Skip to main content

Kukejar Impian Dengan Ngeblog





Dan impian itu adalah bikin buku. Aduh bener-bener ngiler lihat man-teman blogger mejeng dengan bukunya. Buat saya itu ukuran naik kelas  :)  ….. ya iya, masa cuma ngeblog terus-terusan tanpa target? Harus dong.

Sayang, seribu kali sayang suka mood-mood-an nih, sedang asyik nulis kuliner, eh gara-gara lihat berita tentang sampah maka belok kiri pingin nulis strategi kurangi  sampah. Kali lain tiba-tiba  pingin nulis tentang pemulung padahal sedang rempong bikin tulisan  perubahan iklim. Ngaco berat pokoknya. Ngga heran, isi blog saya kosong melompong, tak berpenghuni. :o

Padahal pingin banget rasanya bikin buku selaris buku-bukunya Andrea Hirata. Minimalnya lho ya, maksimalnya ya seperti JK Rowling deh.
*Mimpi ketinggian, dweeennnggg*    :D

Mengapa akhirnya ganti haluan ke non fiksi? Ngga jadi bikin buku laris manis dong? Iya, sadar diri,  hasil tulisan fiksi saya jeleknya keterlaluan. Jadi ya sudahlah, padahal tau sendiri kan kalo non fiksi terkait dengan kekinian. *alasan tambah malas*   ;)

Beruntung suatu kali saya melihat pengumuman tawaran  surveyor mapping persampahan Kota Bandung. Salah satu syaratnya harus nulis di blog seusai  survey. Ok deh, siapa takut?

Singkat cerita itulah awal saya berhasil rajin ngeblog. Minimal satu tulisan per hari. Duh sombong banget, emang bisa dua? Iya bisa , terkadang 3 karena titik survey sampah umumnya sama. Ngga asyik nulisnya kan? 

Coba deh bayangin harus nulis tentang  3 lokasi tempat rongsokan, sementara jenis rongsokannya sama, penadahnya sama, bahkan omzetnya kurang lebih sama. Pusing en bete berat, akhirnya untuk pembeda ya kudu berstrategi. Rada-rada ada manfaat gitu baca blog saya. Salah satunya sisipin data-data  limbah B3,  bahaya pemakaian plastik, endebrey .. endebrey ... agar pembaca ngga bosen dan tertarik balik lagi.

Hasilnya? Eng …ing…eng …… dari total views 9.000-an sejak ngeblog tahun 2009 sampai dengan awal tahun 2015,  tiba-tiba melonjak jadi sekitar  24.831 (hari ini 23/9/2015). Dan itu semua  akibat  ‘terpaksa’ rajin posting dari bulan Februari – Agustus 2015. Cuma sekitar  7 bulan nambah 15.000-an views. Wow, fantastis!!

Melek mata jadinya, *kucek-kucek dulu* ternyata bisa juga produktif asal dibawah tekanan ;)  dan punya target.  Target menulis tentang apa, kerangkanya bagaimana, berapa target tulisan per hari,  etc …. etc..  Karena itu sekarang sedang rempong ikutan even menulis tentang kota Bandung  agar tetap fokus  ... kus   *pake kacamata kuda*, kebetulan buku yang pingin ditulis tentang orang nomor satu di Bandung (ups …. buka rahasia). :)

Daaannnnn go for it, dengan dibantu data-data di lapangan dan yang terhimpun di dunia maya maka mulailah  menyusun bab demi bab. Tentunya dengan bantuan senjata aplikasi dibawah ini: 

1.  Aplikasi Browsing

Peta Koordinat. Awal berkenalan dengan aplikasi ini  sewaktu menjadi surveyor sampah. Manfaatnya ketika memotret objek maka akan terekam titik lokasinya. Sangat membantu untuk mengingat. Maklum terkadang sehari bisa 5 lokasi, trus ditumpuk,  seminggu kemudian baru nulis di blog. Tanpa penanda lokasi, potret objek bisa kebalik-balik. Ngaco kan?  :)


Chrome , wah tanpa aplikasi ini bakalan mati gaya karena tulisan non fiksi butuh data, baik hasil penelitian maupun penjelasan narasumber. Kalo ngga? Dianggap  hoax-lah  ;)





Pics Art. Aplikasi ini membantu banget jika mau meramu banyak foto dalam satu tampilan. Bisa dibayangin jika harus upload satu persatu, duh kapan  selesainya. Juga kasihan pembaca yang pastinya berat sewaktu buka foto-foto yang banyak.

Phonto, Saya harus berterimakasih fren-fren-nya emak gaoel di KEB yang ngasih pencerahan tentang watermark. Pas perlu, pas ada yang ngebahas. Bener-bener pucuk dicinta ulam tiba.  Sebelumnya pernah punya, sayang menghilang sesudah  install ulang laptop yang sering ngadat. Rempong banget kalo ngga ada aplikasi itu. Jadi terimakasih banget temen-temen terkasihnya Emak Gaoel, rupanya emak ngga selalu identik dengan gaptek. :D


Photo Collage. Saya dapat  dari emak gaoel lainnya nih, istrinya adik saya, Ibu Seno. Dia ngasih tau bedanya pics art dan photo collage. Untuk foto di awal tulisan bakalan cakep banget pakai aplikasi ini. misalnya foto before – after, dengan ukuran landscape yang  menampilkan 2 foto. Asyik kan? Sekarang bisa  langsung dikerjain di ponsel. Dulu sih muter-muter ke komputer dulu. 


2. Aplikasi Menulis

 S-note,  tidak hanya ketika sedang menulis ide tulisan. Note saya gunakan juga di pengajian agar tausiah pak ustaz ngga melayang pergi. Maklum ibu-ibu tuwir, mudah ingat , mudah lupa. :D 







Duh, udah hampir 700 kata, saya sudahi dulu ya, takut disemprot Emak Gaoel kita, *kedip-kedip* 




Go For It Blog Competition

Comments

Heueheheuy..., aku ga berani ikutan lomba emak gaul, belajar saja dari peserta lomba, menyimak
Mba Maria, blognya baguuus, blogku masih minimalis,hehehe
Santi Dewi said…
saya baru tahu ada foto collage, mau download juga ah.... :)
sukses terus ya...
mbak Nefertiti, maaf baru jawab. saya juga bingung kok sampai tadi malam ngga muncul tuh komennya. Baru hari ini ..... #protes ke blogspot :)

lha kenapa ngga ikutan mbak? aku mah ikut untuk melatih fokus hehehe .... *ngkali aja menang, aamin

tentang blog aduh kalah banget dibanding emak emak yang lain, ini mah pura-puranya secanggih blog mbak Winda Krisnadefa :)
terimakasih mbak Santi, iya ini asyik banget gaul dengan emak blogger, jadi tambah pinter. :)
mbak Santi Dewi, saya mau komen di blognya kok susah ya? hehehe maap gaptek berat :)

Popular posts from this blog

The Third Charm, Akhir Yang Membuat Penonton Marah

Bagaimana jika tokoh utama yang ganteng bukan main menjalin kasih dengan second lead, gadis cantik, imut dan menggemaskan? Ternyata penonton memilih agar keduanya happy ending. Sementara tokoh perempuan di maki-maki karena dianggap meninggalkan kekasihnya.
Mungkin itu yang menjadi penyebab ending drama Korea “The Third Charm” dibiarkan cukup terbuka. Penonton boleh berkhayal semaunya. Apakah cukup sahabatan atau menikah?
Tokoh utama pria, Seo Kang-Joon dan tokohperempuan, Esom yang membuat saya kepincut untuk menonton drakor ini. Seo Kang-Joon, rupanya dianggap sukses dalam setiap perannya sehingga tahun 2018, saya menonton 2 dramanya. Marema ya?
Sedangkan Esom, saya jatuh cinta pada sosoknya di Because This Is My First Life. Berperan sebagai sahabat tokoh utama, Esom keren banget. Hihihi tentu saja yang dimaksud keren adalah postur tubuhnyayang tinggi dan penuh. Seksi, tanpa harus berbaju pendek. Bahkan balutan kostum hitam atau putih yang dikenakan, bikin Essom nampak berkelas. Sebetul…

Andai Angelina Jolie Tau 6 Jurus Pengusir Bau Mulut Ini ...

Mariana (bukan nama sebenarnya),rekan kerja saya di perusahaan ekspor impor, memiliki tampilan nyaris sempurna. Bikin ngiri setiap perempuan. Tubuh tinggi langsingnya tak terganggu seberapa banyak dia makan. Cantik dengan riasan natural, sungguh flawless. Ditambah rambut ikal Farah Fawcetnya kerap ditarik ke atas, membentuk updo sekaligus menampilkan leher jenjangnya. Huuu ....para pria langsung deh menelan ludah. Pokoknya nampak tanpa cacat. Bikin bingung nyeritainnya, saking cantiknya nih orang.
Mariana juga cantik hatinya. Pengelola salah satu yayasan sosial. Dia juga pinter. Lulusan sebuah PTN yang ngambil diploma di luar negeri. Konon beasiswa. Keren ngga? Duh terlalu, kalo bilang nggak keren. ^_^
Tapiiiii ...., begitulah. Ngga ada yang sempurna di muka bumi. Mariana-pun punya kekurangan. Yaitu bau mulut. Aduh, baunya bener-bener bikin orang menjauh. Males ngobrol dengannya. Ternyata bau mulut ngga hanya milik mereka yang berwajah pas-pasan. Ups:D:D
Konon, Angelina Jolie yang  kecant…

Dewi Kentring Manik, Dewi Cantik Jelita Pelindung Kota Bandung

Wajah Bulukan? Putihkan Dengan Minyak Kelapa!

Hihihi, wajah kok bulukan? Iya, kulit wajah orang Indonesia kan umumnya sawo matang. Ngga mungkin deh diubah jadi putih.  Jadi yang tepat adalah membuat wajah yang buluk/kumal menjadi kinclong, putih, sedap dipandang dan membuat pemiliknya lebih percaya diri.
Faktor ingin lebih percaya dirilah yang membuat perempuan berlomba-lomba tampak putih. Nggak heran, untuk memenuhiharapan wajah menjadi  putih, klinik kecantikan tumbuh bak jamur di musim hujan.
Mereka yang enggan pergi ke klinik kecantikan, dengan beragam alasan, memilih menggunakan skin  care yang diberi embel-embel “whitening” atau memutihkan. Tak peduli harganya lebih mahal dibanding yang non whitening.
Padahallll..., seorang teman yang bekerja di laboratorium kecantikan  ternama memberitahu bahwa yang dimaksud  “whitening” adalah penambahan “vitamin E”.  Cara paling mudah dibanding penggunaan bahan  alami yang telah dikenal sejak jaman Cleopatra. Hehehe, bahkan Cleopatra ingin kulitnya putih bercahaya ya? Jadi, ngga salah dong …

Pilih Mana? Tunik Cleopatra atau Gamis Ashanty?

“Ibu mau tunik atau gamis?” Untuk sejenak saya bingung, nggak paham pertanyaan penjual pakaian. Hingga akhirnya dia menjelaskan bahwa yang dimaksud tunik adalah pakaian perempuan yang menutup pantat memanjang hingga seputar paha. Sedangkan gamis atau ada juga yang menyebutnya longdress, panjangnya menyapu lantai.
Aha, ternyata... Mungkin si penjual mengklasifikasikan tunik dan longdress menurut versinya saja. Atau untuk memudahkan penjualan. Karena tunic berasaldari masyarakat Romawi yang menyebut “tunica” pada pakaiannya. Pakaian tersebut berukuran lebih longgar dari model pakaian lain, mampu menutupi dada, bahu dan punggung. Dengan kata lain, tunik maupun gamis, barangnya sama. Tidak ada hukum yang mengharuskan ukuran tunik hanya sebatas paha.
Model pakaian dengan cutting sederhana ini disukai perempuan maupun pria dan mengalami transformasi di setiap era. Khusus untuk muslimah,tunik disukai karena longgar tidak memperlihatkan bentuk tubuh, hal yang dilarang agama.
Anehnya, keputusan m…

Kisah Panci Ajaib dan Resep Gudeg Favorit Keluarga

Apa sih yang bikin kamu males masak?
Nyuci bekas peralatan masak?
#tos Berarti samaan kita! Males banget mencuci piring, panci dan wajan bekas memasak. Ribeudnya itu lho yang malesin. Ngga sesimple nyuci gelas. 
Peralatan dapur bekas memasak umumnyaberlumur minyak, mentega, lemak dan bumbu, sehingga sulit dibersihkan. Apalagi sehabis masak rendang, gudeg, ketupat, pepes, dan menu ajaib lainnya.Pinginnya bisa abra kadabra langsung jadi, enak dan nggak usah nyuci peralatan dapur.
Padahal mommynya Ron , sahabat Harry Potter yang penyihir murni, juga harus mencuci peralatan dapur ya? Jiah, kenapa spoiler kepanjangan hingganyasar ke Harry Potter?
Karena sekarang ada panci presto yang secara ajaibmembantu menyelesaikan keribeudan. Ibu rumah tangga nggak harus mencuci banyak peralatan dapur. Cukupngurusin satu panci saja.
Hadir pertama kali di Indonesia sebagai panci yang hanya digunakan untuk membuat daging empuk dengan cepat. Ngga usah menunggu berjam-jam sehingga ngirit gas. Kini panci presto b…

Gangnam Scandal; Terjebak Sinetron Ala Drama Korea

Terbayangkan sinetron Indonesia? Kisah cerita yang dipanjang-panjangin. Muter-muter untuk menyelesaikan satu pesan. Peran antagonis nan jahat bukan main. Sementara protagonisnya bak dewi dari kayangan. Dan saya terjebak dalam tontonan demikian, yang dalam khasanah drama Korea masuk ke dalam long length drama.
Awalnya iseng nonton “Gangnam Scandal”, tertarik pemerannya yang bukan bintang papan atas tapi cantik dan ganteng, aktingnya bagus-bagus. Episode awalnya bikin penasaran.  Ketika 20 episode ngga menunjukkan titik terang, kisah ngga tau mau dibawa kemana, barulah saya melirik jumlah episode yang rencananya bakal ditayangkan. Ternyata 120 episode, alamak! Wuaduh, bikin galau! 
Diterusin atau jangan ya? Akhirnya hatur lumayan lah. Untuk tontonan multitasking, sambil bikin handicraft, sambil makan, de el el :D:D Walaupun 120 episode, setiap episodenya hanya 30 menit. Tapi keukeuh lama ya?
Sebetulnya ada drama Korea yang panjangnya juga menjebak saya, yaitu “My Only One”. Alasan menonton …