Kukejar Impian Dengan Ngeblog





Dan impian itu adalah bikin buku. Aduh bener-bener ngiler lihat man-teman blogger mejeng dengan bukunya. Buat saya itu ukuran naik kelas  :)  ….. ya iya, masa cuma ngeblog terus-terusan tanpa target? Harus dong.

Sayang, seribu kali sayang suka mood-mood-an nih, sedang asyik nulis kuliner, eh gara-gara lihat berita tentang sampah maka belok kiri pingin nulis strategi kurangi  sampah. Kali lain tiba-tiba  pingin nulis tentang pemulung padahal sedang rempong bikin tulisan  perubahan iklim. Ngaco berat pokoknya. Ngga heran, isi blog saya kosong melompong, tak berpenghuni. :o

Padahal pingin banget rasanya bikin buku selaris buku-bukunya Andrea Hirata. Minimalnya lho ya, maksimalnya ya seperti JK Rowling deh.
*Mimpi ketinggian, dweeennnggg*    :D

Mengapa akhirnya ganti haluan ke non fiksi? Ngga jadi bikin buku laris manis dong? Iya, sadar diri,  hasil tulisan fiksi saya jeleknya keterlaluan. Jadi ya sudahlah, padahal tau sendiri kan kalo non fiksi terkait dengan kekinian. *alasan tambah malas*   ;)

Beruntung suatu kali saya melihat pengumuman tawaran  surveyor mapping persampahan Kota Bandung. Salah satu syaratnya harus nulis di blog seusai  survey. Ok deh, siapa takut?

Singkat cerita itulah awal saya berhasil rajin ngeblog. Minimal satu tulisan per hari. Duh sombong banget, emang bisa dua? Iya bisa , terkadang 3 karena titik survey sampah umumnya sama. Ngga asyik nulisnya kan? 

Coba deh bayangin harus nulis tentang  3 lokasi tempat rongsokan, sementara jenis rongsokannya sama, penadahnya sama, bahkan omzetnya kurang lebih sama. Pusing en bete berat, akhirnya untuk pembeda ya kudu berstrategi. Rada-rada ada manfaat gitu baca blog saya. Salah satunya sisipin data-data  limbah B3,  bahaya pemakaian plastik, endebrey .. endebrey ... agar pembaca ngga bosen dan tertarik balik lagi.

Hasilnya? Eng …ing…eng …… dari total views 9.000-an sejak ngeblog tahun 2009 sampai dengan awal tahun 2015,  tiba-tiba melonjak jadi sekitar  24.831 (hari ini 23/9/2015). Dan itu semua  akibat  ‘terpaksa’ rajin posting dari bulan Februari – Agustus 2015. Cuma sekitar  7 bulan nambah 15.000-an views. Wow, fantastis!!

Melek mata jadinya, *kucek-kucek dulu* ternyata bisa juga produktif asal dibawah tekanan ;)  dan punya target.  Target menulis tentang apa, kerangkanya bagaimana, berapa target tulisan per hari,  etc …. etc..  Karena itu sekarang sedang rempong ikutan even menulis tentang kota Bandung  agar tetap fokus  ... kus   *pake kacamata kuda*, kebetulan buku yang pingin ditulis tentang orang nomor satu di Bandung (ups …. buka rahasia). :)

Daaannnnn go for it, dengan dibantu data-data di lapangan dan yang terhimpun di dunia maya maka mulailah  menyusun bab demi bab. Tentunya dengan bantuan senjata aplikasi dibawah ini: 

1.  Aplikasi Browsing

Peta Koordinat. Awal berkenalan dengan aplikasi ini  sewaktu menjadi surveyor sampah. Manfaatnya ketika memotret objek maka akan terekam titik lokasinya. Sangat membantu untuk mengingat. Maklum terkadang sehari bisa 5 lokasi, trus ditumpuk,  seminggu kemudian baru nulis di blog. Tanpa penanda lokasi, potret objek bisa kebalik-balik. Ngaco kan?  :)


Chrome , wah tanpa aplikasi ini bakalan mati gaya karena tulisan non fiksi butuh data, baik hasil penelitian maupun penjelasan narasumber. Kalo ngga? Dianggap  hoax-lah  ;)





Pics Art. Aplikasi ini membantu banget jika mau meramu banyak foto dalam satu tampilan. Bisa dibayangin jika harus upload satu persatu, duh kapan  selesainya. Juga kasihan pembaca yang pastinya berat sewaktu buka foto-foto yang banyak.

Phonto, Saya harus berterimakasih fren-fren-nya emak gaoel di KEB yang ngasih pencerahan tentang watermark. Pas perlu, pas ada yang ngebahas. Bener-bener pucuk dicinta ulam tiba.  Sebelumnya pernah punya, sayang menghilang sesudah  install ulang laptop yang sering ngadat. Rempong banget kalo ngga ada aplikasi itu. Jadi terimakasih banget temen-temen terkasihnya Emak Gaoel, rupanya emak ngga selalu identik dengan gaptek. :D


Photo Collage. Saya dapat  dari emak gaoel lainnya nih, istrinya adik saya, Ibu Seno. Dia ngasih tau bedanya pics art dan photo collage. Untuk foto di awal tulisan bakalan cakep banget pakai aplikasi ini. misalnya foto before – after, dengan ukuran landscape yang  menampilkan 2 foto. Asyik kan? Sekarang bisa  langsung dikerjain di ponsel. Dulu sih muter-muter ke komputer dulu. 


2. Aplikasi Menulis

 S-note,  tidak hanya ketika sedang menulis ide tulisan. Note saya gunakan juga di pengajian agar tausiah pak ustaz ngga melayang pergi. Maklum ibu-ibu tuwir, mudah ingat , mudah lupa. :D 







Duh, udah hampir 700 kata, saya sudahi dulu ya, takut disemprot Emak Gaoel kita, *kedip-kedip* 




Go For It Blog Competition

Comments

Heueheheuy..., aku ga berani ikutan lomba emak gaul, belajar saja dari peserta lomba, menyimak
Mba Maria, blognya baguuus, blogku masih minimalis,hehehe
Santi Dewi said…
saya baru tahu ada foto collage, mau download juga ah.... :)
sukses terus ya...
mbak Nefertiti, maaf baru jawab. saya juga bingung kok sampai tadi malam ngga muncul tuh komennya. Baru hari ini ..... #protes ke blogspot :)

lha kenapa ngga ikutan mbak? aku mah ikut untuk melatih fokus hehehe .... *ngkali aja menang, aamin

tentang blog aduh kalah banget dibanding emak emak yang lain, ini mah pura-puranya secanggih blog mbak Winda Krisnadefa :)
terimakasih mbak Santi, iya ini asyik banget gaul dengan emak blogger, jadi tambah pinter. :)
mbak Santi Dewi, saya mau komen di blognya kok susah ya? hehehe maap gaptek berat :)