Sukses Melangsingkan Tubuh Dengan 5 Langkah

sumber: seputardiet.com


Hidangan Lebaran sudah ludes,  menyisakan gumpalan lemak di tubuh.  Trus gimana? Apakah akan terus-terusan  terpaku dengan kalimat klise  “Saya Pernah Kurus”  yang  menempel di t-shirt?

Kapan langsing kembali? Nah, Christina Rizo berbagi kiatnya di situs mindbodygreen karena berhasil menurunkan berfat badan hingga 20 kg.

Dua puluh kilogram?

Daebak! Fantastis!

Gini katanya:

 “ Mengurangi berat badan ngga hanya berkaitan dengan makanan dan olah raga, tapi juga  dengan emosi, pola pikir, dan kebiasaan sehari-hari.

Wah setuju banget ya? Terlebih dengan cara ini Christina berhasil menurunkan berat badan hingga 20 kg. Apa saja kiatnya? Ini dia:

1.       Pahami bahwa menurunkan berat badan adalah sebuah proses

sumber: diet4pcos.co.il

Bahkan penyembuhan terhadap flu dan batuk sering membutuhkan waktu berminggu-minggu, apalagi menurunkan berat badan yang menyangkut perubahan metabolisme tubuh dan gaya hidup. Karena itu yang harus dilakukan pertama kali adalah penerimaan terhadap tubuh dan meyakini bahwa kondisi bisa berubah. Tidak permanen.
Setelah itu kesampingkan keinginan menurunkan berat badan dengan cepat, dengan cara instan. Kunci menurunkan berat badan yang langgeng adalah membangun kebiasaan baru satu per satu.

2.      Kuncinya adalah pola pikir dan strategi
sumber: cahayaherbalindo.com

Diperlukan komitmen untuk mencapai tujuan dan pastikan bahwa hal tersebut benar-benar yang diinginkan. Karena jika ragu-ragu, proses berikutnya akan terasa sulit. Misalnya saya ingin langsing agar terhindar dari penyakit jantung yang diidap almarhum ibu saya.
Dengan berpegang pada tujuan tersebut, maka strategi menurunkan berat badan bisa lebih mudah dikembangkan. Akan ada hari-hari yang terasa sulit dan menantang. Ketika itulah setiap individu bisa mengembangkan strategi sesuai kebiasaannya.  Sehingga muncul pola pikir yang lebih sehat mengenai makanan, mengelola stres dan olah raga.

3.      Utamakan olah raga di pagi hari

sumber: videoblocks.sport.com

Olah raga bisa dilakukan setiap waktu, namun ada perbedaan besar yang bisa dirasakan oleh mereka yang berolah raga di pagi hari. Penyebabnya  berkaitan dengan udara, mood dan kondisi tubuh. Karena itu usahakan berolah raga di pagi hari walau hanya 10 -20 menit dan rasakan perbedaannya.
Sebagian diantara kita mungkin akan berkata, “Ah sibuk, ngga ada waktu”. Padahal yang benar adalah kita tidak pernah punya waktu. Kita harus membuatnya.

4.      Konsistensi itu penting
sumber: http://daraz.tistory.com

Ketika  memulai suatu perubahan maka akan selalu ada kebiasaan lama yang melekat. Dibutuhkan kemauan kuat untuk menciptakan perubahan baru yang langgeng.  Kemudian jadikan kebiasaan baru sebagai bagian dari rutinitas harian. Jika tidak,  maka kita akan terperangkap dengan pola lama yang cenderung mager. Saat yang nyaman bagi otak kita.
Agar mudah dijalani, daripada membuat perubahan besar lakukan saja perubahan kecil. Memulai olah raga dengan berjalan-jalan di sekeliling rumah akan lebih mudah dilakukan daripada langsung lari pagi ke lapangan olah raga yang jauh jaraknya dari rumah. Kelelahan demi kelelahan  akan membuat proses penurunan  berat badan menjadi tidak berkelanjutan dalam jangka panjang.

5.      Selalu siapkan camilan untuk berjaga-jaga
sumber: tobigroupgen.en.ec21.com

Sering kita terjebak dalam kondisi tidak sempat makan atau terlewatkan jam makan.  Akibatnya bisa parah, lapar mata dan program menurunkan berat badan menjadi berantakan.
Stok camilan seperti hazelnut, kacang mete, almond dan pistachio sangat berguna agar terhindar dari malapetaka ini. Terlebih mengudap kacang-kacangan sebelum olah raga juga akan membantu meningkatkan energi.
Camilan lain yang rendah kalori adalah telur, keju, yoghurt, buah-buahan dan sayuran segar/mentah. Selain itu oatmel juga bagus dikonsumsi karena rendah kalori dan bermanfaat melancarkan pencernaan makanan.

sumber: eu.wholefoodsmarket.com


Terakhir, agar program penurunan berat badan bisa tercapai dengan sukses, siapkan makanan selama seminggu di hari Minggu. Dimulai dari menyiapkan menu, berbelanja, menyimpan beberapa makanan di lemari es termasuk membekukannya. Buka beberapa situs yang memberi arahan tentang diet termasuk menu pilihan hingga alih-alih merasa bosan, kita akan menjadi penuh semangat.
Sukses ya?


13 comments

  1. dietku gagal terus karena aku gak konsisten, hiks

    ReplyDelete
  2. Paling seneng pas olahraga itu jadi kebahagiaan tersendiri karena bisa ngeluarin kalori juga kita jadi lebih happy. Pas lagi hamil gini rada kuatir olahraga yang biasanya dilakuin. InsyaAllah nanti abis lahiran 6 bulan pengen rutinin lagi olahraga biar bisa ke BB semula. Sekarang mah wayahna hehe lagi ngegendutan 😂

    ReplyDelete
  3. Iya setuju banget nih, u are what u eat🤗 sehat adalah hal utama dan langsing pastinya bonus, cukup rekening yang gendut🤗 tfs bu salam kenal❤️

    ReplyDelete
  4. Aku ga pernah diet Mbuuu, palingan kalo udah celana sereg, kencengin olah raga hahaa

    ReplyDelete
  5. Aku pengen turunin berat badan susah banget nih bu. :(
    Terima kasih untuk tips nya. Dari semua tips nya yang paling susah adalah konsistensi, hihihi. Tahun kemarin sempet turun berat badan tapi hanya bertahan 3 bulan setelah itu kembali lagi :(

    ReplyDelete
  6. tah eta teh @Tian, jadi weh endyut terus ya? :D :D

    ReplyDelete
  7. iya Sandra, hidup ini yang penting kan sehat

    sakam kenal juga :)

    ReplyDelete
  8. Lah da teh Nchie mah udah super langsing

    #bighug

    ReplyDelete
  9. Bukannya @Jeanette udah langsing?

    Hehehe konsistensi bikin frustasi ya?

    ReplyDelete
  10. Kalau aku malah disuruh gemukan, Bun... Hehe... Tapi kalo lg byk makan pipinya yg tembem duluan akumah :D

    ReplyDelete
  11. Seringkali demi program langsing dalam jangka waktu cepat, ada orang yang memilih untuk benar2 enggak makan. Berpuasa pun juga enggak, karena puasa pun juga ada sistemnya. Walhasil ya jadi sakit. Olahraga memang harus diimbangi juga untuk program diet ini.

    ReplyDelete