Resep Ayam Goreng Lengkuas yang Maknyus, Warisan Ibunda

 
sumber: Maria G Soemitro
Resep Ayam Goreng Lengkuas yang Maknyus, Warisan Ibunda

Harum ayam goreng lengkuas yang tengah dimasak, semerbak memenuhi rumah. Berkelindan aroma lengkuas, sereh, cabai, bawang dan ayam. Hmmm …. Yummy.

Padahal ayamnya belum digoreng, lho. Masih dalam proses pengempukan (diungkep) di wajan. Kebayang kan hasil akhirnya? Warna keemasan ayam berpadu dengan rempah yang kaya rasa walau tanpa MSG. 😋😋

Almarhum ibunda yang mengenalkan saya pada ayam bumbu rempah lengkuas. Sebelumnya ya hanya bumbu kuning biasa, hasil melihat-lihat aktivitas ibunda di dapur.

Hihihi nakal ya? Bukannya bantuin, malah cuma ngelihatin,  trus kala ibu lengah, motelin ayam yang sudah digoreng. Hehehe ….. enak lho.

Nggak tahu kenapa, sewaktu masih kecil dan gadis,  saya kok nggak suka masak di dapur. Lebih memilih bikin kue dan minuman. Penyebabnya mungkin ibu tuh galak. Males kan dimarahin?

Sesudah berumah tangga, baru deh kelabakan bikin masakan sendiri. Di zaman belum ada gadget dan internet, ini periode yang lumayan horor. Untung semasa gadis saya berlangganan majalah “Gadis”, dilanjutkan “Femina” yang banyak resep masakan mudahnya.

Sehingga saya bisa mengungkep ayam dan membuat oseng/tumis sayuran. Andalan nih. Tiap hari menu berbeda seputar oseng kangkung, oseng buncis, oseng sawi. Pembeda terletak pada campuran oseng. Hari ini campur dengan bakso, besok sosis, besoknya lagi ayam cincang.

Semua cocok dengan ayam goreng kan?

Sesudah ibu kerap ke Bandung (ibunda berdomisili di Sukabumi), barulah saya mendapat  warisan“ilmu” membuat ayam goreng lengkuas.

Di Sukabumi ibu memiliki usaha catering, tepatnya sesudah saya kuliah di Bandung. Sehingga ibu membutuhkan banyak referensi masakan. Karena passionnya memasak, dengan cepat ibu trampil dengan beragam resep masakan baru.

Sebagian diturunkan, sebagian lagi terlupa, hanya ibunda yang tahu.

dok. Maria G Soemitro

Kelebihan  Ayam Goreng Lengkuas

Zaman sekarang bikin ayam goreng tuh gampang banget. Beli aja bumbu siap pakai sachetan, di warungpun ada. Kemudian masak  ayam dengan bumbu tersebut hingga air ayam habis. Goreng deh.

Namun ada yang luput dari perhatian. Hampir semua bumbu siap pakai menggunakan MSG didalamnya. Bukan tanpa sebab. Konsumen sendiri yang menghendaki. Konsumen merasa masakan baru mantap rasanya jika dibubuhi MSG.

Nggak heran kaldu ayam/kaldu sapi yang beredar dipasaran mengandung MSG. Lha produsen memilih mengikuti selera pasar dong ya? Prinsip dagang kan seperti itu. Menyediakan produk yang diinginkan konsumen, bukan sekedar dibutuhkan konsumen.

Konsumen Indonesia addict terhadap MSG. Addict atau kecanduan MSG disebabkan sejak kecil terbiasa mengonsumsi MSG. Semakin dewasa kebutuhan MSG semakin banyak.

Gimana menanggulanginya?

Banyak ibu rumah tangga mengganti MSG dengan gula pasir. Asal ngga kebanyakan ya? Ntar malah addict gula.

Cara lainnya dengan menggunakan banyak rempah, untuk menetralkan kerja/kebiasaan lidah sebagai organ pengecap.

Ayam goreng rempah lengkuas bisa menjadi salah satu alternatif.  Racikan ayam yang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatera Barat ini, di daerah asalnya lebih dikenal dengan sebutan ayam langkueh.

Seperti diketahui resep masakan Padang/Minang yang asli tidak menggunakan MSG, karena rasa rempahnya sudah cukup kaya.

Ayam langkueh menyebar hingga ke pulau Jawa sesudah pemilik resepnya membuka banyak gerai. Bahkan konon, racikan ayam goreng kremes terinspirasi dari ayam goreng lengkuas.

Iya juga sih, bumbu ayam goreng kremes plek sama dengan ayam goreng lengkuas. Hanya komposisi lengkuas dan sereh yang dikurangi. Bumbu ayam ungkep inilah yang menjadi bumbu dasar kremesan. Ditambah air, tepung beras, tepung tapioka, baking soda dan keahlian membuat kremesan yang cantik. (Hihihi …. Saya masih gagal bikin kremesan).

Maria G Soemitro

5 Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan

Karena bisa digunakan sebagai bumbu ayam yang gurih, saya penasaran, ingin tahu manfaatnya. Ternyata banyak banget.

Apa saja? Ini dia:

(sumber: healthline.com)

  1. Menyembuhkan Asma. Lengkuas memiliki sifat antiinflamasi sehingga berpotensi mengobati penyakit asma. Paska mengonsumsi lengkuas, bronkiolus akan melebar, keluhan asma berkurang.
  2. Mencegah Kanker dan Tumor. Kandungan zat antioksidan dan anti-inflamasi yang dimiliki lengkuas  mampu menurunkan kerusakan DNA akibat radikal bebas. Bahkan beberapa peneliti  menemukan bahwa lengkuas memiliki sifat melawan kanker, khususnya penyakit kanker payudara dan paru-paru.
  3. Meningkatkan Kesuburan Pria. Lengkuas menjadi solusi bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan. Karena lengkuas mampu meningkatkan 3 kali lipat  jumlah sperma, kemampuan gerak dan kesehatan sperma. (Hasil penelitian yang diterbitkan Iranian Journal of Reproductive Medicine tahun 2014).
  4. Menurunkan Kolesterol. Para ilmuwan China menemukan bahwa ekstrak lengkuas dapat melawan sintase asam lemak dengan bantuan flavonoidnya seperti kaempferol dan quercetin. Efeknya kadar kolesterol akan menurun. Penelitian lain dilakukan ilmuwan Korea yang membuktikan ekstrak lengkuas ini efektif untuk mengurangi kolesterol dan Trigliserida.
  5. Mengurangi peradangan dan nyeri. Lengkuas mengandung HMP, suatu fitokimia yang berkhasiat anti-inflamasi yang kuat. Tidak hanya lengkuas, tanaman dari keluarga Zingiberaceae memiliki manfaat  mengurangi rasa sakit, gejala peradangan yang umum terjadi.
  6. Perlindungan terhadap infeksi. Minyak atsiri yang diekstrak dari akar lengkuas dapat melawan berbagai mikroorganisme. Menambahkan akar lengkuas segar ke dalam resep Anda dapat mengurangi risiko vibriosis, infeksi yang disebabkan oleh makan kerang yang kurang matang.
  7. Mengawetkan makanan. Akar lengkuas efektif membunuh bakteri berbahaya, termasuk E. coli, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella Typhi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa akar lengkuas dapat melindungi terhadap jamur, ragi, dan parasit.

Dan yang pasti lengkuas muda rasanya enak banget lho. Berpadu dengan serai/sereh, bawang merah, bawang putih, kemiri dan ketumbar, rasanya pecah di mulut.

Nggak perlu perasa seperti micin dan kaldu-kalduan termasuk kaldu jamur, karena akan merusak rasa alami ayam berbumbu rempah. Suer deh.

Maria G Soemitro

Resep Ayam Bumbu Lengkuas Warisan Ibunda

“Bawang putihnya harus banyak,  bawang merah setengahnya aja, karena rasanya asem”, kata ibunda yang masih terngiang hingga kini.

Komposisi  lengkuas dan sereh/serai yang dipakai ibunda juga banyak banget,  agar bumbunya harum dan sedap.

Tips lainnya, sebelum memblender bumbu, ibunda menyanggrai dulu (bisa juga ditumis dengan sedikit minyak):  bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri dan ketumbar agar bumbu tidak terasa pahang (mentah). Proses menumis juga akan menyingkat waktu menumis keseluruhan bumbu blender.

Untuk pemilihan ayam, ibunda kerap menggunakan ayam kampung atau ayam pejantan.  Karena harganya lebih mahal dan  proses memasak lebih lama, saya biasa membeli ayam broiler,  dipotong menjadi 10 bagian.

Resep Ayam Goreng Lengkuas

Bahan dan bumbu:

  • 1 ekor ayam, potong sesuai selera,  lumuri garam dan jeruk nipis
  • 500 ml - 1 liter  air untuk merebus

Bumbu dihaluskan:

  • 10 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2-5 cabai merah,  buang biji (sesuai selera)
  • 5 cabai rawit (boleh diskip)
  • 200 – 250 gram  lengkuas /laos /laja muda
  • 2 ruas jahe
  • 5 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  • 2ruas kunyit
  • 1 sdm ketumbar
  • 5 buah kemiri
  • 3 lembar daun salam
  • 1 sdm garam 

Cara membuat :

  1. Lumuri  ayam dengan garam dan air jeruk nipis. Remas-remas,  diamkan 20 menit. Cuci ayam hingga bersih dan tiriskan
  2. Tumis bawang merah,  bawang putih,  kunyit,  kemiri dan ketumbar hingga harum. Angkat. Haluskan bersama sisa bumbu (cabai,  jahe, sereh,  lengkuas) 
  3. Masak bumbu halus hingga mendidih. Masukkan ayam, air dan daun salam. 
  4. Masak ayam dengan api kecil sambil sesekali diaduk agar tidak gosong.
  5. Matikan api jika ayam telah empuk dan air ayam habis
  6. Goreng ayam dengan api sedang. Atau bisa langsung disantap sebagai lauk.

 


14 comments

  1. Ayam goreng lengkuas memang juara sedapnya. Hebat sekali bisa mengolah lengkuas yang "pedas" menjadi keremesan lezat saat dimakan. Bumbunya meresap dalam ayam dan mebuat ayamnya lezat. Nyontek resepnya ya Mbak, makasih

    ReplyDelete
  2. istriku juga sering masak ini mb, anak saya seneng banget sama goreng lengkuasnya katanya enak gitu kalau saya tetep pada ayamnya

    ReplyDelete
  3. Ya ampuun iya ya ada resep ayam goreng lengkuas. Sempat kehabisan ide mau masak ayam diapakan padahal pernah bikin yang resep ini. Terima kasih udah mengingatkan Mbak.

    ReplyDelete
  4. Ibuku juga suka masak ayam goreng lengkoas, jadi kangen ibu 😭😭😭

    ReplyDelete
  5. aku juga suka bikin ayam lengkuas ini mba... anak2 suka bumbu lengkuasnya yg kering itu..kadang suka digadoin..baru tahu lho klo khasiatnya banyak gt

    ReplyDelete
  6. ayam goreng kalasan ini kalau di medan namanya mbak, pakai lengkuas. resepnya boleh deh saya catat. semagai anak bujang yg sering masak, ga pernah ketemu resep yang pas untuk ayam goreng lengkuas di aplikasi.Nanti resepnya akan saya coba.

    ReplyDelete
  7. Duh aku jadi ngebayangin aroma Ayam lengkuas nya nih mba, dimakan bareng nasi putih yg masih anget, sambel, sayur asem, dan kerupuk hehe jadi makin mantap ;) Juwarak nih si ayam lengkuas hehe ;)

    ReplyDelete
  8. Samaaa Ambu aku juga sukanya bikin kue daripada masak berat hehe. Tapi aku suka Ayan gorengan lebgkuas. Berasa sekali rempahnya

    ReplyDelete
  9. Ayam goreng lengkuas termasuk olahan ayam favorit saya. Saya biasanya suka rempahnya yang banyak. Tanpa ayamnya hanya menggunakan gorengan rempah sudah nikmat buat lauk nasi hangat

    ReplyDelete
  10. Aku pernah nyobain Ayam Goreng pakai Lengkuas pas di Jogja mbak dan aslik enak banget hehe. Ah pas masak ini aku ngak dikasih tau sih, kan aku mau mampir bawa nasi dari rumah ehhe

    ReplyDelete
  11. Setiap masakan yang mengandung lengkuas biasanya aromanya harum saat dimasak. Dan baru tahu juga kalau lengkuas ternyata bisa mengobati asma. Makasih ya Mbak infonya

    ReplyDelete
  12. Di kampungjkampung suka masak menggunakan lengkuas. Aromanya lebih harum dan cita rasanya jadi gurih. Apalagi ayam goreng. Jadi rindu kampung

    ReplyDelete
  13. Saya tuh suka banget lauk ayam goreng lengkuas gini. Soalnya bumbunya berasa banget. Meski ayamnya cuma sepotong, bisa tambah nasi berkali-kali tuh kalau bumbunya dibanyakin. Hahahah.

    ReplyDelete
  14. Keluargaku suka banget nih ayam goreng lengkuas.apalagi anakku yang kecil. Ampe buat ngemil2 deh hehee.. sayangnya aku belum bisa bikin yang enak. Selalu beli. Eh ini ada Resep nya. Terimakasih mba. Aku mau eksekusi nih biar anakku makin lahap makannya masakan mamanya sendiri heheehe

    ReplyDelete