Skip to main content

Cantik, Sehat dan Hidup Berkualitas Bersama Lineation

doc. pinterest.com



Setiap perempuan pastilah mendamba kecantikan. Tapi kecantikan yang bagaimana? Kulit putih, langsing, rambut terurai namun sakit-sakitan? Atau wajah dan tubuh standar tapi sehat?

Ternyata jawabannya ngga sesederhana itu. Bukan sekedar hitam dan putih karena banyak varian menuju  hidup berkualitas. Saya mengambil kesimpulan bahwa yang masuk kategori cantik adalah mereka yang memiliki hidup berkualitas. Khususnya  sesudah mengikuti seminar sehari bersama Lineation, suatu pusat kecantikan yang menitikberatkan pada gaya hidup sehat dan seimbang.

Bertempat di jalan Lemah Neundeut nomor 10, peserta seminar berkesempatan mendapat materi dari para pakarnya, yaitu:

Pentingnya vitamin D

doc. news.medical.com


Sebagaimana diketahui fungsi Vitamin D adalah membantu penyerapan kalsium dalam tulang dan otot. Selain itu berfungsi immuno modulator, untuk menjaga kekebalan tubuh, meremajakan kulit serta mencegah osteoporosis pada manula.

Nah kebayang kan kalo si cantik bertubuh langsing kulit putih bak Song Hye Kyo, namun sering meringis akibat kekurangan vitamin D atau lebih parahnya kehilangan imunitas?

Bagan berikut ini bisa menjelaskan jika kita kekurangan vitamin D:

doc. maria-g-soemitro.com



Secara terperinci manfaat Vitamin D yang sering diabaikan adalah sebagai berikut:
  • Dapat mengaktivasi lebih dari 1.000 gen di tubuh kita.
  • Terlibat dalam proliferasi, diferensiasi sel di tubuh kita. 
  • Berperan dalam penggantian 30 – 40.000 sel kulit kita setiap menitnya. 
  • Berperan dalam imunitas yang optimal. 
  • Menjaga kulit kita lebih sehat.
Dalam penjelasannya, dokter Avi mengatakan waktu efektif berjemur untuk kulit sawo matang adalah sejak pukul 11.00 hingga pukul 15.00. Tentunya jangan terlalu lama. Sementara itu kita pemahaman berjemur yang kita ketahui adalah sejak pukul 07.00 – pukul 10.00 pagi.   Mungkin alasannya karena takut kulit hitam ya?  Padahal seperti kata dokter Avi,  saat tersebut matahari belum bersinar penuh.
Solusi kekurangan vitamin D ditawarkan lineation setelah kita melalui rangkaian pemeriksaan. Jika hasilnya positif kurang vitamin D,  maka pasien akan mendapat suntikan vitamin D.

Vitamin D sendiri seperti kata dokter David Budi Wartono dihimpun oleh tubuh hingga usia 20 tahun dalam bentuk cadangan. Sesudah itu tubuh menggunakannya hingga usia tua. Suntikan Vitamin D diberikan untuk menutupi kekurangan.

Manfaatnya sebagai berikut:

doc.maria-g-soemitro.com


Postural deconditioning
Sehat adalah bebas bergerak dan “ beraktifitas” tanpa hambatan
mikian kata pemateri kedua, Furqon Jaya Wicaksono, ahli physiotherapy. Emang sih ya, kita sering bilang sakit jika terkena flu, diare atau penyakit berat seperti kanker dan jantung. Sedangkan sakit-sakit di persendian jarang dihiraukan padahal pastinya mengganggu mobilitas.

Faktor yang mempengaruhi keseimbangan tubuh:
·        Status kesehatan
·         Kondisi kesehatan seseorang akan berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh sehingga aktivitasnya terganggu.
·         Nutrisi.
·         Pemenuhan kebutuhan tubuh akan nutrisi sangat penting karena mempengaruhi produksi energi yang digunakan untuk mobilisasi.
·         Emosi.
·         Situasi dan kebiasaan.
·         Gaya hidup.
·         Pengetahuan.

Gaya hidup membuat perubahan yang signifikan pada keseimbangan tubuh. Contohnya berikut ini, posisi tubuh seseorang ketika asyik menggunakan ponsel:



Posisi melihat ponsel pada sudut 60 derajat dapat memberi bobot kepala hingga 27kg pada tulang belakang (mirip dengan membawa anak kecil di pundak kita). Jika berlangsung terus-menerus akan menimbulkan “text neck”. Yaitu kondisi yang disebabkan beratnya tekanan pada tulang belakang akibat postur tubuh yang buruk, khususnya pada saat menggunakan ponsel/tablet.

Pengguna telepon seluler (ponsel) di tanah air mencapai 371,4 juta pengguna atau 142 persen dari total populasi sebanyak 262 juta jiwa. Artinya, rata-rata setiap penduduk memakai 1,4 telepon seluler karena satu orang terkadang menggunakan 2-3 kartu telepon seluler. Sementara kaum urban Indonesia mencapai 55 persen dari total populasi.

Rata-rata mereka menghabiskan dua sampai empat jam sehari untuk membaca kiriman, mengirim teks dan memeriksa situs media sosial di perangkat mobile mereka. Meskipun era digital hadir dengan banyak manfaat namun juga menghadirkan serangkaian masalah kesehatan baru, seperti “text neck”.

Posisi  text neck  sering menyebabkan perubahan pada tulang belakang servikal, mendukung ligamen, tendon, dan otot-otot, dan segmen tulang, biasanya menyebabkan perubahan postural. Ini juga dikaitkan dengan masalah sakit kepala, neurologis, depresi dan penyakit jantung.

Parahnya, jika tidak diobati bisa mengakibatkan kerusakan permanen, termasuk perataan kurva tulang belakang, onset arthritis dini, degenerasi tulang belakang, hilangnya kapasitas volume paru-paru dan bahkan masalah gastrointestinal.

Nah kan pastinya kita akan bilang sehat-sehat saja. Padahal tidak demikian adanya.

Selain masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat posisi yang salah dalam menggunakan ponsel juga ketika duduk di depan komputer, mengangkat beban seperti ember, serta menggunakan alas kaki.

Apa yang harus dilakukan?

·         Olah raga teratur
·         Latihan otot-otot postural
·         Latihan pernafasan
·         Peningkatan otot-otot yang lemah
·         Memperhatikan posisi ergonomis
·         Dll  

Pilih Sehat - Cantik – Produktif

doc. acuityorthodontics.com


Sebagai pimpinan Lianeation, dokter David Budi Wartono sungguh informatif. Materi yang dibawakan membuat peserta terpana. Atau mungkin juga karena penjelasannya termasuk baru untuk saya yang kudet ya?

Setelah  materi sebelumnya tentang cantik dari dalam melalui vitamin C dan perbaikan posisi tubuh, dokter David memberi penjelasan mengenai filler. Lebih tepatnya derma filler, ART untuk memberi tampilan 3 dimensi sehingga nampak awet muda.

#waduh, jadi inget Titik Puspa, penyanyi senior yang tetep kinclong di usia 80 tahun.

proses menua (doc. maria-g-soemitro.com)


Kelebihan  derma filler:

·         Mengisi volume
·         Hyaluronic acid, bahan pelembab alami.
·         Halal, non hewani.

Derma filler dibutuhkan pada kulit wajah yang telah kehilangan elastisitas dan masanya. Yang menyebabkan:

·         Hilangnya lemak di bawah kulit
·         Perubahan akibat gravitasi yang disebabkan kurangnya elastisitas kulit.
·         Perubahan bentuk tulang dan tulang rawan.
·         Pembentukan kerut akibat gerak otot yang diulang-ulang pada wajah.
·         Radiasi sinar UV dan merokok mempercepat kerusakan ini. Radiasi sinar UV merupakan pemicu kerusakan kulit yang menimbulkan pigmentasi.

Derma filler  diaplikasikan pada:

·         Perbaikan batang hidung
·         Perbaikan volume bibir.
·         Perbaikan volume tulang pipi.
·         Perbaikan volume dagu.
·         Perbaikan volume pipi.
·         Perbaikan volume rahang
·         Perbaikan hipotropi box scar.

Menarik bukan? Sayangnya karena ini bukan bedah plastik maka pengguna derma filler harus mengulang setahun kemudian.

Namun seperti yang dikatakan dokter David, cantik/jelek adalah pilihan. Pemilih opsi cantik bisa datang ke lineation center karena ada pelayanan  lengkap, mulai dari salon kecantikan, trauma healing, hingga spa bagi bayi.

Sip, sesuai semangat Lineation:

“Life is beautiful! Yes you must! You have to! You have to be happy. Happy is yours, your right.”

Siap untuk memperbaiki posisi tubuh dan memperhatikan asupan vitamin D? 

Atau bersiap untuk membentuk kembali wajah dengan derma filler?

Hmmm ......yang terakhir ini harus mengintip juga isi kocek ya?  ^_^

Comments

Sandra Hamidah said…
Wah jadi saya harus jemur sekitar jam segitu ya baru tahu lho makasih Bu informasi nya sangat bermanfaat 😇
Ida said…
Wah mantaps nih. Bener juga, kadang suka ga kerasa posisi duduk yg salah saat main hape .. deuh kudu hati2 ya :)
Tian lustiana said…
Bener bu harus liat koceknya dulu hehehe , ngintip dompet dulu ah
iya mbak Sandra, ternyata anggapan kita selama ini salah :D
saya juga baru tahu teh Ida, kemajuan teknologi ngga bisa digunakan mentah2 ya?

harus dilihat dari banyak sisi
kalo ngga liat kocek, bisa-bisa jebol deh :D :D

Popular posts from this blog

The Third Charm, Akhir Yang Membuat Penonton Marah

Bagaimana jika tokoh utama yang ganteng bukan main menjalin kasih dengan second lead, gadis cantik, imut dan menggemaskan? Ternyata penonton memilih agar keduanya happy ending. Sementara tokoh perempuan di maki-maki karena dianggap meninggalkan kekasihnya.
Mungkin itu yang menjadi penyebab ending drama Korea “The Third Charm” dibiarkan cukup terbuka. Penonton boleh berkhayal semaunya. Apakah cukup sahabatan atau menikah?
Tokoh utama pria, Seo Kang-Joon dan tokohperempuan, Esom yang membuat saya kepincut untuk menonton drakor ini. Seo Kang-Joon, rupanya dianggap sukses dalam setiap perannya sehingga tahun 2018, saya menonton 2 dramanya. Marema ya?
Sedangkan Esom, saya jatuh cinta pada sosoknya di Because This Is My First Life. Berperan sebagai sahabat tokoh utama, Esom keren banget. Hihihi tentu saja yang dimaksud keren adalah postur tubuhnyayang tinggi dan penuh. Seksi, tanpa harus berbaju pendek. Bahkan balutan kostum hitam atau putih yang dikenakan, bikin Essom nampak berkelas. Sebetul…

Dewi Kentring Manik, Dewi Cantik Jelita Pelindung Kota Bandung

Kios Agro Datang, Penjual Senang, Emak-emak Happy

Ibu rumah tangga menjerit ..!! Iburumah tangga yang acap disebutemak-emak ini menjadi kelompok masyarakat yang pertama kali tersakiti ketika harga-harga melonjak naik.
Menjelangbulan puasa tahun 2019, harga bawang putih tiba- tiba membumbung tinggi hingga mencapai Rp 100K per kilo gram, padahal biasanya hanya berkisar Rp 25K per kilogram.
Sebelumnya akibat kacang kedelai melonjak tinggi, harga tempepun meroket. Produsen tempe dan penjual tempe mogok hingga pemerintah turun tangan. namun emak-emaklah yang terkena imbasnya. Setiap hari mereka harus menyediakan lauk pauk. Dan tempe merupakan sumber protein termurah.
Tiga tahun sebelumnya, harga cabai rawit yang melonjak naik, hingga mencapai harga Rp 100K/kg. Padahal harga normal hanya belasan ribu rupiah per kilogram.
Penyedia jajanan khususnya UMKM lebih terpukul.

Saya sebagai salah satu dari kaum emak, yang juga pelaku UMKM, sempat menangis kesal. Tidak hanya disebabkan keuntungan yang tergerus habis, juga pernyataan menteri pertanian yan…

Lipstik Untuk Emak

Tini
Tini berjinjit.  
Dia sedang mengintai.

Disana, dibalik pintu kaca, seorang perempuan cantik sedang tersenyum pada cermin.   Sang perempuan cantik mengambil  spon bedak, ditepuk-tepuknya  pipi, hidung dan kening. Kemudian dia meringis.  Memperhatikan deretan gigi putihnya dengan seksama. 
Nampak cukup puas.  Tidak ada potongan cabai diantara geligi.  Dari tas mungilnya, dia mengeluarkan lipstik, menyapu bibir penuhnya dengan warna merah.  Tersenyum kembali pada cermin.  Wajahnya berubah.  Semakin cantik.
Di mata Tini, kecantikan sang perempuan bak bidadari.
“Sssttt Tin, Tiniii ...” Teriakan seorang teman menyadarkannya.
Dia harus bergegas.  Rinai hujan adalah rupiah.
Semakin lama hujan turun  semakin banyak rupiah terkumpul.
Tini berlari, menuruni undakan mall, menuju kerumunan orang yang sedang berteduh. 
Lobby mall selalu menjadi tempat favorit kala hujan turun. “Ojek payung, bu?” tanya Tini pada sesosok perempuan berkaca mata.  Blazer ungunya terkena tempias.  Basah.  Dia menerima payung y…

3 Pilihan Investasi Sesuai Syariah Islam. Bisa Banget Dimulai Dari Uang THR

THR?
Yeay benar-benar kata yang menghinoptis. Kata yang mengumbar kebahagiaan. Baru denger kata THR udah bikin tersenyum. Apalagi jika sang THR sudah dalam genggaman. Karena itu berarti bisa beli baju, beli kue, beli hape baru, jalan-jalan, ngasih ke ortu, ngasih ke fakir miskin.
Sebentar, banyak banget yang mau dibeli? Mana buat investasi? Mumpung ada “uang kaget”, mengapa tidak berinvestasi?
Udah ada tabungan. Ngapain lagi harus berinvestasi?
Nah ini dia yang sering dilupakan masyarakat milenial. Terbuai rayuan angin surga,terlebih belanja online mempermudah segalanya, bisa –bisa dalam sekejap uang THR habis tak tersisa. Bahkan mungkin nombok.
Padahal hidup manusia di dunia rata-rata selama 60 tahun. Jika sejak dini nggak pernah berinvestasi, yakinkah bahwa kamu bisa mencari nafkah di usia tua? Jangan-jangan usia 50 tahun sakit-sakitan, bolak balik ke rumah sakit, tabungan habis, rumah terpaksa dijual. Ngenes banget.
Dan tabungan beda banget dengan investasi ya? Tabungan lebih mirip uang…

7 Amalan Bagi Bumi; Yuk Kita Mulai di Bulan Ramadan

“We don’t  Inherit The Earth from our Ancestor, We Borrow it from our Children”Akrab dengan adagium di atas? Iya banget ya? Bumi ini kan nggak hanya dihuni kita sekarang, anak cucu kita nanti juga akan menginjaknya. Jadi sudah seharusnya kita pelihara.
Dan hanya Islam lho yang punya ayat-ayat suci agar umatNya memelihara bumi. Salah satunya: ظَهَرَالْفَسَادُفِيالْبَرِّوَالْبَحْرِبِمَاكَسَبَتْأَيْدِيالنَّاسِلِيُذِيقَهُمْبَعْضَالَّذِيعَمِلُوالَعَلَّهُمْيَرْجِعُونَ Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allâh merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). [ar-Rûm/30:41]
Sebagai muslim, bangga banget  ya punya kitab suci yang lengkap dan  sempurna. Nggak hanya mengatur hubungan manusia dengan Allah dan manusia dengan manusia. Juga manusia dengan alam.  
Karena jika manusia memelihara  alam, maka alam akan membalas kebaikan manusia dengan berlipat ganda. Kebutuhan oksigen yang …

Pilih Mana? Tunik Cleopatra atau Gamis Ashanty?

“Ibu mau tunik atau gamis?” Untuk sejenak saya bingung, nggak paham pertanyaan penjual pakaian. Hingga akhirnya dia menjelaskan bahwa yang dimaksud tunik adalah pakaian perempuan yang menutup pantat memanjang hingga seputar paha. Sedangkan gamis atau ada juga yang menyebutnya longdress, panjangnya menyapu lantai.
Aha, ternyata... Mungkin si penjual mengklasifikasikan tunik dan longdress menurut versinya saja. Atau untuk memudahkan penjualan. Karena tunic berasaldari masyarakat Romawi yang menyebut “tunica” pada pakaiannya. Pakaian tersebut berukuran lebih longgar dari model pakaian lain, mampu menutupi dada, bahu dan punggung. Dengan kata lain, tunik maupun gamis, barangnya sama. Tidak ada hukum yang mengharuskan ukuran tunik hanya sebatas paha.
Model pakaian dengan cutting sederhana ini disukai perempuan maupun pria dan mengalami transformasi di setiap era. Khusus untuk muslimah,tunik disukai karena longgar tidak memperlihatkan bentuk tubuh, hal yang dilarang agama.
Anehnya, keputusan m…