner Indonesia. Terima kasih untuk tips melihat daging segar. Daging Australia sangat top sekali baik segi pemeliharaan maupun cara pengolahan dan pengemasannya.

    ReplyDelete
  22. seru kali ya Ambu, lima chef ternama memasak saling menunjukkan kebolehannya. Btw, daging yang tidak lengket itu ternyata bagus ya. saya tahunya daging masih merah segar, Pengetahuan baru lagi

    ReplyDelete
  23. Baca tulisannya udah bikin benar-benar lapar, rendang memang the best sekali. Itulah kenapa rendang jadi makanan favorit dan terkenal di dunia

    ReplyDelete
  24. Rendang number one wkwkwk tapi aku suka semua makanan dari daging sapi :(

    ReplyDelete
  25. Auto lapar membaca dan melihat foto2nya. Seru liat para chef international memasak daging premium dengan resep masakan Indonesia. Kebayang l3zatnya

    ReplyDelete
  26. Wow kebayabg Wahyu rendang, sei sapi, hmm nikmat! Btw ini chef nya boleh dari luarnya Indo ya, Mbu? Kupikir Indo ajaa

    ReplyDelete
  27. Hmmmm...jangan disuruh milih kalau soal daging. Ini mah favorit aku bgt Ambu. Semua olahannya nggak akan kutolak. Sayang baru tahu info acaranya...huhuu.

    ReplyDelete
  28. Waw ngiler semua menunya. Aku tuh suka menu daging2 gini. Rendang, steak, rawon, sei sapi, dll ah semua suka. Ga akan nolak kalo dikasih, apalagi dimasak sm chef handal pasti maknyuuss

    ReplyDelete
  29. Sayang amat ga bisa ikutan acara ini. Ada di YouTube gak? Penasaran sama resep tiap chef

    ReplyDelete
  30. Pengin nyobain Sei Sapi sih soalnya belum pernah. Tapi lihat semua masakan 5 chef ini aku mau semua hehe

    ReplyDelete
  31. Aku pilih dua2 nya ambu. Hehe. Mau coba rendang tapi penasaran juga sama Steaknya. Apalagi kalau yang masak ini chef profesional. Btw menarik sekali nih bisa hadir di acara cooking live yang menghadirkan 5 chef international.

    ReplyDelete