Andai Angelina Jolie Tau 6 Jurus Pengusir Bau Mulut Ini ...

source: Getty Images


Mariana (bukan nama sebenarnya),  rekan kerja saya di perusahaan ekspor impor, memiliki tampilan nyaris sempurna. Bikin  ngiri setiap perempuan. Tubuh tinggi langsingnya tak terganggu seberapa banyak dia makan. Cantik dengan riasan natural, sungguh flawless. Ditambah rambut ikal Farah Fawcetnya kerap ditarik ke atas, membentuk updo sekaligus menampilkan leher jenjangnya. Huuu ....para pria langsung deh menelan ludah.

Pokoknya nampak tanpa cacat.
Bikin bingung nyeritainnya, saking cantiknya nih orang.

Mariana juga cantik hatinya. Pengelola salah satu yayasan sosial. Dia juga pinter.  Lulusan sebuah PTN yang ngambil diploma di luar negeri. Konon beasiswa. Keren ngga? Duh terlalu, kalo bilang nggak keren. ^_^

Tapiiiii ...., begitulah. Ngga ada yang sempurna di muka bumi. Mariana-pun punya kekurangan. Yaitu bau mulut. Aduh, baunya bener-bener bikin orang menjauh. Males ngobrol dengannya.
Ternyata bau mulut ngga hanya milik mereka yang berwajah pas-pasan.  Ups  𝩀𝩀

Konon, Angelina Jolie yang  kecantikannya bikin semua pria normal tergelepar-gelepar juga punya masalah bau mulut. (sumber: femalefirst.co.uk)  Sorry  #lebay  🤣🤣

Angelina Jolie kerap membuat  lawan mainnya harus menahan diri ketika menjalani adegan kisseu. Palingan mereka menawari permen karet agar akting nggak terganggu.

Duh, padahal banyak yang ngiri pada pemeran yang melakukan adegan kissing dengan Angelina Jolie ya?
Ngga taunya ...

Sungkan bilang ke penderita bau mulut menjadi masalah tersendiri. Takut yang bersangkutan tersinggung, apalah ...apalah....

Yang saya lakukan pada Mariana juga sama. Ngga berani bilang, hanya menawari permen pedes yang selalu siap sedia di tas, karena saya juga penderita bau mulut.; Penyebabnya ada bridge pada gigi yang dipasang akibat gigi patah dan tanggal ketika kekambuhan epilepsi. Membersihkan hingga ke dalam sangat sulit. Jadi agar lebih percaya diri saya selalu ngemut permen mint/pedas dan menggunakan obat kumur.

Sebagai penderita, saya penasaran, sebetulnya bau mulut bisa tuntas diobati ngga ya?
Perjalanan gugling saya membawa ke situsnya Dr Axe yang gantengnya keterlaluan. :D :D 
Dibawah ini saya coba sharing  hasilnya..

source: femalefirst.co.uk

Apa sih bau mulut itu?

Dr Axe bilang, ada beberapa faktor penyebab bau mulut, yaitu:
Bau mulut sementara akibat mengonsumsi bawang putih, bawang bombay, jengkol, rempah-rempah tertentu, minum kopi atau alkohol serta makanan lain penyebab mau mulut. Biasanya dalam waktu 24 jam, bau ini akan hilang.

Bau mulut kronis/halitosis. Penyebabnya adalah:
Bakteri plak yang menumpuk pada gigi, di sekitar gigi dan di antara gigi. Bakteri ini memecah partikel makanan di mulut, kemudian  melepas  gas berbau tidak enak yang menyebabkan napas berbau tak sedap pula.

Bakteri plak  menumpuk di sepanjang garis gusi, bagian belakang lidah, tenggorokan, dan amandel. Jika  tidak dibersihkan dan diobati , dapat  menyebabkan perdarahan, gusi bengkak, dan gejala gingivitis.

Puasa dan diet rendah karbohidrat  dapat memiliki efek samping yang menyebabkan bau mulut. Penyebabnya tubuh dipaksa memecah lemak sehingga menghasilkan bahan kimia yang disebut keton. Pada saat keton dilepaskan, muncul bau mulut.

Xerostomia atau “mulut kering” juga menimbulkan bau tak sedap. Terjadi ketika aliran air liur/  ludah, ke mulut terganggu.  Menimbulkan bau mulut karena air liur  berfungsi melembabkan mulut dan membersihkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

Kondisi gastrointestinal, infeksi tenggorokan dan dada juga dapat menyebabkan bau mulut. Penderita diabetes juga acapkali mengalami halitosis.

Bagaimana cara mengetahui seseorang bau mulut atau tidak?

Lakukan tes  menjilat dan mengendus. Jilat  bagian belakang tangan dan biarkan mengering. Jika tercium  bau yang tidak sedap,  ada kemungkinan napas kamu berbau tidak sedap. Lidah dengan lapisan berbulu putih juga merupakan tanda. Untuk diagnosis yang lebih akurat,  ada tes klinis yang dapat dilakukan di dokter gigi. Umumnya  menggunakan halimeter - alat untuk mengukur halitosis.

Bagaimana cara mengobati bau mulut?
Selain mengunjungi dokter, pengidap bau mulut dapat melakukan 6  langkah mudah berikut ini:

source: absopure.com

1.       Minum cukup air     
Mulut kering dapat menyebabkan bau mulut karena merupakan tempat berkembang biak bagi bakteri yang menghasilkan senyawa bau dan produk sampingan.

Minum setidaknya delapan gelas air per hari merupakan  salah satu cara terbaik untuk menjaga aksi bakteri seminimal mungkin. Jika sedang berpuasa, jumlah ini dapat diatur diantara waktu berbuka dan sahur.
source: verywellmind.com

2.      Hindari gula dan biji-bijian
Biji-bijian yang dimaksud adalah produk olahan berupa nasi putih, roti putih. Gula dan biji-bijian  menyebabkan pertumbuhan dan pergerakan bakteri. Mengurangi gula juga berarti mempertahankan/menurunkan berat badan serta  meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Ganti gula dan biji-bijian dengan makanan berprotein tinggi, makanan tinggi serat. Makanan yang telah difermentasi (contohnya kimchi) juga baik untuk mengusir bau mulut karena kandungan probiotiknya mampu mengusir bakteri penyebab bau mulut.

Juga buah-buahan dan sayuran dengan kandungan vitamin A dan C serta antioksidan  yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan gusi.

source: shutterstock

3.      Stop gorengan, hanya konsumsi sumber lemak sehat
Gunakan hanya sumber lemak sehat  seperti minyak organik, minyak kelapa murni, atau minyak zaitun. Sumber lemak sehat lainnya adalah: kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, telur, keju tua, ikan dan daging sapi.

Minyak kelapa, seperti 3 tulisan terdahulu bermanfaat untuk kecantikan, juga untuk membasmi bakteri. Karena minyak kelapa mengandung  asam lemak rantai menengah, yaitu  asam laurat, asam kaprat dan asam kaprilat, yang bersifat antimikroba dan mememelihara kesehatan gigi serta usus.

Baca juga:

source: iHerb.com

4.      Konsumsi  Suplemen dan Minyak Esensial
Menurut penelitian,  minyak peppermint yang digunakan sebagai obat kumur dapat membantu mengurangi halitosis. Sedangkan suplemen probiotik dapat membasmi bakteri penyebab bau tak sedap.

Membuat pasta gigi probiotik dapat dilakukan sendiri dengan membuat campuran soda kue, minyak kelapa dan minyak peppermint. Sikat gigi dan gunakan benang gigi  dua kali sehari untuk menjaga mulut tetap bersih dan mencegah partikel makanan menempel di gigi dan gusi dan lidah.

source: pinterest.com

5.     
Biasakan makan/mengunyah peterseli, mint atau daun kemangi
Ramuan aromatik tidak saja mampu mengusir bau mulut, juga membuat nafas berbau harum. Sejak jaman dulu, putri keraton Jogja dan Solo membiasakan diri mengunyah kemangi/serawung untuk mengobati bau mulut secara efektif, sekaligus mengharumkannya.

Peterseli bersifat basa, sehingga bermanfaat bagi nafas. Cobalah buat jus yang terdiri dari peterseli, mint, dan sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan  bayam. Bisa juga ditambahkan buah-buahan seperti apel atau mentimun.

Bisa juga dicoba membuat ramuan kumur dari rebusan tangkai peterseli, mint dan cengkeh. Air rebusan yang telah dingin disaring dan digunakan setiap hari sebagai obat kumur.
Alternatif lainnya adalah mengonsumsi teh hijau yang memiliki efek anti-inflamasi dan antimikroba bersama  rempah segar untuk membantu memerangi bau mulut.

source: limmi.it

6.      Minum Jus  Lemon
Jus lemon memiliki aktivitas phytochemical, antimikroba dan antioksidan yang dapat membantu membunuh bakteri dan jamur, serta mengurangi peradangan di mulut.

Menyesap irisan lemon sangat efektif  mengatasi bau mulut akibat bawang putih dan makanan/,minuman penyebab bau mulut lainnya. Sedangkan jus lemon bisa diminum atau digunakan sebagai obat kumur.
 Lemon memiliki kemampuan merangsang produksi air liur yang akan membantu melawan bau mulut.

Masih menurut Dr Axe , 50 % dari populasi dunia mengidap bau mulut. Wow, banyak juga ya? Masuk diakal sih ya? Kebiasaan mengonsumsi makanan/minuman penyebab bau mulut menjadi keseharian. Kita juga sering abai menakar jumlah air yang harus diminum setiap harinya. Dan pastinya kerap ngebut menyikat gigi sehingga bakteri penyebab bau mulut masih menempel.

15 comments

  1. Memang suka jadi malas ya kalau ngobrol sama orang yang bau mulut. Saya sendiri kalau merasa tidak enak dengan mulut, menghindar bau yg tidak sedap, sering makan mentimun saja. Ga usah banyak. Sedikit saja. Tapi mau satu buah mentimun juga ga apa sih...
    Gitu juga kalau sidah makan jengkol atau peuteuy, setelahnya makan mentimun saja. Insyaallah bau hilang. Lanjut dengan menggosok gigi pastinya...

    ReplyDelete
  2. Ya ampun... gak kebayang Angelina Jolie punya masalah dengan bau mulut. Dia sangat perfect, meski bukan ideal saya.

    Saya masih sulit menghilangkan nasi, biji-bijian, gula dan gorengan, nih Mbak. Kalau hanya makan buah kok rasanya tetap lapar, ya.

    ReplyDelete
  3. Makanan makanan bau tadi kesukaanku hehe
    Kok aku jadi bayangin angelina jolie ya, apa iya ya hehe

    ReplyDelete
  4. Aku juga menhalami halitosis. kayanya bersumber dari gigi berlubang deh. Kalau di rumah daripada ngemut permen mending ngemut biji cengkeh hehee

    ReplyDelete
  5. Wah, tipsnya mantuuull banget, Ambu.
    Btw, stres tuh konon juga bisa bikin BM lho.

    ReplyDelete
  6. Bau mulut bisa terserang juga pada orang yang memiliki gigi yang berlubang, itu terjadi pada adik saya

    ReplyDelete
  7. Wah, aku baru tahu Ambu, kalo Angelina Jolie punya masalah bau mulut. Haha... nyobain tipsnya ah. Jadi takut juga kalo aku ternyata bau mulut.

    ReplyDelete
  8. jangan2 saya juga bau mulut tapi gak nyadar. kan saya kembaran angelina jolie. wkwkw. biasanya bau terjadi karena adanya gigi berlubang yg tidak disadari

    ReplyDelete
  9. Bau mulut memang sangat mengganggu orang-orang di sekitarnya ya Mbak. Dan itu terkadang bisa tercium pada jarak 1 meter sekalipun.

    ReplyDelete
  10. Saya ini penderita anosmia. Jadi saya ngga bisa membaui bau mulut sendiri. Saya sering tanya sama suami atau anak-anak apa napas saya ada bau, terutama jika ada job make up.

    Kalau lagi make up-in orang, wajah kita bisa sangat dekat dengan klien, dan biasanya saya mengajak mengobrol agar lebih akrab.

    Selama ini alhamdulillah kekurangpekaan hidung bisa diatasi dengan permen, khawatir jika klien membaui bau mulut tapi mau ngomong sungkan.

    Selain permen, saya juga selalu sedia parfum di tas untuk jaga2 jika ada bau badan. Parfum pun yang pilihkan suami atau anak, aroma apa yang cocok untuk saya yang tak terlalu menyengat.

    ReplyDelete
  11. Wah, baru tau cara ngetes kita bah mulut atau nggak. Tapi memang makanan sangat berpengaruh ya. Point utamanya yang saya dapet sih hindari gula, gluten, gorengan berminyak, dan makanan2 yang tidak sehat.

    ReplyDelete
  12. Wahhh... artikelbya mantap banget nih ka. Informatif dan bergizi 👍

    ReplyDelete
  13. Lho, kok gorengan jadi pemicu bau mulut ya? Padahal kan enak itu gorengan. Hehehe. Ya karna pengaruh ke lambung kali ya. Mereka yang punya GERD nafasnya cenderung bau sih.

    ReplyDelete
  14. Ahh ini juga yg sering bikin saya nggak pede. Jarang bisa lepas mengobrol jarak dekat gitu, selalu saya jaga jarak..

    Hmm... Mau ah coba tips-tips nya teh.. Haturnuhuun

    ReplyDelete
  15. Wah, dapat tips jitu nih dari Ambu. Ijin share ke seorang teman yang aware dirinya mengalami hal ini, dan berusaha keras mencari cara penyembuhannya. Semoga artikel ini membantu berikan pencerahan padanya.

    Btw, baru tau kalo si cantik Anjol (Angelina Jolie) ternyata..... Tapi kutetap mengaguminya. Love you, still, Anjol! :)

    Thanks, Ambu untuk artikelnya yang selalu menarik!

    ReplyDelete