Akhirnya, Ini Dia Tren Baju Muslim Pria

instagram.com@barliasamara


Ada yang khas di setiap Lebaran. Timeline media social dipenuhi foto keluarga yang mengucapkan Selamat Idul Fitri. Para anak gadis biasanya berbusana muslimah kembaran dengan ibunya, sedangkan anak laki-laki dengan sang bapak. Apabila diperhatikan, baju muslimah berganti gaya dari tahun ke tahun. Sedangkan model kemeja pria tetap, yaitu gaya koko. Perubahan hanya terjadi pada warna dan motif.

Sejak kapan baju koko menjadi ikonik baju Islami kaum pria? Ternyata sudah cukup lama, sejak tahun 1990. Ada kisah dibalik pemilihan baju koko, menurut sumber  pengamat budaya Tionghoa peranakan, David Kwa,mengatakan bahwa baju koko merupakan hasil akulturasi budaya antar kebudayaan Tionghoa dan masyarakat Betawi. Pendapat serupa juga dikemukakan Remy Sylado, baju koko berasal dari baju tui-khim. Nah, karena yang menggunakan adalah engkoh-engkoh  lama kelamaan pelafalan dalam bahasa Indonesia menjadi koko.

Untuk mengakhiri paceklik busana muslim kaum pria, Barli Asmara mebusana Lebaran dengan rancangannya. Bergandengan dengan Dian Pelangi, keduanya menggunakan brand “DP x BA” dan memilih tema lukisan dalam rancangan kolaborasinya. Seperti apa? Yuk kita lihat:

instagram.com@barliasmara


Terinspirasi dari bomber jacket dan kimono, Barli Asmara memberi kesan modern pada  cutting, permainan motif art yang semuanya adalah lukisan. Semua desain dikerjakan  oleh Barli Asmara sedangkan Dian Pelangi merancang treatment fabricnya.

instagram.com @barliasmara
 "Saya mengambil semua unsurnya yang alam. Mungkin kalau kita mengambil warnanya yang terang atau cerah banget, saya takut membuat suatu baju yang akhirnya tidak diminati dan dikhawatirkan laki-laki tidak begitu suka," kata Barli Asmara.Desain Barli Asmara menyiratkan modernitas perkotaan,  tidak konvensional, namun nyaman digunakan.

instagram @barliasmara


Hem-hem panjang dengan leher bulat seperti gamisnya pria, nampak modest. Barli Asmara juga memilih warna netral agar kaum pria merasa nyaman.

tempo.co


Siapa Barli Asmara? Pria berusia 38 tahun ini sudah 15 tahun malang melintang di dunia fashion. Bahkan salah satu rancangannya digunakan presiden RI, Jokowi hingga kini. Dikutip dari berita.agar.id,  Barli Asmara mengajukan rancangan beberapa waktu sebelum Jokowi dilantik sebagai presiden.
Hanya satu yang dipilih, yaitu kemeja putih dengan dua kantong di dada agar nampak bervolume. “Pak Jokowi kan agak kurus”, kata Barli. Karena kepribadiannya yang sederhana, selanjutnya Jokowi rupanya mereplika rancangan Barli untuk kemeja lainnya.



Nah ingin meniru jejak Jokowi yang terinpirasi rancangan Barli Asmara? Karena baju muslim dengan brand “DP x BA” diproduksi terbatas, nampaknya boleh juga mengambil ide rancangan Barli untuk baju lebaran Lebaran. Sebab baju rancangan seorang desainer kondang unggul pada cutting yang membuat pemakainya nyaman dan fashionable, salah satu hal yang yang tidak bisa ditiru baju KW alias tiruan





Comments

farida said…
hohoho... rancangan yang bagus buat pak Jokowi :)http://www.faridazp.info/2017/06/berlibur-bersama-game-anak-sholeh.html
Ety Budiharjo said…
Bahannya seperti jumputan yak, lebih modern unsur religiusnya tetep muncul...
iya mbak @farida, disesuaikan dengan citranya :)
rancangan 2 desainer sekaliber Dian Pelangi dan Barli Asmara

*pingin punya* :)