Skip to main content

3 Bekal ke Tanah Suci, Yuk Persiapkan Sejak Dini

sumber: icfal.com.au

Pingin ibadah ke tanah suci?

Mayoritas pasti menjawab “pingin”, Justru rada aneh jika ada yang  bilang: “ga mau!”

Tapi jujur deh, selain bilang pingin, udah punya persiapan belum?  Hehehe walau malu, saya akui belum.  Padahal mau berpergian jarak dekat seperti Bandung – Jakarta aja pastinya bikin persiapan seabrek. Mau naik apa, mau bawa baju berapa, jangan lupa bawa ini, itu ... isi listpun panjang berderet-deret.

Bagaimana isi list berhaji?  Jangan  cuma titip doa lewat  teman yang mau berangkat ke tanah suci, kemudian mengira bisa sim salabim  .... sampai!

Allah pasti akan bilang: “Ta’uuk ye, usaha dong, usaha”.

Hehehehe ..... iya Allah,  maapin saya atuh.   #tutupmuka

Jika ngga ada usaha, ya jelas bakal ditegur. Udah mah jauh, kuotanyapun terbatas,  harus menunggu  10 – 15 tahun sebelum saatnya berangkat.

Nah, waktu tunggu yang lama ini juga bikin saya ragu. Duh, nyampe ngga ya? Jangan-jangan udah tutup mata selamanya sebelum berangkat. Beruntung ada tausiah  ustaz Aam Amirudin yang menyunting ayat berikut:

وَمَنْ يُهَاجِرْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يَجِدْ فِي الْأَرْضِ مُرَاغَمًا كَثِيرًا وَسَعَةً ۚ وَمَنْ يَخْرُجْ مِنْ بَيْتِهِ مُهَاجِرًا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allâh dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allâh. dan adalah Allâh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [An-Nisa’/4:100]
Baru niat dan memulai persiapan aja udah dicatat malaikat, buat apa meragu?  Terlebih sebagai muslim kita diwajibkan untuk berusaha dengan keras, cerdas, tuntas dan ikhlas.
Jadi, hayuk ah kita mulai menimbun bekal. Apa aja? 

Bekal fisik

sumber: ummah.co.ke

Jika ada yang saya sesali di masa lalu, itu adalah tidak menggunakan usia muda  untuk berangkat ke Tanah Suci. Di saat tubuh masih bugar. Jarang sakit. Alasannya selalu karena anak-anak masih kecil. Padahal ada orang tua dan kerabat  bisa dimintai tolong untuk menjaga mereka.

Sesal kemudian tidak berguna. Saya tetapkan untuk tidak menunggu lagi. Saatnya berhaji, saatnya membuat serangkaian persiapan. Saya mulai menerapkan pola hidup sehat. Menghindari gorengan, hanya mengonsumsi  makanan sehat, tinggi protein, serat dan vitamin. Setiap hari 30 menit berolah raga, agar stamina terjaga dan mampu melontar jumroh jika saatnya tiba.

Bekal mental

sumber:  crcc.usc.edu

Banyak sekali muslim yang bertubuh bugar dan cukup materinya, tapi tak tergerak hatinya untuk berangkat ke Tanah Suci. Merasa belum terpanggil? Jawaban klise ini sering saya dengar.

Buah dari ketekunan saya mengikuti pengajian demi pengajian dan mendengarkan siaran streaming ustaz  Aam Amirudin adalah “Menunaikan ibadah haji itu hukumnya wajib bagi yang mampu. Kedudukannya sama dengan syahadat, salat, zakat dan puasa. Tidak melaksanakannya berarti berbuat dosa”.

Dan saya termasuk mampu dong ya. Tidak lagi merisaukan besok makan apa. Baju, walaupun sederhana, cukuplah sebagai busana muslimah sehari-hari.
Juga papan, saya ngga lagi kehujanan dan kepanasan.
Asalkan mau berhemat, dan ngga tergoda sepatu serta baju baru :D  :D ..., maka insyaallah bakal terkumpul.

Aih, semangat!

Bekal harta

Berapa sih biaya yang dibutuhkan un tuk menunaikan ibadah haji reguler?  Hasil searching menjawab, ternyata tergantung embarkasinya.  Pada tahun 2018, BPIH yang terendah berlaku untuk embarkasi Aceh, yakni Rp31,09 juta. Sedangkan yang tertinggi berlaku untuk embarkasi Lombok, yakni Rp38,79 juta. 

BPIH [biaya] jemaah haji reguler yang digunakan untuk biaya penerbangan, sebagian biaya pemondokan di Mekah, dan biaya hidup (selama ibadah haji), ini bukan mirip nilai paket wisata. Sekarang bayar kemudian langsung bisa berangkat. Tergantung kuota.

Mereka yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini sudah menyetor bertahun-tahun yang lalu untuk mendapatkan Nomor Porsi Haji. Tahun ini, mereka yang ingin menunaikan ibadah haji harus membayar setoran awal sebesar Rp25 juta. Sisanya? Ditentukan kemudian oleh Pemerintah Indonesia. Yang pasti lebih tinggi dari nilai BPIH sekarang. Sesuai kurs dollar dan perubahan lainnya. Dengan kata lain, semakin ditunda, BPIH yang harus saya setor semakin tinggi. 

Sekitar 10 tahun lalu, saya mendapat penawaran pembiayaan  berhaji. Kalo ngga salah dari Bank Syariah Mandiri (BSM). Caranya sangat mudah. Sesudah mengisi sejumlah persyaratan, bisa  berangkat waktu itu juga, bayar kemudian.

Ihik tergiur banget. Tapi ... saya ngga berani. Takut nggak mampu bayar karena anggaran biaya pindidikan anak-anak lumayan besar.
Sekarang BSM ternyata nggak membiayai lagi ibadah haji. Mungkin terlalu ribet. Mereka hanya menyediakan fasilitas umroh. Customer servicenya menyarankan  tabungan berjangka jika mau menabung untuk biaya ke tanah suci.

Sementara oke dulu, tapi bukan tabungan berjangka, hanya tabungan biasa, karena saya masih penasaran mencari lembaga keuangan yang bisa membiayai ibadah haji. Dari hasil searching, sementara ini ada 2 yaitu Danamon Syariah dan Pegadaian Syariah.

Danamon Syariah

Berbeda dengan BSM yang memiliki management terpisah dengan Bank Mandiri, Danamon syariah bersatu dengan Danamon konvensional. Seperti yang saya kunjungi,  mereka beroperasi dalam satu gedung heritage yang terletak  di seberang Balai Kota Bandung.

Sayangnya, customer service Bank Danamon Syariah sedang tidak berada di tempat, tugasnya diganti petugas Danamon konvensional. Namun dia menjelaskan secara rinci kok. Walau harus bolak balik masuk untuk bertanya ke leadernya (mungkin). J
Ngga papa sih, yang penting ramah dan informatif ya?

Ternyata ada 2 jenis rekening tabungan jemaah haji, yaitu:
1.       Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH)
Merupakan tabungan dengan prinsip Syariah titipan (Wadiah) dengan minimum setoran awal Rp 25.000.000 yang akan memberikan  kepastian Nomor Porsi Haji karena terkoneksi dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kemeterian Agama RI.
Nasabah kemudian menabung untuk memenuhi selisih antara BPIH dan setoran awal.  Asyiknya layanan ini memiliki banyak kelebihan:
·         Gratis biaya administrasi bulanan.
·         Gratis biaya penutupan rekening.
·         Kemudahan melakukan pendaftaran haji di seluruh cabang Danamon berlogo iB,  sesuai wilayah domisili.
·         Gratis biaya tarik tunai ATM melalui jaringan Mastercard Electronic di Arab Saudi.

Selain semua manfaat tersebut,  yang lainnya sama seperti tabungan konvensional lain. Yaitu bisa digunakan tarik tunai di jaringan ATM Danamon dan ATM Bersama. Serta  berfungsi sebagai kartu debit untuk pembelanjaan di merchant berlogo Mastercard Electronic.

2.      Tabungan Rencana Haji iB
Bagaimana jika belum memiliki dana sebesar Rp 25 juta? Tabungan Rencana Haji iB jawabannya. Merupakan tabungan dengan prinsip Syariah bagi hasil (Mudharabah) dalam mata uang Rupiah.

Mirip dengan tabungan berjangka yang ditawarkan oleh Bank Syariah mandiri, serta banyak ditemukan pada bank konvensional, Tabungan Rencana Haji iB mengajak kita untuk berhitung.

Berapa rupiah per bulannya bisa kita sisihkan untuk memenuhi setoran rutin yang berkisar Rp 300.000 – Rp 5.000.000.?  Tentunya semakin besar jumlah setoran rutin, pastinya akan semakin dekat mendapat Nomor Porsi Haji.

Yang menarik dari tabungan ini,  nasabah akan mendapat SMS notifikasi jika saldo tabungan telah cukup untuk melakukan setoran awal Rp 25.000.000. Kelebihan lain dari Tabungan Rencana Haji iB:
·         Gratis biaya administrasi bulanan.
·         Gratis biaya gagal debit.
·         Gratis biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo
·         Gratis asuransi jiwa syariah bersama PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia.
·         Mudah. Setoran rutin bulanan didebet otomatis dari rekening sumber ke rekening Tabungan Rencana Haji iB.

Bagaimana jika nasabah meninggal dunia sebelum berangkat ke tanah suci? Pastinya tabungan akan diberikan pada ahli waris. Tapi tidak dalam bentuk Nomor Porsi Haji. Jika si ahli waris akan menggunakan uang tersebut untuk ibadah haji, dia harus mendaftar dan mendapatkan Nomor Porsi Haji yang baru.

Pegadaian Syariah
Pegadaian Syariah sebagai  Lembaga Keuangan Syariah memiliki  produk Arrum Haji bagi mereka yang membutuhkan pembiayaan ke Tanah Suci Mekah.
Penjelasan tentang Arrum Haji menyusul ya?                                                                                                      



Comments

Dari Jateng untuk tahun ini biayanya sekitar 35juta.
Dari Jateng untuk tahun ini biayanya sekitar 35juta.
Nathalia DP said…
Wah, makasih infonya... Dulu orang tua saya kalau ga salah nabungnya di bjb...
duniamasak said…
wah semoga bisa segera dimudahkan, mau kesanaa..aminn
Gita said…
InsyaAllah kalo ada rejekinya pengen banget bisa pergi haji selagi muda (fisik masih kuat dan niat sdh mantap)..aamiin
Salah satu cita cita yg blm bisa adalah mengajak ibu naik haji...
diane said…
3 bekal yang penyiapannya butuh waktu.. semoga bisa kesampaian ke tanah suci
sari widiarti said…
Loh pegadaian juga ada untuk haji, aku masih pakai pegadaian buat tabungan emas 😂
Bayu Haryanto said…
Semoga ketiga bekal itu dapat segera dilengkapi agar bisa ke tanah suci dan membayar orang tua ke sana. Aamiin
Jeanette Agatha said…
Ambu, terima kasih untuk informasinya :)
Efi Fitriyyah said…
Aku juga dari dulu cuma niat doang, nabungnya enggak. Mulai sekarang udah nabung, minimal buat umrah dulu hehehe semoga ga tergoda buat dipake yang lain-lain. Ayo Bu semangat, karena Allah akan memampukan yang niat, bukan ngundang yang mampu aja :)
vika said…
lengkap mbak infonya, thank you. mantul pokoknya
Evi Sri Rezeki said…
Pengin banget bisa naik haji, Teh. Semoga kita semua bisa ya. Amin ya Rabb
Impian banget pergi ke tanah suci buat berhaji. Semoga kita semua sampai ke sana. Amiiin....
Renidwiastuti said…
Alhamdulillah ya, sekarang meski biaya umroh atau haji semakin mahal tapi ada bank yang bisa membantu terwujudnya ibadah di tanah suci
Ikrom Zain said…
impian berhaji juga jadi keinginan besar
semoga bisa tercapai dengan tabungan haji danamon
amin...
Sri Untari said…
sebenernya ga ribet ya untuk mempersiapkan tabungan haji, makin cepat makin baik
Triani Retno A said…
Pengennya siiiih berhaji di usia muda, Ambuuuu....tapi nabungnya lama, tau-tau udah umur segini belum cukup juga tabungannya....#curcol
Riana Dewie said…
Wah, ini solusi bagus mbak. Danamon Syariah bisa membantu umat untuk mempersiapkan ibadah hajinya dengan lebih mudah ya mbak. Rekomended nih 👍👍
Semakin termotivasi untuk berhaji nih...semoga dimudahkan..aamiin...
Nyonya Wijaya said…
Wah,iya nih,aku malah belum ada persiapan apa2. Merasa tersentil banget nih ambu. Makasih ya inspirasinya😊.

Popular posts from this blog

The Third Charm, Akhir Yang Membuat Penonton Marah

Bagaimana jika tokoh utama yang ganteng bukan main menjalin kasih dengan second lead, gadis cantik, imut dan menggemaskan? Ternyata penonton memilih agar keduanya happy ending. Sementara tokoh perempuan di maki-maki karena dianggap meninggalkan kekasihnya.
Mungkin itu yang menjadi penyebab ending drama Korea “The Third Charm” dibiarkan cukup terbuka. Penonton boleh berkhayal semaunya. Apakah cukup sahabatan atau menikah?
Tokoh utama pria, Seo Kang-Joon dan tokohperempuan, Esom yang membuat saya kepincut untuk menonton drakor ini. Seo Kang-Joon, rupanya dianggap sukses dalam setiap perannya sehingga tahun 2018, saya menonton 2 dramanya. Marema ya?
Sedangkan Esom, saya jatuh cinta pada sosoknya di Because This Is My First Life. Berperan sebagai sahabat tokoh utama, Esom keren banget. Hihihi tentu saja yang dimaksud keren adalah postur tubuhnyayang tinggi dan penuh. Seksi, tanpa harus berbaju pendek. Bahkan balutan kostum hitam atau putih yang dikenakan, bikin Essom nampak berkelas. Sebetul…

Dewi Kentring Manik, Dewi Cantik Jelita Pelindung Kota Bandung

100 Days My Prince; Janji Setia Seorang Pangeran Cilik

“Aku menyukaimu” “Aku akan mengawinimu” Kata seorang anak laki-laki pada gebetannya, Yoon Yi-Seo,  perempuan cilik yang periang, cantik dan pemberani.
Sekian puluh tahun berlalu, Lee Yool, nama anak laki-laki tersebut, rupanya selalu  berpegang teguh pada janjinya dan Yi Seo pun selalu mengingatnya.
Mengambil  genre sageuk fusion alias kisah dengan setting masa lalu yang dimodifikasi (fiksi, bukan berdasarkan sejarah sebenarnya), drama Korea “100 Days My Prince”  sebetulnya ngga terlalu spesial. Khususnya jika dibandingkan dengan drakor bergenre serupa.
Pemeran utama mengalami lupa ingatan. Ide klise yang telah digunakan sejak “Meteor Garden”nya drama Taiwan. Kemudian diramu dengan kehidupan sang pangeran sebagai rakyat jelata selama 100 hari.
Yang menjadi pembeda adalah aktor dan aktrisnya yang sedang naik daun. Sang pangeran Lee Yool diperankan D.O. personil EXO, sedangkan Yoon Yi-Seo atau Hong Shim diperankan aktris cantik Nam Ji-Hyun.
Apabila Anda mencari tontonan yang menghibur, “100 Da…

Nostalgia 7 Majalah Favorit

Punya majalah favorit?
Maksudnya tentu majalah cetak. Skip majalah Bobo ya? Selain karena udah kelamaan eranya, juga ngga ada saingan. Sementara 7 majalah favorit yang terpilih karena target segmen serta  ragam topik  yang disajikan.
Tentu  beberapa majalah sudah almarhum alias rest in print. Huhuhu sedih, padahal walau udah ngga berlangganan, sesekali saya masih suka beli. Rasanya lebih nyaman membaca versi cetak dibanding online-nya. Mata ngga capek. Ketika  lelah, si majalah bisa menjadi penutup wajah, pengantar tidur. Coba deh membaca via   ponsel atau tab, kan ngga bisa untuk penutup wajah.  :D  :D
Oke langsung aja kita ngobrolin  majalah favorit yang dimaksud. Ini dia:
Majalah Horison
Awalnya saya membaca majalah Horison karena terpaksa. Sebagai anak ABG yang gemar melahap habis semua bacaan, saya kehabisan buku serta majalah, eh ada majalah isinya cerpen, baca ah ..... Ternyata, ... bahkan hingga kini, saya masih sering mengulang paragraf demi paragraf artikel/cerpen/puisi  yang dimu…

5 Situs Download Gratis Drama Korea yang Recommended Banget

Suatupagi perbincanganWA Grup Komunitas Memasak yang biasanya riuh dengan berbagi resep makanan, tiba-tiba berubah menjadi: “Download aja teh, ngirit kuota” “Wah saya belum nonton ... . Bikin penasaran!”
Ya, kami sedang bergunjing mengenai drama Korea. Drama Korea apa saja yang bagus, yang belum ditonton dan yang penting ini nih: situs yang direkomendasikan untuk men-download drama Korea bersubtitle Indonesia. Tujuannya tentu saja untuk ngirit kuota. Emak-emak dimana saja umumnya sama: pingin hemat!:D :D
Kala itu, semua cara menonton drama Korea sudah saya coba, hanya mengunduh yang belum.Tentunya jadi penasaran. Selalu ada sesi yang jengkelin ketika menonton drakor . Menonton via player DVD misalnya, banyak keping DVD yang tidak berjalan mulus. Katanya sih proses burningnya yang bermasalah.Tapi pan jadi riweuh,saya harus bolak balik. Menonton via DVDberarti juga nyampah. Usai menonton, kepingan DVD ngga tau harus diapain. Ada usul?
Cara berikutnya melaluisaluran berbayar. Apesnya harus sta…

Ngemil Syantikkk Ala Syahrini Bareng Nenasz Cookies

Syantik. Kata itu dipopulerkan Syahrini bersama sejumlah kata lain seperti cetar, sesuatu,  bulu mata badai,  jambul khatulistiwa dan kata-kata nyleneh lainnya.  Sosok lain yang gemar membuat kata-kata ajaib adalah Viki Prasetyo dan Cinta Laura. Kreator kata yang menjadi kesatuan dengan branding mereka.
Andai mereka berkampanye ... Maksudnya bukan kampanye pilpres atau  kampanye  pileg,  namun kampanye untuk kemaslahatan seperti diversifikasi pangan. Lahan yang belum banyak disentuh. Jangankan selebriti, nampaknya para pejabat juga “pelit” bicara tentang diversifikasi pangan.
Ketinggian miimpinya ya? Gubrak deh .... :D Gini  kisahnya. Berawal rencana membuat tulisan personal branding ala Syahrini part 2, ngga sengaja saya lihat iklan cookies yang dibintangi Syahrini. Langsung deh kepikiran: “Ah, andai Syahrini jadi model iklan cookies non tepung terigu. Bakal sukses deh program diversifikasi pangan kita”
Baca juga: Pingin Personal Branding ala Syahrini? Begini Caranya!Julia Perez; Don’t Judg…