Berbagi Rahasia Mandi Putri Keraton Bersama Vitalis Body Wash

sumber: shutterstock.com

Cantik itu relatif. Tapi orang cantik haruslah berkulit sehat, bersih, dan terhidrasi. Bukan yang kusam terlebih bau karena malas mandi. Setuju?

Nggak heran, putri keraton menomor satukan kegiatan mandi, hingga banyak kerajaan di Indonesia membangun area pemandian khusus untuk para kaum perempuan. Salah satunya pemandian “Umbul Winangun” di kawasan Taman Sari  Yogyakarta.

Ingatan akan kegiatan mandi para putri keraton mendadak muncul  sewaktu mengetahui Putri Indonesia 2020 terpilih menggunakan Rr. di depan namanya, singkatan dari Raden Roro. Kebetulan saya juga memiliki  gelar kebangsawanan Jawa tersebut, berasal dari almarhum ayah saya yang masuk dalam pohon silsilah Hamengkubuwono II. 

Jauh banget ya?

Yups, karena sudah jauh, jika masih kerabat dekat gelarnya Raden Ayu, bisa juga BRA atau bendoro raden ayu. Gelar ini akan hilang jika keluarga tersebut tidak memiliki anak laki-laki. Karena hanya anak laki-laki yang membawa “trah”, silsilah kekerabatan.

Jadi walau ibu saya juga bergelar Rr, tapi tidak bisa mewariskannya. Demikian juga saya yang menikah dengan pria non bangsawan, anak-anak saya tidak bisa menggunakannya. Yang bisa meneruskan gelar tersebut hanya 3 adik laki-laki saya.

sumber: shutterstock.com

Edukasi Mandi di Awal Mestruasi

Anak perempuan dianggap sudah dewasa ketika mengalami haid untuk pertama kali. Dan seorang putri keraton harus menjalani serangkaian ritual. Salah satunya dimandikan para sesepuh dengan  air yang telah dicampur aneka bunga (saya lupa jumlahnya), kemudian tubuh dibersihkan hingga lipatan vagina.

Sebetulnya tujuan utama upacara ini adalah edukasi agar perempuan menjaga kebersihan tubuhnya. Sebagai mana diketahui keseimbangan PH vagina semasa menstruasi akan berubah. Akibatnya bakteri jahat dan jamur mudah berkembang.

Solusinya bukan menyemprot tubuh dengan parfum, melainkan mandi bersih dengan bunga-bunga yang harum. Selalu mengganti celana dalam dan pembalut. Serta tak lupa minum jamu pelancar darah. 

Edukasi berlanjut hingga perempuan menginjak jenjang pernikahan. Orang tua perempuan (ibu, eyang putri, bude dan bulik) biasanya berisik sekali mengingatkan mandi. Mereka nggak bisa ngelihat perempuan  mager belum mandi.

Mungkin mereka serasa melihat kotoran sedang wara wiri ya?🤣🤣

Namun keberisikan mereka berbuah manis. Saya terbiasa mandi 2 kali sehari, dan nggak bisa tidur tanpa mandi seperti yang banyak dilakukan orang lain. Walau hari sudah malam, bahkan dini hari, saya pasti mandi.

Sering terjadi saya pulang bepergian, dan sampai rumah di tengah malam, terkadang menjelang pukul 1 dini hari, pada saat itu saya harus mandi sebelum tidur.  Jika tidak, badan akan terasa gatal  dan bakal tidak bisa tidur. Bolak balik di atas ranjang tidur dengan gelisah.

Agar dapat tidur dengan nyenyak, paska mandi saya harus menggunakan pelembab. Tujuannya,  pori pori kulit yang terbuka dapat mengerjakan tugasnya selama saya tidur. Tidak lupa menyemprotkan parfum  beraroma segar, agar dapat terlelap. Tidur yang berkualitas menjadi jaminan kulit sehat dan bercahaya.


3 Varian Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

Beruntung saya bertemu Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash!

Mengapa? Karena di era milenial seperti sekarang mana bisa ngumpulin beragam bunga untuk mandi? Yang terakhir saya ingat eyang putri hanya mandi dengan rebusan daun sirih, ditambah kelopak mawar dan kantil yang banyak tumbuh di pekarangan.

Beda halnya dengan Vitalis Body Wash yang sudah komplit. Mengandung ekstrak bunga, buah, kayu serta aroma harum lain yang membuat penggunanya ngga perlu ribet lagi meracik wewangian, seperti yang harus dilakukan putri keraton.

Pastinya ingat Cleopatra yang menggunakan susu agar kulitnya halus lembut? Perempuan milenial cukup mandi dengan Vitalis Body Wash yang mengandung pelembab. Ngga pakai ribet, mahal dan nggak praktis.

Tidak seperti produk lain yang kerap  membuat  kulit tubuh kehilangan kelembaban sebanyak 2 kali. Pertama oleh air yang secara alami menghilangkan kelembaban tubuh. Yang kedua, disebabkan sabun dengan kandungan zat kimia terlalu keras. Sabun seperti ini membuat kulit menjadi kering, bersisik dan terasa gatal.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash justru merawat kulit dengan 3 manfaat sekaligus, yaitu membersihkan tubuh, melembabkan tubuh sekaligus memberi sentuhan parfum agar penggunanya merasa nyaman.

Vitalis bukan brand yang produknya baru saya coba. Sebelumnya saya pernah menggunakan Vitalis hand body lotion. Terakhir setia menyemprotkan Vitalis Body Scent yang memiliki 6 varian parfum yang digunakan sesuai kebutuhan, pagi hari saat menyambut hari baru, di siang hari tatkala badan capek dan muncul badmood, serta di malam hari yang romantis .

Sebagai brand yang telah malang melintang dengan produk pelembab dan parfum, ngga heran produk body washnya memiliki khasiat melembabkan, sekaligus keharuman yang elegan. Bukan wewangian yang bikin mual, melainkan aroma yang membuat pengalaman mandi menjadi menyenangkan.

Apa saja varian  produk  Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash?
Ada 3 varian, yaitu:


Soft Beauty. Kemasan purplenya langsung menawan hati saya. Begitu tutup flip top dibuka, tercium aroma segar Fruity Aldehydic, intro yang segar dan terasa ringan,  sebelum tiba pada keharuman Rose & Violet yang feminin, dan  diakhiri dengan manisnya Tonka Bean & Sandalwood yang premium. Membuat penggunanya merasa bersemangat dan aktif.

Soft Beauty memberikan manfaat Skin Nourishing, yaitu  kulit terasa halus, lembut dan terawat. Karena mengandung  ekstrak Avocado, pelembab alami dengan 3 antioksidan, yaitu: beta karoten, lesitin, asam linolenat, dan asam linoleat yang mampu melembapkan kulit  kering, bersisik, atau bahkan pecah-pecah.

Vitamin E juga terkandung dalam Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Soft Beauty,  yang menjadi primadona dunia kecantikan. Penyebabnya kandungan antioksidan vitamin E sangat tinggi,  membuat kulit ternutrisi, sehat dan  lembut.



White Glow. Sempat galau, mau coba mana dulu, Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash dengan kemasan pink ini menguarkan aroma Cherry & Raspberry, ketika tutup flip top dibuka. Keharuman yang disusul paduan manis Marshmallow & Gardenia yang lembut dan elegan, kemudian dibungkus dengan kombinasi aroma Woody & Suede yang glamour dan long lasting

Seri White Glow memberi manfaat Skin Brightening, yaitu kulit  terlihat lebih cerah,  terasa halus, dan lembut. Karena diperkaya ekstrak Licorice atau akar manis yang mengandung vitamin B5, B1, B3 dan vitamin E sehingga licorice akan menutrisi kulit agar tampak sehat dan cantik. Tak hanya itu, terdapat kandungan antioksidannya yang tinggi pada licorice, membuat kulit terlindungi  dari sinar UV yang membahayakan kulit

Seri White Glow juga mengandung  susu, larutan yang digunakan Cleopatra dalam  merawat kulitnya agar tampak bersih, cerah bersinar. Dan membuat Julius Caesar klepek-klepek.


Fresh Dazzle , varian dengan kemasan hijau mewah ini secara tak terduga memiliki keharuman top note Bergamot yang segar. Diikuti aroma klasik, feminin dan romantis dari Floral Bouquet, kemudian ditutup wangi Musk Amber yang menyegarkan, hangat, dan sensual.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle memberikan manfaat Skin Refreshing karena diperkaya ekstrak Yuzu Orange yang mengandung vitamin C dan zat antioksidan, yang berkhasiat melindungi kulit sekaligus memberi efek aromaterapi yang menenangkan.

Green Tea yang mengandung  konsentrasi antioksidan yang tinggi, juga ditambahkan pada Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle sehingga kulit terasa segar, halus  dan lembut

sumber: shutterstock.com

Mandi Parfum dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

Gimana rasanya mandi parfum dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash? Rasanya mewah banget. Parfum yang biasanya disemprot ke tubuh sekarang dalam bentuk busa memenuhi seluruh tubuh.

Sayang nggak punya bathtub, kalo ada pasti rasanya nyaman banget.
Tubuh yang telah seharian bekerja keras menjadi relaks dan lentur. 

Namun mandi dibawah pancuran juga bisa mendapat hasil maksimal kok. Berikut langkah mandi parfum yang saya lakukan:
  1. Saya memastikan mengatur suhu sebelum masuk ke bawah pancuran. Karena air yang terlalu panas akan merusak kulit.  Agar kulit terawat, saya membiasakan mandi dengan air dingin atau suam-suam kuku.
  2. Tuangkan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash secukupnya pada spons.
  3. Remas spons hingga Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash berbusa. Lakukan perlahan untuk mendapat busa maksimal.
  4. Gosoklah seluruh tubuh dan anggota badan dengan lembut serta secara menyeluruh. Jangan sampai ada yang terlewat.  Namun jangan menggosok terlalu keras, agar kulit tidak teriritasi. Rasakan sensasi keharuman mandi parfum mewah Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash. Sekalugus kelembaban yang menyertai.
  5. Setelah seluruh tubuh digosok dengan  Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash, bilaslah hingga bersih. Jangan lupakan lipatan serta area tubuh tertentu seperti belakang telinga dan leher bagian belakang.
  6. Gunakan handuk untuk mengeringkan tubuh dengan lembut.  Jangan menggosok, cukup ditepuk-tepuk, toh kulit tubuh sudah bersih. Di fase ini, tubuh tidak hanya harum juga lembab karena Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash mengandung pelembab yang membuat kulit terasa kenyal, segar dan lembut.

sumber: skinwellness.com

Karena Tubuh Adalah Aset Berharga

Mandi merupakan proses merawat badan. Badan yang kita gunakan selama 24 jam membutuhkan jeda, agar kotoran kulit  tubuh luruh, pori-pori yang terbuka ternutrisi dan otot serta saraf merasa relaks.

Karena itu jangan mandi  asal-asalan. Gebyar gebyur, kemudian selesai. Seolah-olah mandi adalah ritual yang terpaksa dilakukan. Melupakan bahwa tubuh membutuhkan imbalan, salah satunya dengan mandi secara benar.

Mandi menjadi saat memanjakan tubuh atas jasanya. Jasa tubuh yang telah menjaga manusia dari panas, dingin dan berbagai paparan abad milenial seperti polutan, sinar UV dan gangguan lainnya.

Jadi sudah selayaknya memilih produk perawatan yang mengerti kebutuhan tubuh seperti Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash. Silakan klik Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk perawatan tubuh dan parfum Vitalis.

Ingin merawat tubuh dengan sensasi mandi mandi putri keraton?  Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash dengan mudah dapat dibeli via e-commerce atau layanan GrabFresh, yang sudah saya intip harganya di Giant, dan ternyata sedang promo.


Hayuk buruan .... 𝨾𝨾


37 comments

  1. Kak Maria, aku juga udah cobain sabun Vitalis ini, enak wanginya tahan lama terus ga bikin kulit kering juga lagi.

    ReplyDelete
  2. wah emang bener nih mandi parfum pakai vitalis itu menenangkan banget. bisa jadi ya putri keraton juga mandi wanginya mirip-mirip vitalis gini. wah serulah mandi pakai vitalis tuh.

    ReplyDelete
  3. Bener ambu, sehat itu relatif tapi kulit harus tetap sehat, bersih dan terhidrasi. Nah aku pake varian white glow, cocok banget buat kulitku.

    ReplyDelete
  4. Vitalis wanginya sepanjang hari, yang paling aku suka varian vitalis itu banyak loh ... !!! Jadi kita bisa pilih mana wangi yg paling kita sukai

    ReplyDelete
  5. Aku udah nyoba semua sabunnya dan favoritku yg fresh Dazzle! Wanginya seger banget dan bikin semangat memulai aktivitas

    ReplyDelete
  6. Aku juga kebayang punya bathtub sendiri dan mandi pakai ini hehehe. Pasti enak dan relaxing banget yaaa :))

    ReplyDelete
  7. Perawatan tubuh saat ini sudah bisa dikerjakan dirumah ya, tentunya dengan body wash keharuman vitalis

    ReplyDelete
  8. Wah, sama kayak aku, kalau mau tidur belum mandi tuh ga betah rasanya! Aku juga suka sama si Vitalis ini, nyaman banget dipake nya!

    ReplyDelete
  9. Berarti lebih praktis ya untuk mendapatkan keharuman dari mandi dengan sabun vitalis ini. Saya jadi penasaran berasa pengen juga bisa menikmati sensasi mandi dengan sabun yang harumnya semerbak parfum

    ReplyDelete
  10. Kalau udah pake Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash nggak repot-repot pakai pelembab dan wewangian lagi ya bu karena semua udah ada di kandungan sabun nya

    ReplyDelete
  11. Aku sukaakkk dengan semua aroma Vitalis!
    Super menyegarkaaan
    So relaxing and refreshing gituuu

    ReplyDelete
  12. Daku demen banget itu Vitalis yang warna ungu dan pink Ambu, karena membangkitkan rasa semangat sehingga buat beraktivitas makin pede aja dengan aroma parfumnya

    ReplyDelete
  13. Ishh.. saya juga berisik kalau anak-anak gadis (kecil) saya belum mandi, teh.. sumpek liatnya. Tapi kadang sayanya yang belum mandi wkwkw, alesan banyak kerjaan mandinya setelah selesai semua.
    Alhamdulilah kemarin juga sempat nyobain 3 varian Vitalis. Dan favorit saya di hijau Fresh Dazzle yang sensual.. tapi secara keseluruhan, semua wanginya enak yaa.. gen repeat order tar kalau habis

    ReplyDelete
  14. Baru tahu kalo Vitalis produk perawatan tubuh sudah mengandung ekstrak bunga, buah, kayu serta aroma harum lain... Pantesan banyak yang suka ya.

    ReplyDelete
  15. Untuk orang orang yg mager mandi kaya saya, sabun vitalis ini memang ampuh banget bikin rajin mandi karena harumnya enak banget.

    ReplyDelete
  16. Sukaa sama harumnya Vitalis body wash, serasa mandi parfum, ya, Mbak..Wanginya bikin mood baguuus. Apalagi yang fresh dazzle, favorit banget. Jadi happy aja di rumah meski banyak cucian belum diberesin :D

    ReplyDelete
  17. Saya suka harum yang soft beauty mba memang itu enak banget wanginya dan bertahan juga harumnya sampai mandi sore masih wangi

    ReplyDelete
  18. bener juga tuh Ambu, kalau mandinya di bath up bakalan lebih seru lagi nikmatin sensasi pakai vitalisnya nih. ikut mimpiin ntar someday punya kamar mandi yang ada bath upnya juga ahh kalo gini

    ReplyDelete
  19. Tos, mba!
    Aku juga harus mandi usai aktivitas berat di luar rumah. Kalau skip, gatal-gatal pasti merajalela, malah sulit tidur jadinya.

    Btw,
    Varian mana nih favorit, mba?

    ReplyDelete
  20. Saya pikir dipanggil Ambu krn Ambu Maria urang Jawa Barat ternyata malah Bendoro Raden Ayu, inggih. Matur nuwun sanget atas artikelnya, amat sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  21. Fresh dazzle pilihan ku, arimanya khas dan serius memang bikin rileks

    ReplyDelete
  22. Saat pertama kali tahu ada vitalis body wash ini kala belanja bulanan, begitu cium aromanya, anak-anak langsung minta beli yang Fresh Dazzle. Suka dengan wangi jeruknya dan bikin segar setelah mandi.

    ReplyDelete
  23. Kami biasanya pakai soap bar ini, jadi pikir-pikir deh, kayaknya boleh dicoba Vitalis Body Wash deh. Mana irit pula...Dan cowo bisa juga yah pakai. Jadi engga perlu beli banyak sabun. Siip...

    ReplyDelete
  24. Mau juga dong.. Mandi mewah ala putri keraton, hehe.. Sayangnya mau mandi dengan tenang aja syusaaah. Ditinggal bentar udah ada yang panggil-panggil, hehe. Tapi tetap bersyukur sih, alhamdulillah udah ada yang gangguin ��

    ReplyDelete
  25. Meski aku bukan puteri keraton, tapi waktu mens pertama kali, aku juga dibikinkan ritual mandi oleh Ibuku. Mandi kembang aneka rupa, dan diajari soal bersih-bersih diri, serta dijelaskan menstruasi gak akan bikin mati. itu karena aku nangis ketakutan saat pertama kali keluar darah hahaha padahal sudah tahu lho kakakku sudah menstruasi duluan :P

    ReplyDelete
  26. Vitalis body wash ini emang wangi Mbak... ggusah pakai parfum lagii

    ReplyDelete
  27. Banyak varian vitalis, tapi aku suka yg soft beauty, wanginya benar benar bertahan hingga sore hari

    ReplyDelete
  28. Mandi Keraton dengan parfum yang memikat ya mbak, saya juga pakai Vitalis ini dengan berbagai varian. Btw saya suka yang WHite Glow.

    ReplyDelete
  29. Bener banget Ambu. Mand pake sabun Vitalis ini seger banget. Berasa bermewah-mewah ala putri keraton. Padahal Putri Soreang. Orang-orang rumah juga pada suka. Jadi cepet abis deh :D

    ReplyDelete
  30. memang juara wanginya Vitalis Body Wash ini, aku pakai varian ungu di rumah hehehe

    ReplyDelete
  31. Toss dulu dong Ambu..aku di rumah juga pakai Vitalis...paling suka yang ungu karena lembut menenangkan banget baunya terus dia juga ada refilnya

    ReplyDelete
  32. Waah saya baru pernah cobain parfumnya vitalis aja. Itupun wanginya enak parah. Jadi penasaran sama body wash nya. Bisa2 berasa mandi parfum nih

    ReplyDelete
  33. waaah variannya banyak ya kak
    yang paling favorit yang mana nih kak?

    ReplyDelete
  34. Wahhh ini dia nih yang bikin mandi jadi betah berlama-lama. wanginya segar dan nempel lama di kulit.. Jadi suka deh sama vitalis body wash ini

    ReplyDelete
  35. Ini dia nih yang bikin mandi jadi betah berlama-lama.. wangi segar dan harumnya nempel di kulit cukup lama yaa..

    jadi pengen mandi dan mandi terus pakai Vitalis Body Wash dehhh..

    ReplyDelete
  36. Ini dia nih yang bikin mandi jadi betah berlama-lama.. wangi segar dan harumnya nempel di kulit cukup lama yaa..

    jadi pengen mandi dan mandi terus pakai Vitalis Body Wash dehhh..

    ReplyDelete
  37. Senang y Berarti lebih praktis ya untuk mendapatkan keharuman dari mandi dengan sabun vitalis ini. Saya jadi penasaran berasa pengen juga bisa menikmati sensasi mandi dengan sabun yang harumnya semerbak parfum dan aku jug suka bgd Vitalis yg warna hiaju harumnya pas bgd dengan ku

    ReplyDelete