7 Bekal Wajib Agar Mudik Lancar dan Menyenangkan

source: arnoldclark.com

Libur tlah tiba

Libur tlah tiba ... hore ... hore ...     

Hihihi  lagu Tasya ini rasanya berkumandang di setiap liburan ya?  Dan liburan berarti mudik. Lipat dua deh bahagianya.

Biasanya kami sekeluarga mudik ke Jawa Tengah. Naik kendaraan pribadi, mengular bersama kendaraan lain yang terjebak macet. Namun tetap happy. Macet adalah bunganya mudik. Bahkan kursi mobil sengaja dicopot, agar bisa tidur ketika macet.

Hingga .....

Berita itu tiba. Belasan orang meninggal gara-gara terjebak macet di Brebes Exit.  Infrastruktur yang belum tuntas namun dipaksakan ,  dituduh sebagai penyebab. Namun, sejauh mana pemudik menyiapkan diri agar siap menghadapi situasi terburuk? 
Sudahkah pemudik menyiapkan bekal yang cukup dan sesuai?

Sebagai emak dengan 4 anak, menyiapkan bekal mudik menjadi story tersendiri. Nggak mudah. Jangan sampai  merasa bersalah jika ada yang tertinggal atau nggak dicatat untuk dibawa masuk koper/tas.

Selain baju, sepatu, pakaian  dan pakaian dalam milik masing-masing anggota keluarga, paling tidak 7 item ini harus dibawa. Jika tidak, rasanya  kiamat deh sepanjang mudik. Nggak nyaman banget.

Apa aja? Ini dia:

source: nomadsquare.com

Air minum
Berapa lama manusia mampu bertahan tanpa minum? Ternyata hanya 4-7 hari. Sementara berpuasa tanpa makan, mampu dilakoni hingga 3 minggu. Karena itu kita mudah terkena dehidrasi.

Agar tercukupi  air minum, siapkan 1 tumbler untuk 1 anggota keluarga yang bisa diisi di tengah jalan.  Sebaiknya jangan mengandalkan  beli di tengah jalan. Harus ada cadangan air minum dalam  kardus.
source: portlandjanitorial.co.uk

Bekal makanan yang mengenyangkan
“Beli makan di jalan aja”, nampaknya jadi solusi menyenangkan ya? Ngga perlu ribet nyiapin makanan  berat. Namun satu kejadian membuat saya kapok. Yaitu ketika masuk waktu sahur dalam perjalanan ke Jawa Tengah melalui jalur selatan.

Jarang banget warung makan. Kalaupun ada, dikerubuti pembeli, lauk pauk nyaris habis tak bersisa. Akhirnya hanya sahur dengan minum air putih.

Sejak saat itu, saya selalu menyiapkan bekal makanan yang mengenyangkan seperti lemper, arem-arem atau roti. Bahkan sering bikin roti kasur sebagai bekal. Selain isiannya bisa disesuaikan dengan selera anggota keluarga, juga lebih tahan lama.

source: ravelry.com

Buah-buahan
Awalnya anak-anak memilih keripik serta snack kering lainnya sebagai camilan selama dalam perjalanan. Kudapan seperti itu miskin gizi dan membuat mudah haus.

Asalkan diberi pengertian, anak-anak mau  kok mengganti snack kering dengan buah-buahan seperti jeruk, salak dan apel. Buah-buahan mengandung banyak air,  vitamin dan mineral. Sehingga tidak mudah haus, stamina tubuhpun terjaga.

source: wwwnc.cdc.gov

Obat-obatan
Si Ade tiba-tiba terkena alergi, gatel dan merah-merah di seluruh tubuh.  Mencari apotik tak kunjung ditemukan karena kebetulan hari Minggu. Sedang berada di kota kecil pula. Aduh nelangsa dan bersalahnya saya sebagai ibu. Kok ya kelupaan bawa obat.

Obat, digunakan atau tidak, emang hukumnya wajib  dibawa. Meliputi obat yang dapat digunakan seluruh anggota keluarga seperti obat batuk, obat pusing,obat diare. Hingga yang spesifik seperti anti alergi, anti mabuk dan lain sebagainya. Agar kisah si Ade tidak terulang, perjalanan lancar dan semua happy.

source: theyummylife.com

Makanan Cadangan
Pernah nggak berada di suatu lokasi, punya uang lumayan banyak, namun nggak bisa digunakan karena kanan dan kiri pohon. Sementara perut melilit lapar, mulut terasa haus.

Saya pernah. Waktu itu mencoba menerobos jalan dari danau Lembang ke Gunung Tangkuban Perahu. Saya habis gajian. Dompet penuh. Tapi ngga bisa beli apa-apa karena penjual makanan hanya terkonsentrasi di seputar Gunung Tangkuban Perahu.

Sejak saat itu, tak pernah sekalipun saya bepergian tanpa membawa makanan instan yang mengenyangkan. Banyak macamnya kan? Tinggal diseduh, tunggu sebentar, langsung bisa dimakan. Rasanya mungkin nggak seenak masakan dapur. Namanya juga makanan cadangan ya untuk disantap ketika kepepet lapar. Hanya sekedar mengganjal perut.

source: recycling.com

Reusable Bag
Reusable bag yang kini dijual di supermarket menjadi penyelamat dalam bepergian jauh.  Bisa juga kantong plastik jika punya banyak stok di rumah. Diberdayakan daripada dibuang.

Ada 2 macam kantong plastik yang beredar di pasaran. Yang menggunakan embel-embel biodegradable sehingga mudah hancur, dan kantong plastik konvensional, tanpa embel-embel/tulisan green-greenan.

Andaikan konsumen sadar dirinya menjadi objek produsen, pastinya dengan tegas bisa menolak kantong plastik bertuliskan biodegradable plastic . Kantong plastik yang diklaim mudah hancur, namun konsekuensinya  sulit digunakan ulang. Bahannya sering terlampau tipis, mudah robek. 

Reusable  bag dan kantong plastik banyak banget kegunaannya.  Untuk menyimpan sampah kupasan buah-buahan. Untuk menyimpan baju kotor, sepatu kotor dan kegunaan lainnya. Apa jadinya mudik tanpa reusable bag/tas cadangan? Pastinya bakal kacau. Makanan bercampur baur dengan minuman dan sampah.

Jadi jangan lupa siapkan reusable bag. Jika bawa kantong plastik, tanpa embel-embel green ya ^_^

source: wandergogo.com

Peralatan Khusus
Diluar barang milik pribadi yang menjadi tanggung jawab setiap  anggota keluarga, ada peralatan khusus yang harus disiapkan seorang ibu.  Peralatan khusus tersebut meliputi pisau, termos air panas, gelas, sendok garpu.

Di setiap bepergian, walau sendiri, saya selalu membawa pemanas air. Ketika pingin mie instan atau air kopi, cukup mencari stop kontak, tunggu sebentar, jadi deh kopi panas atau segelas mie instan. 

Karena kita nggak pernah tau, apakah akan tidur di hotel yang memberi fasilitas pemanas air/ termos air panas. Atau  memilih tidur di home stay yang lebih nyaman dan murah, namun nggak ada fasilitas air minum panas.

Nah,  itu semua  7 item yang selalu saya siapkan  sebelum mudik, kemudian cross check agar tidak ketinggalan. Ngga termasuk celana renang, jacket dan lainnya ya. Karena setiap anak punya, merekalah yang harus menyiapkan dan memasukkan ke dalam kopernya masing-masing.

Punya pendapat lain?

Comments

mydock said…
sangat informatif.. bagi pemudik pemula harap baca ini agar mudiknya berjalan lancar dan sampai tujuan..