Jalan Terjal Menuju Happy Blogging

source: shannonksteffen.com


Nyut ....nyut ...nyut ....
Bukan, itu bukan gerakan  squishy melainkan kepala saya yang protes karena digunakan over dosis. Usai membaca data yang dikirim dalam bentuk ppt, dilanjut membuka laman yang berkaitan. Dengan satu tujuan, ingin ikut blog competition mengenai perbankan syariah yang diselenggarakan Kompasiana.

Tidak hanya perbankan syariah yang menurut saya nyrempet ilmu ekonomi yang didapat di bangku kuliah. Juga berbagai topik lainnya. Begitu mendapat ide, langsung tulis. Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, Jokowi, Ahok  hingga Anies Baswedan, pernah saya bidik. Dengan style emak-emak tentu  ^_^

Tidak hanya mereka,  sosok sekelas pemimpin negara, tanpa tedeng aling-aling, saya tulis. Mulai dari  Susilo Bambang Yudoyono, Jokowi (setelah menjadi presiden), Halimah Yacob (Perdana Menteri Singapura) dan sosok fenomenal Barack Obama.

Saya tidak menggubris anjuran founder Kompasiana, Pepih Nugraha agar menulis berdasarkan niche atau membahas satu topik saja. Jangan beragam. Dikuatirkan tulisan akan kurang mendalam. Sempat sih hanya ingin menulis masalah sampah yang menjadi passion saya. Tapi lagi-lagi tergelincir menulis banyak hal. Godaaannya itu, mana tahannn ...

Cukup banyak tulisan saya di Kompasiana. Mulai menulis sejak 26 Maret 2010, jika setiap minggu publish satu tulisan, bisa dibayangkan jumlahnya.
Hingga ....

Lenyap
Kompasiana berulang kali bebenah. Baik penampilan, maupun kategori tulisan. Tatkala itulah, saya melihat tulisan-tulisan saya lenyap. Ada yang unpublish sementara. Namun hilang, ketika dicari. Ada yang hanya berbentuk rekaman judul. Sayangnya tidak bisa dibuka ketika diklik.
Pingin nangis? iyalah.  Buat saya menulis adalah perjuangan.  Tidak seperti banyak penulis produktif yang mampu menulis 2- 3 tulisan per hari. Saya butuh   warming up cukup lama. Paling cepat 3 hari baru rampung 1 tulisan. Itupun bolak balik saya edit.

Banyak Blog
Akhirnya, daripada mangkel sendirian, tidak ada yang dengar, tidak ada yang peduli. Saya membuat beberapa blog untuk memindahkan tulisan-tulisan saya yaitu:
Permata Dibalik Limbah, sebetulnya blog ini dibuat sebelum saya mendaftar di Kompasiana. Isinya tentang sampah dan pernak perniknya. Karena sesudah anak-anak besar, saya menekuni bidang yang sekarang terasa seksi. Dulu sih, hmmm...
Kaisa Indonesia. Banyak tulisan saya mengenai pemberdayaan perempuan. Khususnya temuan lapangan yang saya sajikan dalam tulisan di Kompasiana. Blog ini memuat semua itu.
Green Planet. Selain ketertarikan pada sampah, banyak tulisan saya mengenai climate change, penghijauan dan tulisan seputar sustainable environment yang kurang cocok dimasukkan ke blog Permata Dibalik Limbah. Karena itu saya membuat blog Green Planet.
Curhat Si Ambu. Last but not least, blog ini isinya gado-gado, namun cenderung mengangkat lifestyle. Baik kesehatan, finansial, tekno hingga fiksi. Tema gado-gado dengan 5 cabai rawit agar tidak terlalu pedas. :D

Seperti memiliki lemari dengan banyak laci, begitulah saya memperlakukan tulisan-tulisan. Banyak tema. Setiap tema memiliki lacinya masing-masing. Ketika ide menulis muncul, saya nge-draft kemudian  memindahkannya sesuai tema.

Tapiiii......, menulis di Kompasiana dengan beragam tema,  tetap saya lakukan. Tulisan tersebut nantinya dipindah ke blog dengan revisi judul dan paragraf .

Apakah Anda seperti saya? Mudah tergelincir, menulis dengan beragam tema? Apapun itu, yang terpenting selalu happy ketika blogging. 

Setuju?

Comments

Ewa Febri said…
Dari bahasanya sudah kelihatan banget mbaknya menempatkan tulisan itu sangat istimewa. Pilihan kata, dan runutnya cerita bikin yang baca itu teredukasi. Hihi.. terima kasih sudah berbagi mbaak..
saya malah nggak pernah punya akun di kompasiana mbak. hehehe
grandys mawarni said…
Wuaaaah super inspiratif mbaaa. Apalagi persoalan environment dan sampah, bahkan sampai bisa bikin beberapa blog gitu
Ahai @Ewa Febri, salam kenal ...
Alhamdullilah jika runut, tapi mungkin karena keseringan ngedit, tulisan saya ngga kelar-kelar :D
Asyik lho nulis di Kompasiana

sssttt banyak benefitnya :)
hehehe ....sebetulnya bikin banyak blog agar tulisan ngga hilang :D :D

Popular Posts