Skip to main content

Perempuan Wajib Nonton 5 Film Inspiratif Ini

screenshot Erin Brockovich


“Film apa yang kamu sukai?”

Waduh, bingung dong saya. Karena banyak banget. Mulai dari Ratatouille  yang ditonton semua umur, hingga  Lady Macbeth yang dianjurkan untuk 17 tahun plus. Berbagai genre filmpun saya lalap habis.  Saya ngga peduli, apakah  action, petualangan, komedi, kejahatan/gangster, drama, historical, horror dan musical. Saya suka, saya tonton. ^_^

Tapi hanya beberapa yang saya simpan dalam laptop. Film bertemakan perempuan. Tentunya bukan sembarang perempuan. Namun, perempuan yang kuat, perempuan yang mau berjuang.

Sleeping With The Enemy (1991)
source: amazon.com

Film berdasarkan novel yang dikarang Nancy Price  ini berkisah mengenai Laura Burney  yang terbelenggu dalam cinta posesif suaminya,  Martin.

Ngga hanya mengekang  Laura untuk berhubungan dengan dunia luar. Martin juga mengurung istrinya di sebuah rumah mewah. Di pinggir pantai. Namun yang paling menyiksa adalah kekerasaan fisik serta marital seks atau pemaksaan hubungan seks. Walau dilakukan dalam ikatan suami istri, marital rape termasuk kategori pemerkosaan.

“Bukan perempuan penakut”, komentar seorang perempuan tua, ketika akhirnya Laura bisa keluar dari “penjara”  suaminya. Dukungan memang sangat dibutuhkan oleh seorang perempuan yang mengalami kekerasan seperti Laura.

Beruntung Laura belum memiliki anak. Finansial cukup. Bagaimana jika tidak? Tak heran banyak perempuan yang bernasib seperti Laura, mengambil langkah tak terduga. Bunuh diri setelah membunuh anak-anaknya, misalnya.

Pemeran Laura, Julia Roberts, keren bangettt. Aktris idolaku. Walau film ini dibuat tahun 1991, Julia ngga tampak jadul. Bahkan sebutan “my princes” yang diucapkan Martin, kerasa pas banget. Cantiknya kebangetan! ^_^

Erin Brockovich (2000)
source: amazon.com

Masih diperankan Julia Roberts, nasib Erin bertolak belakang dengan Laura Burney. Erin, mantan ratu kecantikan lokal yang menikah dini dan berkehendak bebas. Tercermin dari pilihan bajunya yang tak segan menonjolkan buah dada.

Nasib membawanya pada kasus  pencemaran kromium heksavalen yang dilakukan sebuah perusahaan besar. Sangat menarik mengikuti perjuangan Erin dalam mencari keadilan bagi ratusan penduduk yang terkena cemaran. Sementara dia sendiri hanya janda miskin beranak tiga.

Kepiawaian Julia Roberts membawakan kisah nyata Erin Brockovich membuatnya beberapa kali diganjar penghargaan. Sebutlah Academy Award, Golden Globe dan beberapa award lainnya.

Marlina: The Murderer in Four Acts (2017)
(Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak)

source; variety.com

Jika Hollywood punya Julia Roberts, Indonesia memiliki Marsha Timothy. Aktris cantik dengan deretan  penghargaan. Bermain total sebagai Marlina, tak ada keraguan,  Marsha adalah Marlina, perempuan Sumba yang ditinggal mati suaminya. Penuh guratan wajah yang menandakan betapa kerasnya hidup.

Naas, sekawanan perampok datang,  tidak hanya membawa seluruh harta Marlina, berupa ayam, sapi dan kambing. Juga kehormatan.

Bagaimana Marlina mencari keadilan, serta apa yang diperolehnya, merupakan point film ini.
Apa yang dialami Marlina, juga berpeluang terjadi pada setiap  perempuan. Keputusan akhir ada pada si perempuan. Apakah pasrah, mencari keadilan yang berliku atau justru melawan.

Gone With The Wind (1939)

source: housebeautiful.com
Berdasarkan buku berjudul sama yang ditulisMargaret Munnerlyn Mitchell,  Gone With the Wind berkisah tentang  Scarlett O’Hara, perempuan muda yang manja dan melakukan banyak hal tak terduka.

Namun ketika perang menghancurkan rumah dan ladangnya, Scarlet  bertransformasi menjadi kepala rumah tangga yang tangguh. Ikut bertani , hingga telapak tangannya hancur.  Dan menjelma menjadi perempuan penuh gaya, ketika harus bernegosiasi. Tak ada bahan untuk gaun? Tirai jendelapun jadilah.  

Perempuan kuat Scarlett O Hara, tidak hanya melindungi keluarganya, juga merawat istri dari lelaki yang dicintainya sejak masih remaja labil. Mampukah kamu?

Walau film lawas, perjuangan Scarlett  tetaplah relevan dengan masa kini. Bahkan di era milenial. Setiap perempuan bisa menjadi leader, tanpa ragu. Karena keraguan merupakan pelecehan gender, yang tanpa sadar, sering dilakukan perempuan itu sendiri.
  
Memoirs of a Geisha (2005)

source: sabrinomiso.com

Berlawanan dengan Scarlett, Chiyo, calon Geisha dalam Memoirs of a Geisha menjalani hidup sesuai arus. Selain dipercaya berwatak air, Chiyo berlaku seperti seharusnya  perempuan timur. Namun dalam posisinya, dia adalah sosok yang diandalkan.

Setiap profesi memiliki perannya tersendiri dalam masyarakat. Seorang geisha bukanlah pelacur, dia sosok penghibur dalam budaya Jepang.  Posisinya tidak remeh, seorang geisha  merupakan seniman yang wajib pandai berdiplomasi.

Disitulah Chiyo yang berubah nama menjadi Nitta Sayuri harus mampu menempatkan diri. Nampak menjemukan. Namun jika kamu mau bertahan hidup, kemampuan adaptasi harus dimiliki. 

Kemampuan membentengi diri yang dilakukan Sayuri, sama sulitnya dengan aksi frontal Scarlett.
Jaman boleh berubah, teknologi berkembang, namun tuntutan hidup tetap sama. Apakah akan memilih mengikuti aliran air atau membangun sendiri embung-embung air. Muaranya tetap sama, untuk keberlanjutan hidup  perempuan itu sendiri.

Comments

herva yulyanti said…
nah yang Marlina aku penasaran ambu karena sempat liat cuplikannya juga keren emang Marsha, film lainnya aku ga tau hahaha jadi penasaran deh pengen lihat semua
Sandra Hamidah said…
Ada yang belum saya tonton nih, makasih ya ambu
Saya syka banget sama mbak Erin... tangguh, cantik, judes juga.. hihi
Suka Gone with the wind
Gita said…
Yang pernah saya tonton baru no 5 aja dan itu pun nontonnya sendirian di bioskop hehe
Gitawatty said…
Aku cuma nonton yang Geisha doang. Yang 4 lagi belum. Kayanya yang Marsha Timothi lumayan ringan ya, Teh?
Raisa Hakim said…
Ini mah cewek2 tangguh semua ambu
Ulu said…
Udah nonton semua. Film Julia yg Monalisa Smile juga bagus bangetngetnget :) btw kakak saya suka bgt Julia Roberts & suka bgt film erin brokovich. Lalu dia ngasi nama anak perempuannya Erin.
Sugi Siswiyanti said…
Wah,saya pengagum Julia Roberts juga, tapi belum pernah nonton dua filmnya yang ini. Memoar of Geisha ,saya baca novelnya. Geisha yang harus senantiasa memendam setiap perasaannya mengingatkan saya pada perempuan Jawa.
Tian lustiana said…
Cuman pernah nonton memoirs of geisha, eh lupa nonton apa baca buku yah hehehe
Sri Al Hidayati said…
Penasaran sama Marlina si Pembunuh empat babak..
Ida Tahmidah said…
Saya kudet klo soal film..hehe..ini kyknya blm semua deh..lg nyari film keluarga yg bagus nih mumpung liburan anak2..

Popular posts from this blog

The Third Charm, Akhir Yang Membuat Penonton Marah

Bagaimana jika tokoh utama yang ganteng bukan main menjalin kasih dengan second lead, gadis cantik, imut dan menggemaskan? Ternyata penonton memilih agar keduanya happy ending. Sementara tokoh perempuan di maki-maki karena dianggap meninggalkan kekasihnya.
Mungkin itu yang menjadi penyebab ending drama Korea “The Third Charm” dibiarkan cukup terbuka. Penonton boleh berkhayal semaunya. Apakah cukup sahabatan atau menikah?
Tokoh utama pria, Seo Kang-Joon dan tokohperempuan, Esom yang membuat saya kepincut untuk menonton drakor ini. Seo Kang-Joon, rupanya dianggap sukses dalam setiap perannya sehingga tahun 2018, saya menonton 2 dramanya. Marema ya?
Sedangkan Esom, saya jatuh cinta pada sosoknya di Because This Is My First Life. Berperan sebagai sahabat tokoh utama, Esom keren banget. Hihihi tentu saja yang dimaksud keren adalah postur tubuhnyayang tinggi dan penuh. Seksi, tanpa harus berbaju pendek. Bahkan balutan kostum hitam atau putih yang dikenakan, bikin Essom nampak berkelas. Sebetul…

Dewi Kentring Manik, Dewi Cantik Jelita Pelindung Kota Bandung

Kios Agro Datang, Penjual Senang, Emak-emak Happy

Ibu rumah tangga menjerit ..!! Iburumah tangga yang acap disebutemak-emak ini menjadi kelompok masyarakat yang pertama kali tersakiti ketika harga-harga melonjak naik.
Menjelangbulan puasa tahun 2019, harga bawang putih tiba- tiba membumbung tinggi hingga mencapai Rp 100K per kilo gram, padahal biasanya hanya berkisar Rp 25K per kilogram.
Sebelumnya akibat kacang kedelai melonjak tinggi, harga tempepun meroket. Produsen tempe dan penjual tempe mogok hingga pemerintah turun tangan. namun emak-emaklah yang terkena imbasnya. Setiap hari mereka harus menyediakan lauk pauk. Dan tempe merupakan sumber protein termurah.
Tiga tahun sebelumnya, harga cabai rawit yang melonjak naik, hingga mencapai harga Rp 100K/kg. Padahal harga normal hanya belasan ribu rupiah per kilogram.
Penyedia jajanan khususnya UMKM lebih terpukul.

Saya sebagai salah satu dari kaum emak, yang juga pelaku UMKM, sempat menangis kesal. Tidak hanya disebabkan keuntungan yang tergerus habis, juga pernyataan menteri pertanian yan…

Lipstik Untuk Emak

Tini
Tini berjinjit.  
Dia sedang mengintai.

Disana, dibalik pintu kaca, seorang perempuan cantik sedang tersenyum pada cermin.   Sang perempuan cantik mengambil  spon bedak, ditepuk-tepuknya  pipi, hidung dan kening. Kemudian dia meringis.  Memperhatikan deretan gigi putihnya dengan seksama. 
Nampak cukup puas.  Tidak ada potongan cabai diantara geligi.  Dari tas mungilnya, dia mengeluarkan lipstik, menyapu bibir penuhnya dengan warna merah.  Tersenyum kembali pada cermin.  Wajahnya berubah.  Semakin cantik.
Di mata Tini, kecantikan sang perempuan bak bidadari.
“Sssttt Tin, Tiniii ...” Teriakan seorang teman menyadarkannya.
Dia harus bergegas.  Rinai hujan adalah rupiah.
Semakin lama hujan turun  semakin banyak rupiah terkumpul.
Tini berlari, menuruni undakan mall, menuju kerumunan orang yang sedang berteduh. 
Lobby mall selalu menjadi tempat favorit kala hujan turun. “Ojek payung, bu?” tanya Tini pada sesosok perempuan berkaca mata.  Blazer ungunya terkena tempias.  Basah.  Dia menerima payung y…

7 Amalan Bagi Bumi; Yuk Kita Mulai di Bulan Ramadan

“We don’t  Inherit The Earth from our Ancestor, We Borrow it from our Children”Akrab dengan adagium di atas? Iya banget ya? Bumi ini kan nggak hanya dihuni kita sekarang, anak cucu kita nanti juga akan menginjaknya. Jadi sudah seharusnya kita pelihara.
Dan hanya Islam lho yang punya ayat-ayat suci agar umatNya memelihara bumi. Salah satunya: ظَهَرَالْفَسَادُفِيالْبَرِّوَالْبَحْرِبِمَاكَسَبَتْأَيْدِيالنَّاسِلِيُذِيقَهُمْبَعْضَالَّذِيعَمِلُوالَعَلَّهُمْيَرْجِعُونَ Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allâh merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). [ar-Rûm/30:41]
Sebagai muslim, bangga banget  ya punya kitab suci yang lengkap dan  sempurna. Nggak hanya mengatur hubungan manusia dengan Allah dan manusia dengan manusia. Juga manusia dengan alam.  
Karena jika manusia memelihara  alam, maka alam akan membalas kebaikan manusia dengan berlipat ganda. Kebutuhan oksigen yang …

3 Pilihan Investasi Sesuai Syariah Islam. Bisa Banget Dimulai Dari Uang THR

THR?
Yeay benar-benar kata yang menghinoptis. Kata yang mengumbar kebahagiaan. Baru denger kata THR udah bikin tersenyum. Apalagi jika sang THR sudah dalam genggaman. Karena itu berarti bisa beli baju, beli kue, beli hape baru, jalan-jalan, ngasih ke ortu, ngasih ke fakir miskin.
Sebentar, banyak banget yang mau dibeli? Mana buat investasi? Mumpung ada “uang kaget”, mengapa tidak berinvestasi?
Udah ada tabungan. Ngapain lagi harus berinvestasi?
Nah ini dia yang sering dilupakan masyarakat milenial. Terbuai rayuan angin surga,terlebih belanja online mempermudah segalanya, bisa –bisa dalam sekejap uang THR habis tak tersisa. Bahkan mungkin nombok.
Padahal hidup manusia di dunia rata-rata selama 60 tahun. Jika sejak dini nggak pernah berinvestasi, yakinkah bahwa kamu bisa mencari nafkah di usia tua? Jangan-jangan usia 50 tahun sakit-sakitan, bolak balik ke rumah sakit, tabungan habis, rumah terpaksa dijual. Ngenes banget.
Dan tabungan beda banget dengan investasi ya? Tabungan lebih mirip uang…

7 Bekal Wajib Agar Mudik Lancar dan Menyenangkan

Libur tlah tiba
Libur tlah tiba ... hore ... hore ...
Hihihilagu Tasya ini rasanya berkumandang di setiap liburan ya? Dan liburan berarti mudik. Lipat dua deh bahagianya.
Biasanya kami sekeluarga mudik ke Jawa Tengah. Naik kendaraan pribadi, mengular bersama kendaraan lain yang terjebak macet. Namun tetap happy. Macet adalah bunganya mudik. Bahkan kursi mobil sengaja dicopot, agar bisa tidur ketika macet.
Hingga .....
Berita itu tiba. Belasan orang meninggal gara-gara terjebak macet di Brebes Exit.Infrastruktur yang belum tuntas namun dipaksakan ,  dituduh sebagai penyebab. Namun, sejauh mana pemudik menyiapkan diri agar siap menghadapi situasi terburuk? 
Sudahkah pemudik menyiapkan bekal yang cukup dan sesuai?
Sebagai emak dengan 4 anak, menyiapkan bekal mudik menjadi story tersendiri. Nggak mudah. Jangan sampai  merasa bersalah jika ada yang tertinggal atau nggak dicatat untuk dibawa masuk koper/tas.
Selain baju, sepatu, pakaiandan pakaian dalam milik masing-masing anggota keluarga, paling…