3 Tokoh Perempuan Inspiratif dalam Drama Korea, Kamu Wajib Nonton!

 

3 Tokoh Perempuan Inspiratif dalam Drama Korea, Kamu Wajib Nonton!

Satu dari 3 perempuan di dunia pernah mengalami pelecehan seksual

Secara terperinci, hasil riset Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) selama 2000-2018 di atas menyebutkan bahwa sekitar 31 % perempuan berusia 15-49 tahun pernah mengalami kekerasan fisik atau seksual sepanjang hidupnya, (Sumber: antaranews.com)

Park Cha O Reum pernah mengalaminya.  Saat masih remaja, guru pianonya selalu berusaha memasukkan tangannya ke dalam baju Park Cha O Reum. Dia merasa tak berdaya. Jika mengadu, ayahnya yang galak dan gemar melakukan KDRT bakal marah besar. 

Saat akhirnya Park Cha O Reum berhasil menjadi hakim, apakah dia bisa membalas dendam pada pelaku pelecehan seksual?

Isi:
  • Belenggu Patriarki Kaum Perempuan di Dunia Androsentris
  • Perjuangan Hakim Park Cha O Reum dalam Drama Korea “Ms. Hammurabi”
  • Kim Do Ran Menepis Stigma dalam Belenggu Drama Korea “My Only One”
  • Kim Bok Joo dan Belenggu Stereotip dalam Drama “Weightlifting Kim Bok Joo”
  • 8 Keuntungan Menonton Drama Korea Melalui Viu.com

Perempuan memang mahluk yang unik. Dianggap berharga hingga diperlakukan seperti gelas yang rentan pecah. Dilain pihak, kaum perempuan kerap mengalami pelecehan seksual. 

Ada kemiripan nasib perempuan Indonesia dan Korea. Sama-sama terbelenggu sterotip tertentu dan budaya patriarki. Juga harus hidup dalam dunia androsentris. Dunia yang meletakkan laki-laki sebagai patokan budaya, sejarah dan perilaku manusia. 

Sangat menarik menyimak sineas Korea meracik kisah perempuan, kemudian menyajikan dalam bentuk film atau drama. Hasilnya menakjubkan. Tokoh utamanya amat menginspirasi penonton, sarat pesan moral, namun tanpa kesan menggurui. 

Hakim Park Cha O Reum dalam “Ms. Hammurabi” misalnya, dikisahkan bisa objektif menilai   kasus pelecehan seksual setelah melalui proses, dan dengan bantuan hakim pria.  

Sedangkan Kim Do Ran dalam “My Only One”, sebagai istri sekaligus anak residivis kasus pembunuhan, berhasil keluar dari pilihan yang membingungkan. 

Kisah lainnya tentang atlet angkat beban Kim Bok Joo dalam drama “Weightlifting Fairy Kim Bok Joo” akhirnya mampu memantapkan jenjang karir setelah melalui proses pencarian diri. 

Sebetulnya sangat banyak sosok inspiratif dalam drama Korea. Saya hanya menulis 3  diantaranya, agar tulisan ini tidak terlalu panjang, sambung menyambung. Tetapi semoga bisa mewakili perempuan yang berhasil menjabat kekuasaan tertentu, seorang istri serta seorang  perempuan yang dianugerahi bakat. 

Berikut uraiannya:


Perjuangan Hakim Park Cha O Reum dalam Drama Korea Ms. Hammurabi

Miss Hammurabi, demikian sebutan publik untuk hakim Park Cha O Reum. Sebetulnya merupakan sindiran, Park Cha O Reum dianggap ‘sok jadi pahlawan’.  Park Cha O Reum memang tak segan menendang selangkangan pelaku pelecehan seksual di trem. 

Nama Hammurabi disematkan karena merupakan nama raja Raja Babilonia Lama yang terkenal mampu membuat perubahan.  Hukum tertulisnya disebut Codex Hammurabi (sumber) 

Publik tak peduli akan fakta bahwa Park Cha O Reum hanya hakim pembantu. Penentu vonis adalah ketua majelis hakim setelah mendengar pendapat 2 hakim pembantu. Vonis pun gak sembarangan. Harus ada bukti/fakta yang meringankan/memberatkan. 

Walau telah berusaha seobjektif mungkin, hakim Park Cha O Reum tetap merasa tertekan sewaktu vonis terhadap seorang profesor yang memperkosa mahasiswinya, membuat si profesor mencoba bunuh diri. 

Depresi berat, mendorong Park Cha O Reum mengajukan surat permohonan diri. Beruntung ada hakim Im Ba Reun yang selalu mendampingi dan mencintainya. Serta hakim senior Han Se Sang yang selalu mendukung dan mengingatkan bahwa seorang hakim harus adil, karena di ruang pengadilan, hakim adalah sosok yang paling berkuasa, sekaligus paling berbahaya. 

Pesan moral drama Ms. Hammurabi sangat dalam, yaitu suara perempuan sangat berarti di dunia androsentris. Siapa lagi yang akan menyuarakan kepedulian terhadap nasib perempuan jika bukan si perempuan sendiri? 

Jangan takut speak up karena keadilan akan selalu datang. 

Diperankan Go Ara, drama Korea “Ms. Hammurabi” yang sangat menginspirasi ini bisa ditonton di aplikasi Viu. Di bawah ini saya tulis reviewnya:

Ms. Hammurabi, Karena Pelecehan Seksual Bukan Sekadar Diraba



Kim Do Ran Menepis Stigma dalam Drama Korea “My Only One”

Masih bermimpi menjadi Cinderella yang bertemu dengan pangeran tampan nan kaya raya? 

Duh lupakan. Walau kini sudah era milenial, orang tua pangeran tetap meributkan bobot, bibit, bebet calon menantu. Seperti yang dialami Kim Do Ran dalam drama “My Only One”.  

Padahal sebagai Cinderella, Kim Do Ran selalu mematuhi intruksi mertua lho. Kim Do Ran rela mengerjakan urusan rumah tangga sang mertua, setelah berhenti dari pekerjaan walau karirnya sedang menjulang.

Kim Do Ran juga sabar saat adik ipar menindasnya. Adik ipar yang judes tersebut selalu menganggap statusnya lebih tinggi dibanding Kim Do Ran.

 Klimaks terjadi saat tabir kelahiran Kim Do Ran terbuka. Ayah kandung Kim Do Ran ternyata ‘hanya’ sopir keluarga mertuanya. Sang ayah kandung juga residivis kasus pembunuhan ayah adik iparnya.

Diselesaikan dengan epik, drama “My Only One” meraih rating 48,9 % di akhir episode. Bisa dipahami karena setiap episode membius penonton untuk ingin tahu episode berikutnya. Nggak terasa 106 episode saya tamatkan. Drama keluarga yang keren!

Reviewnya saya tulis di sini:
My Only One, Kisah Nestapa Anak Seorang Pembunuh
 


Kim Bok Joo dan Belenggu Stereotip dalam Drama “Weightlifting Fairy Kim Bok Joo”

Ketika atlet melakukan angkat beban, akan terlihat otot-ototnya
Muka mengerut, dagu terlipat
Lemak menyembul dari sabuk
Walau kami ingin meraih prestasi
Hal tersebut bukanlah yang ingin kami perlihatkan pada pria yang kami suka
Kim Bok Joo berubah drastis. Tiba-tiba perempuan cantik yang tomboy ini berdandan dan mengikuti program melangsingkan tubuh di sebuah klinik kecantikan.

Ternyata Kim Bok Joo sedang jatuh cinta dan ingin langsing! Normal banget saat terjadi pada perempuan. Tapi Kim Bok Joo bukan sembarang perempuan, dia adalah atlet angkat beban!

Seorang atlet angkat beban harus mengonsumsi makanan dengan jenis, kualitas dan kuantitas tertentu agar berat tubuhnya mencapai target. Terlebih Kim Bok Joo sedang dipersiapkan mengikuti kejuaraan yang akan mengharumkan nama negara, dan tentu saja ayah kandung tercinta.

Bisa dibayangkan betapa rumitnya kehidupan Kim Bok Joo? Di klinik kecantikan berat badannya harus turun, sedangkan di pelatnas bobotnya harus naik.

Tambah nelangsa karena Kim Bok Joo harus memendam sendiri semua masalah. Dia anak piatu yang dibesarkan ayah serta pamannya. Sahabat dan lingkungan Kim Bok Joo hanya seputar pelatnas dan olah raga angkat beban.

Selain kisah cinta Kim Bok Joo, drama “Weightlifting Fairy Kim Bok Joo” juga membongkar kisah di belakang layar kejuaraan. Tentang anggaran yang digunting, sementara pelatih dan asistennya harus berjibaku menyiapkan menu khusus untuk para atletnya.

Serta betapa bernilainya jika Kim Bok Joo berhasil mempersembahkan medali emas. Tidak hanya untuk ayah serta negaranya, juga tim angkat beban. Anggaran mereka kemungkinan besar akan diperhatikan dan bertambah banyak.

Kisah kepahlawanan Kim Bok Joo, berpadu dengan derai tawa, dan tangis pedih menjadi drama wajib ditonton. Bagus sekali. Saya menontonnya berulangkali di aplikasi Viu. Berikut reviewnya:

Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, Biddadari yang Perkasa

sumber: freepik.com

8 Keuntungan Menonton Drama Korea Melalui Viu.com

Aktivitas apa yang paling membosankan? 

Huhuhu , saya paling  merasa bosan jika harus menunggu, baik saat menanti di ruang tunggu dokter, mengantri di depan kasir supermarket serta menunggu angkutan umum.  

Beruntung saya sudah menginstall aplikasi Viu Sehingga bisa menikmati waktu menunggu. Termasuk saat menunggu toko milik saudara sepupu yang kebetulan sedang sepi. Saya nonton drama Korea di aplikasi Viu, tanpa terasa pekerjaan beres, hati gembira.

Viu.merupakan pelabuhan terakhir saya dalam menikmati drama Korea. Sebelumnya kerap menggunakan berbagai cara, mulai dari membeli keping CD hingga jalan pintas mengunduh drama Korea secara illegal. Begitu sukanya saya pada drama Korea. 

sumber: freepik.com
 

Viu menjadi malaikat penolong yang membantu saya menonton drama Korea secara legal. Selain itu Viu memberi banyak keuntungan,  yaitu:

  • Murah. Bisa gratis sih, tapi jika ingin leluasa menonton semua tayangan, dan tanpa iklan,  penonton bisa upgrade ke kelas premium. Murah, hanya Rp 15.000/bulan. Lebih murah dibanding semangkok mi bakso bukan? Malah saya bisa mengakses Viu dengan paket provider Tri, mudah dan mudah.
  • Kualitas terjemahannya harus diacungi jempol. Rapi dan menaati PUEBI. Dulu, saya sering kesal membaca terjemahan yang sembrono dan gak tepat penafsirannya. Drama Korea kan menggunakan bahasa Korea, salah terjemahan berpotensi menyinggung sana-sini lho.
  • Resolusi gambarnya ciamik. Ada 4 pilihan tampilan di smartphone. Semuanya memanjakan mata.
  • Layanan online dan offline. Sangat membantu untuk mereka yang fakir kuota internet di siang hari, tapi melimpah di malam hari/weekend. Atau akan menuju lokasi dengan  akses internetnya nggak bagus, bisa banget mengunduh drama Korea yang disukai.
  • Fitur lengkap. Salah satunya fitur histori yang sangat membantu ketika sementara waktu harus berpisah dengan drama Korea kesayangan. Adanya tampilan histori memudahkan saya meneruskan drama/film yang sedang ditonton. Serta histori penelusuran judul drama/film yang dicari.
  • Selalu update. Paling mudah sih lihat di Instagram Viu Indonesia yang selalu update, membantu penggemar drama Korea yang ingin tahu tayangan terbaru.
  • Lengkap. Nggak hanya menayangkan drama dan film Korea, juga ada film/serial negara-negara Asia lainnya, seperti Jepang, Cina, serta tentu saja buatan sineas tanah air tercinta.

Jadi, jika Anda penggemar drama Korea, yuk insaf dengan download aplikasi Viu. Jangan  lagi menonton dengan cara illegal. Tontonan ilegal selain membuat gadget lemot juga melanggar hak cipta.

Setuju?


1.


67 comments

  1. Duh, tiga-tiganya belum nonton nih, padahal recommended banget dan ratingnya tinggi 😥 oke, masuk list drama wajib nonton juga ini.. oh iya, saya juga suka nonton Drakor di Viu loh, Mbak ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem..haha Aku termasuk ketinggalan banget urusan perdrakoran... Kayaknya harus langganan Viu deh biar gak kudet drakor

      Delete
  2. Penasaran dengan film Ms. Hammurabi kayaknya seru banget ya Ambu.
    Apalagi setuju kalau statement pelecehan seksual bukan sekadar dipegang.
    Di Viu emang enak buat nonton drakor ya, soalnya lengkap dan legal pastinya.

    ReplyDelete
  3. Harusnya mikir ya sebelum berbuat jahat. Kaya si dosen sengaja percobaan bunuh diri untuk meringankan hukuman penjara.

    Aih untungnya hakim tidak tebang pilih dalam tindakan.

    Lewat drama Korea di viu kita bisa belajar banyak tentang kehidupan

    ReplyDelete
  4. update akun VIU ke premium cuma 15 ribu per bulan? Murah banget ya. Bisa nonton film tanpa perlu was-was da rasa bersalah lagi nih, karena legal.

    ReplyDelete
  5. Tiga tokoh dannkisah k drama melalui aplikasi viu membuat hati berdebar baik cerita maupun inspirasinya

    ReplyDelete
  6. Wah ambu, drakoran juga nih, aku penasaran sama yang Ms. Hammurabi deh, kayanya bagus juga, hunting ah di Viu

    ReplyDelete
  7. Dengan adanya Viu ini banyak membantu para pecinta drama jadi lebih mudah dalam mencari atau merekomendasikan tontonan yang diinginkan ya Bu. Asyiknya juga bisa dilihat dari jenis gadget yang beda-beda ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daku setuju Teh, mau nonton drama bisa di Viu,dan apapun gadget nya bisa asik, malah bisa juga minat kecil-kecilan lah ya kalau semisal ada drakor favorit bersama

      Delete
  8. Aku udah nonton yang Weightlifting Fairy Kim Bok Joo dan epik banget sih ada drakor yang mau membahas kisah atlit angkat besi wanita gini. Aku sekarang penasaran sama Ms. Hammurabi. Soalnya aku suka genre ini. Jadi suka putar otak kira-kira nanti dipersidangan ada kejutan apa, dan pembelaannya gimana. Kalau yg nomor 2 aku masih nggak kuat kayaknya. 106 episode? Whaaaat?? 16 aja kadang suka greget pengen cepat2 tamat. Aku emang langganan viu tiap bulan. Dan emang nyaman bgt nonton di viu. Kualitas videonya cakep.

    ReplyDelete
  9. Belum ada satupun yang kutonton nih Ambu. Tapi paling penasaran dengan Ms Hammurabi. Dan aku setuju kaglau kita sebagai perempuan kudu speak up ya Ambu. Apalagi terhadap ketidakadilan. Viu ini murah banget. Apalagi kalau ambil paket tahunan.

    ReplyDelete
  10. iya nih, temen-temenku pada nonton di telegram
    padahal nonton di viu lebih aman
    dan bisa mendukung yang legal
    gak terlalu mahal juga untuk langganannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iyakah, padahal di viu lebih nyaman lo.
      Dan yang asiknya kualitasnya lebih bagus gambarnya nggak pecah-pecah.
      Pun juga kita bisa mendukung perfileman semakin maju.

      Terlebih lagi, di viu sekarang sudah sangat terjangkau loh dan banyak promo pula.

      Delete
  11. Viu aplikasi penggiring melihat k drama salah satunnya. Kendala menjadi solusi dengan VIU.

    ReplyDelete
  12. Aaakk, aku pengin nonton ms Hamurabiii
    Go Ara keren banget main di situ ya
    karakternya kuaaatt sangat!

    ReplyDelete
  13. kenapa aku jadinya makin kepo sama Ms Hamurabi ini ya, hmm. Emang setuju perempuan korban pelecahan kudu berani speak up, karena kalo hanya dipendam, hanya akan menambah luka dan korban saja. Btw, ternyata VIU ini terjangkau banget yak, ya ampun cuma lima belas ribu doang, jadi untuk nonton film legal nggak perlu ada alasan "mahal" lagi. Noh, VIU solusinya :p

    ReplyDelete
  14. Yang kim bok joo lg otw nonton nih mbaa. Hehe. Bagusss. Lihat ini gara2 ada nam do san. Eh

    ReplyDelete
  15. Aku belum nonton tapi pasti keren ya Ma. Hamurabi, banyak pelajarannya terutama bagi orang tua harus lebih dekat dg anak agar mereka berani dan sediakan selalu waktu untuk komunikasi dg anak. Ini masuk list drakor nanti yg mau ditonton mba

    ReplyDelete
  16. Dari ketiganya ku baru nonton Kim Book Joo 😊 kurang suka dengan akting Go Ara dan Uee karena itu seringnya dramanya ku skip. Padahal tema ceritanya mungkin bagus ya hehehe...

    Wah ia sineas Korea mulai banyak yang mengangkat isu ini, di sana juga mulai banyak gerakan melawan patriarki.

    ReplyDelete
  17. Drama dari negeri gingseng ini memang begitu kreatif dalam meracik suatu cerita, tidak terkecuali dalan frame kaum perempuan yang menginspirasi dan cukup kuat karakkternya

    ReplyDelete
  18. Kim bok jo itu lucu banget, tapi dapet juga pesan moralnya, kemarin masih nonton episode awal, mau namatin aaahh..

    ReplyDelete
  19. Udududuhh ngeri sekali ya tapi mungkin realitanya memang seperti itu loh,
    Dunia ini memang huh🙈

    Fakta" diangkat di film, salah satunya agar masyarakat mengerti atas realita yang ada 🙈

    ReplyDelete
  20. Yang masuk dalam list itu Weightlifting Fairy Kim Bok Joo. Penasaran sama kisahnya sebagai atlet. Nanti mau nonton di Viu juga ah

    ReplyDelete
  21. benar sekali mbak, paling enak nonton drama korea ya di VIU
    Banyak pilihan dramanya, legal dan biaya langganannya juga murah

    ReplyDelete
  22. Betul. Jangan dibiasakan menonton yang bajakan. Karena zaman sekarang banyak tersedia layanan streaming legal dengan harga yang sangat terjangkau.

    ReplyDelete
  23. Nama Hammurabi ini mengingatkan aku dg tokoh Mesir ya..

    Emang penyintas kekerasan sensual itu wajib disupport. Dan, drakor emang bisa bikin Tema berat jadi terasa ringan. Keren..

    ReplyDelete
  24. Huwaaa Ambu tahan banting sekali, bisa menonton 106 episode sampai tamat. Aku mah mana muat. 32 aja udah kebanyakan.

    ReplyDelete
  25. Temen ku juga banyak yang rekomendasi untuk download VIU nih mba buat nonton K-Drama. Katanya VIU surga nya Drakor hehe. Otw download ah ;)

    ReplyDelete
  26. demi apaa, aku belum nonton ketiganyaa ahahahha, menarik nih ulasannya jadi rekomendasi watch list akhir pekan nih, praktis banget lagi tinggal nonton di VIU

    ReplyDelete
  27. Resolusi gambar yang keren dan ada translate bahasa nya bikin betah nonton memang dengan Viu, soalnya gak pakai nyureng melihat tayangannya hehe

    ReplyDelete
  28. Sepertinya saya belum menonton ketiga drama di atas hehe, boleh nih nambah list tontonan

    ReplyDelete
  29. 3 judul drakor yg di sebutkan belum satupun yg saya tonton, kim bokjo sering lihat beberapa cuplikan kocaknya di instagram, sepertinya bakal coba nonton drakornya..

    ReplyDelete
  30. Wah, film Weightlifting Fairy Ini kayaknya menarik. Aku nggak mengira ada banyak drama di balik kejuaraan binaraga. Apalagi binaraga putri. Aku jadi pingin nonton nih, Teh..

    ReplyDelete
  31. wahh banyak sekaliii yaa keuntungan nonton di viu inii kebetulan saya juga suka banget nonton drama koreaa, terima kasih sharingnya kak. duh perempuan-perempuan inspiratif di sinii kebetulan belum ku tonton nihh filmnya

    ReplyDelete
  32. Oke, Weightlifting Fairy Kim Bok Joo masuk list kudu nonton nih, Ambu. Aku tertarik dengan ulasan tentang di klinik dia harus turunin berat badan, sedang di pelatnas dia harus naikin berat badannya. Kayaknya kejepit banget posisinya

    ReplyDelete
  33. Wah, aku jadi kayak nostalgia Mbak. Udah cukup lama aku nonton ketiga drama di atas. Sekarang jadi kangen. hehe... Gara-gara drama ini juga Nam Joo Hyuk pacaran di real life sama Kim Bok Joo. Tapi sekarang udah putus sih, haha

    ReplyDelete
  34. Kim Bok Joo ini loh yang selalu kocak. Aku suka acting dia di drama ini. Viu itu selalu pilihan buat nonton drakor

    ReplyDelete
  35. Kalo aku dari ketiga karakter di atas paling suka sama Kim Bok Joo. Dramanya juga aku tonton sampe 2 kali. BTW aku juga nonton di viu mbaak, soalnya lebih enak nonton disana

    ReplyDelete
  36. Viu ini sekarang dramanya banyak banget ya, bikin betah nonton di rumah

    ReplyDelete
  37. aku belum nonton ketiga drama ini, nih, mbak. Malah yang dramanya Uee itu aku baru dengar judulnya. heu. Memang drakor ini selalu menarik ya untuk dikuliti sosok pemeran utamanya

    ReplyDelete
  38. Belakangn aku lagi suka nonton drakor. Tapi memang belum hapal nama-nama pemeran dari Drakor yang ku tonton. WKwkw.

    Awal mula aku download Viu tahun 2017 dan itu suami yang kasih ide. Mungkin supaya istriny ada hiburan nonton kali ya.

    ReplyDelete
  39. Aku belum download aplikasi VIU ini mbak, tapi ntar pengen nyoba download dan langganan karena pengen nonton beberapa drakor yang udah kulist judulnya

    ReplyDelete
  40. wah ternyata bagus drakor diatas belum ada yg saya tonton, krn biasanya saya nonton drakor itu lihat aktor/akteis dan jalan cerita. Aku juga langgan Viu oke buat jadwal marathon mingdep

    ReplyDelete
  41. Masih maraton nonton yang lain di Viu ambuuuu. Tertarik sama salah saru rekomendasi ambu di sini. Aku juga suka nonton drakor karena banyak kata-kata yang menginspirasi.

    ReplyDelete
  42. Yoi, bayar 15K per bulan mah murah atuh, nonton drakor di Viu bisa me time bingits yach mbak Maria hehehe :) Berarti Penthouse ada juga ga? Aku terakhir nonton drakor doeloe Endless Love, trus tau2 Penthouse ini ga sengaja aku jadi suka, anak sulungku juga ikutan hahaha :) Coba download ah :)

    ReplyDelete
  43. Dari tiga drakor ini baru Miss Hammurabi yang pernah saya tonton. Bagus. Suka sama acting Go Ara dan mata juga gag sepet lihat lawan mainnya, uhuk uhuk.

    ReplyDelete
  44. Saya belum nonton ketiha drakor itu Ambu namun saya cenderung ingin nonton yg mengenai hakim perempuan. Yang pasti menjadi hakim itu tidak mudah ya dalam aplikasinya. Kalau secara teori kan berbuat adil merupakan keniscayaan seorang hakim.

    ReplyDelete
  45. Duh, saya belum nonton ketiga drama di atas. Padahal drakor yang ga boleh dilewatkan ya. Benar banget, nonton harus secara legal. 15K per bulan dengan beragam tontonan serta kualitas yang kece punya, harus itu. Simpan aplikasinya di ponsel ahh.

    ReplyDelete
  46. Aku belum nonton ketiga-tiganya. Pertama, karena kurang suka sama Go Ara, yg kedua karena episodenya kepanjangan, yang Kom Bok Jo karena masih dalam antrian hehe

    ReplyDelete
  47. Aplikasi viu memang banyak drakor2 yang kisahnya keren2 dan syarat pesan moralnya. Dari 3 tokoh inspiratif drakor di atas, saya lebih suka kisah Kim Bok Joo yang kayaknya serba salah ya, pingin langsing versi dia bertentangan dengan versi tuntutan gizi saat di pelatnasnya. Tapi ending kisahnya menarik karena bisa meraih emas di kejuaraan yang diikutinya.

    ReplyDelete
  48. Drama Korea ternyata ada yang sampai lebih dari 100 episode juga, ya. Saya kirain semuanya gak lebih dari 30an. Tetapi, kalau seru sih pasti akan terus ditonton. Viu gudangnya drakor

    ReplyDelete
  49. Wah, kayaknya harus nonton my only one, nih. Soalnya tinggal drakor ini saja yang belum saya tonton dari ketiga drakor di atas. Sempat mau nonton tapi masih saya tunda-tunda. Membaca review mbak Maria, kayaknya harus pakai jadwal maraton lagi ini, hehehe

    ReplyDelete
  50. Senang jika aplikasi VIU membantu pengguna memanfaatkan untuk hiburan, sinyal di sekita rumah kurang bersahabat. VIU rekomendasi untuk pengguna

    ReplyDelete
  51. VIU emang mantab jiwa!
    Drakor yg tayang di sana bagussss banget
    Sukaakk ama VIU

    ReplyDelete
  52. Huaa murah banget VIU kalau Rp 15.000 per bulan
    Ini bisa diakses via laptop juga kan ya?
    Terus selain drama korea, ada film lain gak Ambu?
    Soalnya sering suka nonton yang film-film animasi gitu ...

    ReplyDelete
  53. Aku belum nonton dong 3 drama di atas, nggak tahu kenapa bisa terlewat. Tapi bisa nih jadi rekomendasi setelah ini. Cusss nonton lagi

    ReplyDelete
  54. aplikasi viu memang sangat membantu kita untuk menonton drakor apalagi banyak keuntungan yang didapat seperti fiturnya lengkap dan selalu up to date

    ReplyDelete
  55. Saya selalu terkesan dengan drama/film yang mengisahkan kekuatan mental perempuan. Selain rasa bangga, drama/film seperti ini mendorong kita, kaum perempuan, untuk kuat tegak berdiri dalam kondisi apapun. Apalagi untuk mereka yang menjadi pemimpin atau memiliki posisi strategis sebagai seorang problem solver dan decision maker.

    Saya juga berlangganan VIU Mbak Maria. Gambarnya selalu jernih dengan subtitle yang jelas dan enak dibaca.

    ReplyDelete
  56. Keren nih! Masuk daftar tontonan bulan ini. Hihiy

    ReplyDelete
  57. Ketiganya tokoh nya sangat menginspirasi... Tapi yg pertama ingin saya tonton kayaknya yg Kim Bok Jo, seperti nya unik dan rumit kisah tentang perang batin nya antara mengikuti kata hati dan profesionalitas.

    Nice share Mbak..

    ReplyDelete
  58. Di antara 3 sosok dalam drama yang disebutkan, aku paling suka hakim Park Cha O Reum. Inspirasinya dari ketegasan dan keberanian yang dimilikinya. Aku tuh ya ambu, paling suka dengan perempuan-perempuan yang berani bersuara atas ketidakadilan, kesalahan yang disembunyikan, kebenaran yang disalahgunakan, semacam itu... Aku sudah simpan Ms Hammurabi di VIU dalam daftar tonton. Kalau drama yang sedang aku tonton saat ini kelar, au nonton yang itu. Tfs ambu untuk ulasannya yang selalu menarik.

    ReplyDelete
  59. aku dari dulu langganan viu mbak
    dan emang tempat paling bagus buat nonton drakor ya mbak
    streaming idolaku

    ReplyDelete
  60. Sebagai orang yang bukan penggemar drama korea saya penasaran lho sama jalan cerita di film dari para tokoh wanita inspiratif ini. Sepertinya harus menyisihkan waktu untuk melihatnya agar bisa menginspirasi seperti mereka

    ReplyDelete
  61. Ketauan banget ya aku bukan penggemar drakor, ga tau nama-nama yang disebutkan, apalagi nama drakornya hehee Tapi aku pernah langganan Viu, emang koleksi drakornya buanyak banget. Wajib langganan untuk penggemar drakor

    ReplyDelete
  62. Diantara ketiga kdrama yg disebut aku pribadi cukup mengena di Weightlifting Fairy Kim Book Joo. Sosok perempuan tangguh yang juga unik selain itu
    chemistry pemain antara Lee Sung Kyung dan Nam Joo Hyuk benar-benar terbangun sempurna

    ReplyDelete
  63. Kayaknya yang belum aku tonton adalah yang KIM doran deh. kalo yang dua lagi udah nonton. Sekarang asik banget ya udah ada VIU. nontonnya jadi lebih gampang dan pastinya sudah terupdate dengan drama-drama terbaru juga ya

    ReplyDelete
  64. Belum kutonton semua ini dramanya mba, yang Kim Book Joo belum selesai kutonton seru sih gokil

    ReplyDelete