Bad and Crazy, Tentang Kepribadian Ganda yang Ratingnya Jeblok

          
maria-g-soemitro.com

Bad and Crazy (Drama Korea), Tentang Kepribadian Ganda yang Ratingnya Jeblok


“Kemungkinan besar Brigadir J mengidap kepribadian ganda,” kata kuasa hukum Ferdy Sambo.

Duh semoga gak bosan ya membaca dan mendengar tentang kasus Ferdy Sambo ini? Sebaliknya, kita cari aja hikmahnya, yaitu “jangan berbohong!” karena kerapkali kita harus membuat kebohongan baru untuk menutupi kebohongan pertama.

Atau, bisa terjadi tatkala kita jujur setelah berbohong, maka orang tak lagi percaya. Seperti kasus Ferdy Sambo: Dia marah mendengar istrinya, Putri Candrawathi dilecehkan di Magelang, bukannya melapor pada pihak kepolisian Magelang, eh malah memindahkan TKP ke rumahnya di Duren Tiga Jakarta.

Akibatnya gak ada yang percaya akan kisah pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J. Sehingga kuasa hukum Ferdy Sambo harus mencari cara untuk mematahkan anggapan bahwa Brigadir J semacam  “orang suci”,  dan hanya ‘bawahan miskin’ yang dizalimi atasannya.

Dan muncullah tuduhan Brigadir J mengidap kepribadian ganda. Tuduhan yang mengada-ada. Gak semua orang yang berpura-pura baik hati ternyata mengidap kepribadian ganda.

Apa sih kepribadian ganda itu?

Kepribadian ganda atau dissociative identity disorder (DID) adalah kondisi ketika seseorang memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda. Umumnya disebabkan oleh pengalaman traumatis yang terjadi berulang di masa kanak-kanak.

Drama Korea berulangkali mengusung kisah kepribadian ganda, diantaranya drama Korea “Kill Me, Heal Me” yang diperankan Hwang Jung-Eum dan Ji Sung. Drama yang berkisah tentang Cha Do-Hyun (Ji Sung) yang mempunyai banyak kepribadian ini, berhasil meraih 2 digit sejak awal penayangan, dan ditutup dengan rating 13.1%. Wow pisan!

Nasib kurang baik dialami drama Korea: Hyde Jekyll, Me yang diperankan Hyun Bin dan Han Ji-Min. Pesona Hyun-Bin yang sedang mekar kegantengannya, tak mampu membuat drama ini menyaingi drama Korea “Kill Me, Heal Me”. Sempat meraih 2 digit di episode awal, drama ini melorot ke raihan rating 7-8 persen.

Bagaimana dengan drama Korea: Bad and Crazy yang diperankan actor gak kalah ganteng dan flamboyant: Lee Dong-Wook?  Sayang sekali, bersama tandemnya Wi Ha-Joon, drama ini hanya mampu meraup 4 % di awal episode dan rating 2 persen sekian di episode akhir. 

Apa penyebabnya? Yuk kita kupas:

Baca juga:
Kill Me Heal Me; Monster Dalam Tubuh

It's Ok, This is Love, Karena Mungkin Kita Juga Penderita Gangguan Jiwa
 

maria-g-soemitro.com

Lee Dong-Wook sebagai Ryu Soo-Yeol

Bernama asli In Jae Hui, Ryu Soo-Yeol merupakan anggota kepolisian berpangkat inspektur senior. Masa depannya cemerlang. Walau hanya lulusan SMA, Ryu Soo-Yeol sangat pintar dann mampu menyelesaikan banyak kasus dengan mudah.

20 tahun silam Ryu Soo-Yeol ditemukan dalam keadaan berdarah-darah oleh Ryu Dong-Yeol dan ibunya. Dengan tangan terbuka mereka menerima Ryu Soo-Yeol. Mereka memberikan kasih sayang yang sebelumnya tak pernah dirasakan Ryu Soo-Yeol. Mereka membantu Ryu Soo-Yeol melupakan trauma dengan mengganti marga, dan memberi tanggal ulang tahun yang sama dengan Ryu Dong-Yeol.

Sebelum bertemu keluarga Ryu Dong-Yeol, hidup Ryu Soo-Yeol sangat menderita. Hari-harinya dipenuhi siksaan yang dilakukan ayah kandungnya. 

Di saat itu, dia bertemu Jeong Yun Ho yang juga merupakan korban kekerasan ayahnya.  Jeong Yun Ho mengajaknya membuat kesepakatan. Jeong Yun Ho akan membunuh ayah Ryu Soo-Yeol, kemudian Ryu Soo-Yeol membunuh ayah Jeong Yun Ho. 

Jeong Yun Ho berhasil membunuh ayah Ryu Soo-Yeol, tidak demikian dengan Ryu Dong-Yeol. Alter egonya muncul dan menolak melakukan pembunuhan.

 

maria-g-soemitro.com

Wi Ha-Joon sebagai    K

K alter ego Ryu Soo-Yeol. Dia bersemangat, muda, berani dan selalu menegakkan keadilan. Melihat tabungan Ryu Soo-Yeol, K mengurasnya dan mendonasikannya ke yayasan remaja terlantar.

K dan Ryu Soo-Yeol sama-sama mencintai Lee Hee-Gyeom, Bedanya, K sangat ekspresif, sedangkan Ryu Soo-Yeol malu-malu mengakui cintanya.

  

maria-g-soemitro.com

Han Ji-Eun sebagai Lee Hee-Gyeom

Dua tahun silam, Lee Hee-Gyeom berpacaran dengan Ryu Soo-Yeol.

Keduanya putus hubungan karena Lee Hee-Gyeom tak menyukai sikap Ryu Soo-Yeol yang pecundang dan suka menjilat atasan.

Perasaan Lee Hee-Gyeom berubah ketika melihat Ryu Soo-Yeol berani menyingkap kebenaran, bahkan membongkar kasus anggota majelis nasional, Do Yu-Gon.

Lee Hee-Gyeom tak menyadari bahwa yang muncul itu adalah K, alter egonya Ryu Soo-Yeol.
  

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea Bad and Crazy

Inspektur Senior Ryu Soo-Yeol bingung. Mimpi buruk selalu datang menghantui. Dia juga mengalami banyak hal aneh, seperti tiba-tiba mobilnya rusak parah. Anehnya ketika mengecek di CCTV: Nampak Ryu Soo-Yeol sedang merusak mobilnya sendiri!

Namun yang paling mengganggu hidup Ryu Soo-Yeol adalah munculnya sosok pria tak dikenal. Sosok itu selalu memakai helm dan berjaket merah.

Tidak hanya kerap menyiksa, sosok pria berhelm itu pernah menyeretnya di malam gelap, dan memaksa Ryu Soo-Yeol  masuk ke dalam apartemen yang sedang terbakar.

Di sana ada sesosok tubuh penuh luka. Dia terkapar dan terancam mati dalam lautan api. Sosok pria berhelm memaksa Ryu Soo-Yeol menyelamatkannya dengan meloncat dari ketinggian.

Keduanya selamat. Namun Ryu Soo-Yeol terkena pemberitaan tak sedap. Alih-alih menyelamatkan, Ryu Soo-Yeol  dituduh hendak membunuh sosok terkapar tersebut.

Ryu Soo-Yeol tidak menyadari, dia tengah masuk lingkaran penguasa yang sedang berusaha menutupi kejadian pembunuhan.

Sosok terkapar adalah Opsir Oh Kyung-Tae. Dia diserang tatkala mencari keberadaan perempuan bernama Jeong Yu-Na, karena telah berjanji pada anak perempuan Jeong Yu-Na untuk menemukannya.

Jeong Yu-Na mati saat sedang mengintai anggota majelis nasional, Do Yu-Gon. Profesinya selain PSK, adalah mata-mata kepolisian unit narkoba. Unit ini sebelumnya telah memakan korban: anggota kepolisian bernama Tak Min-Soo, rekan Lee Hee-Gyeom, mantan pacar Ryu Soo-Yeol.

Untuk membersihkan namanya, Ryu Soo-Yeol terpaksa membongkar kasus Jeong Yu-Na. Tak terduga, sebagai detektif polisi unit anti korupsi, dia berhadapan dengan perdagangan narkoba.

Untung ada K, dia adalah alter ego Ryu Soo-Yeol yang muncul saat Ryu Soo-Yeol mematikan rasa keadilan dan memilih menjilat atasan.

K berbentuk pria berjaket merah dan menggunakan helm. K pemberani, muda, bersemangat dan tak bisa menafikan ketidak-adilan. Sungguh berbanding terbalik dengan Ryu Soo-Yeol.

  

maria-g-soemitro.com


Review Drama Korea Bad and Crazy
Jangan diketawain ya? Saya memutuskan menonton drama Korea Bad and Crazy karena ingin menonton acting Wi Ha-Joon, hehehe.

Sesudah melihat aktingnya yang menghanyutkan sebagai Choi Do-Il dalam drama Korea ‘Little Women’, saya penasaran dan lihat profile-nya di laman asianwiki. Ternyata doi pernah berakting tanpa greget sebagai Ji Seo-Jun di drama Korea Romance is a Bonus Book (2019) dan pemeran pendukung dalam drama lainnya, salah satunya adalah drama Korea Goodbye Mr. Black (2016)

Penggodokan yang lumayan lama ya?

Wi Ha-Joon menunjukkan kualitasnya dengan mampu mengimbangi akting aktor senior, Lee Dong-Wook. Tidak hanya beda jam terbang, usia keduanya pun terpaut jauh, Wi Ha-Joon (1991), sedangkan Lee Dong-Wook (1981)

Bahkan acting Wi Ha-Joon sebagai K sangat mewarnai drama Korea Bad and Crazy: Wajahnya selalu riang, temperamental, ngocol, pemberani, dan tentu saja tampan! Berbanding terbalik karakter Ryu Soo-Yeol yang jaim, flamboyant, dan cenderung menahan diri.

Perpaduan keduanya mendominasi warna drama Korea Bad and Crazy. Karena secara keseluruhan, drama ini bernuansa gelap. Tentang penyiksaan anak. Tentang pembunuhan oleh penguasa. Serta tentang dunia hitam narkoba.

Dibanding pendahulunya yang juga berkisah tentang kepribadian ganda, saya lebih menyukai drama Korea Bad and Crazy yang terasa lebih nyata. Dimulai dengan kebingungan Ryu Soo-Yeol ketika alter egonya muncul, kemudian melakukan serangkaian terapi dan berakhir perpisahan dengan si alter ego, K.

Drama-drama pendahulunya: Drama Korea Kill Me Heal Me dan drama Korea Hyde Jekyll, Me lebih mirip dagelan dengan bumbu romantis. Genre psychological hanya tempelan. Sedangkan dalam drama Korea Bad and Crazy, kebalikannya: Kisah asmara hanya tempelan.

Jadi, mengapa drama Korea Bad and Crazy tidak sesukses pendahulunya? Kemungkinan besar pasar telah jenuh. Setiap bulan muncul drama bagus yang membuat kdrama lovers bingung.

Akhirnya, memilih drama berdasarkan suka pada aktris/aktornya, bisa menjadi keputusan yang tepat.

Baca juga:
Hyde Jekyll, Me, Saat Hyun Bin Melakoni Kepribadian Ganda

Clean With Passion for Now; Kala Si Gila Bersih Jatuh Cinta Pada Si Jorok

Romance is Bonus Book, Teman Tapi Menikah


maria-g-soemitro.com


Profile

Drama: Bad and Crazy
Revised romanization: Bad and Crazy
Hangul: 배드 앤 크레이지
Director: Yoo Sun-Dong
Writer: Kim Sae-Bom
Network: tvN, iQIYI
Episodes: 12
Release Date: December 17, 2021 - January 28, 2022
Genres: Action, Thriller, Mystery, Psychological

Runtime: Friday & Saturday 22:40
    Language: Korean
    Country: South Korea


6 comments

  1. haha, endingnya gue banget Teh... memilih drakor berdasarkan aktor / aktrisnya.. dan wi ha joon juga salah satu aktor yang membuat saya memilih untuk menonton judul tersebut.. pertama liat wi ha joon di romance is a bonus book, yang perannya malaikat banget disitu..
    mmm, kalau baca review Teteh, kayaknya ini bakal jadi watch list ku juga nih, aku suka alur ceritanya dan penasaran apakah Ryu Seo-Yoel bisa berdamai dengan alter egonya.. can't wait for watching !

    ReplyDelete
  2. Saya rasa juga begitu. Kalia sudah mentok ga ada jalan cerita yang disukai, nonton tayangan ya lihat siapa pemainnya saja. Kalau keren, lanjut nonton. Hehehe ... Ya meskipun bukan idola dan gak tahu siapa namanya, hehehe...

    ReplyDelete
  3. nonton drama dengan tema kepribadian ganda ini memang harus siap mental yaa. Dulu saya nonton Hyde Jekill Me tap gak nonton kill me heal me. Rasanya nonton 1 drama dengan tema ini udah cukup kalo gak ingin pikiran tambah pusing, hehehe

    ReplyDelete
  4. Menilai sebuah karya memang tidak mudah tentunya yha. Jika rating sebuah film rendah biasanya sih memang penonton juga kurang tertarik dengan jalan ceritanya sebagian atau bahkan keseluruhan. Hmmm ini pemerannya aja uda cakep banget lho tapi tetep aja kayak kurang di mata penonton utk lanjutin nonton yha.

    ReplyDelete
  5. Menilai sebuah karya memang tidak mudah tentunya yha. Jika rating sebuah film rendah biasanya sih memang penonton juga kurang tertarik dengan jalan ceritanya sebagian atau bahkan keseluruhan. Hmmm ini pemerannya aja uda cakep banget lho tapi tetep aja kayak kurang di mata penonton utk lanjutin nonton yha.

    ReplyDelete
  6. Wi Ha Joon emang cocoknya berperan dingin dan penuh misteri melihat sorot matanya yang tajam.
    Akting psiko-nya pas di film Midnight juga kece banget!

    Aah..pokoknya Wi Ha Joon dinantikan karya berikutnya.. Squid Game season 2 mungkin ya.. Etapi kabarnya 2023 ini mau ada di drama Gyeongseong Creature siih..bareng Park Seo Joon sama Han So Hee.

    ReplyDelete