Jelajah Aksara Temukan Nama

source: namechip.com


Apalah arti sebuah nama? “ That which we call a rose by any other name would smell as sweet," kata William Shakespeare. Mawar tetap harum mewangi, apapun nama yang kita berikan. Namun kita juga mengenal:
Sebuah Nama adalah Sebuah Doa
Jadi ketika mulai ngeblog sekitar tahun 2009, saya memberi nama pada blog pertama saya: Permata Dibalik Limbah. Pesannya jelas. Sampah jangan kamu sepelekan. Sampah bukan sesuatu yang harus dibenci dan dihindari.

Di balik sampah ada permata. Tentunya permata yang dimaksud hanya kiasan. Untuk menggambarkan milyaran rupiah atau bahkan triliunan rupiah terkandung dalam sampah. Ubah paradigma. Triliunan rupiah itu untuk kemashalatan umat. Jangan dibuang  begitu saja. Baik dalam bentuk gaya hidup kita,  maupun kesalahan regulasi pemerintah.

Tahun berganti. Pada tahun 2017,  dalam kunjungannya ke Indonesia, Paul Connett bilang, “Di masa depan, dunia tak mengenal sampah. Sampah menjadi bahan baku atau dibuang ke bumi tanpa merusak alam. Karena telah berlaku perekonomian sirkuler”.

Nah. Sekarang semakin banyak tulisan mengenai sampah, bukan? Manusia semakin peduli karena senyatanya, sampah muncul sebagai konsekuensi aktivitas manuasia. Sementara bumi cuma satu. Masa anak cucu kita harus rebutan lahan dengan sampah?

source : filodofiaativa.wordpress.com


Karena ngga ingin menyampur masalah sampah dengan persoalan environment lainnya, saya membuat blog : “Green Planet”. Doanya agar planet kita hijau kembali, nyaman ditinggali.

Jika problem penghijauan, energy terbarukan, polusi serta berbagai masalah yang diakibatkan kerakusan manusia, dapat tertangani. Maka Insyaallah bumi akan hijau kembali. Layak huni.


Apa yang terjadi jika orang tua murid sering bertemu karena harus menunggu anaknya di sekolah. Bikin arisan? Yes, tepat banget.

Hanya bertahan 2- 3 tahun, arisan para ortu sekolah (TK hingga SMA) Taruna Bakti Bandung ini melebur menjadi pengajian Az-Zahra. Diberikan oleh Aa Gym, Menurut Gugel, Azzahra (الزهراء) dalam bahasa Arab adalah bunga, luar biasa, dan cerdas. Mungkin Aa Gym berdoa bagi para ibu Taruna Bakti agar menjadi perempuan luar biasa,  bak bunga dan cerdas.

Ngga hanya itu. Para ustad yang datang silih berganti memberi saran agar jangan hanya berderma. Pikirkan infak/sedekah yang bermanfaat jangka panjang.

Ketika itulah Kaisa Indonesia lahir. Nama yang diberikan Abu Rabbani ini artinya cerdas atau smart. Diharapkan pengurus Kaisa menjadi perempuan cerdas dan amanah dalam melakukan pendampingan masyarakat.

Blog “Curhat Si Ambu” , blog yang paling muda. Pemberian nama juga nggak asal-asalan. Berawal banyak tulisan di Kompasiana mengenai life style. Daripada lenyap tak berbekas, saya membuat blog khusus lifestyle.
Mengapa saya membuat banyak blog, ada disini:
Jalan Terjal Menuju Happy Blogging
Ambu artinya ibu. Sama dengan emak, bunda, mamah, mommy. Berawal dari anak-anak komunitas Forum Hujau Bandung yang memanggil saya tante. Kok risih ya. Apaan sih tante? Ngga nyaman banget.

Saya meminta mereka memanggil dengan sebutan lain, yaitu bunda. Waktu itu  panggilan bunda belum booming. Sekarang sih, Sales Promotion di retail modern memanggil setiap perempuan agak sepuh dengan “bunda”. Ngga peduli sang perempuan bukan seorang ibu.

Jadi, akhirnya terpilihlah nama: “Ambu”. Panggilan untuk ibu dalam kultur Sunda. Ingat kisah legendaris: “Si Kabayan”?  Kabayan  memanggil mertuanya dengan “ambu” , bukan?

Sedangkan kata “Curhat” dimaksudkan sebagai beragam unek-unek yang saya tulis dan publish di blog. Ada tentang kesehatan. keuangan, hobby saya dalam memasak, berkebun dan memotret. Hingga perjalanan saya belajar membuat fiksi.

Exciting banget!

Menjalani hidup yang penuh warna kemudian menuliskannya di blog, sungguh bikin semangat. Terlebih jika nama blog mengandung makna doa.  

Karena itu, sebagai muslim, kita diajarkan untuk ngga sembarangan mengucap. “Bisi kejadian” kata ustad Aam Amirudin.

Dan kita percaya itu, bukan?



Comments

Setuju mbak, nama adalah doa. Termasuk ketika mau kasih nama blog. Pasti ada harapan yang terselip di sana.
Yas Marina Dewi said…
Ternyata Ibu sudah lama ya concern tentang penanggulangan sampah.

Popular Posts