Memories of the Alhambra; Ending yang Unpredictable




Memories of the Alhambra; Ending yang Unpredictable

Bagaimana jika pengalaman seru di dunia game,  bisa dirasakan secara nyata?  Demikian mungkin ide awal penulis skenario drama Korea “Memories of The Alhambra”. Karena sejak awal hingga akhir episode, penonton diajak berkelana dalam dunia game yang mengharu biru.

Terlepas dari endingnya yang menimbulkan kontroversi, drama Korea  “Memories of The Alhambra” recommended untuk dinikmati. Bukan saja ide cerita yang nyleneh,  juga latar belakang negara Spanyol yang dieksplor habis-habisan. 

Mulai dari pemandangan alam nan indah, bangunan tua, heritage , kawasan komersil hingga lorong-lorong perumahan. Bikin mupeng, pingin jalan-jalan kesana. ((Bareng Hyun Bin)) 😀😀

Dan pastinya akting Hyun Bin dan Park Shin-Hye, aktor dan aktris kawakan yang tak pernah mengecewakan penonton disetiap drakor/film yang mereka berdua lakoni.



Hyun Bin memerankan , Yoo Jin Woo seorang CEO perusahaan  IT yang memiliki masalah pribadi nan rumit. Istri pertamanya direbut Cha Hyung-seok, sahabatnya  yang mbalelo dan mendirikan perusahaan IT saingan. Istri keduanya seorang  aktris.  

Merasa terjebak dalam pernikahan tanpa cinta,  Jin Woo sedang menjalani proses perceraian dengan sang aktris.
Jin Woo terlibat dengan Jung Hee-Joo karena membeli game virtual reality dengan nama “Memories of Alhambra”  hasil karya Jung Se-Joo,  adik laki-laki Hee Joo.


Jung Hee-Joo diperankan Park Shin-Hye, gadis yatim piatu  yang diharapkan ayahnya bisa menjadi pemain gitar profesional, hingga sang ayah nekad pindah dari Korea Selatan ke Granada, Spanyol. Sayang, sang ayah keburu meninggal menyusul istrinya, sebelum Hee Joo mendalami dan menekuni dunia musik.

Sesudah orang tuanya meninggal,  Hee Joo menjadi tulang punggung keluarga yang harus menghidupi nenek dan 2 orang adik,  Jung Se-Joo dan Jung Min-Joo.

Warisan yang diterima Hee Joo, penginapan Hostal Bonita tak mencukupi kebutuhan keluarga tersebut. Sehingga Hee Joo harus banting tulang bekerja paruh waktu. Kehadiran Jin Woo yang membeli Hostel Bonita bak durian runtuh, walau ternyata yang dibeli Jin Woo adalah game virtual reality buatan sang adik.

Sinopsis Memories of the Alhambra

Cerita dimulai dari seorang CEO Perusahaan Investasi, Yoo Jin Woo (diperankan Hyun Bin) dari Korea yang sedang pergi ke Barcelona Spanyol, untuk urusan bisnis. 

Suatu hari, dia mendapatkan telepon dari seseorang yang tidak dikenal dengan maksud menjual hasil karyanya berupa game virtual reality dengan nama Memories of Alhambra. 

Programer jenius tersebut diperankan oleh Chanyeol. Namun, suatu insiden terjadi yang mengharuskan Yoo jin woo mencari tahu dimana keberadaan pembuat game tersebut dan mendapatkan pesan bahwa Hostal Bostnia yang dikelola oleh Jeong Hee Joo (diperankan oleh Park Shin-hye) merupakan kakak dari pembuat game tersebut yang tinggal di Kota Granada, Spanyol.

Selain itu, Yoo Jin Woo memiliki rival yang sama - sama ambisius untuk memperebutkan game tersebut karena harga jual yang tinggi. Di sisi lain, Cha Hyung-seok (diperankan oleh Park_Hoon), rekan yang mengkhianati Yoo Jin Woo saat kejadian di masa lalu. (Wikipedia)

Review Memories of the Alhambra

Kisah dibuka dengan pelarian Jung Se-Joo yang bermaksud menjual  game AR (Augmented Reality) hasil karyanya pada Yoo Jin Woo. Anehnya,  Se Joo menghilang dalam perjalanan menuju Granada.

Ternyata tidak hanya Jin Woo yang tertarik membeli game buatan Se Joo. Juga Cha Hyung-Seok, bekas sahabat Jin Woo yang mendirikan perusahaan IT saingan dan merebut istri Jin Woo. Bedanya Hyung Seok mendapat penawaran dari Marco Han, teman Se Joo,  sesama gamer.

Ketika  Jin Woo menantang Hyung Seok untuk duel dengan  game buatan Se Joo, tanpa diketahui penyebabnya, Hyung Seok tewas. Nampaknya game mengalami error.

Tidak hanya Hyung Seok yang tewas. Sebelumnya Marco Han, teman Se Joo tewas. Disusul Seo Jung Hoon, sekretaris Jin Woo.

Yang menakutkan, mereka yang tewas muncul dalam bentuk KNP (Karakter Non Pemain) dan meneror pembunuhnya. Karuan, Jin Woo dianggap gila karena beraksi melawan musuh yang tak terlihat  orang lain yang tidak menggunakan lensa kontak khusus.

Ya, setiap pemain harus menggunakan lensa kontak khusus untuk bertemu musuh dan menemukan senjata. Ngerinya, semakin tinggi level, lensa kontak tidak diperlukan lagi. Musuh datang kapan saja dan dimana saja, ditandai bunyi gemuruh dan hujan turun.


Game ini dipercantik dengan karakter Emma, rekaan Se Joo atas kecantikan kakaknya, Hee-Joo. Sayangnya Emma diciptakan Se Joo bukan untuk menolong Jin Woo. Di tangan Emma lah hidup Jin Woo berakhir. Walaupun muncul kontroversi  apakah nyawa Jin Woo benar-benar hilang, mengingat level Jin Woo sudah Master, sama dengan penciptanya.

Saya suka akhir yang menggantung seperti ini. Penonton diajak bebas berkhayal, apakah Hee Joo akan bertemu dengan Jin Woo atau tidak. Sebebas khayalan  penulis skenario yang menciptakan karya “Memories of The Alhambra”.



Profile Memories of the Alhambra (English title)

Revised romanization: Alhambeuraui Gungjeonui Chooeok
Hangul: 알함브라 궁전의 추억
Director: Ahn Gil-Ho
Writer: Song Jae-Jung
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: December 1, 2018 - January 20, 2019
Runtime: Sat. & Sun. 21:00
Language: Korean
Country: South Korea

15 comments

  1. Ini drama Korea bertema game pertama yang aku tonton. Dunia game nan fana dalam game dunia nyata. Epic, apalagi yang main Hyun Bin. Kabarnya, adegan kiss Hyun Bin dan Park Sin hye di sini sebagai adegan kiss Hyun Bin yang paling natural hihi. Ohya, endingnya antara sad dan ending. Ga mati tapi tiada, hiks.

    ReplyDelete
  2. Daya imajinasiku lemoott banget, AMbu.
    Jadi aku cuma bertahan nonton episode 1 doang :D
    Bingung aku mana yg dunia nyata, mana dunia games... wis, aku nyeraahh ga nonton oppa Hyun Bin deh

    ReplyDelete
  3. Kisah yang sesuai dengan problema anak sekarang game online dibalut dengan bisnis sehingga lebih menarik buat anak milenial

    ReplyDelete
  4. Memories of the Alhambra; Ending yang Unpredictable meski dua tahun telah berlalu, cerita dari representasi ulasan tulisan srolah-olah seperti masih baru

    ReplyDelete
  5. Memories of the Alhambra; Ending yang Unpredictable meski dua tahun telah berlalu, cerita dari representasi ulasan tulisan srolah-olah seperti masih baru

    ReplyDelete
  6. Endingnya meh banget ya ambu? Hihihi. Saya masih ingat ini beberapa teman saya penggila drakor bikin status soal ending Memories of Alhambra. Episode awal sampai tengah bagus, eeeh endingnya begitu doang. Untung aja terselamatkan dengan Hyunbin dan Park Shin Hye.

    ReplyDelete
  7. Kalau saya kebalikannya. Pasti gregetan banget deh kalau engingnya dibikin mengambang. Pengennya yang sesuai dengan ekspektasi saya :D

    ReplyDelete
  8. Bener2 ambu ini sungguh bijak. Lain sama aku yg pas nonton final eps auto ingin berkata-kata kasar akutuh ambu..😆😆
    Drama hyunbin dengan ending paling bikin kuesellll... udah dehh aghh balik lagi jadi bubuk jasjus sekalian.. ga ngerti aku mah sama endingnya yg ngegantung itu..

    ReplyDelete
  9. Alamaaaak... ambu drakor baru lagi ini? Aku tidak perlu menonton filmnya, cukup membaca tulisan ambu ini aku dah bisa membayangkannya, karena kalau menonton, aku takut mager ambu, asli! wuakakak

    Duh pembukaannya dah mengernyitkan dahiku lo ambu, Hyun bin punya 2 istri? tapi gak bener semua, alamak...aku masih belum bisa move on tentang cerita hyun bin yang jadi tentara korut itu lo ambu....

    Ini aku gak mau nonton...drakor terakhir dari hyun bin yang bikin aku hampir semingguan gak masak, yaitu CLoY. wuakaka. magernya kebangetan kan ye ambu...

    ReplyDelete
  10. Aku sempat nonton 2 episode. Tapi sayangnya tetap gak nyambung dengan jalan ceritanya. Rada ribet menurutku. Apalagi dihubungkan dengan game virtual hahahaha. Tambah gak ngerti.

    ReplyDelete
  11. Bagus sih ini filmnya, bikin deg-degan ya ambu, tapi memang endingnya kentang alias gantung hahahaha, kita digantungin gitu aja sama si writer-nim hahahha

    ReplyDelete
  12. Drakoran lagi haha... aku gara2 suka baca blog ttg drakor.. jadi ada hasrat untuk nonton tapi ga pernah kesampaian xixi

    ReplyDelete
  13. Gak kebayang kl kejadian beneran. Jadi hidup kek main game ya
    Makasih revewnya Ambu, berharap tar bisa nonton hehe

    ReplyDelete
  14. ya ampiuun emang ini fantastic fiction yaa Ambu... br nonton episode 1 saya kok gak tahan pingin cepet2 ganti drakor yg lain... soalnya genre fave saya romcom. Saya nyoba nonton ini lantaran ada Hyun Bin dan Park Shin Ye pula... suka keduanya hehe

    ReplyDelete
  15. ambu sejujurnya aku bingung sama yang nyata dan enggak, apalagi dibalut dengan games, maklum drakor aku suka yang romantis dan yang pasti pasti aja wkwk :p apalagi kalo endingnya menggantung rasanya kurang greget :D paling yang bikin betah karena Hyun Bin dan Park Shin-Hye nya :D mereka udah klop dagh :)

    ReplyDelete