Es Mentimun Serut , Pelepas Dahaga di Musim Kemarau



Memasuki musim kemarau, cuaca di perkotaan sungguh tak tertahankan. Panas banget. Sementara anak-anak masih libur panjang, gimana kalo kita ajak mereka masuk dapur bikin olahan es mentimun serut?

 Pertama kali mengenal Ie Boh Timon atau es mentimun serut di pengajian bulanan sekolahnya anak-anak yang bernaung di bawah majelis taklim Az-Zahra.  Salah seorang anggotanya memiliki rumah makan khas Melayu dan es mentimun serut merupakan salah satu minuman andalan. Rasanya manis, seger dan nagih. Seperti biasa, jika menemukan makanan/minuman baru, saya pasti asyik mereka-reka bahan dan cara membuatnya.


Belum sempat mencoba hasil mereka-reka, seorang teman membawa sajian es serut mentimun dalam pengajian mingguan. “Resepnya dapat dari chef rumah makan Melayu”, kata Jeanny. Dan ternyata bikinnya gampang banget.  Jeanny membeli 1 kg  mentimun di pasar pagi agar masih segar dan harganya murah.  Kulit mentimun dikupas menggunakan pengupas kentang, kemudian diserut dengan parutan. Beri sirup kesukaan keluarga, es batu. Jadi deh es serut mentimun yang eundeus kacida.

Sesudah sering browsing , saya menemukan banyak resep es serut mentimun. Ada yang menambahkan perasan jeruk lemon, selasih dan nata de coco. Wisnu Ali Martono pendiri Natural Cooking Club biasa menyerut mentimun tanpa dikupas. Rasanya lebih krekes-krekes katanya. Ah boleh juga ya? Asalkan yakin mentimunnya bebas semprotan pestida yang sering masih digunakan petani menjelang panen. Atau pilihlah mentimun hasil pertanian organik.

Salah satu resep yang sering saya contek merupakan hasil modifikasi Endang Indriani, pemilik blog Just Try and Taste yang konsisten berbagi resep makanan dan minuman setiap waktunya. Selain mentimun yang saya beli di pasar, bahan-bahan lainnya bisa didapat di mini/supermarket terdekat.

Bahan:
1 kg mentimun
1 bungkus nata de coco bentuk irisan tipis
1 bungkus biji selasih
2 buah jeruk nipis
1 liter air es
Sirup dengan rasa kesukaan keluarga (melon, cocopandan dll)
Es batu secukupnya
Cara membuat:
1.      Cuci bersih mentimun, kupas kulitnya jika suka atau bisa diserut langsung dengan serutan rujak. Saya menggunakan serutan keju karena ga punya serutan rujak.
2.      Siapkan mangkuk besar. Masukkan semua bahan, aduk rata dan cicipi. Koreksi rasa. Adik saya punya kebiasaan es batu tidak dipecah/dipotong agar rasa manis es serut mentimun lebih tahan lama.
3.      Sajikan  dalam gelas-gelas pilihan keluarga.
 
sumber: riaume.com
Memiliki nama latin Cucumis sativus L, mentimun sering disebut ketimun atau timun saja. Tanaman mentimun adalah  herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim, setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh duniam buah mentimun biasa dipanen sebelum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar.
Mentimun memiliki banyak khasiatm diantaranya berikut ini:

1. Menetralisir racun.
Bersifat  diuretik, mengonsumsi mentimun bisa memicu produksi air seni. Yang berarti membersihkan ginjal dari racun-racun, bakteri, dan zat hasil metabolisme yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh keluar melalui urin. Proses ini juga dikenal sebagai detoksifikasi. Mentimun juga menghidrasi tubuh karena kaya  kandungan air.
2.     Melawan sel kanker.  
Studi yang dilakukan Robert H. Lurie Cancer Center mengungkapkan bahwa senyawa flavonoid fisetin yang dikandung mentimun  bisa membunuh berbagai jenis sel kanker, mengecilkan tumor, dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Beberapa sel kanker yang bisa dilawan antara lain adalah kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahum dan kanker prostat.
3.     Menurunkan berat badan.
Mentimun sangat rendah lemak tetapi mengenyangkan. Tentunya jika tidak mendapat tambahan sirup/air gula dengan berlebihan.
4.     Menyehatkan sistem pencernaan. 
Mentimun kaya akan serat dan nutrisi yang dibutuhkan  sistem pencernaan terutama usus halus dan usus besar.
5.     Mencerdaskan otak.  Antioksidan di dalam buah mentimun baik buat kesehatan otak dan mencerdaskannya.
Manfaat  mengonsumsi mentimun lainnya adalah untuk memperkuat tulang karena kandungan kandungan vitamin K yang sangat tinggi. Mentimun juga menyehatkan kulit, mencegah penuaan dan mencegah naiknya tekanan darah.
Dengan rasanya yang manis menyegarkan, seabrek  khasiat, dan mudah banget membuatnya, tunggu apalagi? Yuk bikin es serut mentimun atau ie boh timun untuk sisa Ramadan dan persiapan hidangan Lebaran.

Keterangan:
eundeus kacida = enak sekali
Sumber:

Comments

Popular Posts