Hyena, Tentang Kisah Cinta Tom and Jerry



Hyena (Drama Korea) Tentang Cinta Tom & Jerry

 Tom & Jerry, pasti familier dengan kisah mereka bukan?

Tom, si kucing selalu berantem dengan Jerry, si tikus. Tapi keduanya saling membutuhkan. Walau berulangkali Jerry ngerjain Tom, hubungan keduanya selalu kembali mesra. 

Mirip banget dengan kisah Jung Geum Ja dan Yoon Hee Jae dalam drama Korea “Hyena”. Kedua pengacara ini hobby berantem dalam memenangkan kasus. Saling senggol jutek di kantor. Serta saling melempar kalimat sarkasme.

Sekaligus gigih dan tajam dalam mengerjakan kasus. Tak ada kasus yang tak dimenangkan oleh mereka, bahkan saat Dewi Fortuna tak memihak. Mungkin ini yang menjadi penyebab, drama diberi judul “Hyena”.

Tujuannya untuk memadukan dunia hukum yang terkesan dingin, angkuh dan gelap, menjadi lebih menyenangkan untuk ditonton. Bahkan saling sikut diantara kedua pengacara tetap bisa mengundang ketawa geli.

Sebetulnya bukan kali ini saja Korea membuat drama yang berkisah tentang lawyer secara kocak. Diantaranya adalah drama Korea “Legal High”. Sayang kurang berhasil. Terlihat dari perolehan rating yang hanya kisaran 2,5 % -3,7 %.


Baca juga: Legal High, Kala Pelaku Hukum Berparodi

Sungguh berbeda dengan drama Korea “Hyena”. Sejak awal sudah menarik minat penonton Korea dengan raihan rating 7,9 % dan ditutup episode akhir 16,5 %. Wow pisan bukan?

Nggak heran Ju Ji Hoon, pemeran utama “Hyena” diganjar penghargaan Best Actor pada 2020 SBS Drama Awards. Serta mendapat nominasi Best Actor di 56th Baeksang Art Awards, June 5, 2020

Ju Ji Hoon emang nggak pernah mengecewakan penggemarnya. Aktor yang pernah tersandung kasus narkoba ini selalu all out. Sebagai putra mahkota di serial “Kingdom”, paman yang sangat menyayangi keponakannya dalam “Item. Serta seorang lawyer dalam “Hyena”, yang bikin penonton terbaper-baper saat Ju Ji Hoon mempertontonkan tubuh berototnya di episode awal, dan cinta matinya pada Jung Geum Ja.

Baca juga: Item, Akibat Dendam Pada Ayah Kandung


Kim Hye-Soo sebagai Jung Geum Ja

“Aku hanya tahu, mempelajari hukum akan melindungiku”

Berlatar belakang suram, Jung Geum Ja merupakan gadis yatim piatu yang kenyang disiksa ayah angkatnya. Malah dia menyaksikan ibu angkatnya tewas akibat KDRT.

Beruntung Geum Ja bersahabat dengan Park Joo Ho, seorang anak laki-laki yang membantunya bebas dari cengkraman sang ayah.

Sesudah dewasa, Jung Geum Ja bertekad menjadi orang kaya melalui profesi pengacara.Ternyata tak mudah. Dia harus mulai dari pengacara kelas teri dengan kantor kumuh. Kebanyakan clientnya adalah tukang pukul dan preman pasar.

Pintu keberuntungan datang sewaktu seorang istri pengusaha kaya minta bantuannya, mengurus perceraian dan memenangkan hak asuh anak.

Kesempatan yang harus dipergunakan sebaik mungkin, walau lawannya pengacara kondang dari Song & Kim Law Firm. Kali ini Jung Geum Ja tidak bisa sekadar mengandalkan kecerdasannya.

Jung Geum Ja harus bermain lick. Membuat Yoon Hee Jae, pengacara lawan, jatuh hati padanya dan Geum Ja memperoleh informasi yang dibutuhkan.



Ju Ji-Hoon sebagai Yoon Hee Jae    

Pengacara berdarah biru yang menjadi andalan Song & Kim Law Firm. Kakek dan ayah Yoon Hee Jae menjabat Ketua Mahkamah Agung. Sedangkan kakak laki-lakinya menduduki jabatan hakim kepala.

Berulangkali memenangkan kasus, Hee Jae dipukul telak oleh Jung Geum Ja dalam perebutan hak waris anak. Dia tak menyadari masuk perangkap Geum Ja yang bermaksud mencuri info clientnya.

Namun Hee Jae tulus mencintai Geum Ja. Walau kemudian Geum Ja bergabung dengan Song & Kim Law Firm, dan menjadi saingan dalam memenangkan client, Hee Jae tidak bisa membenci Geum Ja. Terlebih setelah dia tahu masa lalu Geum Ja yang kelam



Sinopsis Hyena (Drama Korea 2020)

Saat mengerjakan kasus pidana

Kebenaran hanya dibongkar melalui bukti

Bukan dari pendapat orang

Kerap memenangkan pertarungan, Song Pil Joong, pendiri Song & Kim Law Firm menyadari kekuasaan yang dimilikinya. Melalui layanan (bantuan hukum) firmanya, para pelaku usaha bertekuk lutut dan mau menggelontorkan uang dalam jumlah besar.

Song Pil Joong tidak hanya menggunakan uang tersebut untuk operasional Song & Kim Law Firm juga untuk menempatkan pejabat pada kedudukan tertentu, termasuk kursi presiden.

Agar ambisinya berhasil, Song Pil Joong tak segan mematikan langkah istrinya, anak founder Song & Kim Law Firm lainnya, hingga koma selama 15 tahun. 

Bagi Song Pil Joong, semua hanya pion. Termasuk ayah Yoon Hee Jae, sahabatnya selama puluhan tahun. Song Pil Joong mengatur ayah Yoon Hee Jae agar menduduki kursi ketua Mahkamah Agung, sedangkan Yoon Hee Jae sebagai rekanan di firmanya. 

Semua tampak lancar, sampai Kim Min Joo, adik iparnya, datang dari luar negeri dengan Kevin Jung, pemilik perusahaan investasi yang kekayaannya masuk dalam 5 besar dunia.
Kevin Jung ingin melebarkan sayap di Korea dengan membeli beberapa perusahaan. 

Bersama Kim Min Joo, Kevin memasang jerat agar perusahaan yang diincarnya mengalami masalah, sahamnya jatuh, baru kemudian dibelinya. 

Merasa terancam sekaligus melihat peluang pundi-pundi uang yang lebih banyak,  Song Pil Joong menjegal langkah Kim Min Joo dengan memecatnya dan memberi Kevin Jung penawaran yang lebih menguntungkan. 

Walau langkah ini berarti mengorbankan ayah Yoon Hee Jae, sahabatnya serta serangkaian cara licik yang memuluskan rencananya. 

Tentu saja Yoon Hee Jae tidak tinggal diam. Tekanan Song Pil Joong membuat ayahnya depresi dan mencoba bunuh diri. Sia-sia Yoon Hee Jae melawan, dia malah ikut didepak dari Song Pil Joong.

Bersama Yoon Hee Jae, pengacara lain yang ikut dipecat adalah Jung Geum Ja, sosok yang pernah mengelabuhinya sekaligus dicintai Yoon Hee Jae. Jung Geum Ja dikeluarkan dari firma karena berani melawan Song Pil Joong.

Berlawanan dengan Yoon Hee Jae, Jung Geum Ja terbiasa mengalami siksaan dan penderitaan, pengalaman hidup yang membuat Jung Geum Ja menjadi ulet dan cerdik.  Dua keunggulan yang tak dimiliki Yoon Hee Jae, si darah biru.


Review Hyena (Korean Drama 2020)

Jangan menyalahkan diri sendiri
Kau tidak dapat mengubah apa yang sudah terjadi
Fokuslah pada apa yang kau kerjakan
Dan apa yang harus kau lakukan mulai dari sekarang 

Bertaburan quote, drama Korea “Hyena” juga membagikan ilmu  “gaslighting” atau memanipulasi lawan bicara, sehingga dia bisa mengontrol dan membuat korbannya tidak percaya pada diri sendiri.

Tapi yang membuat drama Hyena recommended banget buat ditonton adalah plotnya, duh rapi banget. Walau sempat bikin mengernyit di episode awal, episode berikutnya lebih cair dan akhirnya gregetan pada pasangan Jung Geum Ja (Kim Hye-Soo) dan Yoon Hee Jae (Ju Ji-Hoon). 

Sebagai aktris perempuan berusia 50 tahun (kelahiran 1970), Kim Hye Soo bisa mengimbangi Ju Ji Hoo yang “baru” 38 tahun. Dikisahkan usia keduanya beda 4 tahun, padahal faktanya …. πŸ˜€πŸ˜€ ….. sungguh umur hanya sekadar angka.

Plot yang rapi, nyaris nggak menemukan bolong, terasa padat dengan 16 episode. Ada beberapa adegan romantis yang  lebay antara teman perempuan Jung Geum Ja dan pengacara Ga Gi Hyeok, tapi nggak terlalu mengganggu. Nampaknya jika dibuat drama Cina, bakal jadi 40 episode πŸ˜€πŸ˜€

Visualisasinya juga memanjakan mata. Dunia hukum yang konvensional dan terkesan gelap  ditampilkan dalam cahaya remang perkantoran dan ruang sidang. Namun kemudian muncul Jung Geum Ja dengan tampilan keren, berkaca mata hitam dan coat yang chic.

Terlebih saat mendatangi kantor rentenir untuk membantu kawannya. Keseluruhan adegan, mulai busana, cara menggertak lawan, wow bikin terpesona dan ngerewind adegannya, 

Walau bukan kali ini  Kim Hye Soo bergaya demikian. Dalam drama Dr Romantic dan Signal, aktris gaek ini meninggalkan kesan di hati penonton dengan rambut pendek, mata bulat dan bibir penuhnya. 

Bagaimana dengan Ju Ji-Hoon? Seperti telah disebutkan di atas, akting kerennya diganjar penghargaan. Kegantengannya juga bikin banyak perempuan jadi bucinnya. Sayang di episode akhir dia pakai stelan kotak-kotak dan sepatu oranye yang nggak banget.

Bikin illfeel dan batal falling in love. πŸ˜€πŸ˜€



ProfileDrama: Hyena
Revised romanization: Haiena
Hangul: ν•˜μ΄μ—λ‚˜
Director: Jang Tae-Yoo
Writer: Kim Roo-Ri
Network: SBS
Episodes: 16
Release Date: February 21 - April 11, 2020
Runtime: Friday & Saturday 22:00
Language: Korean
Country: South Korea


10 comments

  1. Hyena, Tentang Kisah Cinta Tom and Jerry klo di Indonesia mirip kisah siapa ya di ceritanya...menarik

    ReplyDelete
  2. Duhhh kok jadi gemes baca reviewnya mba. Ngebayangin mereka yang seperti Tom and Jerry, tapi saling jatuh cinta. Ehem ehem deh😍😍

    ReplyDelete
  3. Wahh, noona dan dongsaeng inii, usia matang tapi tetep menawan dan performanya super paripurna
    AKu mau nonton, ahh
    ternyata se-MENARIK ini yhaaa jalan ceritanya

    ReplyDelete
  4. Ketawa aku baca baris terakhir, pake stelan kotak-kotak dan sepatu oren. Mungkin pihak sponsor yang meminta dia pake outfit tersebut, dianya juga nggak bisa nolak hehe.

    ReplyDelete
  5. Plot yang rapi, pemain dramanya yang keren dan banyak meraih penghargaan, tentu membuat film ini makin laris ya. 16 episode mah ga banyak hihihi.

    ReplyDelete
  6. Reviewnya lengkap banget Ambu. Jadi kebawa membayangkan perseteruan bisnis dan intrik². Bbrp hal aku msh hrs meng-ingat² nama aktor/aktrisnya. Mana lawan siapa...

    ReplyDelete
  7. Belom liat trailernya, sempet baca reviewnya tapi blom banyak. Awalny Aku ngira drama ini temanya bakalan berat banget apalagi terkait hukum.
    Tapi, dari penuturan Ambu di post ini, dgn plot yang rapi dan ada sedikit humor (dgn karakter umpama Tom & Jerry) jadi bikin penasaran sih

    ReplyDelete
  8. Kebayang ga sih Ambu kalo the gorgeous Song Hye Kyo dulu jadi ambil peran Geum JaπŸ™ˆ bakalan kurang power karakter dia yang πŸ•΅strong itu.

    ReplyDelete
  9. wah seru sepertinya ini mbak
    emang kadang gitu ya, kesannya g pernah akur tapi sebenarnya saling sayang, benci tapi cinta

    ReplyDelete
  10. Wuah keren nih. Kebetulan saya juga suka drama yang bergenre seperti ini. Seru-seru sedap gimana gitu. Selain ceritanya menarik, pemerannya pun juga cakep-cakep. Cocoklah nih dimasukkan ke dalam list drama yang bakalan di tonton tahun ini.

    ReplyDelete