Skip to main content

The Light in Your Eyes; Ketika Sekelompok Kakek dan Nenek Tua Renta Beraksi



Bagaimana jika beberapa orang kakek dan nenek tujuh mulud beraksi? Yang dimaksud tujuh mulud karena mereka sudah tua renta. Dan konotasi tua renta biasanya sudah lemah tak berdaya. Nah di drama Korea “Dazzling” / “The Light in Your Eyes”, sekelompok kakek dan nenek beraksi melawan kawanan penjahat asuransi.

Seru?

Pastinya seru banget!  Kebayang ngga,  seorang  nenek yang tertatih-tatih menggunakan tongkat 4 kaki, sanggup menahan laju sekelompok penjahat berbaju hitam yang nampak gagah.

Kemudian ada kakek yang sudah kehilangan panca indra melihat, namun bisa mendeteksi keberadaan orang/barang ketika lampu dimatikan.

Juga ada kakek dengan banyak tato (tentunya dengan kulit sudah mengeriput :D  :D) berkelahi melawan sekawanan penjahat angker yang masih muda dan  bertubuh kekar.

Mereka  ngga hanya melawan penjahat, tapi juga menyelamatkan rekan-rekan mereka yang terancam dicelakai dalam perjalanan berkedok wisata.

Sempat ragu sebelum menonton “Dazzling”/”The Light in Your Eyes” karena ngebayangin bakal boring banget nonton aktivitas perempuan tua 70 tahunan.  Ternyata ngga, justru surprising, keren banget!

Banyak nilai dan pemahaman baru yang saya dapati dari drakor ini, sehingga dengan senang hati saya memberi 8,5  bintang pada keseluruhan drama.Padahal premisnya sederhana, tentang perempuan yang menderita Alzheimer. Namun plotnya bakal bikin kamu terperangah.


Mendapat julukan Audrey Hepburn of Korea, Kim Hye-Ja yang ternyata sudah berusia 78 tahun menunjukkan kelasnya sebagai aktris senior. Berperan sebagai  Kim Hye-Ja (namanya kok sama ya? :D), penonton akan terbius sejak awal hingga akhir.

Walau kisah ini  mentransfer pengetahuan tentang  kehidupan perempuan berusia 70 tahun yang mau ngga mau penyakitan, mudah lelah, makan serba susah. Namun penonton ngga melihat Kim Hye yang menyedihkan. Di beberapa adegan justru mencengangkan. Lihat deh akting Kim Hye Ja ketika mutung. Benar-benar menggemaskan!

Yang patut juga diacungi jempol adalah Hallyu  yang  menghargai aktor dan aktrisnya. Peran mereka ngga sekedar numpang lewat, biasanya sebagai ortu pemeran utama.


Han Ji Min sebagai Kim Hye Ja muda. Kamu pasti setuju, aktris satu ini piawai banget membawakan perannya. Beberapa drakor yang payah seperti “ Kill Me Heal Me” tertolong karena akting Han Ji Min.

Termasuk dalam Dazzling, ngeblend banget dengan Kim Hye Ja tua. selain itu chemistry nya dengan Nam Joo Hyuk dijamin bikin penonton gregetan. Cute banget.



Ihiks, Nam Joo Hyuk emang ganteng. Sayang aktingnya pernah parah di The Bride of Habaek, untunglah dalam “The Light in Your Eyes” NJH berperan cemerlang.
Dalam drama ini, NJH erganti-ganti peran , ngga hanya sebagai Lee Joon-Ha yang pemurung,     juga berperan sebagai dokter dan Lee Joon Ha muda yang kekinian.



Penonton drama korea  “My Secret Terius” pastinya ngga bisa ngelupain Son Ho-Jun yang bermain sebagai boss pemeran utama yang arogan. Dalam “The Light in Your Eyes”, SHJ berperan sebagai Kim  Young-Soo, kakak Kim Hye Ja yang ajaib. Yang membuat drama ini penuh warna.

Ngga pernah kerja untuk membantu keluarganya, Kim Young Soo malah asyik siaran kemudian ngerempongin emaknya minta makan daging. Ya marahlah si emak yang udah jungkir balik di salon kecantikan ngurus pelanggan.
Eh si Kim Young Soo malah nangis ketika dimarahi emaknya. Ha ha ha :D  :D

Sinopsis
Kim Hye-Ja. seorang perempuan aktif dan ceria  berusia 25 tahun bercita-cita menjadi seorang  penyiar. Dia memiliki jam misterius yang bisa menembus waktu.
Gara-gara jam tangan itu pula, suatu hari Hye Ja mendapati dirinya berubah menjadi perempuan berusia 70 tahun.
Hye Ja berkenalan dengan Lee Joon-Ha (Nam Joo-Hyuk) yang  ingin menjadi reporter. Dia bekerja keras untuk mencapai mimpinya, sayang nasib tidak berpihak padanya. (Asianwiki)



Review
Cantik dan lincah, Kim Hye-Ja yang beribukan seorang pemilik salon kecantikan,  serta ayah seorang supir taxi, hidup bahagia dengan kakaknya yang nyleneh. Si kakak, Kim Young-Soo, pengangguran yang setiap harinya asyik membuat siaran langsung.

Kim Hye Ja memiliki 2 sahabat yang selalu mendukungnya, Lee Hyun-Joo, anak pemilik rumah makan Tionghoa, dan Yoon Sang-Eun, si cempreng yang bercita – cita menjadi penyanyi.

Walau cita-citanya tak kunjung menunjukkan  titik terang, namun hidup Hye Ja normal-normal saja. Hingga dia menemukan sebuah jam tangan. Jam tangan tersebut,  bila diputar bisa membantunya memanipulasi waktu, yang berarti bisa memanipulasi tugas sekolahnya.

Nilai ujian Hye Ja pun  membaik. Sayangnya ada harga yang harus dibayar. Setiap memutar jam misterius, usia Hye Ja bertambah tua. Paling tidak, orang disekitar mengomentari demikian. Enggan dibully, Hye Ja pun memutuskan menyimpan jam tangan dan tidak menggunakannya lagi.

Suatu kemalangan membuat Hye Ja mengubah keputusannya. Ayah tersayangnya tertabrak dan tewas. Ingin mengembalikan nyawa ayahnya, Hye Ja mengeluarkan jam tangan misteriusnya dan kembali memutarnya.

Sayang tidak berjalan lancar.  Hye Ja harus memutar jarum jam tangan berulang-ulang.  Ketika akhirnya  berhasil,  Hye Ja mendapati tubuhnya berubah menua. Fisik perempuan 25 tahunnya menjadi 70 tahun.

Disinilah konflik dimulai. Kedekatan Hye Ja dengan  Lee Joon-Ha, seorang pemuda gebetan yang bercita-cita menjadi reporter, menjadi kandas. Joon Ha  tidak mengenali Hye Ja.
Hye Ja tidak berani berterus terang pada Joon Ha. Dia hanya mengaku  pada orangtuanya, kakaknya dan kedua sahabatnya.

Perubahan kondisi tubuh membuat Hye Ja bingung. Dia tidak lagi bisa mengerjakan aktivitas Hye Ja muda. Untuk mengisi waktu kosong, Hye Ja acap datang ke rumah jompo Hyoja, tempat Lee Joon-Ha bekerja setelah neneknya meninggal.

Rumah jompo Hyoja ternyata kamuflase. Pengurus rumah jompo mengumpulkan dan merayu  mereka yang berusia lanjut untuk membeli suplemen palsu dan ikut asuransi jiwa. Ketika pemilik rumah jompo diambang kebangkrutan, dia menyusun rencana, mengajak para lansia berwisata yang berujung maut. Beruntung Hye Ja mencium ketidak beresan. Dia mengajak teman-teman lansia yang tak memiliki polis asuransi dan otomastis tidak diajak berwisata, untuk menyelamatkan teman-teman lansianya melarikan diri.

Tapi benarkah Kim Hye Ja seheroik itu? Jawabannya ada di episode akhir yang mencengangkan. Karena itu saya mengangkat 2 jempol untuk penulis skenario.
Congrats, Anda cerdik menyusun plot cerita yang mengharu biru.

Ide cerita, plot cerita  yang apik serta akting ciamik para pemain “The Light in Your Eyes” mampu membuat penonton  terpaku sejak awal episode hingga akhir.

Tak berlebihan saya memberi nilai  8,5/10 untuk “The Light in Your Eyes”. ^^


Profile
Drama: The Light in Your Eyes (English title) / Eyes Are Dazzling (literal title)
Revised romanization: Nooni Booshige
Hangul: 눈이 부시게
Director: Kim Suk-Yoon
Writer: Lee Nam-Kyu, Kim Soo-Jin
Network: JTBC
Episodes: 12
Release Date: February 11 - March 19, 2019
Runtime: Mon & Tue 21:30
Genre: Fantasy
Language: Korean
Country: South Korea





Comments

dewi apriliana said…
Menarik ini.. nontoon ah.. drakor bertabur oppa ganteng sudah byasa. Pengen nnonton dazzling yang bertabur opa dan oma
Ambu Langit said…
Haha iya banget @Dewi

saya dapat banyak pelajaran dari drama ini :)
yustisia said…
drakor of my life, saya nonton sampai akhir dan dapet banyak pelajaran hidup

Popular posts from this blog

The Third Charm, Akhir Yang Membuat Penonton Marah

Bagaimana jika tokoh utama yang ganteng bukan main menjalin kasih dengan second lead, gadis cantik, imut dan menggemaskan? Ternyata penonton memilih agar keduanya happy ending. Sementara tokoh perempuan di maki-maki karena dianggap meninggalkan kekasihnya.
Mungkin itu yang menjadi penyebab ending drama Korea “The Third Charm” dibiarkan cukup terbuka. Penonton boleh berkhayal semaunya. Apakah cukup sahabatan atau menikah?
Tokoh utama pria, Seo Kang-Joon dan tokohperempuan, Esom yang membuat saya kepincut untuk menonton drakor ini. Seo Kang-Joon, rupanya dianggap sukses dalam setiap perannya sehingga tahun 2018, saya menonton 2 dramanya. Marema ya?
Sedangkan Esom, saya jatuh cinta pada sosoknya di Because This Is My First Life. Berperan sebagai sahabat tokoh utama, Esom keren banget. Hihihi tentu saja yang dimaksud keren adalah postur tubuhnyayang tinggi dan penuh. Seksi, tanpa harus berbaju pendek. Bahkan balutan kostum hitam atau putih yang dikenakan, bikin Essom nampak berkelas. Sebetul…

Dewi Kentring Manik, Dewi Cantik Jelita Pelindung Kota Bandung

Kios Agro Datang, Penjual Senang, Emak-emak Happy

Ibu rumah tangga menjerit ..!! Iburumah tangga yang acap disebutemak-emak ini menjadi kelompok masyarakat yang pertama kali tersakiti ketika harga-harga melonjak naik.
Menjelangbulan puasa tahun 2019, harga bawang putih tiba- tiba membumbung tinggi hingga mencapai Rp 100K per kilo gram, padahal biasanya hanya berkisar Rp 25K per kilogram.
Sebelumnya akibat kacang kedelai melonjak tinggi, harga tempepun meroket. Produsen tempe dan penjual tempe mogok hingga pemerintah turun tangan. namun emak-emaklah yang terkena imbasnya. Setiap hari mereka harus menyediakan lauk pauk. Dan tempe merupakan sumber protein termurah.
Tiga tahun sebelumnya, harga cabai rawit yang melonjak naik, hingga mencapai harga Rp 100K/kg. Padahal harga normal hanya belasan ribu rupiah per kilogram.
Penyedia jajanan khususnya UMKM lebih terpukul.

Saya sebagai salah satu dari kaum emak, yang juga pelaku UMKM, sempat menangis kesal. Tidak hanya disebabkan keuntungan yang tergerus habis, juga pernyataan menteri pertanian yan…

Lipstik Untuk Emak

Tini
Tini berjinjit.  
Dia sedang mengintai.

Disana, dibalik pintu kaca, seorang perempuan cantik sedang tersenyum pada cermin.   Sang perempuan cantik mengambil  spon bedak, ditepuk-tepuknya  pipi, hidung dan kening. Kemudian dia meringis.  Memperhatikan deretan gigi putihnya dengan seksama. 
Nampak cukup puas.  Tidak ada potongan cabai diantara geligi.  Dari tas mungilnya, dia mengeluarkan lipstik, menyapu bibir penuhnya dengan warna merah.  Tersenyum kembali pada cermin.  Wajahnya berubah.  Semakin cantik.
Di mata Tini, kecantikan sang perempuan bak bidadari.
“Sssttt Tin, Tiniii ...” Teriakan seorang teman menyadarkannya.
Dia harus bergegas.  Rinai hujan adalah rupiah.
Semakin lama hujan turun  semakin banyak rupiah terkumpul.
Tini berlari, menuruni undakan mall, menuju kerumunan orang yang sedang berteduh. 
Lobby mall selalu menjadi tempat favorit kala hujan turun. “Ojek payung, bu?” tanya Tini pada sesosok perempuan berkaca mata.  Blazer ungunya terkena tempias.  Basah.  Dia menerima payung y…

7 Amalan Bagi Bumi; Yuk Kita Mulai di Bulan Ramadan

“We don’t  Inherit The Earth from our Ancestor, We Borrow it from our Children”Akrab dengan adagium di atas? Iya banget ya? Bumi ini kan nggak hanya dihuni kita sekarang, anak cucu kita nanti juga akan menginjaknya. Jadi sudah seharusnya kita pelihara.
Dan hanya Islam lho yang punya ayat-ayat suci agar umatNya memelihara bumi. Salah satunya: ظَهَرَالْفَسَادُفِيالْبَرِّوَالْبَحْرِبِمَاكَسَبَتْأَيْدِيالنَّاسِلِيُذِيقَهُمْبَعْضَالَّذِيعَمِلُوالَعَلَّهُمْيَرْجِعُونَ Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allâh merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). [ar-Rûm/30:41]
Sebagai muslim, bangga banget  ya punya kitab suci yang lengkap dan  sempurna. Nggak hanya mengatur hubungan manusia dengan Allah dan manusia dengan manusia. Juga manusia dengan alam.  
Karena jika manusia memelihara  alam, maka alam akan membalas kebaikan manusia dengan berlipat ganda. Kebutuhan oksigen yang …

7 Bekal Wajib Agar Mudik Lancar dan Menyenangkan

Libur tlah tiba
Libur tlah tiba ... hore ... hore ...
Hihihilagu Tasya ini rasanya berkumandang di setiap liburan ya? Dan liburan berarti mudik. Lipat dua deh bahagianya.
Biasanya kami sekeluarga mudik ke Jawa Tengah. Naik kendaraan pribadi, mengular bersama kendaraan lain yang terjebak macet. Namun tetap happy. Macet adalah bunganya mudik. Bahkan kursi mobil sengaja dicopot, agar bisa tidur ketika macet.
Hingga .....
Berita itu tiba. Belasan orang meninggal gara-gara terjebak macet di Brebes Exit.Infrastruktur yang belum tuntas namun dipaksakan ,  dituduh sebagai penyebab. Namun, sejauh mana pemudik menyiapkan diri agar siap menghadapi situasi terburuk? 
Sudahkah pemudik menyiapkan bekal yang cukup dan sesuai?
Sebagai emak dengan 4 anak, menyiapkan bekal mudik menjadi story tersendiri. Nggak mudah. Jangan sampai  merasa bersalah jika ada yang tertinggal atau nggak dicatat untuk dibawa masuk koper/tas.
Selain baju, sepatu, pakaiandan pakaian dalam milik masing-masing anggota keluarga, paling…

3 Pilihan Investasi Sesuai Syariah Islam. Bisa Banget Dimulai Dari Uang THR

THR?
Yeay benar-benar kata yang menghinoptis. Kata yang mengumbar kebahagiaan. Baru denger kata THR udah bikin tersenyum. Apalagi jika sang THR sudah dalam genggaman. Karena itu berarti bisa beli baju, beli kue, beli hape baru, jalan-jalan, ngasih ke ortu, ngasih ke fakir miskin.
Sebentar, banyak banget yang mau dibeli? Mana buat investasi? Mumpung ada “uang kaget”, mengapa tidak berinvestasi?
Udah ada tabungan. Ngapain lagi harus berinvestasi?
Nah ini dia yang sering dilupakan masyarakat milenial. Terbuai rayuan angin surga,terlebih belanja online mempermudah segalanya, bisa –bisa dalam sekejap uang THR habis tak tersisa. Bahkan mungkin nombok.
Padahal hidup manusia di dunia rata-rata selama 60 tahun. Jika sejak dini nggak pernah berinvestasi, yakinkah bahwa kamu bisa mencari nafkah di usia tua? Jangan-jangan usia 50 tahun sakit-sakitan, bolak balik ke rumah sakit, tabungan habis, rumah terpaksa dijual. Ngenes banget.
Dan tabungan beda banget dengan investasi ya? Tabungan lebih mirip uang…