Clean With Passion for Now; Kala Si Gila Bersih Jatuh Cinta Pada Si Jorok



Kisah Cinderella bertemu dengan putra mahkota sudah biasa banget dijadikan tema drama ya? Dibumbui tragedy masa lalu dan penolakan keluarga putra mahkota, maka cukuplah membuat derai air mata.

Yang menjadi pembeda dari drama "Clean With Passion for Now" adalah penyakit gila bersih (mysophobia) yang diderita tokoh utama, Jang Sun Kyul, sang putra mahkota. 
 

Mysophobia adalah ketakutan yang tak sehat pada kontaminasi bakteri/kuman. Penderita mysophobia akan mengalami gemetar, jantung berdebar-debar, berkeringat atau bahkan menangis ketika merasa terkena kotoran atau kuman bakteri.



Gejala yang sama juga terjadi ketika penderita melihat objek phobianya seperti saat menggali tanah, berjabat tangan dengan orang lain atau memegang tombol pintu



Salah satu selebriti terkenal yang menderita mysophobia adalah Howie Mendel. Mendel tidak pernah berjabat tangan dengan para peserta acara televisi yang dipandunya, atau siapapun yang ditemui. Dia menderita phobia, takut terkontaminasi bakteri dari orang lain.

Mysophobia merupakan gangguan mental obsesif-kompulsif (OCD). Salah satu gejala yang paling umum  adalah sering mencuci tangan, hingga taraf berlebihan, tergantung tekanan yang sedang dirasakan oleh penderita.

Diangkat berdasar webcomic "Ildan Ddeugeobge Chungsohara" oleh Aaengo yang diterbitkan pertama kali pada 24 Agustus 2015 via comico.kr, drama Korea “Clean With Passion for Now  berkisah mengenai Sun Kyul yang gila bersih berkelindan dengan si jorok, Gil O-Sol, seorang gadis cantik.

Penderitaan hidup  Sun Kyul sebagai penderita mysophobia mendominasi sebagian besar "Clean With Passion for Now".
Selebihnya, terasa sumir. Sejak awal dikisahkan Sun Kyul tidak boleh berpasangan dengan Gil O Sol. Penyebabnya tragedi masa lalu. Tapi ngga jelas tragedi seperti apa yang mengharuskan pasangan ini bubar.   

Juga kisah-kisah lainnya, seperti percintaan adik dan sahabat Gil O Sol terasa cuma tempelan. Serta hadirnya psikiater ternama, Daniel Choi yang ngebet pada Gil O Sol demi kenangan masa lalu.

Plusnya, penonton bisa semakin paham mengenai mysophobia, serta semakin meyakini bahwa " berani kotor itu baik" 😀😀


Kim You-Jung berperan sebagai Gil O Sol,  seorang mantan atlet atletik yang berjuang untuk membiayai kehidupan keluarga. Ibunya telah meninggal. Ayahnya di PHK perusahaan pengangkut sampah dan adiknya berjuang agar mendapat kesempatan menjadi atlet taekwondo profesional.

Mungkin karena latar belakangnya, Gil O Sol jorok bukan main. Berangkat kerja hanya membasahi kedua ujung mata. Jarang keramas dan sering terlihat sisa-sisa makanan di wajahnya.

Walaupun bertolak belakang dengan phobia yang dialami Jang Sun Gyeol, namun Gil O Sol lah yang mampu membantu Sun Gyeol keluar dari masalah. Bahkan akhirnya mampu berciuman tanpa membuat Sun Gyeol pingsan.


Yoon Gyun-Sang berperan sebagai Jang Sun Gyeol, pewaris tunggal AG Group yang tampan dan tentunya kaya raya.  Sayang dia menderita mysophobia akut yang membuatnya tidak bisa berdekatan dengan perempuan.

Takut garis keturunannya berakhir pada Sun Gyeol, kakeknya bersiasat agar  Gil O Sol menyembuhkan Sun Gyeol dengan membuat Gil O Sol mau tinggal bersama Sun Gyeol. Tentu ada syaratnya yaitu: Gil O Sol ngga boleh jatuh cinta pada direkturnya itu.
Rencana tinggal rencana, kenyataan berkata lain.


Song Jae Rim berperan sebagai Daniel Choi. Banyak cara mendekati gebetan, salah satunya dengan menyewa loteng rumah gadis pujaan seperti yang dilakukan Daniel Choi.

Psikiater lulusan USA ini punya kisah sedih bersama Gil O Sol. Mereka berdua terlibat dalam tragedy Jungang Dong yang menewaskan ibu kandung Gil O Sol. Sayang, Gil O Sol tak mengingatnya. Gil O Sol hanya mengetahui Daniel Choi sebagai laki-laki pengangguran yang mengusili kisah cintanya.

Versi webcomicnya peran Daniel Choi ngga ada. Namun kehadirannya dalam drama Korea “Clean Wih Passion for Now” mampu membawa kesegaran tersendiri. Tentunya penonton jadi semakin paham, apa itu mysophobia dan bagaimana cara jitu untuk menyembuhkannya.

Sinopsis Clean Wih Passion for Now

Jang Sun Kyul menderita mysophobia (takut kuman) dan memiliki perusahaan pembersih. Dia bertemu Gil Oh Sol, seorang gadis ceria yang ngga takut kotor. Dengan bantuan Oh Sol, Sun Kyul menghadapi ketakutannya dan jatuh cinta padanya.     

Review Clean Wih Passion for Now

Seorang penderita mysophobia alias gila bersih mendirikan perusahaan penyedia jasa kebersihan, itulah Jang Sun Kyul, pewaris tunggal AB Group. Dia menolak meneruskan gurita perusahaan kakeknya dan memilih membesarkan perusahaannya. Sun Kyul mendapat kepuasan memberikan jasa pelayanan kebersihan. Lokasi yang dibersihkan oleh regu pembersih berubah jadi kinclong tak berdebu. Mungkin dampak penyakitnya yang pingin selalu bersih-bersih ya?

perusahaan jasa kebersihan dengan seragam berwarna pink

S
edikit lebay, namun bikin senyam-senyum melihat perusahan pembersih Sun Kyul menggunakan baju seragam berwarna pink. Hahaha regu yang didominasi cowok ganteng ini berkeliaran dengan baju pink dan pastinya digilai para cewek cantik. Ngga kalah dengan K-pop deh. :D  :D

Diceritakan Gil O Sol menjadi perempuan satu-satunya yang menjadi anggota team. Itupun melalui seleksi ketat, kemampuan O Sol sebagai mantan atlet atletik sangat menolong. Mungkin karena harus teterekelan alias manjat-manjat ketika bertugas ya?

Ayah kandung Gil O Sol yang sepanjang hidupnya bekerja di perusahaan pengangkut sampah,  sangat menentang pekerjaan Gil O Sol. Maunya Gil O Sol kerja kantoran aja. Namun apa boleh buat, tidak ada perusahaan yang mau mempekerjakan pendaftar dengan talent pas-pasan.

Di lain pihak, Sun Kyul bukannya ngga mau hidup hidup normal. Untuk itulah dia berkonsultasi by phone dengan seorang psikiater pakar kejiwaan, Daniel Choi. Bernama asli Choi Ha In, Daniel Choi terlibat dalam tragedi Jungang Dong bersama ibu kandung Gil O Sol yang harus meregang nyawa dan meninggal akibat peristiwa tersebut.

Dalam perjalanannya, sekretaris dan kakek Sun Kyul menemukan bahwa Gil O Sol bisa mengobati penyakit Sun Kyul. Caranya dengan menugaskan Gil O Sol tinggal bersama Sun Kyul, agar terbiasa melihat yang kotor-kotor. Cara yang ditentang Daniel Choi.


Ketika akhirnya Sun Kyul dan Gil O Sol saling jatuh cinta dan berciuman, bukan berarti penyakit Sun Kyul langsung sembuh. Mungkin dia terbiasa dengan “kuman” di tubuh Gil O Sol, tapi tidak pada orang lain. Butuh langkah panjang karena penyakit ini muncul akibat under pressure yang terus-terusan. Ngga seperti orang sakit batuk yang merasa lega sesudah minum obat dekongestan.

Inti kisah “Clean With Passion for Now” sebetulnya hanya itu sih. Ditambah perjuangan Gil O Dol, adik Gil O Sol yang ingin menjadi atlet profesional, sayang tersandung kasus. Kasus tersebut kemudian digunakan oleh kakek Sun Kyul. Juga ada kisah cinta Gil O Dol dengan  Min Joo-Yeon, sahabat Gil O Sol yang selalu mendukung kedua adik kakak tersebut.

Sosok lain yang menarik adalah Gil Gong Tae, diperankan aktor kawakan Kim Won-Hae. Digambarkan Gil Gong Tae sebagai ayah yang sangat mencintai kedua anaknya. Selalu memasak untuk mereka dan hapal kebiasaan kedua kakak adik yang telah ditinggal mati ibu kandungnya ini.

Sebagai pekerja perusahaan pengangkut sampah, yang kemudian memp-PHK-nya,  Gil Gong Tae sangat menentang anak-anaknya bekerja dalam bidang yang sama. Maklum Gil Gong Tae bekerja dalam perusahaan pengangkut sampah yang konvensional. Kerjanya ngambilin sampah dari TPS dan membawanya ke TPA.  Pastinya penuh sampah yang bau dan menjijikkan. Jauh banget dengan perusahaan penyedia jasa kebersihan milik Sun Kyul yang serba canggih.

Ternyata seputar sampah bisa menarik untuk ide cerita drama Korea, ya? Yang pasti kamu bakal terhibur selama menonton “Clean With Passion For Now”. Tidak hanya pemerannya yang serba ganteng dan cantik, juga sinematografinya keren banget, bikin penonton serasa melihat sesuatu yang wah. Walau anehnya wajah Sun Kyul seolah mendapat sentuhan aplikasi “Beauty Plus” ya? Wajahnya jadi licin gitu.  Tapi mosok sih hanya wajah dia, sedang yang lain biasa aja? :D

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Wajib Menonton "Come and Hug Me"

Profile Clean With Passion For No

Drama: Clean With Passion For Now (literal title)
Revised romanization: Ildan Ddeugeobge Chungsohara
Hangul: 일단 뜨겁게 청소하라
Director: No Jong-Chan
Writer: Aaengo (original comic), Han Hee-Jung
Network: JTBC
Episodes: 16
Release Date: November 26, 2018 - February 4, 2019
Runtime: Mon & Tue 21:30
Country: South Korea
Language: Korean

9 comments

  1. Gemas sekali ceritanya ambu, jadi penasaran ingin nonton dramanya. Sebelum punya anak dlu, sering nonton drakor bahkan ada listnya, sekarang begitu punya bayi huu blm nemu waktu me time lagi *eh ko malah curhat jadinya

    ReplyDelete
  2. Lucu juga ya ngangkat ceritanya dari OCD gitu hihi... ada banyak seleb dunia yg gitu juga ambu.. dan aku jd teringat Monica yg di Friends, hihi

    ReplyDelete
  3. Saya juga udah nonton drakor ini, seru emang .

    ReplyDelete
  4. Kok saya lom tertarik nonton drakor yah hehehe

    ReplyDelete
  5. Aku sempat nonton drama ini, tapi berhenti di 5 episode pertama. Alasannya karena bosan dan kayak gak dapet sama emosi yg disampaikan oleh para pemainnya.
    Belum nyoba nonton lagi sih sampe sekarang, hehehe

    ReplyDelete
  6. Ambu, ini aku baru nonton episode 1 terus lupa ngelanjutin gara-gara ada drakor lain. Jadi keingetan, suka sama pemeran cowoknya. Hehe..

    ReplyDelete
  7. Tadinya serius kirain fiksi neeh taunya cerita drakor hahaha

    ReplyDelete
  8. Baru nonton episode 1 saya mah,Ambu. Tar selesein aaah

    ReplyDelete
  9. Saya bukan pecinta drakor tapi kalau baca resensi filmnya suka juga sih..ceritanya banyak yg menarik dan seru ya..

    ReplyDelete