Ini Dia 3 Cara Alami Cegah Stroke dan Jantung Koroner




Stroke, ternyata menempati peringkat penyebab kematian terbesar di Indonesia.  Lebih dari 20 persen kematian disebabkan oleh penyakit ini. Urutan kedua ditempati oleh jantung koroner, penyebab  hampir 10 persen dari total kematian di Indonesia.
Kedua penyakit ini termasuk dalam kelompok penyakit kardiovaskuler, yaitu penyakit yang disebabkan gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah. Dan ternyata tubuh memiliki cara alami untuk mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung, yaitu dengan adanya produksi nitric oxide (NO) atau nitrit oksida.
Louis Ignarro peraih Nobel atas penelitiannya tentang NO mengatakan bahwa NO terdapat dalam tubuh manusia, salah satunya diproduksi di pembuluh arteri dan vena. Adanya NO bisa membuka pembuluh darah lebih lebar sehingga bisa menurunkan tekanan darah.
Produksi NO akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Ada cara alami agar produksi NO tetap terjaga dan kita terhindar dari bahaya serangan stroke dan jantung koroner, yaitu:

1. Pola makan sehat
sumber: marketingtochina.com


Setiap orang nampaknya telah hafal slogan 4 sehat 5 sempurna. Yaitu harus mengonsumsi cukup karbohidrat, protein, sayur dan buah serta susu.
Louis menambahkan untuk meningkatkan NO dalam tubuh sebaiknya hindari konsumsi makanan berlemak seperti daging dan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya antioksidan karena antioksidan bisa meningkatkan NO di tubuh
2. Aktivitas fisik 30 menit per hari
donhummertrucking.com


Dalam penelitiannya Louis menemukan bahwa seseorang yang aktif bergerak, akan memproduksi NO lebih tinggi. Level NO menurun drastis ketika seseorang tidur.
Senada dengan itu Kementerian Kesehatan RI yang mencanangkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) untuk mengatasi penyakit tidak menular (PTM). Disarankan setiap individu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari seperti jalan kaki mengelilingi perumahan, berkebun dan lainnya.
3. Hindari stres

thenextweb.com


Kuat dugaan, stres memicu kebiasaan tidak sehat, misalnya pola makan tidak sehat, merokok, dan kurang berolahraga.
Orang yang mengalami stres tinggi dari pekerjaannya berisiko stroke 22 persen lebih tinggi dibandingkan orang yang pekerjaannya rendah stres. Bahkan pekerja perempuan lebih tinggi lagi, mereka yang mengalami stres memiliki risiko stroke 33 persen.
Lakukan jeda dari pekerjaan dengan minum secangkir teh atau kopi, nikmati dan kosongkan pikiran. Relaksasi 15 menit yang dilakukan secara rutin,  selain membantu mengurangi stres juga membantu menangani berbagai masalah dengan lebih bijak.
 
source : katadata.co.id

Kemajuan teknologi memang melenakan. Orang tidak lagi harus beranjak dari tempat duduknya hanya untuk makan dan membeli sesuatu. Cukup dengan gerakan jari diatas ponsel pintar , maka layanan online akan menyajikan masakan favorit di depan meja atau pakaian idaman tanpa harus keluar masuk toko.
Demikian juga urusan bersih-bersih rumah dan kebun. Layanan yang dipesan secara online akan segera datang membantu. Kondisi ini menyebabkan masyarakat digital semakin minim bergerak dan cenderung mengonsumsi makanan kurang sehat.
Pilihan kembali pada orang per orang, ingin hidup sehat hingga usia tua, atau membiarkan stroke dan jantung koroner menyerang.

 sumber:



Comments

Tira Soekardi said…
nah nomer 2 dan 3 sdh dilaksanakan, nah yg nomer satu itu suka tergiur yang enak2 tp gak sehat , apalagi kalau lg jalan2 ya
farida said…
wah, baru tahu kalau stroke adalah penyebab utama kematian.
terimakasih infonya :)
hahaha iya mbak Tira, apalagi kalo penampilannya menarik trus harummmm ......pas perut kita laper, ya udah deh #bablas :D :D
iya mbak Farida, saya tulis karena inginnya preventif untuk diri sendiri,

ngga terbayang kalo terkena :(