Usir Rona Gigi Kuning dengan 5 Bahan Dapur

source: mommypotamus.com

“Ada dokter yang pakai ini untuk kumur lho. Giginya jadi lebih putih”,
kata seorang sales promotion girl (SPG)  cairan pemutih pakaian. Dia sedang merayu saya agar membeli produknya. Melihat saya berulangkali menggelengkan kepala, keluarlah kalimat pamungkas yang diharapkan mampu membuat saya membeli produknya.

Tentu saja saya tetap menolak. Lha ngga butuh pemutih pakaian, masa harus beli? Juga, masa sih harus kumur pakai pemutih pakaian agar gigi kinclong? Bukankah banyak alternatif lain?

Walau nggak  parah, gigi saya menguning.  Saya menduga penyebabnya adalah usia. Jadi nggak kepikiran untuk bleaching gigi.  Beberapa teman seusia mendatangi klinik untuk memutihkan gigi dan memasang behel.  Hihihi  saya mah termasuk emak yang pelit untuk urusan ke klinik kecantikan.

Emang sih, gigi putih bersih  yang berderet rapi akan menunjang penampilan dan menambah kepercayaan diri.   Membuat jasa mempercantik gigi bermunculan, bak jamur di musim hujan. Mulai dari klinik kecantikan bertarif selangit  hingga tukang gigi berlisensi.

Apakah dilarang agama?
Sebagai muslimah, saya penasaran, apakah memutihkan gigi tidak dilarang agama? Alhamdulilah, hasil gugling bilang boleh-boleh aja kok memutihkan gigi.

“Kebersihan sebagian dari iman” (HR. Muslim, At-Turmudzi dan Ahmad).

“Sesungguhnya Allah itu mencintai yang indah” (HR Muslim).

Bener juga ya? Coba deh suruh si pemiliki gigi kuning kehitaman untuk tersenyum. Pastinya bakal horor ya? Beda hasilnya ketika dia sudah memutihkan gigi.

Apa penyebab gigi kuning?
Mesti tahu dong ya penyebab gigi menguning. Agar nggak salah kaprah. Saya juga penasaran, kok di usia saya ada teman yang giginya tetap putih kinclong. Bukan karena dibleaching lho. Sementara gigi saya mulai menguning.

Ternyata penyebabnya beragam. Akang Google bilang:
Ada 2 penyebab utama perubahan warna pada gigi yaitu noda ekstrinsik dan intrinsik.

Noda ekstrinsik terjadi akibat makanan dan minuman yang dikonsumsi. Makanan seperti kari, saus  spagheti diduga menjadi penyebab gigi yang menghitam. Juga beberapa jenis buah  dan sayuran yang mengandung kromogen tinggi, zat penghasil pigmen yang dapat menempel pada email gigi. Contohnya anggur, blueberry, ceri, bit, dan delima.

Selain itu makanan dan minuman asam juga  berpotensi mengubah warna gigi menjadi kekuningan. Makanan dan minuman asam mengikis enamel sehingga pigmen mudah menempel pada gigi.  
Tannin, senyawa pahit yang ditemukan dalam anggur dan teh, juga membantu kromogen menempel pada enamel gigi. Untuk mengatasinya, tambahkan susu dalam minuman teh, karena protein dalam susu dapat mengikat tanin.

Noda intrinsik terjadi dalam struktur bagian dalam gigi, yang disebut dentin, membuat noda ini lebih sulit dihilangkan. Sejumlah obat dapat menyebabkan noda intrinsik pada gigi, seperti  antibiotik tetrasiklin atau doksisiklin yang dikonsumsi anak-anak  saat gigi mereka masih berkembang (sebelum usia 8 tahun).

Penelitian Mayo Clinic mengungkapkan bahwa perempuan hamil atau saat menyusui yang harus mengonsumsi tetrasiklin  berpotensi mengakibatkan  gigi bayinya mengalami perubahan warna.

Pada orang dewasa, penggunaan obat kumur yang mengandung chlorhexidine, senyawa pembasmi bakteri dan mengobati radang gusi  dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Juga obat penangkal jerawat minocycline, turunan dari tetrasiklin.

Perawatan kemoterapi  serta radiasi pada kepala dan leher berpotensi menyebabkan noda intrinsik. Bahkan beberapa obat yang relatif umum, seperti antihistamin, antipsikotik dan obat tekanan darah kadang-kadang dapat menguningkan gigi.

source:lincolndental.com.au

 Banyak banget ya? Ditambah penyebab lain seperti  genetika, usia, penyakit dan cedera, membuat perubahan warna gigi harus diterima dengan ikhlas. Alami sih ya? Tubuh kan memiliki sistem yang melibatkan banyak organ. Ketika satu organ digempur dengan bahan kimia (alami maupun pabrikan), maka organ lainnya akan terkena.

7 Bahan Dapur untuk Gigi Putih
Memutihkan gigi dengan bantuan klinik kecantikan, bisa banget dilakukan. Tapi untuk emak-emak non selebriti seperti saya, pastinya lebih menyukai cara yang diturunkan nenek moyang.

Untuk kedua cara,  jangan berharap permanen ya? Mereka yang ke klinik kecantikan, secara berkala wajib memeriksakan giginya.  Sedang, cara ngirit bin alami  seperti saya, harus dilakukan secara periodik. Karena seperti yang saya sebut di atas, gigi merupakan salah satu bagian dari sistem tubuh manusia.  Gempuran pada salah satu organ akan ngefek pada organ lainnya.

Metode kearifan lokal apa yang saya lakukan?  Ini dia:

Baca juga:

source: well-beingsecret.com
Minyak Kelapa
Banyak banget ya khasiat minyak kelapa? Awalnya saya mendapat penjelasan mengenai minyak kelapa yang bak minyak ajaib dari almarhum eyang putri. Beliau membuat sendiri minyak kelapa dengan cara menyanggrai kelapa selama beberapa lama. Minyak yang didapat disimpan untuk berbagai keperluan perawatan wajah dan rambut.

Baunya agak tajam, nggak seperti buatan pabrik yang pastinya lebih higienis. Namun manfaatnya sama, termasuk untuk memutihkan gigi. Bahkan artis kaliber internasional Gwyneth Paltrow menggunakan cara Ayurvedic  yang telah  berusia 3.000 tahun ini.

Caranya mudah, berkumurlah  dengan minyak kelapa selama beberapa lama (15 – 20 menit)  agar bakteri penyebab plak, enyah dari gigi.
Jika tidak ada minyak kelapa, gunakan minyak zaitun atau minyak wijen dengan cara sama. Pada pagi hari sebelum sarapan, dilanjutkan  berkumur dengan larutan air garam, sesudah itu baru menyikat gigi.

source: food.ndtv.com
Baking Soda
Baking Soda atau Soda Kue juga manjur dalam pengobatan ketombe serta memutihkan wajah (tercantum dalam 2 tulisan saya di atas). Karenanya nggak heran, baking soda pun mampu menghilangkan plak dari gigi dan memutihkan gigi.

Baking soda  memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu mengurangi infeksi. Karena  bersifat basa, baking soda  menetralkan asam dalam mulut, sehingga mengurangi risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Cara penggunaannya mudah, buatlah pasta dari campuran  satu sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air.  Kemudian sikat gigi dengan  pasta tersebut,  sebagai pengganti pasta gigi pabrikan.

source: theHealthSite.com
Cuka Sari Apel
Walaupun tidak dapat digunakan terus menerus karena sifatnya yang  asam, namun cuka sari apel ampuh memutihkan gigi dengan cepat.

Cuka sari apel banyak tersedia di supermarket besar. Cara penggunaannya sebagai cairan berkumur/pencuci mulut untuk kemudian berkumur lagi  dengan air sebagai bilasan.

source: dailymail.co.uk
Strawberry
Merupakan pemutih alami yang lembut dan efektif, gunakan hanya strawberry matang yang mengandung asam malat dengan konsentrasi tinggi dibanding asam sitrat pada strawberry muda.

Asam malat tidak akan benar-benar memecah molekul noda, tetapi membuat  permukaan gigi lebih putih bersih.  Caranya dengan membuat pasta dari beberapa buah strawberry yang dihancurkan bersama sedikit air. Pasta digunakan untuk menyikat gigi beberapa kali.

Cara lainnya, dengan mengunyah strawberry utuh dan mengocok/berkumur selama beberapa menit. Sesudah itu, boleh pilih, meludahkannya atau menelan strawberry.

source : whathowtowhy.com
Kulit Pisang
Kulit pisang bisa menjadi  pasta gigi alami, aman dan gratis untuk memutihkan gigi. Caranya mudah. Ambil bagian dalam kulit pisang dan gosok dengan lembut pada gigi selama sekitar 2 menit. Kulit pisang memiliki kandungan kalium, magnesium dan mangan yang akan  menyerap ke dalam gigi kemudian  memutihkannya. 

source: forbesbooks.com

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Adagium langkah preventif bagi kesehatan tubuh tersebut juga berlaku pada perawatan kecantikan. Karena pelaksanaannya lebih mudah, hanya perlu disiplin dan konsistensi.

Demikian pula perawatan gigi, menghindari minuman anggur, kopi serta merokok akan membantu gigi agar tidak berwarna kekuningan. Demikian juga makanan yang berpotensi meninggalkan noda pada gigi. Apabila akhirnya mengonsumsi, jangan lupa menyikat gigi, minimal berkumur setelah makan/minum.

19 comments

  1. Kayaknya saya bakal coba cara yang pake strawberi deh :D soalnya enak bisa langsung telen aja hehehe

    ReplyDelete

  2. Kalau berdasarkan artikel di atas, penyebab gigiku kuning sepertinya noda ekstrinsik, soalnya demen anggur dan teh.

    Dan...

    Kulit pisang dan soda, sudah mencuri hatiku, mba
    Tapi aku rasa perlu waktu juga ya, mba.
    Maksudku, hasilnya tidak akan langsung instan, gitu

    Terima kasih sharingnya ya, mba
    Peluk...

    ReplyDelete
  3. Saya pernah dengar dan baca, memakai baking soda it's work. Coba ya saya coba trus saya testi lagi disini

    ReplyDelete
  4. Aku pernah Ambu sikat gigi pakai baking soda, memang benar hasilnya bikin gigi bersih keset dan plak gigi ilang smp berdarah padahal sikatnya juga pelan.

    ReplyDelete
  5. Wahhh.. perlu nih makan strawberry, soalnya gigi saya warnanya kekuningan hehe

    ReplyDelete
  6. Kalau saya pernah pakai kulit pisang. Iseng setelah makan pisang sebelum dibuang kulitnya digosokkan dulu ke gigi. Hehehe
    Tapi kalau pas ga ada orang yang lihat sih...

    ReplyDelete
  7. Gigi saya kuning dari kecil, karena dulu pas bayi dan balita sakit-sakitan...hantam terus antibiotik. Akhirnya gigi kuning dan kusam. Ketambahan tuanya suka ngopi dan ngeteh..duh, makin kelabu dah...Diantara bahan di atas sudah coba strawberry dan kulit pisang, yang lain belum :)

    ReplyDelete
  8. Ternyata minyak kelapa bisa memutihkan gigi? Waah... bisa dicoba, nih. Bikin sendiri lebih enak, ya. Beli kelapa tua dan direbus sampai keluar minyaknya. Saya kok jadi bayanginn bau lezatnya blondo (ampas). Adduuuuh....
    Mbak, baking soda dibuat pasta gitu, ga bahaya bagi gigi? Kok jadi penasaran juga.

    ReplyDelete
  9. Shiaaappp, sharing-nya Ambu selalu sarat faedah.
    Aku coba praktik pakai cuka apel dah

    ReplyDelete
  10. katanya sih yg ampuh baking soda. tapi sampai sekarang saya belum coba. bayanginnya agak seram, takut bibir melepuh

    ReplyDelete
  11. Wah Ambu keren. Tulisan-tulisannya bermanfaat banget. Aku baru tahu dengan bahan-bahan alami yang bisa bersihin gigi ini. Kayaknya kudu nyoba nih salah satunya.

    ReplyDelete
  12. aku penikmat kopi, jadi pastinya gigi tidak seputih yang diharapkan, Ambu. Sudah ke dokter gigi saat kontrol. Selain scaling, kata dokter sih ganti pasta gigi - setiap malam rutin sikat gigi - membantu sekali dalam proses pemutihan gigi

    Ini membantu banget - kayaknya aku pasti cobain pake minyak kelapa kali ya, pake cuka kayaknya kasian gigiku hihihi

    ReplyDelete
  13. Wah baru tahu kulit pisang juga bisa, kirain cuman buat tumit pecah-pecah hehe

    ReplyDelete
  14. baru tau nih ternyata buah strawberry bisa bikin gigi putih, banyak-banyak nyetok strawberry ah hahaha

    ReplyDelete
  15. Kalau ada bajan yang sehat kenapa mau ambil yang beresiko ya Mbak. Mantap tipznya. Makasih Mbak, bisa dicoba ini.

    ReplyDelete
  16. cara tradisional emang lebih efektif murah meriah lagi ya, ambu mau tanya itu kalau kumur pakai baking soda rasanya gimana, pengen nyobain aku selain itu pengen coba pake kulit pisang ahh :)

    ReplyDelete
  17. Ternyata bahan-bahan di sekitar kita bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gigi kuning yaa mbak. Kapan-kapan cobain deh.

    ReplyDelete
  18. Selain rajin menyikat gigi, saya biasakan berkumur. Jika tak memungkinkan, minimal sekali minum air putih setelah makan atau minum berwarna dan berasa.

    Kalau sudah terlanjur kuning masih bisa diputihkan ternyata ya.
    Wah, dari kelima tips di atas, yang paling mungkin untuk saya ya baking soda dan kulit pisang. Kalau minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak wijen jarang sekali saya temui. Strowberry jarang juga. Pun dengan cuka apel, hampir tak pernah lihat.
    Pan kapan kalau ke supermarket besar mau nyari dulu ah.

    ReplyDelete
  19. Ambu, kira-kira berapa lama bisa kelihatan hasil kalau sikat gigi pakai baking soda?? Aku udah lama tau cara ini tapi masih belum tau pakan hasilnya bisa terlihat.

    ReplyDelete