(Review GoClean) Bak Sihir Molly Weasley di Era Digital


sumber: Pinterest.com (MollyWeasley)

(Review GoClean ) Pelanggan GoClean mendapat kenikmatan semudah Molly Weasley mengayunkan tongkat sihir. Rumah jadi kinclong, nyaman, semangat kerja berkobar kembali.

Kenal Molly Weasley?

Mungkin sahabat nggak kenal Molly Weasley, tapi tahu dong sosok penyihir cilik, ”Harry Potter”, sosok karangan JK Rowling  yang terkenal di seantero dunia?

Harry Potter si anak yatim, selamat dari upaya pembunuhan yang dilakukan Voldemort, raja penyihir hitam, membuat keluarga Weasley sangat menyayanginya. Terlebih Ron Weasley, salah satu anak mereka menjadi sahabat Harry Potter. Bahkan di akhir kisah, Ginny Weasley berpasangan dengan Harry Potter.

Nah, diantara semua adegan Harry Potter, yang paling menakjubkan adalah ketika Molly Weasley, ibu Ron Weasley, sang ratu rumah tangga Weasley, menggunakan sihirnya untuk membersihkan rumah dan memasak makanan.

Dengan kemampuan sihir dan bantuan tongkat sihir, Molly Weasley memerintahkan peralatan sapu dan pel membersihkan rumah. Juga sewaktu anak-anaknya datang, Molly  Weasley mengobrol sambil menjentikkan jari ke arah panci-panci dan piring, yang dengan segera membersihkan diri.

Namun yang paling mengasyikan adalah proses masak memasak yang serba sim salabim dan membuat lidah berdecak. Dalam sekejap, berbagai menu makanan tersaji di meja makan.

Sungguh bikin mupeng!

Dan saat ini saya benar-benar mendamba kedatangan Molly Weasley.
Saya baru pulang dari Kendal, Semarang. Badan lesu kurang tidur. Ingin tidur tapi kerjaan menumpuk. Target penyerahan tugas hanya tersisa 2-3 hari.  Rasanya stres banget!

Stres bertambah melihat rumah yang berantakan. Lama nggak dipel. Membuat suasana kerja jadi tak nyaman. Ditambah perut keroncongan minta diisi. Kosentrasipun buyar, kerjaan semakin lama selesai.

Beruntung, untuk urusan perut ada GoFood. Semudah Molly Weasley menjentikkan tangan untuk memerintah tongkat ajaibnya. Saya menjentikkan ujung jari pada aplikasi Gojek, meng-klik GoFood, memilih menu masakan yang disuka, dan dalam sekian menit, hidangan favorit terhidang.

Karena ketika pemesan mengirim pesanan, merchant segera memproses. Sehingga “ngga pakai lama”, driver segera menerima pesanan dan mengirimkannya. Bak sihir Molly Weasley di era digital!

Bagaimana dengan urusan bersih-bersih rumah?

Gampang, sihir Molly Weasley pun bekerja disini. Berikut langkahnya:
  •  Install aplikasi GoLife dari Google Play Store atau Apple App Store. Jika telah siap, buka dan klik fitur GoClean.
  • Pilih kategori layanan, apakah mau memesan layanan reguler, atau layanan spesial yang meliputi paket kost, paket apartemen dan setrika.
  • Jika memesan layanan reguler, bisa memilih paket dengan menggunakan peralatan GoClean atau peralatan pribadi.
  • Saya memilih peralatan pribadi karena kebetulan semua peralatan saya miliki.
  • Pilih durasi pengerjaan. Bisa 1 jam, 1,5 jam, 2 jam dan seterusnya.
  • Pilih preferensi penyedia jasa (Ada pilihan: tidak ada, perempuan atau pria).
  • Jangan lupa  klik “Ok, saya mengerti” pada “Syarat dan Ketentuan”.

Ada penjelasan khusus untuk pilihan saya, yaitu:
  • Order lebih lama, harga lebih murah.
  • Estimasi pengerjaan 20m -30 menit untuk setiap ruangan.
  • Area yang dibersihkan meliputi : kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang makan, ruang keluarga, ruang tamu, kulkas, menyetrika pakaian (estimasi 8 – 12 pakaian/30 menit), membersihkan teras/balkon.

Sesuai waktu yang ditentukan, petugas GoClean datang, namanya Yuyun. Menggunakan seragam, penampilannya rapi dan sopan. Setelah mengecek identitas, saya menunjukkan peralatan yang saya miliki,  area yang harus “lebih” diperhatikan,  yang dijawab dengan anggukan mantap.  Membuat saya tanpa ragu meninggalkan Yuyun untuk meneruskan pekerjaan. Saya harus mengejar tenggat waktu.

Tanpa banyak cakap, Yuyun segera membersihkan area yang saya maksud. Yaitu jendela-jendela yang tebal sekali debunya, lantai yang kotor, serta area di bawah lemari es yang mengerak hitam, akibat kerap basah oleh air yang mengalir dari lemari es. 

Dan sim salabim!



Serasa menghadirkan Molly Weasley, rumah saya kinclong seketika. Mirip sihir. Bedanya ini nyata. Bukan mistis, terlebih musyrik. Karena dikerjakan manusia nyata. Yang bergerak dengan bantuan kecanggihan teknologi komunikasi yang digunakan Gojek dengan sebaik mungkin.


Dengan kata lain Gojek membuat “lompatan peradaban” dengan menghadirkan “GoClean”. Yaitu menemukan kebutuhan masyarakat, memotong jalur distribusi yang merugikan dan mempertemukan supply dengan demandnya. 
Sehingga pelanggan memperoleh banyak manfaat sebagai berikut:

sumber: stringfellow.com

Minum Susu Tanpa Harus Beli Sapinya

Bagi generasi milenial ini ungkapan yang aneh, beda halnya dengan angkatan baby boomers atau generasi yang belum tersentuh keajaiban era digital.
Jika membutuhkan bantuan petugas pembersih, mereka harus mencari asisten rumah tangga, menggajinya, memberi tunjangan hari raya dan bonus.

Tidak hanya itu, majikan harus menyiapkan makanannya, tempat tidur serta kebutuhan keseharian. Pastinya juga memperhatikan kesehatannya, kebiasaan yang berbeda, serta kebutuhan akan hiburan yang mungkin berlawanan.

Repot banget ya? Kehadiran petugas GoClean menjadi anugerah tak disangka-sangka. Selamat tinggal semua kerepotan.

sumber: supplychainquarterly.com 

Memotong Jalur Distribusi yang Mahal

Ingin rumah bersih? Berarti harus punya asisten rumah tangga. Maka Anda harus menghubungi penyalur tenaga kerja. Membayar sejumlah biaya administrasi dan transportasi.

Bertambah rumit ketika sang tenaga kerja merasa nggak betah, atau kabur. Terpaksa harus balik lagi ke penyalur, dan mengulang proses. 

Banyak kejadian calon tenaga kerja nggak langsung “jadi” dan betah.
Kok ribet banget? Emang! Urusan mencari tenaga kerja ini menjadi kisah sedih berkepanjangan. Tak terlupakan.

Beruntung ada GoClean. Rumah bersih seketika. Semua kisah pencarian asisten rumah tangga yang menghabiskan uang, waktu dan tenaga,  hanya tinggal kenangan.


Tenaga Kerja Profesional

Sudah dapat tenaga kerja, bukan berarti yang bersangkutan siap bekerja. Mereka harus mendapat latihan untuk mengoperasikan mesin cuci, cara menyetrika, cara mencuci peralatan dapur, hingga cara menyapu dan mengepel.

Mosok sih nyapu dan ngepel aja harus diajarin? Iya banget. Penyebabnya banyak diantara mereka yang tinggal di pelosok,  dengan kehidupan yang sungguh berbeda. 

Ada yang tinggal di rumah berlantai tanah, jadi bagaimana berharap mereka punya keahlian menyapu dan mengepel? Juga ada yang mengandalkan air sungai untuk mandi cuci kakus, membuat gegar budaya ketika berhadapan dengan kucuran air dari PDAM.

Beda halnya dengan petugas GoClean, mereka pekerja profesional. Ngga perlu ngajarin mereka bekerja. Jangan-jangan malah pelanggan yang diajari mereka cara membersihkan ruangan. ^_^

sumber: entrepreneurhandbook.co.uk

Efisiensi Waktu

Banyak banget biayanya?

Mungkin demikian komentar Anda mengetahui sejumlah uang yang harus dikeluarkan untuk memperoleh asisten rumah tangga. Sedihnya bukan hanya boros rupiah, juga boros waktu.

Harus bolak balik ke penyalur tenaga kerja. Harus mengajari mereka kerja.  Terkadang harus mulai dari nol ketika sang asisten rumah tangga pulang.
Terpaksa mencari gantinya, mengajari lagi. Sungguh boros waktu dan bikin capek hati!

Adanya petugas GoClean, pelanggan bisa menggunakan waktu untuk me time , memberi quality time  pada keluarga, atau menyelesaikan tunggakan job  seperti yang saya lakukan.

sumber: cchange.no

Tak heran, apa yang dilakukan Gojek dengan GoCleannya bisa ditahbiskan sebagai “lompatan peradaban”. Kini, tak perlu lagi menghabiskan waktu mencari asisten tenaga kerja agar rumah selalu bersih. Terlebih tak perlu bermimpi kedatangan Molly Weasley. Mimpi yang tak mungkin terwujud.

Karena cukup dengan sentuhan jari, petugas GoClean seperti Yuyun akan datang. Sosok profesional yang mendengarkan instruksi dengan cermat, kemudian bekerja penuh cekatan. Baru berhenti ketika pekerjaan usai. Hebat bukan?

Tentang Gojek

Mengatasi tantangan sehari-hari dengan teknologi yang memberi dampak sosial positif, demikian tekad Gojek yang tercantum dalam situsnya. Bernaung dibawah bendera PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, perusahaan yang yang dididirikan Nadiem Makarim pada tahun 2010, memperkenalkan cara cerdas menggunakan smartphone pada masyarakat Indonesia.

Smartphone tidak hanya digunakan untuk mengunduh aplikasi game, situs berita serta media sosial, juga aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti kebutuhan transportasi, makanan, e-wallet, layanan membersihkan rumah, laundry, layanan pijat,  rekreasi hingga filantropi.

Ada 3 prinsip yang diterapkan Gojek,  yaitu:
  • Speed (kecepatan).  Memberikan layanan  tercepat. Grup Gojek terus belajar dan tumbuh dari pengalaman.
  • Innovation (inovasi) . Grup Gojek bekerja keras untuk terus meningkatkan layanan dan memberi  lebih banyak kemudahan bagi pengguna.
  • Social Impact (dampak sosial). Grup Gojek berupaya menciptakan dampak sosial sebanyak mungkin bagi penggunanya.

Sehubungan dengan dampak sosial, sebuah riset yang dilakukan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyebut Gojek telah memberi kontribusi Rp8,2 triliun per tahun bagi perekonomian Indonesia melalui penghasilan mitra pengemudi. 

Gojek juga berkontribusi Rp1,7 triliun per tahun bagi perekonomian Indonesia melalui penghasilan mitra UMKM. Penelitian yang melibatkan 3.315 responden di 9 wilayah tersebut menunjukkan rata-rata penghasilan mitra pengemudi mencapai Rp3,31 juta lebih tinggi dari UMK 9 wilayah itu yang hanya Rp2,8 juta.(sumber Wikipedia)

Tak heran perusahaan telekomunikasi asal Indonesia yang masuk dalam ketegori unicorn ini mampu mengepakkan sayap  hingga Singapura, Vietnam (dengan nama Go-Viet) dan Thailand (dengan nama GET). Tercatat kini Gojek tersedia di 167 kabupaten dan kota di Indonesia, 2 kota di Vietnam dan 14 distrik di Bangkok, Thailand.


Comments

Krisna HF said…
Sepertinya mudah sekali ya menggunakan jasa Go Clean, selama ini saya kira ribet dan mahal tapi ternyata setelah membaca step-stepnya cukup gampang dan mudah, apalagi pengerjaannya maksimal hanya 30 menit. Mantapl 🙋‍♀️
nurul rahma said…
Mba Maria keren banget ih, analoginya :D
Tapi memang daku juga puassss banget dgn kinerja rekanan GoClean.
Sempat waktu itu order mba2 GoClean untuk bantu bersih2, dan super duper kinclong!
--bukanbocahbiasa(dot)com--
Putri Santoso said…
membantu banget ya kak adanya GoClean.
inovasi dari GoJek pun semakin mempermudah penggunanya untuk mendapatkan layanan jasa
Ima Rochmawati said…
Sepertinya sesekali saya harus coba GoClean ini buat bersihin WC dan ruang tengah. Itu ada layanan bersihin/gosok sofa juga gak, ya. Cek, ah.
ukh.iyu said…
Makin kesini layanan jasa yang disediakan gojek makin lengkapnya. Selain bisa membantu konsumen, bisa membantu ibunya juga mendapat penghasilan. Wah terimakasih gojek.:)
Triani Retno said…
"Banyak calon pekerja yang masih mentah". Ngalamin bangeeeet...waktu anak pertama masih balita. Ya Allah, pusingnya tiap kali ganti ART. Mulai dari nol lagi. Duh, ini ART apa SPBU sih? Sekarang cuma oanggil orang sekali-kali. Perku nyoba GoClean juga nih kayaknya. Terjamin udah bisa kerja ya.
Dee_Arif said…
Mau rumah bersih? Gampang klik aja Go Clean.
Rumah bersih bak sihir, kitanya tinggal duduk santai..

Gitu ya mbak
vika said…
Saya sih pengguna setia layanan Go Ride, yang layanan Go Clean belum sih. Banyak teman juga memakai jasa Go Clean, jadi penasaran saya :)
diane said…
Ya ampyuuunn ini bikin bahagia emak2 kalo bisa kinclong dengan cara mudah... tinggal klik aja.. beres yak