Hidup Lebih Semarak dan Bebas Stres Dengan Colour to Life Faber Castell




Menurut World Health Organization (WHO) 31% dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia disebabkan penyakit kardiovaskuler atau penyakit tidak menular. Dari jumlah  tersebut,  7,4 juta (42,3%) di antaranya disebabkan oleh Penyakit Jantung Koroner (PJK) dan 6,7 juta (38,3%) disebabkan oleh stroke.

Namun yang lebih mengejutkan dari 3/4 kematian  terjadi di negara berkembang yang berpenghasilan rendah sampai sedang.

Padahal seperti kita ketahui, penyebab penyakit tidak menular adalah kebiasaan buruk yang bisa dicegah. Seperti tidak merokok,  istirahat cukup, asupan gizi seimbang dan kelola stres.

Salah satu cara mengelola stres yang disarankan para psikolog adalah dengan mewarnai. Seperti yang telah diterapka n Carl Jung, seorang psikolog sekaligus tokoh psikologi analitis (1875-1961) yang  telah menerapkan terapi mewarnai bagi pasien dengan masalah psikologis.

Kegiatan mewarnai  nampak mudah dan sederhana, tapi ternyata banyak manfaatnya, antara lain:

 1. Melatih otak untuk fokus

Anak kedua saya mengalami kesulitan untuk fokus atau sering disebut konsentrasi pendek. Psikolog dan guru Sekolah Dasar menyarankan untuk olah raga renang, belajar piano atau mewarnai gambar. Saya memilih yang  terakhir karena mudah dan murah. Tidak perlu kursus dan bisa dikerjakan dimana saja serta kapan saja.

Ternyata bukan hanya anak yang sedang dalam fase tumbuh kembang yang akan mendapat manfaat mewarnai. Orang dewasa juga, sebab sering harus multitasking dan berakhir stres.
Kegiatan mewarnai dapat membuka lobus frontal otak atau bagian otak yang berfungsi mengorganisir dan memecahkan masalah, pikiran pun lebih fokus. Pekerjaan menumpuk dapat dikerjakan satu persatu dengan mudah.

2. Meredakan stres dan kecemasan

Stres menyebabkan meningkatnya  aktivitas pada koneksi saraf di amygdala (pusat rasa takut di otak). Kegiatan mewarnai membantu untuk relaks, rasa cemas berkurang dan timbul rasa tenang.

3. Mewarnai memberi kesempatan bersosialisasi

Seniman Lisa Congdon mempunyai teori tentang aspek sosial yang berkaitan dengan aktivitas  mewarnai. "Banyak perempuan yang tumbuh rasa percaya diri dan merasa nyaman dengan menggambar. Ini adalah cara lain untuk bersosialisasi dan beraktivitas  dengan orang lain. Kamu tak perlu berkonsentrasi penuh ketika kamu mewarnai buku mewarna, kamu sambil mengobrol dan  minum segelas anggur," tutur Congdon.

Kegiatan  mewarnai dapat menjadi ajang saling berkumpul dan berinteraksi, dengan begitu bisa sama-sama senang, bebas stres, dan merekatkan hubungan pertemanan.

4. Melatih keterampilan motorik halus dan penglihatan

Aktivitas mewarnai melibatkan dua logika, yakni pola warna dan kreativitas ketika mencampur dan mencocokkan warna," ujar Gloria Martínez Ayala, seorang psikolog.
Mewarnai membutuhkan dua belahan otak untuk berkomunikasi, sehingga kegiatan ini meningkatkan keterampilan motorik halus sekaligus penglihatan.



Faber Castell,  produsen alat tulis yang telah berdiri sejak tahun 1761 rupanya memahami kebutuhan tersebut, dan meluncurkan produk Colour to Life sejak bulan April silam.

Colour to Life merupakan produk yang memadukan antara menggambar secara konvensional dengan kemajuan teknologi augmented reality. Aktivitas mewarnai menjadi  makin menarik karena terhubung dengan dunia digital.

Terobosan ini dimaksudkan agar anak-anak dapat menjadi subjek dan bukan sepenuhnya objek dari mainan digital. Jadi anak-anak dapat diarahkan ke dunia digital dengan peran sebagai kontributor (dalam bentuk menyuplai karakter atau objek yang sudah diwarnai untuk dipakai dalam game tersebut).

“Sebagian game yang kita berikan justru berfungsi untuk stimulasi otak dan melatih konsentrasi anak,” ujar Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen dalam peluncuran Colour to Life.

Lho produknya kan untuk anak-anak?

Ya kegiatan mewarnai kan ngga terbatas untuk anak-anak,  seperti ditulis di atas, dengan mewarnai orang dewasa mendapat banyak manfaat.

Nah, apa aja isi paket Colour to Life Faber Castell?


Terdiri dari:
-  1 buah buku yang berisi 15 lembaran bergambar Augmented Reality (AR) yang siap diwarnai. 

- 20 Connector Pens untuk mewarnai. Tutupnya unik ya?

Cara Menggunakan Faber-Castell Colour to Life sungguh  menyenangkan.
1. Memilih karakter yang ingin dimainkan kemudian warnai. Hati-hati jangan mewarnai bagian bingkai.

Awalnya saya masih “malu-malu” memilih kemudian “malu-maluin karena buku serta pen-nya saya bawa kemana-mana hingga bukunya lecek. Asyik sih.

2.  Download Aplikasi Colour to Life pada Play Store atau Apps Store


3. Scan gambar yang telah diwarnai dalam jarak yang full frame mengenai bingkai gambar.


Perhatikan caranya ya, kemarin saya berulang kali gagal karena ngga tepat.
Gambar akan  berubah menjadi 3D. Hingga disini, sentuhlah  karakter gambar untuk bermain dan berimajinasi.

4. Pemain bisa  take selfie yang berpatisipasi sebagai subjek  dalam gambar yang telah diwarnai.
Nah hingga disini saya masih gagal, padahal kalo berhasil bisa seperti ini lho 


sumber: apkpure.com


5. Pilih menu games dan bermainlah sesuai karakter yang dipilih.

Ada 5 games yang bisa dimainkan, masing-masing berbeda  karakter dan manfaat. Safe Flight, Giddy Up, dan Pogo Boy dapat melatih konsentrasi dan motorik, sedangkan  Dress up Challenge, dan Balance yor Brain bertujuan melatih keseimbangan otak kiri dan kanan.

Bagaimana teman-teman? Mengasyikkan bukan?

Bersama Colour to Life,  kita bisa  “me time”. Bisa juga bersosialisasi bareng teman-teman. Acara hang out tambah rame  karena acara ngopi sambil ngobrol ngalor ngidul, bertambah semarak dengan kegiuatan mewarnai.

Produk Colour to Life bisa dibeli di Tokopedia ,  Gramedia atau toko buku terdekat. 

Jadi tunggu apalagi? Yuk warnai hidup dengan Colour to Life, bebaskan diri dari stres karena hidup yang hanya sekali ini haruslah penuh warna.
Setuju?






Comments

Nathalia DP said…
Bagus ya gamesnya utk stimulasi otak anak :)
yups, tapi saya masih gagal

tadi saya ke blognya @Nathalia, jadi keinspirasi ngikutin step by stepnya

thanks ya
Nathalia DP said…
Gmn sekarang? Smoga udah berhasil ya
linda said…
Keren nih hasilnya mewarnai dengan faber castell bisa 3D dengan bantuan aplikasi sehingga bisa juga buat selfie
jagbir said…
Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

Keep it up!

Popular Posts