Antarkan Kebaikan, Karena Paxel Peduli

dok. Paxel



Pernah ngga, kamu pingin frozen food tapi takut terlalu lama dalam pengiriman dan berakhir dengan busuk?

Atau ...
Pernah ngga, kamu dengar kisah tentang ”Raibnya Brownies Kami”, yaitu tentang seorang penjual brownies yang dikecewakan jasa logistik. Brownies yang dikirim berakhir seperti ini:

dok. cakefever.com

 
Bahkan di pengiriman kedua, browniesnya nampak terpotong. Padahal sudah dikemas sehati-hati mungkin. Dalam dus tebal dan di-seal dengan mesin vacuum seal. Kronologi lengkap, bisa dibaca di blognya Ferona: cakefever.com.

Masalah di lapangan memang sering terjadi dan sulit dihindari. Terlebih seorang kurir harus mengantarkan paket sejak pagi hingga malam hari. Menerjang hujan dan terkendala banjir yang menggenangi jalan.

Musim kemaraupun bukan berarti lebih menyenangkan. Seperti kita ketahui, kini musim kemarau,  terik matahari sungguh bukan main. Para kurir harus berpanas ria, bercucuran keringat. Bahkan sering, baju yang basah karena hujan,  mengering dengan sendirinya dalam perjalanan mengirim paket.

Johari Zein (dok. pri)

“Karena itu harus ada terobosan”, kata Johari Zein.”Tidak bisa menggunakan cara lama untuk menyelesaikan masalah di era digital”.

Johari Zein. Siapa yang tak kenal founder JNE ini?  Paska pensiun dari JNE, Johari mendirikan Paxel, inovasi logistik yang lebih bicara tentang “us”, bukan “me”. Hal mana tampak dalam logo Paxel.

Berbasis pelanggan


Kesuksesan JNE dalam bisnis logistik,  diikuti Tiki dan berbagai jasa pengiriman lain.
“Tapi caranya semua sama”, kata Johari. “Setiap ada tambahan pelanggan, mereka akan menambah armada, ngga ada inovasi. Seorang kurir yang cekatan, mampu mengirim 100 paket per hari.  Kurir yang baru berkarier hanya mampu membawa 15 paket.

Karena itu, dalam launching Paxel di Lo.ka.si  Cafe Jalan Ir H. Juanda, Johari menawarkan bisnis yang  seirama dengan hidupnya yang telah hijrah. Yaitu pendekatan budaya sosial:  #antarkan kebaikan.  Tanpa takut merasa rugi, bahkan menjamin lebih simplicity dan efisien
Wow banget ya?

Umumnya bisnis kan  saklek. “Lu jual, gue beli”. Habis perkara.  Tak peduli berpotensi muncul  konflik akibat ke salah pahaman.

Namun Paxel memilih,  “nguwongke” kata orang Jawa atau pendekatan manusiawi/human.
Semangat “nguwongke” jugalah nampaknya yang mendasari sebutan “Hero” untuk kurir di bisnis Paxel. Karena mereka sungguhlah seorang Hero. Menerjang banjir dan panas terik untuk mengantarkan barang yang amat dibutuhkan.

Hayo ngaku, pastinya kita sering tersenyum ketika mendapat paket.  Atau berteriak lega ketika barang yang dibutuhkan, datang tepat waktu.

Sameday


Mengantarkan barang hanya dalam waktu 8 jam merupakan janji Paxel. Asyik bukan? Kita bisa mengirim/menerima kiriman frozen food  tanpa waswas.

Saya ingat, 2 tahun lalu berbisnis kue. Andalan saya, bolu gulung ketan hitam dan bitterballen. Setiap upload foto ke media sosial, pasti banjir komentar. Banyak yang ingin memesan. Umumnya dari Kota Jakarta. Saya ngga berani menerima pesanan, takut  kelamaaan dijalan.  Sehingga makanan sampai dalam keadaan tak layak konsumsi.

Saya juga takut kisah Ferona terjadi pada saya. Karena saya ngga bisa mengemas makanan dengan jaminan ngga akan rusak. Nah, Paxel ini punya solusi:

·         Membantu mengemas, agar rapi dan aman
·         Lama pengiriman hanya 8 jam, dan siap menerima sanksi/memberi ganti rugi jika tak menepati janji.

Ah, andai Paxel telah ada sejak tahun 2016. Pastinya saya sudah jadi pengusaha kue kaya raya yang banjir orderan. #ngimpi  :D

Alex Zulkarnain (dok pribadi)

Alex Zulkarnain, Brand Manager Paxel,  dalam kesempatan yang sama, menjelaskan bahwa Paxel merupakan inovasi dalam industri logistik yang memiliki prinsip:
·         Yang pertama melayani
·         Yang pertama berkontribusi
·         Yang pertama memberikan solusi
·         Yang mengerti mengerti kebutuhan.

Sesuai ironman analogy:
Our Job : Delivering GoodsOur mind: Customer HappinessOur heart : #antarkankebaikanOur act : Service Excellent
Wow, sungguh keren...

#antarkankebaikan


Serba ciamik niatnya. Tolong tunjukkin dong,  supaya ngerti apa bedanya Paxel dengan jasa layanan paket  lainnya.

Wah beda banget. Yang pertama nih ya, kamu ngga harus keluar rumah untuk mengirim paket. Kebayang kan, panasnya kemarau dan banjirnya musim hujan? Bikin mager, malas mandi, dandan dan keluar rumah sekedar untuk kirim paket.

Nah, serahin semuanya ke Paxel
Pertama, instal dulu aplikasi Paxel  kemudian register. Jangan lupa masukin kode referral @ambumaria ya? Itu akyuuuu..., supaya kita dapat saldo Paxel.

Sebelum mulai order, boleh banget klik akun. Itu lho gambar orang diujung kanan atas, dan mulai pengaturan agar sesuai keinginan. Misalnya mencantumkan alamat  agar mudah jika sering mengirim dari tempat yang sama.

Juga mengganti bahasa. Ada dua  bahasa yang digunakan, yaitu Inggris dan Indonesia. Pada kolom referal, kirim sebanyak mungkin ke teman-temanmu. Setiap teman yang gabung akan nambah 50.000 kredit Paxel. Sedangkan kolom selanjutnya, digunakan jika telah ada pengiriman.
Nah sekarang, mulai deh kita kirim paket (create shipment).

1.      Isi alamat lokasi pengambilan (pickup location)  dan tujuan  (destination location). Jika alamat ngga menunnjukkan alamat kamu dengan tepat, klik alamat terdekat dan beri penjelasan di baris  “Enter Your additional Info”

2.      Pilih ukuran paket dan isinya.




Nah hingga sini, tunggu deh Hero dari Paxel datang untuk #antarkankebaikan. Asyik bukan? Jika ingin mengetahui kondisi pengiriman paket, bisa tracking dari kolom akun. Walau Paxel akan selalu memberi kabar riwayat perjalanan paketmu.

Waktu yang dimiliki pun bisa digunakan lebih efisien. Mau mencuci, memasak atau menonton drama Korea #eh  :D

21 comments

  1. Ambu, aku pernah dapet kiriman kue dari temen,ehh bentuknya jadi ambuyatak gituh, haduh meni sayang pisan.
    Btw, aku belom nyobain paxel,karena rumahnya belom terjamah, atulaaah hiks

    ReplyDelete
  2. Wow seperti superhero baru dalam dunia antar mengantar ya bu, semoga sukses nih Paxel

    ReplyDelete
  3. memang hero buat orang-orang kayak saya, terbantu banget sama pengantar kebaikan kayak Paxel ini

    ReplyDelete
  4. Keren ya PAXEL ini. Same day delivery, tarif flat, dan pengemasan paketnya rapi. Saya banget Soreang belom masuk. Pan aku juga kepengen nyobain atuh. :)))

    ReplyDelete
  5. wah, industri di bidang logistik lagi banyak banget inovasinya ya, mbu.
    Jadi penasaran buat nyobain

    ReplyDelete
  6. Meuni praktis a pakai paxel, ga usah pergi ke agen pengiriman,cukup donlot aplikasi, suka kasian sama mamang pengirim yang datang-datang pas hujan, mereka memang hero, mudah-mudahan paxel segera ada di Sukabumi

    ReplyDelete
  7. Terbantu banget kayaknya bu ada Paxel sekarang, soalnya aku sering kirim-kirim hadiah kuis buat beberapa peserta yang tinggal di satu kota. Hehehe.

    ReplyDelete
  8. Wealah... browniesnya kasian hiks... iya emang perlu ya, ada jasa pengiriman yg bikin aman hati kalo nganterin makanan...

    ReplyDelete
  9. Wah ownernya terus berinovasi yaa walau udah pensiun. Jadi ide tak kan pernah mati. Selamat bapak, sukses paxel nya! Jadi pengen bolu ketan itemnya bu 😊

    ReplyDelete
  10. Slogannya kece banget, "Antarkan kebaikan" :)

    ReplyDelete
  11. Keren memang Paxel nih sdh sy coba sayang belum terlalu luas jangkauannya...

    ReplyDelete
  12. Praktis banget kalo pake Paxel yah bu, jadi gak perlu ribet bawa timbunan paket ke ekspedisi :))

    ReplyDelete
  13. Gede juga 100ribu saldo awal. Bisa kirim gratis dulu hehehe

    ReplyDelete
  14. kalo saldo credit Paxel nya udah abis, bakal isi ulang creditnya dan pake jasanya lagi gak?

    ReplyDelete
  15. Paket sampai di hari yang sama itu ngebantu banget ya, Teh :)

    ReplyDelete
  16. Dengan Paxel jadi lebih tenang buat ngirim2 makanan.

    ReplyDelete
  17. Jasa logistik ini memanf koentji. Alhamdulillah Paxel udah ada di Bandung :)

    ReplyDelete
  18. Iya nih Mbu, aku nyobain dapet kiriman juga, cepet sampe hanya beberapa jam sajaa

    ReplyDelete
  19. Iya nih Mbu, Aku dapet kiriman paket pun cepet banget sampenya, hanya beberapa jam

    ReplyDelete
  20. ya ampuuuun brownies nya jadi rusak,
    kemaren2 sempet cobain paxel beberapa kali dan nyampenya cepet banget <3

    ReplyDelete